Ini Permasalahan saat Membeli Mobil Pertama Kali yang Harus Dihindari

15/01/2021

Jual beli

5 menit

Share this post:
Permasalahan saat membeli mobil pertama kali pasti sering dialami oleh mereka yang awam. Apa saja kah permasalahan tersebut? Simak penjelasannya berikut.

Membeli mobil bisa dibilang gampang-gampang susah. Apalagi buat mereka yang baru membeli mobil pertama kali. Pembeli mobil pertama tak cuma harus memilih mobil yang pas, alangkah baiknya juga memahami tempat membeli dan cara membayarnya. 

Kalau salah memilih, yang ada menyesal di kemudian hari. Selain menyesal, kesalahan yang dilakukan oleh pembeli pertama juga bisa membuatnya mengeluarkan biaya ekstra. Berikut ini sederet permasalahan saat membeli mobil pertama kali untuk orang awam yang sebaiknya dihindari. 

>>> 4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Beli Mobil Lewat Aplikasi

1. Langsung Percaya Pandangan Pertama 

Tak sedikit dari pembeli mobil pertama yang mempercayai pandangan pertama. Maksudnya, mereka tanpa mempedulikan performa, dan fitur lain yang justru dibutuhkan. Misalnya Anda memilih untuk membeli mobil sport lantaran tampilan menawan serta performanya. Padahal Anda membutuhkan mobil yang bisa digunakan menampung keluarga dan akan dikendarai sehari-hari. Tentu pilihan mobil sport bukan hal yang bijak. 

Saat Anda akan membeli mobil pertama kali, pahami fitur yang benar-benar Anda butuhkan. Sisanya bisa Anda pasang sebagai aksesori tambahan. 

tips beli mobil

Jangan hanya mengacu pada pandangan pertama

2. Seringkali Merasa Tak Enak

Tak enak di sini maksudnya bukan kenyamanan di dalam mobil, melainkan tidak bisa menolak ketika ditawarkan oleh tenaga penjual. Biasanya, dealer dan tenaga penjual bisa menilai gelagat mereka para pembeli mobil pertama dan memanfaatkannya untuk memberikan tekanan. Mereka biasanya juga pintar bermain kata-kata dengan menyebut, 'promo cuma berlaku hari ini' ketimbang bertanya 'apa mobil yang pas untuk Anda'. 

Ini membuat calon pembeli berada di bawah tekanan. Kalau sudah begitu, ada baiknya Anda pergi dan mencari dealer yang lain. 

beli mobil baru

Hati-hati terlena dengan kata-kata penjual

>>> Begini Cara Memilih Situs Jual Beli Mobil yang Terpercaya

3. Tak Melakukan Tes Drive

Ketika Anda sudah memutuskan mobil yang akan dibeli, jangan langsung membayarnya begitu saja. Kesalahan ini tak jarang dilakukan oleh para pembeli pertama. Pastikan Anda melakukan test drive sebelum akhirnya menyetujui akan membeli mobil tersebut. Pastikan Anda mendapatkan kenyamanan dan kesenangan ketika mengendarai mobil yang Anda inginkan. 

beli mobil baru

Sempatkan untuk melakukan test drive

4. Tak Mengerti Detail Perjanjian dengan Leasing

Memahami kontrak pembiayaan dengan leasing menjadi hal penting ketika Anda membeli mobil dengan cara dicicil. Satu hal yang harus selalu Anda ingat, sebelum menyetujui kesepakatan untuk mencicil mobil baca pelajari lebih detail soal perjanjiannya. Jangan sampai Anda merasa dirugikan nantinya. 

5. Tak Mencari Tahu Lebih Dulu 

beli mobil baru

Anda bisa memanfaatkan aplikasi Cintamobil untuk mencari mobil baru dalam genggaman

Sebelum membeli mobil, ada baiknya Anda melakukan riset kecil-kecilan ke sejumlah dealer. Jangan terpacu pada satu dealer lantaran lokasinya paling dekat dengan rumah atau direkomendasikan oleh seorang teman. 

Anda tak perlu terburu-buru sebelum memutuskan untuk membeli mobil. Kalau tak sempat, Anda juga bisa melakukan pencarian lewat online ke situs langsung dealer dan juga review. Anda bisa membaca pendapat konsumen, promo yang didapatkan hingga reputasi dari dealer tersebut. 

Atau paling mudah bisa memanfaatkan aplikasi situs jual-beli Cintamobil. Anda hanya perlu menggeser ke kanan dan ke kiri untuk mencari mobil idaman yang sesuai dengan kebutuhan. Lewat aplikasi Cintamobil, Anda juga bisa mencari dealer dengan reputasi beserta informasi lengkap soal kendaraan yang dijual. Kalau sudah menemukan kendaraan yang pas, Anda bisa menghubungi dealer tersebut atau langsung menyambanginya. Mudah bukan? Tunggu apalagi, gunakan aplikasi Cintamobil dengan mengunduhnya di Android Play Store atau Apple App Store pada ponsel pintar milik Anda

>>> Ini Cara Cintamobil.com Membantu Anda Jual Mobil Lebih Cepat Laku

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top