Selalu Dibandingkan, Ini Komparasi Terios vs Rush

27/08/2021

Jual beli

5 menit

Share this post:
Di tengah kehadiran kompetitor lainnya, SUV Terios dan Rush masih menjadi primadona. Jika Anda bingung memilih, berikut ini komparasi Terios vs Rush terbaru.

Jika membicarakan Daihatsu Terios, pastinya tak ketinggalan juga membahas Toyota Rush. Dua mobil segmen Sport Utility Vehicle (SUV) ini memang masih menjadi SUV favorit di pasar Indonesia, di tengah kehadiran kompetitor lainnya, seperti Honda HR-V, Toyota CR-V, Chevrolet Trax, dan DFSK Glory 560. Namun, harga yang terjangkau dan nama besar merek Jepang inilah yang membuat Rush dan Terios masih menjadi primadona.

Kehadiran Terios dan Rush tak lepas dari kolaborasi antara Daihatsu dan Toyota setelah Avanza - Xenia yang diluncurkan pertama kali di Indonesia pada tahun 2003. Terios dan Rush akhirnya dirilis tiga tahun setelanya.

Sejak itulah keduanya kerap dibandingkan, mulai dari fitur, harga, spesifikasi, hingga konsumsi BBM untuk menemukan mobil mana yang paling irit. Nah, jika Anda sedang bingung memilih antara Terios dan Rush, berikut ini komparasi Terios vs Rush.

Varian Terios dan Rush

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) pertama kali memperkenalkan Daihatsu Terios dengan basis Toyota RAV4 generasi kedua dalam model long wheelbase. Daihatsu Terios generasi pertama hadir dalam varian TS dan TX.

Namun, pada November 2017, ADM memperkenalkan generasi kedua dengan varian X dan R dengan 9 pilihan, yakni All New Terios R AT Custom, All New Terios R MT Custom, All New Terios R AT DLX, All New Terios R AT, All New Terios R MT DLX, All New Terios R MT, All New Terios X AT DLX, All New Terios X MT DLX, dan All New Terios X MT.

Daihatsu Terios SE AT 2019

Toyota Terios memiliki 9 varian

Kehadiran Toyota Rush juga pertama kali dikenalkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) berbarengan dengan Daihatsu Terios. TAM memperkenalkan Rush dengan tipe G dan S, juga tipe TRD Sportivo 7 pada tahun 2013. Selanjutnya di tahun 2016, TAM menghadirkan satu varian TRD SPortivo Ultimo.

Dan pada generasi Rush kedua, varian mobil berubah jadi tipe G dan TRD Sportivo. Dan di tahun 2021, TRD Sportivo diganti dengan GR Sport. Saat ini Toyota Rush hadir dengan empat varian, yakni All new Rush 1.5 G M/T, 1.5 G A/T, 1.5 S M/T GR Sport, dan 1.5 S A/T GR Sport.

>>> Review Daihatsu Terios SE AT 2019: Terios Paling Jarang Di Indonesia

Perbedaan Eksterior

Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, All New Toyota Rush dan All New Daihatsu Terios mendapatkan perubahan desain. Ciri khas SUV dengan atap tinggi sudah ditinggalkan, sehingga mobil memiliki desain lebih modern dan lekuk tubuh tajam yang cocok dipakai di dalam kota.

Daihatsu Terios 2019

Aksen chrome di depan untuk All New Terios

Lalu apa perbedaan Daihatsu Terios vs Rush dari sisi eksterior? Untuk varian tertinggi, All New Terios dilengkapi dengan banyak aksen chrome pada bagian depan dan belakang. Sementara All New Rush minim akses chrome dan desain velg lebih dinamis dengan gaya miring dan two tone.

Dalam pilihan warna, keduanya sama-sama menawarkan 6 pilihan warna. Pilihan warna untuk Rush terdiri dari White, Silver Mica Metallic, Red Mica Metallic, Bordeaux Mica, Bronze Mica Metallic, dan Black Mica. Semenatara Terios menawarkan pilihan warna Icy White, Classic Silver Metallic, Scarlet Red Metallic, Purple Metallic, Bronze Metallic, dan Midnight Black Metallic.

Perbedaan Interior

Daihatsu Terios vs Toyota Rush sama-sama didukung kabin dengan tata letak jok tiga baris dengan 7-seater. Namun, Toyota Rush memiliki headrest tengah untuk penumpang baris kedua.

