Test Drive Dan Review All New Honda Brio RS 2018

29/10/2018
editor rate: 4,9 user rate: 4,8
Yes, akhirnya tiba juga saat yang ditunggu, yaitu kesempatan kami dari Cintamobil,com untuk test drive dan review All New Honda Brio RS 2018, apa benar hanya ganti muka, bokong, dan lebih besar saja? Mari simak ulasan super lengkap kami disini.

PENGANTAR Honda Brio 2018

foto Honda Brio RS berwarna orange dilihat dari sisi depan di GIIAS 2018

World premier Honda Brio RS 2018 di Gaikindo Indonesia International Auto Show

Review Honda All New Brio RS 2018 - Honda Brio pertama kali lahir pada tahun 2012, saat itu negara kita sedang booming mobil dengan konsep LCGC (Low Cost Green Car). PT. Honda Prospect Motor (HPM) tidak ingin ketinggalan dikelas ini dengan menghadirkan Honda Brio. Seiring berjalannya waktu, Honda Brio semakin diterima oleh masyarakat Indonesia dan konsumen menginginkan sesuatu yang lebih. Maka Honda Brio mengalami penyegaran di tahun 2016, sekaligus mendapat varian baru yaitu RS (Road Sailing) sebagai varian top of line dari jajaran Brio. Tahun 2018 ini, tepatnya di event GIIAS 2018 Honda Brio berubah model, dan kami dari Cintamobil.com mendapat kesempatan istimewa dari PT. HPM untuk mencobanya langsung di pulau dewata, Sekaligus kami ingin membuktikan apa benar All New Honda Brion RS 2018 ini hanya ganti muka, bokong, dan lebih besar saja? Simak terus test drive dan review All New Honda Brio varian RS 2018 oleh kami. 

Gambar Banner All New Honda Brio Media Test Drive 2018

Kami langsung terbang ke Bali untuk mengikuti kegiatan All New Honda Brio Media Test Drive 2018

EKSTERIOR Honda Brio 2018

Mari kita mulai dari tampilan eksteriornya. Seperti biasa, kami akan melakukan pembahasan eksterior 360 derajat khas Cintamobil.com. Berikut ini reviewnya untuk Anda.

Review Honda All New Brio RS 2018: Tampak Depan

Tentu Anda setuju dengan pendapat kami, jika tampilan Honda All New Brio RS 2018 ini sudah sangat familiar dengan mata Anda. Hal ini disebabkan dengan penggunaan lampu utama yang serupa dengan kepunyaan kakaknya yaitu Honda Mobilio. Bukan hanya headlampnya, bahkan grill dengan warna piano black plus bumpernya juga mengadopsi milik saudaranya tersebut. Tentu tidak heran, karena baik Honda Mobilio, bahkan Honda BR-V sekalipun adalah satu basis dengan Honda Brio. "Tapi meskipun demikian, ubahan yang kami lakukan ini sangat memperbaiki aerodinamika, dan memperkecil nilai coefficient of drag jadi lebih baik 0,02 dari yang lama. Sehingga membuat Honda All New Brio semakin hemat dijalan, meski berat totalnya bertambah sekitar 20 kilogram," sebut Tsutomu Harano, Large Project Leader of All-new Honda Brio, Honda R&D Asia Pasific.co,ltd ekslusif kepada Cintamobil.com. Meskipun hal ini akan semakin sulit membedakan dari depan antara Honda Mobilio dengan Honda All New Brio.

 

Tampak depan mobil All New Honda Brio RS 2018 berwarna kuning

Sepintas tampilan depannya sama dengan Honda Mobilio terbaru, padahal garis pada kap mesin, kelandaian kap mesin, hingga garis bumpernya beda

