Mana MPV LCGC Di Bawah Rp 150 Juta Terbaik?

21/06/2018
Dengan dana enggak sampai Rp 150 juta Anda mau mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) seperti apa? Jika pilihannya mobil dengan kondisi bekas, tentu banyak sekali pilihannya. Lebih jelasnya, bisa langsung intip listing mobil bekas di CintaMobil.com yang sedang on demand pada halaman komputer maupun gadget Anda saat ini. Kalau inginnya mobil baru? Utamanya yang mampu memuat 6 penumpang dewasa. Tentu pilihannya menjadi sempit. Lalu yang mana MPV LCGC Di bawah Rp 150 juta terbaik?

Toyota Calya 1.2G MT berwarna merah

Toyota Calya 1.2 G M/T menjadi penantang serius dari tes virtual ini

Pilihannya hanya dua, yaitu Toyota Calya 1.2 G M/T atau Datsun GO+ Panca 1.2 T-Style M/T. Sebenarnya ada satu pilihan lagi yaitu Daihatsu Sigra 1.2 R Deluxe M/T, namun oleh karena Sigra dan Calya adalah produk yang serupa. Kami memutuskan untuk mengkomparasi salah satu di antaranya, yaitu Calya dengan safety serta value for money yang lebih baik. Nah, yang mana MPV LCGC di bawah Rp 150 juta terbaik?

1. PENDAHULUAN

Kalau boleh jujur, saat ini tantangan terbesar bagi semua pabrikan mobil di dunia adalah menset harga jual dibawah Rp 150 juta dengan bodi MPV. Karena seperti khasnya karakteristik pasar Indonesia. Konsumen di negara kita ini sangat menyukai model mobil MPV, yang memiliki konfigurasi kursi tiga baris, dan kelegaan kabin yang cukup. Lalu bagaimana dengan kedua mobil ini? Mana MPV LCGC di bawah Rp 150 juta terbaik?

2. KOMPARASI EKSTERIOR

Oke kita mulai dari bagian eksteriornya. Datsun boleh berbangga hati dengan tampilan teranyarnya. Kini desain body kit bumper depan lebih tegas plus ditambah dengan aksen lampu LED (Light Emiting Diode) pada sisi kiri dan kanan yang membuat tampilan lebih keren. Ada ubahan kecil yang tidak semua orang notice, yakni tarikan grill depan Datsun GO+ Panca 1.2 T-Style M/T kini lebih tegas bila dibandingkan yang lawas. Sehingga menonjolkan kesan lebih kekar dan semakin senada dengan bodykit dengan aura agresifnya.

Desain lampu depan dan grill Datsun GO+ Panca 1.2 T-Style lebih berkesan sporty

Hero color anyar serta sporty bumper and grill menjadi resep utama eksterior jagoan Datsun ini

Berlanjut ke bagian samping hingga belakang desain eksterior Datsun GO+ Panca 1.2 T-Style M/T yang dibanderol Rp. 133.990.000 ini mengalami ubahan yang positif, Aerokit menyambung terus hingga bagian belakangnya. Tampilan luarya pun semakin menarik dengan adanya hero color baru, yaitu Ruby. Warna ini pada dasarnya adalah merah namun pengecatannya dibuat dengan kedalaman warna yang lebih in depth. Sehingga membuat kesan wet look dan ini keren banget.

>>> Mungkin Anda tertarik, Harga Toyota Calya 2017: Mobil Idaman Keluarga Indonesia, Spesifikasi dan Review Lengkap​

Untuk jagoan PT. Toyota Astra Motor ini seperti cenderung bermain aman dalam hal eksterior. Muka depannya memiliki bonnet yang kecil menyembunyikan mesin mungil 3NR-VE nya. Begitupun headlampnya yang memiliki desain narik ke atas (bukan pipih). Belum lagi grill depannya dengan satu tarikan garis krom sederhana bikin tampilannya elegan apalagi cover foglampnya juga dibalut krom. Secara umum tampilannya masih terasa oke di pertengahan tahun 2018 ini. Meski tetap, menurut kami Calya butuh penyegaran.

