Ketahui Harga dan Simulasi Cicilan Mobil Suzuki Ertiga Baru

28/04/2021

Jual beli

4 menit

Ketahui Harga dan Simulasi Cicilan Mobil Suzuki Ertiga Baru
Suzuki Ertiga menjadi low MPV favorit keluarga di Indonesia. Apa saja perbedaan antara generasi pertama dan terbaru?

Diperkenalkan pertama kali pada Auto Expo Januari 2012, Suzuki Ertiga sebagai mobil low MPV tujuh penumpang berhasil menarik perhatian pasar otomotif Indonesia. Dikembangkan oleh Toshikatsu Hibu selaku Chief Engineer Suzuki, mobil Ertiga diklaim sebagai Life Utility Vehicle (LUV) pertama dari Suzuki yang di-rebadged sebagai Mazda VX-1. Nama Ertiga sendiri merupakan adaptasi dari singkatan R-Tiga, yang mana R merupakan Row atau Baris sehingga merujuk pada mobil dengan tiga baris.

Pada generasi pertama, Ertiga dibuat berdasarkan platform Suzuki Swift dengan tiga tipe, yakni Ertiga GA, GL, dan GX dengan transmisi manual 5-percepatan. Mendapatkan antusias positif, Suzuki terus melakukan pengembangan fitur dan spesifikasi. Terbukti setahun setelahnya pada Januari 2013, tipe Ertiga GL dan GX mendapatkan facelift pada grille depan dan fitur blower AC dan menertakan transmisi otomatis 4-percepatan di bulan Mei. Dua tahun setelah dirilis, penjualan Ertiga berhasil menembus angka 109.461 unit.

Suzuki Ertiga generasi pertama warna abu-abu

Ertiga generasi pertama dibuat berdasarkan platform Suzuki Swift 

Ertiga generasi kedua menggunakan platform Heartect yang sama dengan Suzuki Swift, Ignis, dan Baleno dan dirilis pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Bahkan, PT Suzuki Indomobil Sales mulai mengekspor mobil Ertiga ke Thailand, Filipina, Meksiko, Timur Tengah, dan Amerika Latin.

Ada beberapa perubahan pada generasi terbaru ini, seperti trim GX dengan velg dual tone baru, defogger belakang, unit touchscreen 6,8 inci, AC otomatis, dan tampilan digital. Untuk generasi kedua Suzuki Ertiga Sport, sama dengan Suzuki Ertiga GX dengan tambahan perubahan pada grille depan, sporty body kit, DRL, interior hitam dengan aksen kayu, hingga fitur ESP.

>>> Simulasi Harga Kredit Honda Brio, Mobil Murah Paling Diburu

Harga Mobil All New Suzuki Ertiga

Tampak depan New Suzuki Ertiga

All New Ertiga mendapaatkan insentif PPnBM

Memiliki banyak kelebihan, mulai dari tampilan yang sporty, ruang kabin luas, konsumsi BBM irit, spare part yang mudah ditemukan, hingga harga yang terjangkau.

Harga mobil Ertiga bisa dibilang mengalami penurunan karena adanya insentif Pajak Penjualan atas Mobil Mewah (PPnBM) 0 persen. Hal ini berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No.20PMK.010/2021 tentang PPnBM Atas Penyerahan Barang Kena Pajak Yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor Tertentu Yang Ditanggung Pemerintah Tahun Anggaran 2021.

Seluruh model Ertiga dianggap memenuhi persyaratan mendapatkan insentif, yakni mobil dengan kandungan komponen lokal 70% dan berkubikasi mesin 1.500cc ke bawah dengan penggerak 4x2. Ertiga varian terendah menjadi Rp 199,4 juta dari harga Rp 210,5 juta, sedangkan varian termahalnya setelah mendapatkan PPnBM 0 persen menjadi Rp 241,5 juta. Lantas berapa harga mobil All New Ertiga?

Harga Suzuki New Ertiga Baru

Suzuki New Ertiga GA MT

Rp 199.400.000

Suzuki New Ertiga GL MT

Rp 218.200.000

Suzuki New Ertiga GL AT

Rp 228.000.000

Suzuki New Ertiga GX MT

Rp 231.500.000

Suzuki New Ertiga GX A

Rp 241.350.000

Suzuki New Ertiga Sport A/T

Rp 252.650.000

Suzuki New Ertiga Sport M/T

Rp 242.850.000

>>> Harga Suzuki Ertiga 2021 : Harga mobil Ertiga OTR & Promosi

Simulasi Cicilan Mobil Ertiga

Membeli mobil Ertiga dengan sistem cicilan atau kredit tentu menjadi alternatif untuk Anda yang membutuhkan mobil untuk kegiatan harian tetapi masih terbatas budget. Kalaupun mobil digunakan untuk tujuan produktif, juga bisa menambah perputaran modal.