Review Honda All New Brio RS 2018: Tampak Samping

Jika melihat sepintas, seolah tampilan Honda All New Brio RS 2018 ini sama saja dengan Honda Brio lama. Padahal berbeda, karena Honda All New Brio RS 2018 ini memiliki wheelbase alias jarak sumbu roda yang lebih panjang 60 mm bila dibandingkan dengan pendahulunya. "Rangka dari pillar B ke belakang merupakan bagian yang sama sekali baru," papar Tsutomu Harano, lagi disela-sela games para awak media di hari ke-2. Tentunya penambahan dimensi tersebut akan membuat kabin semakin luas, dan ini menjadi poin positif bagi Anda. Berita baiknya, meskipun dimensinya bertambah panjang, tetapi lebar mobil ini tetap sama dengan pendahulunya. Dan benar saja, ketika saya selaku tim tester Cintamobil.com duduk di bangku baris ke-2 sebagai penumpang merasa tidak kesempitan sama sekali, namun sayangnya dudukan jok harusnya lebih panjang agar lebih mensupport paha serta sandaran jok seharusnya dapat sedikit direbahkan agar perjalanan jauh menjadi lebih nyaman.

Tampak samping mobil All New Honda Brio RS 2018 berwarna kuning

All New Honda Brio kini lebih panjang 6 cm bila dibandingkan dengan Brio generasi sebelumnya

Review Honda All New Brio RS 2018: Tampak Belakang

Inilah bagian yang benar-benar berbeda dari Honda Brio RS generasi sebelumnya. Penampilan belakang mobil ini kini jauh lebih sporty dengan penggunaan rear combination lamp baru, bumper belakang baru, dan pintu belakang baru. "Sekarang pintu bagasi All New Honda Brio RS ada tambahan rangka besinya, selain menambah keamanan, dan meningkatkan tampilan juga membuat lebih rigid," ujar Yasuhiro Kumai Chief Engineer Assistant Large Project Leader Honda R&D Asia Pacific Co., Ltd kepada Cintamobil.com di sela-sela kegiatan All New Honda Brio Media Test Drive di Denpasar, Bali hari ke-2. Secara umum kini tampilan Honda All New Brio RS 2018 semakin atraktif, dan keren. Tapi, ternyata desain ini berdampak positif terhadap kelegaan ruang bagasi mobil ini. Namun jika Anda perhatikan lebih samping akan terlihat bahwa desain lampu belakang Honda All New Brio RS 2018 ini agak mirip dengan Honda Freed lama. Namun itu bukan berita buruk, karena tampilan mobil ini semakin keren dan kekinian.

Tampak belakang mobil All New Honda Brio RS 2018 warna Kuning

Tampilan belakang lebih sporti, namun kehilangan ciri khas jika dibandingkan pendahulunya

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Honda Brio 2018

Bukan hanya tampilan luarnya saja yang baru, namun bagian interior mobil ini juga mendapat beberapa sentuhan agar semakin kekinian. Untuk lebih jelasnya mari simak terus review kami.

Review Honda All New Brio RS 2018: Kursi

Jika di generasi sebelumnya Anda mengeluhkan kursi Honda Brio yang pengaturan sandaran kepalanya tidak semua bisa diatur sesuai keinginan Anda, maka Honda All New Brio RS 2018 ini adalah jawabannya. Karena, kini semua kursi mendapatkan headrest atau sandaran kepala yang dapat diatur tinggi maupun rendahnya secara manual. Tentu ini akan menjadi nilai tambah tersendiri, apalagi jika kebetulan Anda memiliki postur tinggi badan yang diatas rata-rata orang Indonesia. Karena keberadaan headrest pada mobil sangat penting untuk keselamatan, jika mobil tertabrak dari belakang maka keberadaan headrest akan menyelamatkan Anda dari kematian.

foto jok honda brio RS 2018

 Adjustable headrest kini di semua kursi

Review Honda All New Brio RS 2018: Dashboard

Kesan sporti, sekaligus kekinian semakin tampak pada Honda All New Brio RS 2018 ini dengan penambahan aksen garis berwarna oranye pada dasbor. Tidak hanya itu, Honda All New Brio RS 2018 ini sekarang juga ada penambahan logo RS pada panel spidometernya. Tentunya hal ini akan semakin memberikan kesan pada Anda, bahwa Anda sedang mengemudikan hatchback yang sporty, gaul, dan anak muda banget. Satu yang menjadi catatan kami, adalah lining pemanis pada interior All New Honda Brio versi RS ini hanya terpaku pada warna oranye saja. Tidak mengikuti warna eksterior bodi seperti di Nissan Juke. Padahal akan lebih oke jika pemanis layout dasbor ini seirama dengan warna luar mobil. Misal, warna mobil putih, maka lining-nya ikut warna putih, jadi lebih serasi. Well, semoga PT. HPM mendengar kritik dari kami ini. 

