Pamornya Menurun, Harga Honda Mobilio Bekas Hanya Rp100 Jutaan

29/09/2022

Jual beli

3 menit

Share this post:
Pamornya Menurun, Harga Honda Mobilio Bekas Hanya Rp100 Jutaan
Sudah hampir 4 tahun tanpa perubahan model terbaru, harga Honda Mobilio bekas generasi pertama tercatat mulai dari Rp100 jutaan. Apa saja kelengkapannya?

Harga Honda Mobilio bekas terpantau masih tetap stabil di pasar mobil bekas Tanah Air meskipun mobil barunya mengalami penurunan penjualan yang signifikan selama beberapa tahun terakhir. Hal ini sepertinya disebabkan oleh banyaknya pesaing baru yang bermunculan di segmen Low MPV dan generasi terbaru yang tak kunjung datang dari model MPV kompak milik Honda tersebut.

Padahal PT Honda Prospect Motor telah dua kali memberikan penyegaran pada mobil ini, yaitu pada tahun 2017 dan 2019 dengan menawarkan tampilan sekaligus fitur baru. Dan karena itu, Mobilio bekas masih tetap memberikan beragam pilihan bagi konsumen di Indonesia dari ada banyak model yang bisa didapatkan.

Kelebihan Mobilio Bekas

Dipasarkan sejak 2014, Mobilio tetap menghadirkan pengendaraan yang menyenangkan layaknya model Honda lainnya. Dikembangkan berdasarkan sasis yang sama dengan Honda Brio, Mobilio pun tak kalah ketika dibawa berkendara di jalanan perkotaan yang dinamis.

Penggunaan sistem Front-Wheel Drive (FWD) atau penggerak roda depan pun berdampak pada rasa berkendara dan handling yang lebih baik. Walaupun bodi roll masih tetap terasa mengingat mobil ini lebih panjang dibandingkan Brio, tapi pengendaraannya seakan mirip ketika mengemudikan sebuah hatchback.

>>> Simak rangkaian mobil Honda bekas berkualitas lainnya di sini

Ketika Generasi awal Mobilio sudah dibekali mesin 1.5L L15Z1 yang mampu menghadirkan tenaga maksimal hingga 118 hp. Tak begitu tinggi layaknya model SUV, tapi sudah cukup untuk memberikan kenyamanan untuk berkeliling kota.

Sistem penggerak roda depan Mobilio pun membantunya memiliki konsumsi BBM yang lebih baik dibandingkan model berpenggerak roda belakang seperti Toyota Avanza. Dimana tenaga langsung disalurkan ke gardan depan, sehingga mengurangi potensi power loss yang menyebabkan konsumsi lebih tinggi.

Ruang kabin yang lega pun menjadi salah satu keunggulannya. Bahkan ketika mobil ini diperkenalkan, Mobilio merupakan LMPW dengan ruang bagasi yang terlapang di kelasnya. Sangat membantu bagi Anda yang ingin membawa banyak barang bawaan dan kebutuhan sehari-hari ketika berkendara.

>>> Adu Nyaman Low MPV Mobilio vs Ertiga di Jalanan Perkotaan

Kekurangan Mobilio Bekas

Tapi dari berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh mobil ini, memang ada beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan jika Anda ingin mengambil Mobilio bekas. Salah satunya keluhan yang banyak disampaikan adalah kualitas pengerjaan bodi dan interior yang terkesan tidak presisi.

Harganya yang terjangkau pun berdampak pada kualitas material interior yang masih dipenuhi dengan plastik keras. Termasuk kekedapan kabin belum bisa mengimbangi MPV yang lebih premium, seperti Kijang Innova, dimana road noise masih terasa ketika berkendara dengan kecepatan lebih dari 80 km/jam.

mobil bekas Honda Mobilio E tahun 2016
Mobilio generasi pertama masih banyak diminati

Masalah lainnya pun terasa pada model CVT mobil. Menawarkan performa yang responsif pada kecepatan rendah, namun perpindahan dan kinerja transmisi CVT terasa lambat ketika harus dibawa melaju kencang. Bagi Anda yang ingin memilih model untuk berakselerasi, transmisi manual merupakan pilihan terbaik.

Meski sudah diperbaiki pada model facelift, tapi kenyamanan suspensi belakang patut dipertimbangkan untuk model edisi awal. Banyak pula yang menyebut bahwa Mobilio merupakan MPV dengan sistem suspensi paling kaku di kelasnya.

Namun yang patut dipertimbangkan bagi Anda yang ingin membeli Mobilio edisi awal di Indonesia adalah kondisi mobil yang ditawarkan. Mengingat mobil ini hampir berumur 10 tahun, tentunya ada beberapa komponen yang sudah sepatutnya diganti. Apalagi jika pemilik lama tak melakukan pengecekan berkala secara rutin.

Untuk itu, cek berbagai kondisi mobil. Mulai dari eksterior dan interior, perhatikan jika ada kondisi bekas tabrakan pada mobil maupun tanda-tanda mobil pernah terendam banjir dalam waktu cukup lama. Karena kedua kondisi tersebut akan menurunkan performa mobil di jalanan.

mesin Honda Mobilio 2019 bekas di Indonesia
Performanya tidak terlalu mentereng, tapi Honda Mobilio bekas dikenal irit BBM

Sebisa mungkin lakukan test drive ketika akan membeli. Sehingga Anda bisa memperhatikan kondisi mesin dan transmisi. Salah satunya dengan mengecek bagaimana perpindahan transmisi maupun kemungkinan timbulnya suara aneh pada mesin atau transmisi ketika mobil sedang berjalan.

>>> 5 Rekomendasi Oli Mesin Honda Mobilio Terbaik untuk Mesin Anda

Harga Honda Mobilio Bekas

Ketika pertama kali Honda Mobilio diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2013 dan mulai dipasarkan pada awal Januari 2014, harganya dimulai dari Rp159 jutaan untuk tipe terendah. Sementara tipe Mobilio CVT Prestige yang didapuk sebagai tipe tertinggi dibanderol mulai dari Rp198 jutaan.

Mobil Mobilio bekas generasi awal saat ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp100 jutaan. Membuatnya menjadi salah satu alternatif mobil bekas murah dan irit BBM yang patut dipertimbangkan.

mobil bekas Honda Mobilio eks taksi berwarna hitam
Honda Mobilio bekas taksi pun masih banyak diburu

Sedangkan bagi Anda yang ingin menjadi model yang lebih baru, harga Mobilio bekas​​​​​​​ keluaran tahun 2017 yang sudah mendapatkan facelift pertama ini dibanderol di kisaran Rp135 juta – Rp175 jutaan.  Ubahan kali ini disebut lebih hemat BBM dan mendapatkan fitur baru, seperti Vehicle Stability Control dan Hill Start Assist.

Untuk Mobilio edisi facelift kedua yang dirilis pada Februari 2019, desainnya lebih modern dan sudah mendapatkan head unit 8.0 inci bergaya floating. Mesin masih sama tapi kali ini mendapatkan tenaga lebih besar. Harganya mulai dari Rp150 jutaan tergantung tipe dan kondisinya.

Saat ini harga Honda Mobilio terbaru dibanderol mulai dari Rp229 jutaan. Sayangnya hanya ada satu pilihan tipe yang tersedia, yaitu Mobilio S M/T. Dimana mobil ini mengandalkan mesin 1.5L SOHC i-VTEC, head unit Double Din dan setir multifungsi untuk memikat pelanggan.

>>> Kelebihan dan Kekurangan Honda Mobilio Bekas Eks Taksi, Untung atau Rugi?

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com. Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencar
 
back to top