Pilihan Warna Mobil Avanza Paling Keren

06/10/2020

Jual beli

8 menit

Share this post:
Pilihan Warna Mobil Avanza Paling Keren
Warna mobil Avanza ada beberapa pilihan berbeda yang semuanya ditawarkan Toyota dengan warna-warna menarik. Namun jika ingin membuat Toyota Avanza terlihat lebih keren, ada pula beberapa trik mudahnya.

Toyota Avanza, nama mobil yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga setiap warga negara Indonesia. Dengan julukan "mobil sejuta umat" yang kerap melekat pada Avanza, memang mencerminkan angka penjualan mobil tersebut yang sudah jutaan unit. Bahkan Toyota Avanza bukan cuma ditemui di Indonesia, namun juga negara lain, meskipun dengan nama yang berbeda.

Tetapi Anda yang mungkin belum mengerti, Avanza sejatinya adalah mobil yang didesain dan diproduksi oleh Daihatsu dan dipasarkan oleh Daihatsu serta Toyota. Jika Daihatsu memakai nama Xenia, maka Toyota memilih nama Avanza. Avanza sendiri diambil dari bahasa Italia "avanzato" yang artinya "meningkat". Ini mungkin sebagai representasi bagi pengguna Toyota Kijang yang ingin naik kelas bisa memilih Avanza.

Karena seperti halnya saat pertama kali Toyota membuat Kijang, Avanza juga diposisikan sebagai mobil untuk golongan entry level alias kelas menengah ke bawah. Mengingat sejak Kijang berganti nama jadi Kijang Innova, harga mobil tujuh penumpang itu kian mahal. Sehingga banyak golongan keluarga di Tanah Air yang tak sanggup meraihnya. Disinilah pangsa pasar Avanza akhir muncul, dan hal itu terbukti sukses.

Sejak diperkenalkan 2003, pada Oktober 2011 penjualan Avanza dan Xenia sudah tembus 1 juta unit. Bahkan pasar mobil ini bukan cuma se-Nusantara, tapi juga menjamah beberapa negara lain di luar Indonesia. Diantaranya Asia Tenggara, Afrika Selatan, Meksiko, Pakistan, Nepal, Kamboja, Myanmar, Bangladesh, Sri Lanka, dan beberapa negara Arab.

Ragam tipe, pilihan mesin, sampai varian warna mobil Avanza yang amat bervariasi membuat mobil ini sanggup merangkul hampir semua kebutuhan konsumen akan kendaraan keluarga. Apalagi saat pertama kali diperkenalkan, harga Toyota Avanza tak sampai Rp 200 juta seperti sekarang.

Mobil Avanza Warna Merah Jarang Terlihat di Indonesia?

Toyota Avanza terbaru warna merah

Avanza berwarna merah tidak sebanyak populasi Avanza dengan warna hitam, putih, atau silver

Saat ini Toyota Avanza baru memasuki generasi yang kedua. Walau begitu, model facelift dengan beberapa perubahan minor di eksterior serta interior sudah sering dilakukan Toyota berbarengan dengan Daihatsu Xenia. Bahkan pilihan warna mobil Avanza dari yang generasi pertama hingga warna mobil Avanza terbaru pun semakin beragam.

Saat pertama kali diluncurkan, Toyota hanya menghadirkan dua tipe dari Avanza, yakni tipe E dan tipe G. Keduanya menggunakan mesin 1.300 cc K3-DE dengan transmisi manual 5 percepatan. Namun setahun berselang, Toyota akhirnya menawarkan tipe S yang menggunakan transmisi otomatis 4 percepatan, tetapi kapasitas mesinnya masih serupa, hanya saja sudah ditambah teknologi VVT-i.

Facelift pertama dari Toyota Avanza ada di Juli 2006 dengan perubahan desain pada gril, bemper depan dan belakang, serta lampu belakang. Kemudian di Oktober 2006 muncul tipe S bermesin 1.500 cc VVT-i 3SZ-VE yang memiliki bentuk bemper, dan gril berbeda dari tipe bermesin 1.300 cc. Selanjutnya di Oktober 2008 Toyota kembali memoles ulang Avanza dengan memberikan sedikit sentuhan pada bemper depan, gril, foglamp garnish, dan juga model setir. Lantas di November 2009, Toyota akhirnya menawarkan tipe transmisi otomatis disemua varian Avanza, yaitu tipe 1.3 E, tipe 1.3 G, dan tipe 1.5 S.

Generasi kedua dari Toyota Avanza lahir pada November 2011, ditandai dengan digantinya tipe S menjadi tipe Veloz. Pada generasi kedua ini pula Toyota mulai membenamkan Avanza dengan fitur Dual SRS Airbags sebagai standar.

Perubahan cukup banyak dilakukan Toyota pada Avanza terjadi di Agustsu 2015. Dimana mobil ini mendapatkan mesin baru 1.300 cc 1NR-VE Dual VVT-i dan mesin 1.500 cc 2NR-VE Dual VVT-i. Perubahan lainnya ada pada model gril dan bemper depan, perubahan warna interior, menggunakan head unit baru, dan juga ditambahkan beberapa fitur keselamatan. Lalu untuk tipe Veloz, selain yang bermesin 1.500 cc juga ditambah varian bermesin 1.300 cc dengan harga lebih murah.