Faktor kecepatan menjadi alasan seseorang memutuskan untuk kredit mobil baru. Cukup membayar DP dan melengkapi persyaratan dokumen yang dibutuhkan, mobil baru siap langsung dikendarai. Nah, jika Anda berencana untuk kredit mobil Suzuki Ertiga, berikut ini simulasi cicilannya.

Kunci mobil

Ada beberapa persyaratan dokumen saat membeli mobil

1. Syarat Dokumen Kredit Mobil Ertiga

Sebelum mendatangi dealer resmi untuk melihat-lihat harga kredit mobil Ertiga, ada baiknya Anda menyiapkan dahulu beberapa persyaratan dokumen yang dibutuhkan, seperti:

  • Fotokopi KTP suami dan istri jika sudah berkeluarga
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) atau rekening listrik rumah tinggal
  • Fotokopi slip gaji 3 bulan terakhir jika berprofesi sebagai karyawan
  • Fotokopi rekening koran 3 bulan terakhir
  • Fotokopi surat izin usaha jika berprofesi sebagai wiraswasta

2. Simulasi Cicilan Mobil

Simulasi cicilan mobil

Anda bisa menghitung simulasi cicilan mobil secara online

Setelah memenuhi persyaratan yang dibutuhkan, ada baiknya Anda mengetahui simulasi cicilan mobil Ertiga yang menjadi incaran sehingga Anda tahu budget berapa yang dibutuhkan. Simulasi kredit mobil Ertiga umumnya dikeluarkan oleh pihak dealer dengan menentukan leasing apa yang dipakai, misalnya saja simulasi cicilan menggunakan leasing BCA Finance.

Nah, biasanya setiap leasing memiliki kebijakan masing-masing, seperti suku bunga kredit dan DP minimum. Misalnya Anda berencana untuk membeli Suzuki New Ertiga GX AT dengan harga Rp 241.350.000 dengan tenor 60 bulan, berikut ini simulasi kredit dan cicilannya.

  • Harga mobil: Rp 241.350.000
  • Tenor kredit: 60 bulan
  • Uang muka 30%: Rp 72.405.000
  • Cicilan bulanan: Rp 3.745.000
  • Total bayar pertama: Rp 113.826.000

Total bayar pertama memang cukup besar mengingat Anda perlu membayar DP, biaya administrasi, fiducia, asuransi kendaraan dan credit protection. Namun, beberapa dealer biasanya memberikan banyak promo untuk pembelian mobil baru, baik untuk potongan DP, cashback, hingga gratis aksesoris mobil. Jadi, pastikan untuk survei dealer terlebih dahulu untuk membandingkan mendapatkan harga terbaik.

>>> 10 Mobil Bekas Rp 30 Jutaan untuk Silaturahmi Lebaran

Beli Suzuki Ertiga Bekas

Beli mobil bekas

Mobil bekas bisa jadi alternatif untuk Anda berbudget minim

Membeli mobil bekas bisa jadi pilihan untuk Anda yang memiliki budget tak banyak. Ertiga termasuk mobil yang sering mengalami pembaharuan yang membuat edisi lama mereka memiliki harga yang lebih terjangkau.

Jika Anda pintar dan jeli membeli Ertiga bekas, bisa jadi Anda mendapatkan mobil dengan kondisi yang masih bagus, bahkan masih terlihat mobil baru. Mobil bekas juga jauh lebih ringan biaya bulanannya, seperti premi asuransi karena biasanya mobil baru menggunakan asuransi yang mahal, belum lagi bahan bakar non subsidi pemerintah. Lantas berapa harga mobil bekas Suzuki Ertiga? Berikut ini daftar harganya dari Cintamobil.com.

Nah, itu dia simulasi cicilan mobil Ertiga. Apa pun pilihan pembeliannya, baik membeli secara kredit maupun cash pastikan jika Anda memilih mobil Suzuki Ertiga sesuai dengan kebutuhan dan style Anda. Untuk mencari Suzuki Ertiga bekas, Anda bisa mengunjungi Cintamobil.com.

>>> Temukan harga mobil bekas kondisi terbaik lainnya di Cintamobil.com

Pertanyaan Sering Diajukan

Mana yang lebih baik, beli Ertiga baru atau bekas?
Membeli mobil baru bekas ataupun baru memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing. Namun, pastikan untuk membeli mobil sesuai dengan budget Anda.
Berapa DP yang dibutuhkan untuk membeli mobil Suzuki Ertiga?
Besaran DP mininal untuk kredit Suzuki Ertiga baru adalah 25%. Namun, semakin besar jumlah DP maka akan semakin kecil cicilan per bulannya.
Di mana saya bisa beli mobil Ertiga?
Anda bisa beli mobil Ertiga baik baru maupun bekasi di dealer atau showroom. Anda juga bisa beli online di webisite Cintamobil.com
Penulis
Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top