Gambar layout dasbor All New Honda Brio RS 2018

Layout dasbor sama dengan Brio generasi sebelummya, bedanya ada pada lining (garis pemanis) warna oranye

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

FITUR Honda Brio 2018

Fitur di Honda All New Brio RS 2018 ini juga bertambah untuk membuat Anda semakin betah mengemudikan mobil ini.

Review Honda All New Brio RS 2018: Headunit kini dengan layar sentuh dan ada tweeter untuk penambah kualitas audio

Kini fitur Honda All New Brio RS 2018 semakin bertambah dengan penyematan head unit layar sentuh dengan bentang layar 6,1 inchi yang memiliki kemampuan memutar berbagai macam format lagu dari berbagai sumber konektivitas. Mulai dari CD/DVD,AM/FM Radio, iPod/iPhone, Bluetooth dan USB mampu diputar oleh head unit ini. Tidak hanya itu saja, guna memperbaiki kualitas suara dari audionya, kini keempat speakernya ditemani dengan kehadiran tweeter, sehingga lengkingan suara bernada tinggi dan vokal bisa direproduksi dengan lebih baik dan tentu makin memanjakan telinga.

Gambar head unit merek Kenwood All New Honda Brio RS 2018

Head-unit kini dengan layar sentuh dan memiliki output reproduksi suara yang cukup

>>> Simaklah review mobil Honda lainnya dengan klik sini

OPERASI Honda Brio 2018

Gambar All New Honda Brio Satya warna Kuning dan All New Honda Brio RS warna oranye sedang bermanuver

Tim Cintamobil.com sudah membuktikan bermanuver dengan Honda Brio terbaru ini lebih asyik bila dibandingkan dengan yang lama

Meski sektor operasi terutama dapur pacunya masih mengandalkan mesin yang serupa dengan Honda Brio lama yaitu unit berkapasitas 1200 cc dengan output tenaga tetap 90 Ps pada putaran mesin 6000 rpm dan torsi sebesar 110 Nm di kitiran mesin 4800 rpm alias hanya naik 1 Nm dibandingkan dengan yang lama. Namun apakah rasanya sama? Untuk alasan itulah, kami jauh-jauh terbang ke Bali dari kantor pusat Cintamobil.com di Jakarta untuk test drive All New Honda Brio RS 2018 ini. Oke, kunci konvensional yang disebut oleh Honda wave key sudah ditangan saya. Tidak ada beda signifikan dengan Brio lama, begitupun dengan posisi duduk, kami hanya merasa ada ubahan sedikit lebih baik. Yang kami kagum, bertambahnya sumbu roda menjadi 6 cm lebih panjang ternyata berdampak positif pada kestabilannya saat bermanuver cepat. Pun begitu dengan kestabilannya patut diacungi jempol, dipacu hingga kecepatan puncak di 150 km/jam mobil tetap anteng. Namun sangat disayangkan, road noise yang timbul dari ban atau bawah kolong sepatbor masih samar-samar terdengar di telinga kami.

Gambar mobil All New Honda Brio RS reli berwarna kuning

Honda Brio terbaru ini pun kami ajak sedikit 'nakal' dengan memasuki jalan berpasir dengan kecepatan sedang

