First Drive Suzuki XL7 Alpha 2020: 1000 Kilometer Bersama Extraordinay SUV

27/03/2020

Mobil baru

10 menit

Share this post:
First Drive Suzuki XL7 Alpha 2020: 1000 Kilometer Bersama Extraordinay SUV
Kami melakukan first drive Suzuki XL7 Alpha 2020 sejauh 1000 kilometer lebih untuk membuktikan bahwa mobil ini layak menyandang gelar Extraordinary SUV

Gambar menunjukkan tampilan depan Suzuki XL7 2020

Suzuki XL7 Alpha AT 2020 ini kami ajak berpetualang 1000 kilometer lebih

Suzuki XL7 bisa dibilang sebagai salah satu kuda hitam di kelasnya. Mobil ini bertarung di kelas yang gemuk, bersamaan dengan Mitsubishi Xpander Cross, Toyota Rush, Honda BR-V, DFSK Glory 560 dan Daihatsu Terios. Pada kesempatan test drive selama 3 hari ini, kami melakukan first drive Suzuki XL7 Alpha 2020 dengan jarak sejauh total 1000 kilometer, rute yang kami ambil adalah start dari Bekasi, keliling Jakarta, Bogor, Rangkasbitung, Pandegelang dan kembali lagi ke Jakarta. Tak hanya mencoba kemampuannya, kami juga melakukan serangkaian tes terhadap mobil ini.

Gambar menunjukkan emblem Suzuki XL7 Alpha 2020

Apakah Suzuki XL7 layak menyandang tagline Extraordinary SUV?

Kami sengaja mengambil jarak yang sedemikian jauh tersebut juga untuk membuktikan ketangguhan dari mobil ini. Maklum saja, mobil ini berbasis dari Suzuki Ertiga dan menggunakan platform serupa yakni HEARTECT, kami jadi penasaran apakah Suzuki Indonesia benar-benar dapat membuatnnya berbeda rasa antara XL7 dengan Ertiga. Disamping itu muncul juga pertanyaan dalam benak kami apakah mobil ini layak punya tagline Extraordinary SUV? Untuk mendapatkan jawabannya mari simak ulasan kami mengenai First Drive Suzuki XL7 Alpha 2020.

>>> Bukan sekadar Suzuki Ertiga ganti wajah, inilah review Suzuki XL7 2020

IMPRESI BERKENDARA

Gambar menunjukkan Suzuki XL7 Alpha AT 2020 warna putih

Saat kami terima, mobil tes kami kali ini odometernya baru menunjuk angka 6 kilometer

Kami mendapatkan unit test Suzuki XL7 tipe Alpha ini dengan keadaan fresh from the oven. Bukan hanya karena jarak pada odometernya saja yang masih menunjukkan angka '6', pun begitu dengan jok yang semuanya masih ditutup plastik. Bahkan, saat kami hendak keluar dari 'markas' Suzuki di Pulo Gadung, Jakarta Timur mobil tes kami juga sempat kehabisan BBM. Beruntung tim Suzuki Indonesia dengan sigap membantu kami sehingga pengetesan dapat dilanjutkan.

Gambar menunjukkan tim Suzuki Indonesia membantu XL7 Cintamobil yang mogok kehabisan BBM

Bahkan saking barunya, kami sempat kehabisan BBM...

Menyalakan mesin hanya perlu menginjak pedal rem dan menekan push start stop button. Mesin berkode K15B persis seperti yang digendong Ertiga pun menderu halus. Namun saat pintu ditutup kami merasakan kekedapan kabinnya lebih baik dari Ertiga, jangankan suara atau getaran mesin, suara klakson saja terdengar sayup-sayup ketika semua jendela dan pintu tertutup rapat, ini membuat kegaduhan di luar mobil seolah terisolir dan tidak mudah masuk ke dalam kabin.

Gambar menunjukkan ban dan pelek Suzuki XL7 Alpha AT 2020

Ban dengan profil lebih tipis tidak membuat bantingannya lebih keras

Lanjut ke impresi berkendaranya, bantingan suspensi mobil ini cukup baik meredam getaran dari jalan. Pelek dengan diameter 16 inch dikombinasi dengan ban Dunlop Enasave EC300+ berprofil 195/60R16 bekerja sama membuat karakter bantingan suspensi mobil ini menjadi dewasa. Bicara soal suspensi, travel suspensi dan spring rate yang digunakan pada mobil ini juga berbeda dari Ertiga.

