Kencang Dan Irit, Inilah 5 Pilihan MPV Bermesin Turbo

30/03/2020

Jual beli

5 menit

Share this post:
Kencang Dan Irit, Inilah 5 Pilihan MPV Bermesin Turbo
Mau MPV (Multi Purpose Vehicle) yang kencang namun tetap irit BBM? Coba lirik 5 MPV ini, inilah 5 pilihan MPV bermesin turbo yang membuat mobil kencang dan irit

Gambar menunjukkan turbocharger merek Garret

Mesin dengan pemampat udara paksa dipercaya dapat meningkatkan efisiensi BBM sekaligus menambah kencang

Sistem induksi udara paksa atau lazim disebut dengan turbo memang kini menjadi cara pabrikan mobil saat ini guna menambah tenaga serta menekan emisi gas buang. Selain dapat memperbesar output tenaga dari mesin, memasang turbo juga akan membuat konsumsi BBM mobil lebih irit. Maka tak heran, berbagai jenis mobil banyak yang mengaplikasikan turbocharger, berikut ini adalah 5 Pilihan MPV bermesin turbo yang kencang dan juga irit BBM.

>>> Inilah pengalaman kami mengeksplor Suzuki XL7 sejauh 1000 kilometer

1. Toyota Venturer Diesel 

Pilihan pertama yang kami sodorkan pada 5 pilihan MPV bermesin turbocharger adalah Toyota Venturer. Toyota Venturer ini masuk dalam gen Kijang Innova, namun PT Toyota Astra Motor seolah ingin 'memisahkan' antara Innova dengan Venturer. hal yang sama juga terjadi pada Avanza dengan Veloz. Namun itu tak jadi masalah, mengingat mobil ini memiliki keunggulan komparatif yang bisa dibilang tidak dimiliki oleh lawan-lawannya.

Gambar menunjukkan Toyota Venturer Diesel 2017

Toyota Venturer merupakan mobil keluarga medium yang dapat diandalkan

Salah satu yang ditawarkan oleh Toyota Venturer adalah kehematan BBM serta semburan torsinya yang membuat mobil ini menyenangkan ketika merayap di kemacetan bahkan saat dibawa pelisir ke luar kota. Kami sudah mencoba sendiri konsumsi BBM Toyota Venturer saat melaju di jalur luar kota adalah 16-17 kilometer per liter. Sedangkan mesin 4 silinder 2.400 cc yang diusungnya cukup mudah untuk berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam tembus dalam 12,1 detik.

Gambar menunjukkan mesin 2GD-FTV Toyota Venturer Diesel

Mesin 2GD-FTV yang diusung punya torsi besar dan power band yang cukup luas

Yang menyenangkan dari unit mesin berkode 2GD-FTV ini adalah selain ia punya torsi besar yakni sekitar 360 Nm, mesin ini juga punya rentang power yang cukup luas. Ia seolah tak pernah kekurangan tenaga saat kami sempat 'menyiksa' mobil ini 2 tahunan yang lalu saat ia dalam kondisi baru. Itu semua terbantu berkat karakter transmisi torque converter 6 percepatannya yang cukup sigap dan punya rasio yang panjang.

2. Wuling Cortez CT

Bila Anda mencari MPV bermesin turbo dengan harga yang masih terjangkau maka jangan palingkan pilihan Anda ke MPV yang satu ini, Ini adalah Wuling Cortez CT dengan mesin turbo. MPV racikan Wuling ini hanya dibanderol Rp282 juta. Bandingkan dengan rival terdekat yang diincarnya semisal Toyota Kijang Innova bermesin bensin non turbo yang sudah tembus di angka Rp320 juta untuk tipe termurah.

Gambar menunjukkan Wuling Cortez CT 2019

Wuling Cortez CT merupakan salah satu MPV bermesin turbo yang kami rekomendasikan

Memang harus diakui, respon tenaga dari bawah ke tengahnya tidak seagresif Wuling Almaz. “Mapping ECU-nya berbeda sedikit dari Wuling Almaz itu dilakukan untuk mengkompensasi berat dari mobil ini. Hanya saja saya agak lupa lebih ringan apa lebih berat berapa kilogram mobil Cortez CT ini dari Almaz. Yang jelas karakternya lebih smooth,” tukas Danang Wiratmoko, selaku Product Planning PT SGMW Motor Indonesia saat ngobrol santai dengan Cintamobil.com.

