Mobil Kecil untuk 2 Orang Ini Pernah Eksis di Indonesia

17/09/2020

Jual beli

8 menit

Share this post:
Mobil Kecil untuk 2 Orang Ini Pernah Eksis di Indonesia
Smart ForTwo pernah menjadi mobil kecil untuk 2 orang yang beredar di Indonesia. Peminatnya pun tidak sedikit, lantaran mobil ini menawarkan desain yang menarik dipadu dengan teknologi modern pada masanya.

Mobil dengan dimensi ringkas selalu mendapat tempat dihati beberapa kalangan. Ukurannya yang mungil tersebut menjadikan kendaraan ini praktis kala digunakan di jalan-jalan yang cukup sempit. Selain itu, akibat bobot mobil juga relatif lebih ringan, maka membuat mobil lebih hemat dalam pemakaian bahan bakar dibanding mobil yang ukurannya besar.

Mobil dengan ukuran mini banyak diminati di negara-negara maju. Itu akibat keterbatasan lahan parkir dan padatnya kondisi jalan raya di negara-negara tersebut. Indonesia pun juga pernah memiliki mobil kecil untuk 2 orang yang tidak ada satu pun jok pada bagian belakangnya. Mobil ini dinamakan Smart ForTwo, dan kala itu dimasukkan dari Jerman ke Nusantara melalui PT Mercedes-Benz Indonesia pada tahu 2010 silam.

Smart ForTwo memang merupakan mobil mungil keluaran Daimler yang tak lain juga menjadi perusahaan naungan Mercedes-Benz. Desainnya unik dan ada beberapa hal yang tidak pernah ditemukan pada mobil kecil lainnya yang ada di Indonesia.

Saat itu, Smart ForTwo ditujukan bagi kaum urban yang mencari mobil untuk 2 orang dengan desain stylish tapi tak melupakan fungsionalitas serta kenikmatan berkendaranya. Namun karena didatangkan dari Eropa, harga mobil ini ketika tiba di dalam negeri cukup tinggi jika melihat ukurannya yang mungil. Sehingga hanya golongan dari kaum mapan secara ekonomi yang bisa memilikinya.

Namun kalau Anda saat ini berniat mencari Smart ForTwo bekas untuk dijadikan kendaraan harian atau sekedar mobil hobi? Cintamobil.com akan mengulas sedikit lebih dalam mengenai mobil ini. Karena harga mobil ini sekarang sudah amat terjangkau.

Harga Mobil Kecil untuk 2 Orang dari Smart ForTwo Kini Setara LCGC

Smart ForTwo dijual

Dipasarkan sejak 2010, usia Smart ForTwo di Indonesia terbilang singkat

Mercedes-Benz Indonesia memang tak lagi memasarkan Smart ForTwo, padahal di Eropa sana, mobil ini masih hadir generasi terbarunya. Selain itu, menemukan Smart ForTwo dalam kondisi bekas juga susah-susah gampang. Tidak semua dealer mobil bekas menjual mobil yang satu ini. Beberapa pemilik Smart ForTwo pun juga ada yang tak rela melepas kendaraannya.

Mungkin karena populasinya terbatas dan bentuknya yang menarik, tak banyak yang jual mobil kecil untuk 2 orang tersebut. Mobil ini pun bisa saja berubah jadi barang koleksi jika kondisinya masih amat istimewa. Tapi kalau pun ada, sebenarnya harga mobil kecil untuk 2 orang ini dalam kondisi bekas sudah amat terjangkau. Anda pun bisa mendapatkanya dengan harga yang lebih murah dibanding saat pertama kali diperkenalkan.

Untuk yang tipe Smart ForTwo Coupe produksi 2010, harganya ada di kisaran Rp 160 juta sampai Rp 170 juta. Sementara untuk yang produksi 2011 tipe Coupe harganya Rp 180 juta - Rp 190 juta. Tapi kalau yang tipe Cabrio harganya lebih mahal. Untuk Smart ForTwo Cabrio yang produksi tahun 2011 - 2013, harganya ada di rentang Rp 200 juta hingga Rp 250 juta. Ada juga tipe Smart ForTwo Brabus yang harganya bisa di atas Rp 250 juta karena menjadi varian terbatas.

Smart ForTwo, Mobil untuk 2 Orang yang Menyenangkan

Smart ForTwo interior

Mobil ini benar-benar cuma bisa diisi 2 penumpang, tidak lebih!

