Meski Murah, Ada 10 Kelebihan Membeli Mobil LCGC

13/10/2018

Jual beli

4 menit

Mobil Low Cost Green Car (LCGC) identik dengan mobil murah dengan beberapa spesifikasi yang telah ditentukan pemerintah. Namun walaupun identik dengan mobil murah, ada kelebihan membeli mobil LCGC.

Sejak tahun 2012, pemerintah Indonesia mengesahkan peraturan Low Cost Green Car (LCGC). Beberapa pabrikan pun meluncurkan produk andalannya di segmen mobil murah ini. Cap mobil murah pun menjadi stereotip di masyarakat. Namun bukan berarti mobil ini murahan, tim Cintamobil mencatat ada 10 kelebihan mobil LCGC.

1. Perawatan murah

Sebagai mobil yang harganya terjangkau, tentu perawatan tidak semahal mobil-mobil mewah. Seperti Toyota Agya dimana biaya servis berkalanya untuk 20.000 Km, 60.000 Km dan 100.000 Km di bengkel resmi Auto2000 sekitar Rp 1,7 juta. Itu pun tergantung apakah ada spare parts yang perlu diganti atau tidak.

Mobil LCGC mempunyai biaya servis yang murah

Sebagai mobil murah, biaya servis berkalanya juga tergolong murah

2. Irit

Salah satu syarat utama sebuah produk mobil ingin masuk dalam segmen mobil LCGC adalah ramah lingkungan. Maksud dari aturan tersebut adalah mobil tersebut harus irit. Pemerintah menetapkan untuk mobil LCGC penggunaan 1 liter bahan bakar harus mampu menempuh jarak minimal 20 Km. Jika tidak sampai angka tersebut, maka belum bisa masuk dalam segmen LCGC. Oleh sebab itu bila Anda mencari mobil yang irit, maka LCGC adalah solusinya.

>>> Baca juga : Mana MPV LCGC Di Bawah Rp 150 Juta Terbaik?

3. Harga murah

Selain irit bahan bakar, syarat lainnya yang ditetapkan oleh pemerintah adalah harga mobil harus murah. Meskipun ketika agen pemegang merek (APM) menambahkan fitur pada mobil LCGC maka boleh menaikkan harganya. Saat ini harga mobil LCGC rata-rata Rp 100 jutaan hingga Rp 160 jutaan. Sehingga konsumen bisa sesuaikan dengan budget dan kebutuhan.

Harga yang dibanderol murah

Pemerintah menetapkan mobil LCGC harus terjangkau karena banyak komponen dari dalam negeri  

4. Cocok untuk pemula

Sebagai mobil dengan harga terjangkau, mobil ini sebenarnya cocok untuk pemula yang ingin membeli mobil pertama. Pilihannya pun beragam, ada yang 5 penumpang hingga 7 penumpang. Transmisi yang ditawarkan para APM juga lengkap baik manual, otomatis maupun CVT seperti pada Honda Brio Satya.

5. Bebas khawatir

Bila Anda membeli mobil baru LCGC secara kredit umumnya mendapat asuransi. Sehingga tidak perlu khawatir bila terjadi kecelakaan atau terserempet kendaraan lain di jalan. Pun bila Anda membeli mobil bekas LCGC, dengan harga lebih murah tentu tidak perlu khawatir bila terserempet karena biaya perbaikan yang lebih murah dibandingkan mobil lainnya.

>>> Tips jual beli lainnya bisa didapatkan disini

6. Dimensi compact

Rata-rata mobil LCGC yang dijual mempunyai dimensi compact. Seperti Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Honda Brio Satya, dan Datsun GO Panca yang mempunyai model hatchback. Sedangkan untuk model MPV pun cukup compact seperti Toyota Calya, Daihatsu Sigra, maupun Datsun GO+ Panca.

Dimensi mobil LCGC mempunyai ukuran yang compact

Dimensi yang compact membuat mobil LCGC cukup lincah untuk dipakai sehari-hari

7. Nilai jual kembali

Kelebihan lainnya yang juga dimiliki ketika membeli mobil LCGC adalah resale value atau nilai jual kembali yang tidak terlalu besar depresiasinya. Sebagai contoh harga Toyota Calya tipe G A/T saat ini dibanderol Rp 150 jutaan, sedangkan harga bekasnya tahun 2015 Rp 120 jutaan. Artinya tidak terlalu besar depresiasinya.

8. Kredit lebih murah

Dengan harga yang dibanderol lebih murah, otomatis cicilan yang harus Anda bayar akan lebih murah. Terlebih beberapa diler kerap menawarkan promo seperti diskon atau DP kecil. Sehingga keuangan Anda seharusnya tidak terlalu terganggu dengan cicilan mobil.

9. Durabilitas

Jangan salah sangka, meski mobil LCGC mempunyai banderol yang murah tidak berarti mobil ini cepat rusak. Terlebih APM yang bermain di segmen ini sudah teruji kualitas mobilnya, seperti Toyota dan Honda. Sehingga tidak perlu khawatir bila mobil LCGC digunakan untuk jangka panjang.

>>> Ingin tahu daftar harga mobil LCGC terbaru, jangan abaikan informasi yang berguna di sini

Mobil LCGC cocok untuk modifikasi

Mempunyai dimensi yang compact membuat mobil LCGC layak untuk dimodifikasi

10. Cocok untuk modifikasi

Bagi Anda yang hobi memodifikasi mobil, LCGC bisa menjadi opsi menarik. Seperti yang dilakukan Datsun GO Panca yang telah banyak modifikasi baik ringan maupaun ekstrem. Mobil Anda pun terlihat tidak murahan dengan modifikasi tersebut. Saat ini sudah banyak bengkel modifikasi yang menerima pengerjaan untuk mobil-mobil LCGC.

>>> Untuk melihat tips dan trik bagi mobil anda bisa dilihat disini

 
back to top