Masih Bingung Perbedaan Brio Satya dan RS? Ini Penjelasan Lengkapnya

13/06/2020

Jual beli

8 menit

Share this post:
Masih Bingung Perbedaan Brio Satya dan RS? Ini Penjelasan Lengkapnya
Jika Anda masih bingung tentang perbedaan Brio Satya dan RS? Kali ini Cintamobil.com akan menjelaskan secara lengkap apa saja yang berbeda dari kedua model Honda Brio itu.

Honda Brio menjadi model hatchback berukuran mungil yang bisa Anda pilih selain Toyota Agya, Daihatsu Ayla, atau Suzuki Karimun Wagon R. Beberapa kelebihan dapat Anda temukan pada model ini, diantaranya tenaga mesin yang tertinggi dibanding rival-rivalnya.

Brio pertama kali dimunculkan Honda di Thailand pada Maret 2011. Namun baru di Agustus 2012 PT Honda Prospect Motor (HPM) memboyong mobil mungil ini ke Indonesia. Awalnya Brio dirakit di Thailand, namun mulai 2013, mobil ini dirakit di Indonesia.

Sejak saat itu pula HPM menawarkan Honda Brio dalam beberapa varian, diantaranya Brio Satya dan Brio RS. Lalu apa saja berbedaan dari keduanya? Berikut ini Cintamobil.com akan jelaskan secara lengkap perbedaan Brio Satya dan RS.

1. Eksterior

Honda Brio RS front grille

Brio RS pakai grille black gloss dan ada emblem RS

Melihat perbedaan Brio Satya dan RS bisa ditemukan dari sisi eksterior. Paling mencolok ada pada sisi depan. Untuk Honda Brio RS menggunakan gril warna black gloss sementara pada Brio Satya pakai aksen chrome. Selain itu untuk tipe RS, pada bagian bawah gril depan juga tersemat logo RS, hal yang tidak ditemui pada Brio Satya.

Perbedaan lainnya yang akan ditemui dari Honda Brio Satya dan Brio RS adalah pada spion luar. Untuk Brio Satya belum dilengkapi spion dengan sistem pelipat elektrik, sementara di Brio RS sudah ada. Lalu kalau diperhatikan, pada Brio RS juga sudah pakai side skirt pada bagian samping bodi mobil. Side skirt ini tidak akan ditemui pada Brio Satya.

Honda Brio RS back

Bagian atap Brio RS juga dibuat hitam

Kemudian perbedaan Brio Satya dan RS juga terlihat pada velg dan ban yang dipakai. Untuk Honda Brio Satya menggunakan velg diameter 14 inci dengan warna silver yang dipadukan ban 175/65/R14. Dan untuk Brio RS velg yang dipakai berukuran 15 inci dengan two tone colour paduan polish dan hitam. Velg ini dipadukan dengan ban ukuran 185/55/R15.

Sementara untuk bentuk lampu depan, bentuk bemper depan, bentuk bemper belakang, bentuk lampu belakang, serta sistem suspensi yang dipakai, antara keduanya sama.

>>> Test Drive Dan Review All New Honda Brio RS 2018

2. Interior

Honda Brio RS seat

Jok Brio RS semuanya sudah pakai adjustable headrest, kalau di Brio Satya hanya jok belakang

>>> Review All New Honda Brio Satya S M/T 2019, Mobil Baru Honda Termurah di Indonesia

Perbedaan Brio Satya dan RS juga akan terlihat pada sisi interior. Pada pelapis jok pengemudi dan penumpang misalnya, untuk Brio Satya menggunakan kombinasi warna Black dan Ivory. Namun untuk Brio RS pakai warna hitam namun dengan aksen jahitan orange. Kemudian jok pada Brio RS juga semuanya sudah menggunakan adjustable headrest, beda dengan Brio Satya yang fitur ini hanya tersedia untuk jok penumpang belakang.

Perbedaan lain yang akan Anda temui pada Honda Brio Satya serta Honda Brio RS adalah pada sistem perangkat hiburan. Pada Brio Satya, And ahanya akan menemukan headunit 2DIN monokrom, sedangkan pada Brio RS sudah berupa headunit 2DIN berbentuk layar sentuh ukuran 6,1 inci.

Honda Brio RS interior

Dashboard Brio RS pakai headunit layar sentuh dan ada aksen orange

Fitur pada headunit ini jelas berbeda. Pada Brio Satya hanya bisa fungsi Radio, CD Player, serta konelsi dengan iPhone dan iPod melalui Bluetooth atau AUX-IN. Sementara pada headunit Brio RS selain fitur tadi juga sudah bisa DVD Player dan tersedia slot USB.

Satu lagi kelebihan sistem perangkat hiburan pada Brio RS, yakni telah ditambahkan tweeter speaker pada pintu pengemudi dan penumpang depan. Di Brio Satya perangkat ini tidak ada. Meski begitu antara Brio Satya dan Brio RS sudah dilengkapi fitur pengaturan audio di lingkar kemudi.

>>> Tips Memilih Headunit Mobil Biar Mudik Jadi Tidak Membosankan

3. Dimensi

Honda Brio RS samping

Ternyata Brio RS lebih panjang dari Brio Satya

Walaupun sepintas terlihat sama, ternyata antara Brio Satya dan RS juga bisa ditemukan perbedaan pada ukuran kedua mobil tersebut. Untuk Honda Brio Satya memiliki panjang 3.800 mm, lebar 1.680 mm, tinggi 1.485 mm, dan jarak sumbu roda 2.405 mm.

Dan rupanya, Honda Brio RS lebih panjang 15 mm dibanding Brio Satya. Walaupun lebar, tinggi, dan jarak sumbu rodanya sama. Selain itu kedua mobil ini juga memiliki kapasitas tangki BBM yang setara, yakni 35 liter.

>>> Klik sini untuk lanjut simak tips dan trik jual beli yang berguna lainnya

4. Fitur Lainnya

Honda Brio Satya kuning

Fitur pada kedua model Honda Brio ini ternyata identik

Lalu bagaimana dengan kelengkapan fitur lainnya, apakah ada perbedaan antara Honda Brio Satya dengan Brio RS? Ternyata sama saja. Dari sisi mesin misalnya, kedua varian Honda Brio ini sama-sama dibekali mesin 1.200 cc SOHC 4 silinder 16 katup dengan teknologi i-VTEC dan Drive By Wire. Karenanya tenaga kedua tipe mobil ini pun setara yaitu 90 PS dengan torsi 110 Nm.

Kedua tipe mobil ini juga sudah menggunakan rem model disc pada bagian depan dan tipe drum di rem belakang. Teknologi Anti-lock Braking System (ABS) serta Electronic Brake Distribution (EBD) juga sudah disertakan pada keduanya.

Masing-masing tipe Honda Brio ini juga menggunakan Dual i-SRS Airbags pada pengemudi dan penumpang depan, sabuk keselamatan untuk semua joknya, seatbelt reminder di sisi pengemudi, struktur rangka G-CON + ACE, pintu akan mengunci otomatis pada kecepatan tertentu, serta keyless entry lengkap dengan Immobilizer.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top