Selaras dengan ukuran bodinya yang kecil, Smart ForTwo juga memakai mesin dengan kapasitas isi silinder yang mungil. Mobil ini menggunakan mesin 999 cc 3 silinder 12 katup dengan teknologi DOHC VVT. Untuk yang varian Coupe tenaganya 61 PS dengan torsi 89 Nm, sementara yang tipe Cabrio tenaganya 71 PS dengan torsi puncak 92 Nm. Untuk pengoperasiannya mobil ini mengandalkan gearbox otomatis 5 percepatan, namun pengemudi diberi pengaturan Mode Manual. Sehingga jika ingin sedikit berakseelrasi, bisa menggunakan mode pengendalian posisi gigi secara manual tersebut.

Mobil ini punya panjang 2.695 mm (milimeter) lebar 1.559 mm, dan tingi 1.542 mm. Bobotnya bahkan tidak sampai 1 ton, atau tepatnya cuma 750 kg. Ini membuat mesin sekecil itu masih bisa memberikan sensasi berkendara yang menyenangkan. Apalagi Smart juga menggunakan teknologi Mid Hybrid dimana ketika mobil dalam keadaan diam, maka mesin akan otomatis mati. Mesin pun akan kembali bekerja ketika pedal gas iinjak. Mirip sistem Smart Stop pada mobil-mobil masa kini.

Hal menarik lainnya dari Smart ForTwo adalah mobil kecil tersebut bisa dibongar pasang beberapa bagiannya. Misalnya bagian pintu dan kap mesin untuk diganti komponen setara namun dengan warna yang berebda dari kelir bagian bodi lainnya. Kemudian baut roda pada mobil ini juga cuma 3, padahal umumnya mobil lain punya 4-6 baut. Sehingga butuh velg dengan spesifikasi khusus agar bisa terpasang di mobil ini.

>>> Baca juga: Rekomendasi Mobil Kecil untuk 4 Orang yang Murah 

>>> Klik disini untuk menemukan pula tips dan trik yang menarik dan berguna lainnya

Share this post:
Prasetyo Adhi
Penulis
Prasetyo Adhi
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Mobil Listrik Mungil Ramah Lingkungan, Smart Fortwo Cabrio EV

23/02/2018

Mobil baru

Banyak inovasi mobil terbaru yang diluncurkan untuk memenuhi kehidupan manusia. Bagi penduduk kota besar yang tidak memiliki ruang atau tidak membutuhkan SUV yang besar, mungkin Smart Fortwo Cabrio EV ini cocok untuk Anda.

Lihat juga

Bersama Mercedes Benz, Geely Siap Bikin Smart Listrik Lebih Moncer

16/01/2020

Pasar mobil

3 menit

Pabrikan China Zhejiang Geely Holding Group (Geely) menyatakan siap mengembangkan Smart listrik bersama Mercedes Benz. Berapa besaran investasi digelontorkan?

Lihat juga

Smart Forease, Mobil Mungil Bagi yang Berjiwa Bebas di Perkotaan

04/10/2018

Event - Promosi

Satu dari mobil konsep menarik yang diperkenalkan pertama kali di Paris Motor Show 2018 adalah all-electric Smart Forease. Dengan desain menawan khas masa depan, mobil tanpa atap ini memberikan semua teknologi masa depan dari Smart.

Lihat juga

Review Smart ForTwo Passion Coupé 2011

21/04/2019

Editor rate:

Nama Brand Smart di kancah otomotif Indonesia memang memiliki masa waktu singkat. Namun salah satu mobil mereka, Smart ForTwo, masih diincar oleh kalangan urban di Indonesia untuk dijadikan mobil hobi atau mobil beraktifitas sehari-hari. Memang apa hebatnya mobil ini?

Lihat juga

Spesifikasi Smart ForTwo 2010, Mobil Ringkas Khusus Dua Orang

17/05/2018

Editor rate:

Di Indonesia, mobil Smart Fortwo di Indonesia resmi dipegang oleh PT. Mercedes-Benz Indonesia. Mobil ringkas yang berukuran begitu kecil ini menawarkan sensasi berkendara yang lebih privat. Mobil ini awalnya diperkenalkan di Jakarta pada November 2010 silam. Berikut ini spesifiaksi Smart ForTwo 2010.

Lihat juga