Gambar menunjukkan mesin LL5 DVVT Wuling Cortez CT

Meski mesin LL5 yang diusung Cortez turbo belum VGT tapi sudah mengusung teknologi katup variabel DVVT

Spooling dari turbocharger system yang dianut oleh Cortez Turbo ini juga sudah terasa sejak putaran 1600 rpm membantu mobil ini saat hendak melakukan aksi overtaking. Meski turbo buatan Honeywell ini belum berjenis variable geometry, namun bilah yang rapat serta sudutnya yang lebih rebah ini membantunya untuk meniupkan udara lebih cepat kedalam mesin. Konsumsi BBM? Tidak seirit Innova Diesel, tapi angka 13 km/l bukan angka yang buruk untuk perjalanan ke luar kota.

3. Mercedes-Benz B200 Progressive Line

Kami sempat bingung saat hendak memasukkan kategori mobil ini, sebab bentuknya lebih mirip hatchback besar dibandingkan sebuah MPV. Namun, mobil ini bersaing ketat dengan VW Glof Plus dan BMW Seri-2 Active Tourer yang disebut BMW sebagai sebuah mobil keluarga 5 penumpang (MPV). Maka kami putuskan untuk memasukkan Mercedes-Benz B 200 Progressive Line ke kategori MPV bermesin turbo.

Gambar menunjukkan Mercedes-Benz B 200 Progressive Line 2019

Mercedes-Benz B 200 tipe Progressive Line merupakan MPV bermesin turbo dengan kapasitas terkecil

Tampilan mobil ini begitu manis dan proporsional dengan grill depan besar berlapis krom khas Mercedes-Benz. Ke-5 penumpang yang menumpangi mobil ini juga tidak akan merasa kesempitan karena ia menyediakan legroom dan headroom yang cukup lega. Apalagi mobil ini juga memiliki layout panel meter glass cockpit yang berkesan canggih dan mudah digunakan, membuatnya layak dipilih oleh para suami yang hendak membelikan istrinya mobil berkualitas nan canggih.

Gambar menunjukkan mesin M282 di Mercedes B 200 Progressive Line

Mesin M282 di balik bonnet B 200 punya output besar dan efisien mengolah BBM

Bicara soal mesinnya, unit berkode M282 berkapasitas 1,300 cc 4 silinder di balik kap mesinnya mampu menghasilkan tenaga sebesar 163 Hp pada putaran 5.500 rpm dan semburan torsi 250 Nm yang tersalur mulai putaran 1.620 rpm. Tenaga dan torsi tersebut tersalur ke roda depan via transmisi kopling ganda. Dengan figur sedemikian hebat tersebut, tak heran akselerasi dari 0 ke 100 km/jam pada mobil ini tembus di bawah 9 detik, dengan konsumsi BBM 18,5 km/l untuk rute tol.

4. KIA Grand Sedona Diesel

Jika Anda punya dana sebanyak Rp 680 juta, dan ingin cari mobil keluarga, maka Big MPV asal Korea Selatan ini layak untuk dipilih. KIA Grand Sedona Diesel ini terasa menyenangkan dikendarai maupun disopiri. Kepraktisan di dalam kabinnya juga membuat ia mampu mengakomodasi sebuah keluarga besar. Jantung pacu dieselnya pun cukup mumpuni untuk mengusung sosoknya yang besar, sekaligus memberikan jaminan efisiensi.

Gambar menunjukkan KIA Grand Sedona Diesel Facelift 2019

Jika Anda ingin MPV dengan kapasitas tempat duduk 11 penumpang, Grand Sedona Diesel jawabannya

Entakan tenaganya juga terasa nikmat. Seolah Anda sejenak terlupa bahwa Anda sedang membawa sebuah MPV berbadan bongsor. Dari diam ke 100 km/jam bisa dibilang cukup cepat untuk mobil sebesar ini. Prediksi kami ia mampu menempuh akselerasi dari 0 ke 100 km/jam dibawah 12 detik saja. Kenyamanan mobil ini juga patut diacungi jempol, itu kami rasakan saat duduk di bangku baris kedua dan disetiri. Sungguh terasa nyaman.

Gambar menunjukkan Mesin R series 2.2 KIA Grand Sedona Diesel 2019

Mesin R 2.2 yang digendong Grand Sedona Diesel mirip kepunyaan Hyundai Santa Fe

Namun meski klaim dari KIA ia mampu mengkonsumsi BBM 10 hingga 15 km/l tapi Anda perlu perhatikan jenis BBM yang dapat 'diminumnya'. Sebab mesin berkode R2.2 punya sistem common rail dimana ia mengandalkan injektor berjenis piezzo yang diameter venturinya kecil. Jika tak sengaja mobil ini menenggak BBM bersulfur tinggi, maka jelaga yang ada di bahan bakar berpotensi untuk menyumbat injektornya. Gunakan selalu PertaDex untuk memastikan mesin mobil ini selalu optimal.