Tampilan depan Toyota Calya 1.5G MT mulai terasa butuh penyegaran

The little All New Innova reborn. Begitu lah cara Toyota Calya 1.2 G M/T ini memikat Anda

Bergeser ke bagian samping hingga belakang, Anda pembaca setia Cintamobil.com akan merasa mobil ini the little All New Innova Reborn. Yup, tarikan garis window line nya di belakang pilar C mengingatkan pada MPV medium yang mengusung nama besar Kijang itu. Apalagi ketika Anda menengok ke bagian belakangnya, desain lampu yang kami bilang vampire back (karena desainnya mirip taring vampir) terasa pas sekali dengan desain keseluruhan mobil yang di banderol seharga Rp. 140.950.000.

>>> Bisa mengupdate, Harga Toyota Calya Terbaru Pada Juni 2018: Mudik Semakin Seru Dengan Program Cicilan Rp. 2,3 Jutaan Perbulan​

3. KOMPARASI INTERIOR

Untuk sektor interior alias kabin, kami dari Cintamobil.com sepakat dan yakin juga bila Anda juga sependapat, kalau Datsun GO+ Panca 1.2 T-Style M/T baru ganti interior yang terlihat lebih oke. Jagoan dari Datsun untuk bertarung di kelas MPV LCGC di bawah 150 juta terbaik ini sudah mengusung konsep interior baru. Utamanya pada kursi depannya yang kini terpisah dan layout dasbor baru. Kami menyukai pemilihan warna dasbornya berkelir hitam. Karena secara tidak langsung akan mengurangi pantulan sinar matahari apabila mobil digunakan di bawah panas matahari yang terik.

Head unit Datsun GO+ Panca 1.2 T-Style MT sekarang sudah touchscreen

Interior Datsun GO+ Panca kini serupa dengan Datsun GO lainnya, baik GO Cross hingga GO hatchback

Penempatan tuas rem parkir juga sekarang pindah ke posisi ‘normal’. Bila sebelumnya tuas rem yang dioperasikan dengan tangan ini posisinya berada di bawah setir sebelah kiri pada dashboard, kini posisinya kembali ngumpet di sela kursi pengemudi dan penumpang depan. Sayangnya, meski corak warna interiornya berubah termasuk di kemudinya, namun untuk setir pemilihan bahannya masih belum proper menurut kami. Karena masih terasa licin dan kurang nyaman ketika digenggam.

Meski lawannya mengusung interior yang baru. Utamanya pada bagian desain dashboard dan layout. Jagoan Toyota ini enggak perlu berkecil hati, pasalnya untuk hal kepraktisan masih oke menurut kami. Coba lihat desain interiornya yang fungsional, ada tempat koin di sebelah kanan dekat kisi AC. Lalu ada slot kartu yang dapat dimanfaatkan untuk meletakkan kartu elektronik untuk bayar tol, belum lagi adanya arm rest pada kursi depan yang dapat membuat perjalanan semakin rileks dan menyenangkan.

Tampilan interior Toyota Calya 1.2G MT masih sederhana, bahkan head unitnya pun masih menggunakan dual din biasa

Layout interior Toyota Calya 1.2 G M/T berkesan modern, praktis dan luas

Tidak hanya itu saja, untuk urusan safety penumpang lagi-lagi Toyota harus berbangga hati. Karena semua kursi baik itu row depan, tengah, maupun belakang sudah dilengkapi dengan headrest yang proper. Meski kami dari Cintamobil.com masih menyayangkan untuk kursi pengemudi dan penumpang depan belum bisa diatur ketinggian sandaran kepalanya. Oh ya, enggak cuma headrest tapi seluruh kursi sudah dilengkapi seatbelt 3 titik yang proper. Well done Toyota.