Meskipun tampak sepele, adanya headrest akan membuat perjalanan jadi lebih nyaman karena bisa menyangga kepala lebih rileks dan mencegah cedera leher saat terjadi benturan dari depan.

>>> Review All New Toyota Rush G 2019: Medium SUV Keluarga Teraman di Tanah Air

Fitur Keselamatan

Fitur keselamatan adalah hal penting yang tak boleh Anda abaikan saat membeli mobil. Apa saja perbedaan Daihatsu Terios dan Toyota Rush dari sisi fitur keselamatan? Keduanya sama-sama memiliki dual SRS Airbag, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HAS), dan Emergency Brake Signal (EBS).

Namun khusus untuk All New Toyota Rush sudah memiliki tambahan airbag di sisi kabin dan safety belt untuk pengemudi dan seluruh penumpang. Dimana fitur ini masih belum bisa ditemukan pada Terios terbaru.

Fitur keselamatan Rush

Terios vs Rush sama-sama memiliki dual SRS Airbag

Meskipun kalah dari fitur keselamatan, All new Daihatsu Terios memiliki fitur kamera 360 derajat. Pengemudi bisa melihat kondisi di sekitar jalan melalui layar monitor sehingga bisa mencegah mobil bersinggungan dengan kendaraan lain.

>>> Kembar Tapi Tak Sama, Terios vs Rush Irit Mana?

Perbedaan Mesin

Mesin Rush 2019

Daihatsu Terios vs Toyota Rush memiliki mesin yang sama 

Bagaimana komparasi Terios vs Rush dari sisi mesin? Baik Rush maupun Terios, sama-sama memiliki mesin berkode 2NR-VE 4 silinder segaris 16-katup DOHC berkapasitas 1.500 cc dengan tenaga 103 ho dan torsi 136 Nm. Mesin sudah dilengkapi dnegan teknologi Dual VVT-i yang menawarkan keunggulan, seperti ringan, kinerja dan efisiensi BBM, serta minim getaran dan bising.

Jadi, jika ditanya Terios vs Rush irit mana, maka jawabanya sama. Perbedaannya akan muncul dari perilaku pengemudi. Jika cara mengemudinya eco driving, makan konsumsi BBM-nya bisa ditekan.

Harga Terios vs Rush

Terios vs Rush

Harga Rush lebih tinggi daripada Terios

Salah satu indikator sebelum memutuskan untuk membeli mobil adalah harganya. Sejak pertama kerja sama antara Toyota dan Daihatsu, harga Toyota lebih tinggi daripada Daihatsu. Namun, tentunya TAM mengimbanginya dengan beberapa keunggulan lebih.

Sebagai perbandingan, harga All New Terios dimulai dari Rp 200.000.000 untuk varian X MT, sedangkan All New Rush dijual mulai dari Rp 245.500.000. Berikut ini harga dari masing-masing merek.

Tipe

Harga Daihatsu Terios

X M/T

Rp 200.000.000

X M/T Deluxe

Rp 210.000.000

X A/T Deluxe

Rp 219.200.000

R M/T

Rp 230.700.000

R M/T Deluxe

Rp 240.700.000

R A/T

Rp 239.900.000

R A/T Deluxe

Rp 249.900.000

R A/T Deluxe

Rp264.500.000

R M/T Custom

Rp 242.600.000

Tipe

Harga Toyota Rush

1.5 G M/T

Rp 245.500.00

1.5 G A/T

Rp 255.200.000

1.5 S M/T GR Sport

Rp 255.600.000

1.5 S A/T GR Sport

Rp 266.200.000

Itulah komparasi Terios vs Rush. Pilihan kembali lagi ke tangan Anda. Apakah lebih memilih mobil SUV murah atau mobil dengan fitur yang lebih banyak. 

>>> Simaklah artikel tips dan trik yang menarik lainnya di sini

Pertanyaan Sering Diajukan

Apa perbedaan Terios dan Rush dari sisi interior?
Toyota Rush memiliki headrest tengah untuk penumpang baris kedua, sedangkan Terios tidak ada.
Mana yang lebih mahal, Terios atau Rush?
Sejak kerja sama antara Toyota dan Daihatsu, mobil Toyota memiliki harga lebih mahal
Apa saja fitur keselamatan Terios dan Rush?
Keduanya sama-sama memiliki dual SRS Airbag, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HAS), dan Emergency Brake Signal (EBS).
Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top