Gambar menunjukkan tim Cintamobil.com sedang test drive Suzuki XL7 Alpha AT 2020

Mobil ini nikmat dikendarai dan joknya yang empuk membuat perjalanan tidak mudah lelah

Hal itu membuat bantingan tetap terasa lembut namun membuat mobil tetap stabil saat melaju. Pada kondisi yang lengang di jalan tol Jakarta-Merak kecepatan puncak 175 km/jam dapat diraih dengan cukup mudah. Yang jadi catatan kami adalah, saat melaju di kecepatan 140 km/jam suara angin mulai masuk, hal itu disinyalir akibat terpaan angin ke spion dan turbulensi dengan talang air (door visor) yang membuat suara angin tersebut menyelinap ke kabin.

>>> Begini cara kerja Smart E-Mirror di Suzuki XL7 Alpha 2020

KONSUMSI BBM HEMAT

Konsumsi BBM menjadi salah satu kebanggan Suzuki XL7 bila dibandingkan sebagian besar rivalnya. Untuk rute dalam kota dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam Suzuki XL7 Alpha 2020 ini mampu mencatat kehematan 12,2 kilometer per liter, sedangkan untuk rute tol dengan kecepatan rata-rata 90 km/jam mobil ini mampu melaju sejauh 17 kilometer untuk tiap liter bahan bakarnya.

Gambar menunjukkan tampilan belakang Suzuki XL7 Alpha AT 2020

Konsumsi BBM Suzuki XL7 yang hemat mampu membawa mobil ini berpetualang lebih jauh

Sekadar informasi saja, para rivalnya seperti Daihatsu Terios dan Honda BR-V untuk konsumsi BBM tolnya pada rute serta kecepatan rata-rata yang sama adalah 15,2 kilometer per liter dan 16,5 kilometer per liter. Sementara untuk akselerasi Suzuki XL7 ini cukup baik, memang belum secepat saudaranya yakni Suzuki Ertiga yang menuntaskan 0 ke 100 km/jam dalam 13,7 detik dikarenakan ban dan pelek yang lebih besar, namun angka 14,8 detik tentu tidak buruk untuk SUV ini.

MELINTASI JALAN BERLIKU DAN JALAN RUSAK

Dilahirkan sebagai sebuah SUV tentunya tidak sah jika kami mengetesnya hanya di kontur jalan rata nan halus saja, maka kami memutuskan untuk melintasi rute Bogor ke Pandegelang yang punya kontur jalan naik dan turun serta tikungan tajam. Terasa sekali perbedaan karakternya dengan Suzuki Ertiga, meski handlingnya tidak setajam saudaranya itu namun ketika berkali kali kami melintasi tikungan secara cepat, mobil terasa mudah dikendalikan.

Gambar menunjukkan ground clearance Suzuki XL7 Alpha AT 2020

Ground clearance 200 mm membuatnya mampu melibas berbagai kontur jalanan di Indonesia

Menikung cepat bersama Suzuki XL7 Alpha 2020 ini juga makin yakin kami lakukan berkat fitur ESP (Electronic Stability Programme) yang membuat mobil tetap pada jalurnya. Selain itu rem ABS (Anti-lock Braking System) dan EBD (Electronic Brake-force Distribution) akan bekerja sama untuk mencegah roda terkunci serta mobil tetap dapat dikendalikan dalam kondisi darurat. Ground clearance setinggi 200 mm juga membantunya lebih mampu dalam melibas jalanan rusak.  

>>> Inilah pengalaman tak terlupakan kami mencoba the most wanted car in Indonesia 2020, yakni Suzuki Jimny

SMART E-MIRROR MEMBANTU

Salah satu fitur unik yang menurut kami sangat membantu adalah fitur Smart E-Mirror. Dimana dengan spion pintar ini, Anda akan mendapatkan citra gambar yang baik di depan dan belakang mobil. Cara kerja Smart E-Mirror ini menggunakan dua buah kamera untuk memantau situasi di depan dan belakang mobil. Kamera depan terpasang menjadi kesatuan dengan kaca spion tengah, sementara kamera belakang ditempatkan di bagian belakang mobil.