>>> Tips jual beli lainnya bisa didapatkan disini

4. KOMPARASI MESIN

Mesin Datsun GO+ Panca 1.2 T-Style MT serupa dengan Nissan March yang halus dan bertenaga

Meski tenaga tidak sebesar rivalnya, namun mesin HR12DE membuat pengendaraan Datsun GO+ Panca menjadi menyenangkan karena akselerasinya lebih sigap

Jujur komparasi mesin merupakan salah satu yang jadi favorit bagi Cintamobil.com, karena mesin ibarat jantung yang berkaitan dengan performa mobil. Sebenarnya tidak ada hal baru pada kedua mobil ini. Baik Datsun GO+ Panca 1.2 T-Style M/T dan Toyota Calya 1.2 G M/T. Datsun masih setia menggunakan unit 3 silinder berkode HR12DE yang serupa dengan Nissan March. Unit ini mampu menggelontorkan tenaga hingga 68 PS pada putaran 5000 Rpm dan torsi 104 Nm di kitiran 4000 rpm. Sementara Toyota Calya 1.2 G M/T masih mengandalkan unit 1200 cc berkode 3NR-VE yang mampu menelurkan 88 PS di kitiran 6000 rpm serta torsi sebesar 108 Nm pada putaran mesin 4200 rpm.

>>> Jangan abaikan, Inilah Harga Datsun GO+ Panca Pada Mei 2018, Masih Belum Ada Versi Otomatis

Mesin Toyota Calya 1.2G MT bertenaga besar diatas kertas bila dibandingkan rivalnya

Meski tenaga lebih besar, namun akselerasinya mengalun dan membuat mesin Calya hemat bahan bakar

>>> Cari mobil untuk Anda, inilah daftar mobil Toyota Calya bekas yang dijual di Cintamobil.com

5. KOMPARASI OPERASI PENGENDARAAN

Datsun harus kembali berbangga untuk sektor operasi pengendaraannya. Pasalnya jika dibandingkan dengan pendahulunya Datsun GO+ Panca 1.2 T-Style ini lumayan meningkat untuk sektor kenyamanannya. Baik dari sektor bantingan suspensi yang cenderung firm, hingga kesenyapan kabin, hanya saja memang bagian kolong masih tetap berisik seperti varian sebelumnya, entah itu karena faktor peredaman bagian bawah mobil yang tidak diperbaiki atau penggunaan ban dengan road noise yang buruk.

Dua hal yang kami dari Cintamobil.com sangat sukai di Datsun GO+ Panca 1.2 T-Style ini, pertama adalah respon mesinnya yang cukup agresif. Kedua adalah pemilihan rasio antar giginya yang terasa sangat pas. Anda enggak perlu terlalu sering mengoper gigi ke posisi yang lebih tinggi ketika mengendarai mobil ini. Berjalan 80 km/jam dengan gigi 3, rpm mesin masih 2300 rpm. Seolah Anda akan lupa, kalau sedang mengendarai MPV LCGC di bawah Rp 150 juta terbaik. Konsumsi bahan bakarnya juga cukup oke, di dalam kota dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam, sanggup meraih angka 12,1 km/l. Untuk rute tol kami belum sempat mengetesnya karena keterbatasan waktu, namun kami berjanji akan mengetes lengkap untuk Anda.

Untuk Toyota Calya, harus kami akui jika kualitas berkendaranya lebih baik jika dibandingkan denga rivalnya. Kabinnya senyap, bagian kolong tidak berisik, dan bantingan suspensinya pun lebih pas. Posisi mengemudinya juga terasa lebih baik bila dibandingkan dengan jagoan Datsun tersebut. Memang, kedua mobil sama-sama tidak memiliki pengaturan setir alias fixed. Namun sudut kerendahan bangku pengemudi Toyota Calya dan lebar joknya lebih baik serta lebih menyangga pengemudi ketika bermanuver.

Sayangnya, meski di atas kertas mesin Toyota Calya ini memiliki tenaga yang lebih besar serta dapat diraih pada putaran yang lebih rendah. Namun untuk akslerasi dari diam menggunakan mobil ini agak terasa desperate. Terasa loyo dan kekurangan torsi (padahal tidak). Beda sekali dengan Datsun yang cenderung responsif. Tetapi anehnya, ketika sudah masuk kecepatan cruising. Mobil ini terasa mudah untuk menyesuaikan irama lalu lintas. Hebatnya dengan karakter seperti itu konsumsi bahan bakarnya lebih baik ketimbang Datsun. Di dalam kota dengan kecepatan rata-rata yang sama 22 km/jam mampu menempuh 13,7 km/l untuk 1 liter premium. Buat rute tol, kami belum menemukan kecepatan rata-rata idealnya saat pengetesan (80 km/jam), karena ketika tulisan ini dibuat sedang menjelang libur lebaran dan nyaris semua tol penuh kendaraan.

