Plus Minus Hatchback, Sedan dan MPV Dijadikan Mobil Keluarga

22/01/2021

Jual beli

4 menit

Plus Minus Hatchback, Sedan dan MPV Dijadikan Mobil Keluarga
Apa kelebihan dan kekurangan mobil berjenis hatchback, sedan dan MPV jika dijadikan mobil keluarga untuk Anda. Mau tahu? Simak ulasannya di bawah ini.

Mencari mobil keluarga terbaik tentunya harus mempertimbangkan banyak hal sebelum Anda benar-benar membelinya. Mengapa demikian? Karena mobil tersebut pastinya tidak hanya digunakan oleh Anda sendiri, tapi juga anggota keluarga tercinta termasuk anak, istri dan juga orang tua.

Banyak hal yang harus Anda perhatikan semisal harga serta biaya perawatan hingga daya tampung untuk memilih sebuah mobil keluarga. Umumnya di pasar mobil di Indonesia dikenal tiga bentuk bodi mobil yang kerap dijadikan sebagai mobil keluarga, hatchback, MPV dan juga sedan. Dari ketiganya kira-kira kekurangan dan kelebihan apa jika salah satunya menjadi mobil keluarga untuk Anda? Simak pertimbangannya di bawah ini.

>>> Ini Permasalahan saat Membeli Mobil Pertama Kali yang Harus Dihindari

1. Hatchback

Kelebihan utama dari mobil berjenis hatchback atau mobil perkotaan ini tentunya dari segi ukuran yang umumnya ringkas untuk bisa berjalan di jalan perkotaan. Mobil hatchback ini sangat bisa untuk Anda andalkan menembus kemacetan di jalan perkotaan yang padat.

Selain itu mobil jenis ini juga tergolong hemat bahan bakar. Tak ketinggalan juga karena dimensinya yang cukup ringkas dapat dengan mudah mencari tempat parkir saat Anda tengah bepergian bersama keluarga tercinta. Biasanya juga mobil hatchback dijual lebih terjangkau dan ramah di kantong jika dibandingkan dengan mobil jenis lainnya.

Gambar menunjukan Mobil hatchback

Mobil hatchbcak memiliki keunggulan bisa melewati jalan-jalan perkotaan yang padat

Selain kelebihan tentunya mobil berjenis hatchback juga memiliki kekurangan jika Anda jadikan mobil keluarga. Pertama tentunya daya tampung, karena memiliki dimensi yang tidak besar tentunya Anda tidak bisa membawa banyak anggota keluarga. Kemudian tenaganya juga cenderung lebih kecil dari jenis mobil lainnya. Terakhir tentunya jangan berharap banyak jika Anda berniat untuk menerjang banjir mobil jenis ini ground clearance-nya yang tergolong pendek

2. Sedan

Kelebihan utama dari mobil berjenis sedan tentunya  dari segi kenyamanan. Umumnya mobil berjenis ini menawarkan kenyamanan yang mampu memanjakan Anda dengan maksimal sebagai penghuni kabin kendaraan. Selain itu jika Anda melihat dari segi penampilannya, mobil berjenis sedan biasanya jauh lebih keren dari mobil berjenis lainnya semisal hatchback dan MPV. Terlebih jumlah pengguna sedan lebih sedikit di jalan sehingga Anda bisa tampak lebih menonjol.

Gambar  menunjukan Mobil sedan

Mobil sedan tawarkan interior yang nyaman

Sayangnya jika Anda ingin membawa banyak keluarga kabin mobil berjenis sedan ini tergolong tak cukup lapang. Jika sekedar membawa keluarga kecil, sedan cocok untuk Anda pertimbangkan. Selain itu mobil berjenis sedan itu pajaknya juga cenderung lebih tinggi bila dibandingkan mobil jenis lainnya. Terakhir jika nantinya Anda berniat menjual kembali, umumnya harga jual mobil sedan biasanya lebih rendah dari jenis mobil lainnya.

>>> Tren Otomotif 2021: Mulai dari Dealer Online hingga Aplikasi Mobile

3. MPV

Kelebihan utama dari mobil berjenis MPV tentunya perihal daya tampung penghuni kabin. Jika Anda berminat mencari mobil keluarga pastinya mobil jenis ini sangat cocok menjadi pilihan utama. Selain Anda bisa membawa seluruh keluarga tercinta. Anda juga bisa memaksimalkan ruang bagasi dari mobil berjenis MPV ini untuk bisa membawa banyak barang. Sehingga sangat pas dijadikan armada jika Anda berniat untuk keluar kota.

Selain kelebihan tentunya mobil berjenis MPV ini juga memiliki kekurangan. Jika Anda ingin tampil bergaya tidak direkomendasikan untuk memilih mobil berjenis ini karena umumnya tampilannya kurang sporty.  

Gambar menunjukan Mobil MPV

Mobil MPV tawarkan interior yang dapat menampung banyak penumpang

Setelah membaca plus minus hatchback, sedan dan MPV jika dijadikan mobil keluarga. Bagaimana apakah Anda sudah bisa menentuka pilihannya? Semua mobil tentunya ada kelebihan dan kekurangannya. Kalau Anda masih bingung menentukan mobil ideal tapi tidak punya waktu untuk melakukan pencarian lanjutan, gunakan fitur geser kanan kiri di aplikasi terbaru Cintamobil.

Melalui wajah baru desain modern ini membuat pengalaman menggunakan aplikasi dari Cintamobil semakin menyenangkan dan lebih baik dari sebelumnya. Bagi Anda yang belum mengunduh aplikasi dari Cintamobil bisa langsung saja di unduh aplikasinya di Android Play Store atau Apple App Store di ponsel pintar milik Anda. 

>>> Ikuti terus berita otomotif terlengkap di Cintamobil.com

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top