5. Mercedes-Benz V 260 Avantgarde Line

Kehadiran new Mercedes-Benz V-Class melengkapi pilihan konsumen akan sebuah MPV premium. Dengan cita rasa dan eksklusivitas ala MPV buatan Eropa, menjadi nilai lebih untuk new V-Class jika dibandingkan dengan kompetitor terdekatnya dari Jepang. Tak hanya itu, nama besar Mercedes-Benz juga menawarkan prestise dan daya tarik tersendiri bagi calon konsumennya. Hal tersebut yang mendasari kami memasukkannya sebagai salah satu pilihan MPV bermesin turbo. 

Gambar menunjukkan Mercedes-Benz V 260 Avantgarde Line 2020

MPV bermesin turbo lansiran Mercedes-Benz ini layak untuk Anda pertimbangkan

Pada sektor dapur pacu, Mercedes-Benz V 260 Avantgarde Line 2020 ini dipersenjatai dengan mesin 4 silinder berkode M264 berkapasitas 2,0 liter dengan dukungan turbocharger, sehingga mampu menghasilkan tenaga puncak sebesar 211 Hp pada 5.500 Rpm dan torsi sebesar 350 Nm yang hadir di rentang 1.800 hingga 4.000 rpm. Tenaga dan torsi tersebut tersalur ke roda belakang melalui transmisi otomatis 7-percepatan 7G-TRONIC.

Gambar menunjukkan Mesin M264 Mercedes Benz V 260 Avantgarde Line

Mesin Mercedes-Benz M264 mampu menelurkan tenaga 211 Hp dan torsi 350 Nm

Saat sesi test drive, tim Cintamobil.com berkesempatan untuk mencicipi performa dan kenyamanan dari mobil ini. Ketika di balik kemudi, kami merasakan performa yang terasa halus dan cukup responsif untuk menghela MPV bongsor dengan bobot nyaris menyentuh angka 2,4 ton ini. Rasio dan karakter perpindahan dari transmisi 7G-TRONIC juga terbukti mampu menghadirkan performa yang sigap saat diajak berakselerasi membelah padatnya laliu lintas Jakarta.

Share this post:
Arfian Alamsyah
Penulis
Arfian Alamsyah
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Keluarga RS Honda Semakin Lengkap Dengan Kehadiran Honda Civic Turbo Hatchback RS 2020

06/02/2020

Mobil baru

3 menit

Bertempat di Atrium Mall Kota Kasablanka, Honda Civic Hatchback RS Meluncur Di Indonesia Hari ini. Persis seperti prediksi Tim Cintamobil

Lihat juga

Honda Indonesia Ungkap Alasan Mengapa Civic Turbo Hatchback RS Tidak Dilengkapi Honda Sensing

08/02/2020

Mobil baru

3 menit

Agak disayangkan mengapa fitur Honda Sensing ini tidak ada di Civic Turbo Hatchback RS yang baru saja meluncur di Indonesia, ini alasan Honda Indonesia

Lihat juga

Tak Kunjung Hadir Di Indonesia, Renault Triber Akan Diberi Mesin Turbo Di India

11/02/2020

Mobil baru

3 menit

Kehadiran LMPV Renault yakni Triber telah ditunggu banyak khalayak di Tanah Air, tak kunjung hadir di Indonesia, Renault Triber akan diberi mesin turbo di India

Lihat juga

Fixed! KIA Seltos 2019 Akan Pakai Mesin 1.4 cc Turbo Dan Transmisi 7 Percepatan Kopling Ganda

19/12/2019

Mobil baru

3 menit

KIA Seltos 2019 saat ini sedang studi banding di Indonesia, kemungkinan ia akan hadir di Tanah Air. KIA Seltos Akan Pakai Mesin 1.4 cc Turbo Dan Transmisi 7 DCT

Lihat juga

Adu Kuat Mesin 1.000 cc Turbo Daihatsu Rocky vs All New Honda City / Jazz

11/12/2019

Mobil baru

3 menit

Kali ini tim Cintamobil.com akan melakukan komparasi teknik mengenai mesin 1.000 cc Turbo Daihatsu Rocky vs All New Honda City / Jazz. Mana mesin yang terbaik?

Lihat juga