>>> Baca juga: Review Datsun GO+ Panca 2018: Andalkan Ubahan Fascia Meski Tetap Setia Dengan Transmisi Manual

6. KOMPARASI FITUR

Head unit Datsun GO+ Panca 1.2 T-Style MT terasa modern dan pas untuk kaum urban

Head unit touchscreen pada Datsun GO+ Panca 1.2 T-Style memberi nilai lebih

Untuk fitur baik Datsun GO+ Panca 1.2 T-Style M/T maupun Toyota Calya 1.2 G M/T memiliki keunggulannya masing-masing. Pertama dari Datsun yang sudah mengadopsi 6,75” head unit touch screen. Head unit ini dapat memutar banyak format kekinian, seperti Bluetooth, USB, AUX, MP3, hingga Smartphone Connection. Untuk Toyota Calya meski head unitnya belum memiliki monitor, namun sudah dilengkapi dual Bluetooth yang dapat terkoneksi 2 smartphone yang berbeda, serta langkah cerdas dari Toyota untuk tetap memberikan value meski berharga murah, Calya sudah memiliki air circulator yang membuat MPV LCGC di bawah Rp 150 juta terbaik ini serasa punya AC dual blower meski tanpa evaporator. Oh ya, one touch triple turn signal yang amat membantu pada saat pengemudi hendak berpindah jalur. Ditambah lagi untuk urusan safety baik aktif maupun pasif Toyota lebih jumawa, karena pada varian E sekalipun, sudah dilengkapi dengan rem ABS, seatbelt 3 titik di semua bangku, dan dual SRS Airbag.

>>> Ayo, Inilah daftar mobil Datsun Go Plus Bekas Yang Ada Di Cintamobil.com, silakan klik di sini

Kombinasi pintar AC dengan kipas blower belakang pada Toyota Calya 1.2G MT

Rear air circulation membuat hembusan hawa dingin cepat merata di kabin Toyota Calya 1.2 G M/T

7. KOMPARASI SPESIFIKASI

KOMPARASI SPESIFIKASI INTI

MODEL

DATSUN GO+ PANCA 1.2 T-Style M/T

TOYOTA CALYA 1.2 G M/T

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.885 mm x 1.865 mm x 1.835 mm

4.070 mm x 1.655 mm x 1.600 mm

Ukuran Ban

165/70 R14

175/65 R14

MESIN

Tipe Mesin

HR12DE

3NR-VE dengan Dual VVT-i

Daya Maksimum

68 PS / 5.000 Rpm

88 PS / 6.000 Rpm

Torsi Maksimum

104 Nm / 4.000 Rpm

108 Nm / 4.000 Rpm

8. KESIMPULAN

Mana MPV LCGC di bawah Rp 150 juta terbaik? Oke, ini merupakan pilihan yang sulit bagi sebagian orang. Karena masing-masing merek memiliki kelebihan tersendiri. Namun kami dari Cintamobil.com harus menjatuhkan salah satu pilihan yang terbaik untuk Anda. Dan pilihan MPV LCGC di bawah Rp 150 juta terbaik adalah Toyota Calya 1.2 G M/T. Mengapa menjadi pemenang? Memang Calya tidak menawarkan tampilan baru seperti lawannya, mesin pada putaran bawah terasa loyo, serta head unitnya belum touch screen. Namun rem ABS dan dual SRS Airbag merupakan fitur yang tidak bisa dipasang secara opsional. Fitur keamanan ditambah rasa nyaman saat berkendara merupakan value lebih untuk Anda.

Toyota Calya 1.2G MT dinobatkan sebagai MPV LCGC Dibawah Rp 150 juta terbaik di Indonesia

Toyota Calya 1.2 G M/T merupakan pemenang komparasi virtual ini

>>> Tips otomotif lainnya bisa Anda dapatkan disini

Arfian Alamsyah

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0