Nah untuk Toyota Avanza yang Anda lihat di dealer resmi Toyota sata ini adalah Avanza generasi kedua yang mengalami facelift kedua di Januari 2019. Bagian depan mobil ini mengalami perubahan yang terinspirasi dari Toyota Voxy. selain itu bentuk bemper belakang dan lampu belakang, model velg, dan tema warna interior juga berubah. Termasuk juga ada pilihan warna mobil Avanza 2019 yang dibuat lebih menarik.

Saat ini berdasarkan laman Toyota Indonesia, warna mobil Avanza antara lain warna Black Metalic (hitam), warna Bronze (perunggu), mobil Avanza warna biru (Dark Blue), mobil Avanza warna merah (Dark Red Mica Metallic), warna mobil Avanza Grey Metallic (abu-abu), warna Silver Metallic (perak), dan mobil Avanza warna putih (White).

Dari tujuh pilihan warna mobil Avanza terbaru yang ditawarkan Toyota ini, warna-warna favorit antara lain hitam, mobil Avanza warna putih, abu-abu, dan silver. Sementara mobil Avanza warna merah terbilang jarang ditemui.

>>> Review Daihatsu YRV 2001, Pemanasan Sebelum Era Hegemoni Daihatsu Xenia Dan Toyota Avanza

Modifikasi Warna Mobil Avanza Biar Terlihat Lebih Menarik

Stiker Mobil Avanza

Cukup tambah striping pakai cutting stiker, bisa membuat tampilan Avanza jadi berbeda

Walaupun Toyota sudah memilihkan warna-warna mobil Avanza yang cukup menarik, namun ada saja yang masih merasa belum cukup puas. Mereka ingin Avanza yang dimilikinya mempunyai tampilan berbeda dengan Avanza tipe, tahun, dan warna yang sama.

>>> Pilihan Warna Mobil Rush Terbaru dari Toyota

Tentunya ada beberapa opsi modifikasi untuk membuat penampilan mobil lebih menarik. Namun jika modifikasi ingin dilakukan secara senderhana tanpa merusak garansi serta masih tercover asuransi, maka sebaiknya lakukan modifikasi ringan. Contohnya dengan mengaplikasikan cutting stiker di bodi mobil.

Motif, warna, dan ukuran cutting stiker tentunya disesuaikan dengan selera serta budget Anda. Namun supaya hasilnya lebih maksimal, sebaiknya perhatikan kombinasi warna yag dipakai pada stiker dengan warna bodi mobil. Misalnya jika ingin pakai striping mobil Avanza warna hitam, maka bisa pilih stiker warna terang seperti putih, silver, kuning, hijau muda, biru muda, atau merah muda. Sebaliknya kalau mobil Avanza warna putih maka pilih stiker striping warna gelap seperti hitam atau abu-abu.

Kemudian kalau ingin melakukan modifikasi ringan di sisi ruang kabin, maka bisa aplikasikan warna jok mobil Avanza elegant seperti cokelat tua, hitam, atau abu-abu. Tak perlu pakai jok paten, cukup cover jok saja, kalau didesain dengan apik maka warna jok mobil Avanza keren bisa teripta.

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan tips menarik lainnya seputar mobil

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Harga Toyota Avanza Matic Bekas Kini Mulai Rp70 Juta

14/04/2020

Jual beli

8 menit

Sedang mencari Toyota Avanza matic bekas dengan harga termurah? Cintamobil.com akan berikan pilihan terbaiknya buat Anda. Bahkan ada unit yang harganya Rp70 juta lho!

Lihat juga

Tak Usah Risau, Ini Cara Membersihkan Mesin Mobil Avanza Saat #DirumahAja

14/04/2020

Perawatan dan service

3 menit

Mesin mobil sudah kotor namun tak ingin keluar rumah? Tak perlu risau. Berikut cara membersihkan mesin mobil Avanza dengan mudah tanpa harus keluar rumah.

Lihat juga

Saatnya Ganti Oli? Ini Oli Mobil Terbaik untuk Toyota Avanza Anda

04/04/2020

Perawatan dan service

3 menit

Kesalahan dalam memilih oli sangat mungkin berdampak buruk pada mobil Anda. Karena itu, Cintamobil.com berikut tips memilih oli mobil terbaik untuk Toyota Avanza Anda.

Lihat juga

Sering Terlupa, Ini Tekanan Angin Ban Mobil Toyota Avanza yang Disarankan

17/04/2020

Perawatan dan service

3 menit

Selain untuk kenyamanan, ternyata tekanan angin penting sebagai penunjang keselamatan. Berikut beberapa tips mendapatkan tekanan angin ban mobil Toyota Avanza untuk Anda.

Lihat juga

Cek Dimensi Mobil Avanza Biar Sesuai Garasi Rumah Anda

19/05/2020

Jual beli

8 menit

Penting untuk mengetahui dimensi mobil Avanza sebelum Anda membelinya. Karena dengan begini maka Anda dapat mengetahui ukuran garasi yang cocok dengan mobil tersebut.

Lihat juga