Gambar menunjukkan Smart E-Mirror Suzuki XL7 Alpha AT 2020

Smart E-Mirror sangat membantu apalagi saat malam hari

Dengan adanya dua buah kamera ini, fitur yang unik ini memiliki dua fungsi. Pertama sebagai kamera mundur yang membantu Anda mengamati situasi di belakang mobil saat parkir. Dengan menggunakan kamera, visibiltas Anda ketika mundur pun tetap terjaga optimal karena tidak akan terhalang oleh pilar C, bahkan saat kondisi hujan lebat sekalipun. Saat malam hari, fitur ini juga sangat membantu karena resolusinya yang baik sehingga gambarnya terlihat terang.

Gambar menunjukkan Smart E-Mirror Suzuki Alpha 2020 dapat berfungsi sebagai Dashcam

Smart E-Mirror dapat berfungsi sebagai dash cam dengan kemampuan memori hingga 32 GB

Sementara fungsi kedua dari kaca spion pintar ini berfungsi layaknya sebuah dash cam, yang mampu merekam setiap kejadian yang terjadi lewat kamera di depan. Sehingga bisa membantu Anda berkendara lebih aman dan dapat digunakan sebagai barang bukti kepada pihak berwenang ketika terjadi insiden yang tak diinginkan saat berkendara.

EXTRAORDINARY SUV INI MAMPU MENGGETARKAN LAWANNYA...

Gambar menunjukkan Suzuki XL7 di tengah hutan lindung

Rival-rival di kelasnya harus waspada dengan kehadiran XL7

>>> Ingin cari mobil-mobil Suzuki untuk dipinang? cek di listing cintamobil.com

Lantas bagaimana kesimpulan kami mengenai First Drive Suzuki XL7 Alpha 2020 ini? Suzuki XL7 Alpha 2020 dengan transmisi otomatis ini ditawarkan dengan harga Rp267 juta. Jelas fitur yang disajikan oleh mobil ini akan menggetarkan lawan-lawannya. Terlebih ia memiliki kenyamanan yang baik, interior luas dan kepraktisan yang baik. Para rival-rival sekelasnya harus waspada karena mobil bertagline extraordinary SUV ini punya value for money yang baik.

>>> Berita otomotif terkini lainnya di Cintamobil.com

Share this post:
Arfian Alamsyah
Penulis
Arfian Alamsyah
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Review Suzuki XL7 2020: Bukan Sekadar Ertiga Ganti Muka

267.000.000

15/02/2020

Editor rate:

Meski SUV ini berbasis dari Suzuki Ertiga, namun ternyata ia bukan sekadar Suzuki Ertiga yang berganti muka, mengapa demikian? Simak review Suzuki XL7 dari kami

Lihat juga

Intip Biaya Servis Berkala Suzuki XL7, Sama dengan Ertiga?

26/03/2020

Perawatan dan service

5 menit

Suzuki mengklaim, jika biaya servis berkala Suzuki XL7 di bengkel resmi Suzuki hanya berkisar Rp 6,9 juta untuk 5 tahun atau 100.000 km. Bahkan ada promo bebas jasa servis dan spare part untuk 50.000 km atau 2,5 tahun.

Lihat juga

Laris Manis, Ini Alasan Banyak Orang Beli Suzuki XL7

09/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Suzuki XL7 2020 belum genap sebulan berada di pasar otomotif bersaing di segmen SUV. Lalu bagaimanakah tanggapan pelanggan untuk SUV terbaru dari Suzuki ini?

Lihat juga

Komparasi Suzuki Ertiga vs Suzuki XL7: Perang Saudara Satu Platform

20/02/2020

Mobil baru

5 menit

Meski kedua mobil berbasis sama, lebih baik mana antara Suzuki Ertiga vs Suzuki XL7? Simak komparasi 'perang saudara' satu platform berikut ini

Lihat juga

Mantap, Target Penjualan Suzuki XL7 2.000 Unit Per Bulan

19/02/2020

Pasar mobil

3 menit

Mempertimbangkan serta memperhitungkan banyak hal, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mantap menetapkan target penjualan Suzuki XL7 sebanyak 2.000 Unit per bulan.

Lihat juga