Say thanks untuk ban bawaan All New Honda Brio RS 2018 ini yang memakai Bridgestone tipe Potenza RE030. Ban dengan sidewall (dinding) agak rata ini ternyata memberikan cengkraman yang sangat baik ke tiap permukaan jalan yang kami lalui. Meski feedback dari setir yang menggunakan mekanisme Electronic Power Steering (EPS) ini tidak begitu baik karena licinnya permukaan jalan tidak langsung terasa di setir berpalang tiga ini. Namun setidaknya penggunaan ban tadi dapat mengobati pengendalian dari city car andalan pabrikan berlogo H ini. Ingat, Honda Brio untuk varian RS tidak masuk ke kelas LCGC ya, melainkan city car atau di negara kita ini lebih booming disebut small hatchback. Oh ya, sedikit tips dari kami ketika membawa mobil ini di jalan pegunungan yang naik turun, jangan sungkan untuk memainkan tuas transmisinya, geser antara D ke S atau bahkan L. Karena meskipun transmisi CVT mobil ini sudah dilengkapi dengan Grade Logic Control  (GLC) yang mampu membaca naik-turunnya elevasi jalan, namun sistem GLC-nya tidak sepintar kakak-kakaknya sesama produk Honda lainnya.

Ban Bridgestone Potenza RE03 di All New Honda Brio RS 2018

Ban Bridgestone Potenza RE030 ini banyak membantu performa maupun handling All New Honda Brio RS ini

>>> Dapatkan informasi terlengkap tentang mobil impian Anda dengan satu klik saja. Langsung klik yuk

spesifikasi Honda Brio 2018

Spesifikasi Honda All New Brio RS 2018 bisa dilihat di tabel berikut.

Mesin Honda All New Brio RS 2018

Tipe Mesin

1.2 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW

Kapasita Isi Silinder

1198 cc

Sistem Bahan Bakar

Fuel Injection

Jenis Bahan Bakar

Bensin (Oktan 91)

Daya Maksimal

90 Ps / 6.000 rpm

Torsi Maksimal

110 Nm / 4.800 rpm

Transmisi

Manual / Automatic CVT

Standar Emisi

EURO 4

Dimensi Honda All New Brio RS 2018

P x L x T

3.815 x 1.680 x 1.485 mm

Jarak Poros Roda

2.405 mm

Radius Putar

4,6 Meter

Berat Kosong

975 Kilogram

Jumlah Penumpang (max)

5

Kapasitas Tangki BBM

35 L

Sistem Kemudi Honda All New Brio RS 2018

Sistem

Rack & Pinion with Electric Power Steering (EPS)

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

H-Shape Torsion Beam

Pengereman Honda All New Brio RS 2018

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Drum

Sistem Pengereman

ABS+EBD

Kaki-kaki Honda All New Brio RS 2018

Ban

185/55 R15

Velg

Alloy Wheel 15"

kelebihan & kekurangan Honda Brio 2018

Kelebihan dan kekurangan mobil Honda All New Brio 2018 bisa dilihat di tabel berikut.

Kelebihan

Kekurangan

Desain mobil kompak dan sporti Tidak memiliki Electronic Stability Control

Mesin hemat bahan bakar dan ramah lingkungan

Desain interior terlihat kurang menggugah alias biasa saja

Bagasi luas dan muat stoller (kereta dorong) bali

Minim fitur baru yang kekinian

Performanya paling mumpuni dikelasnya

Harga paling mahal dikelasnya

daftar harga Honda Brio 2018

Berikut harga All New Honda Brio RS 2018.

Tipe mobil

Harga All New Honda Brio 2018

All New Honda Brio RS M/T 2018

Rp 175.000.000

All New Honda Brio RS CVT 2018

Rp 190.000.000

>>> Simak harga terkini dan program promosi Honda Brio 2018 di sini

Video Honda Brio 2018

Simak video perkenalan resmi Honda Brio 2018 oleh PT Honda Prospect Motor berikut.

KESIMPULAN Honda Brio 2018

So, this is car for you? Tak perlu berpanjang kata lagi, jawabannya adalah Ya. Karena secara performa mobil ini adalah yang terbaik dikelasnya, kabinnya luas dan konsumsi bahan bakarnya irit serta handling mobil ini memukau.

Gambar mobil Honda All New Brio RS 2018 warna abu-abu monyet

All New Honda Brio RS cocok bagi Anda yang suka mobil hatchback kompak, lincah, berperforma memadai dan irit BBM

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

Arfian Alamsyah
 
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

REVIEW LAIN

Cari review mobil