Review Dan Test Drive Wuling Cortez CT 2019, Si Ganteng Yang Asyik Di Geber

23/04/2019
editor rate: 4,7 user rate: 4,0
PT SGMW Motor Indonesia adalah salah satu agen pemegang merek yang senang memberikan kejutan, kejutan apa yang disiapkan? So, kami tak akan panjang lebar lagi simak terus review dan test drive Wuling Cortez CT 2019, si ganteng yang asyik di geber

PENGANTAR Wuling Cortez 2019

Tampak Wuling Cortez CT 2019 Sebelum Diperkenalkan

Wuling Cortez CT 2019 di dalam selubung sebelum perkenalan ke awak media

Review Wuling Cortez CT 2019 - Sepert yang kami bilang di awal, APM atau akronim dari Agen Pemegang Merek yang satu ini sangat senang membuat kejutan serta bikin ketar-ketir pabrikan lain. Langkah gerakannya seperti anggota pasukan khusus kebanggan Indonesia yakni Kopassus, tenang, seolah diam, tak terprediksi namun mematikan. Setelah beberapa waktu lalu PT SGWM Indonesia meluncurkan SUV andalan mereka yakni Wuling Almaz, kini mereka dengan bangga memperkenalkan Wuling Cortez CT 2019 kepada awak media. 

Tampak Wuling Cortez CT 2019 berwarna abu abu

Ini dia Wuling Cortez CT 2019 yang diperkenalkan ke awak media

Ekspektasi kami pun meninggi, bukan apa-apa ya... kami tidak dibayar sedikitpun untuk mengatakan ini, namun setelah tim Cintamobil.com sudah mencoba hampir seluruh varian Wuling yang beredar di Indonesia (kecuali Wuling Cortez 1.5 dan Wuling Formo), kami yakin mobil ini akan dapat diterima dipasar atau minimalkan mengesankan tester Cintamobil.com yang terkenal skeptis dan technical oriented. Mobil Wuling Cortez CT 2019 ini menggendong dapur pacu serta transmisi yang sama dengan saudaranya yang masuk ke kelas SUV.

Tampak Test Driver Cintamobil.com dalam mobil Wuling

Apakah Wuling Cortez CT 2019 ini mampu merebut hati kami?

Namun, meski powertrain yang diusung kembar dengan Wuling Almaz, bukan berarti tak ada perbedaan sama sekali. Kami akan jelaskan apa perbedaan siginifikan yang ada pada bab operasi di ulasan ini. PT SGMW Motor Indonesia enggan membocorkan kepada kami mengenai berapa harga jual mobil ini, "hehehe.. nanti tunggu kabar selanjutnya ya," kekeh Yin Yi selaku Brand and Marketing Director Wuling Motors kepada Cintamobil.com saat kami desak 'membuka' harga jual mobil ini. Lantas, bagaimana impresi kami mengenai Wuling Cortez CT 2019? Apa hanya 'bermodal' ganti mesin saja?

EKSTERIOR Wuling Cortez 2019

Review Dan Test Drive Wuling Cortez CT 2019: Tampilan Depan

Tampak tampilan depan Wuling Cortez CT 2019 berwarna merah

Tampilannya tak ubahnya Wuling Cortez berjantung pacu 1800 cc

Melihat sosoknya dari tampilan eksterior depannya, tentu saja Anda tak akan menemudi ubahan signifikan, bila Anda membandingkan ia dengan Wuling Cortez bermesin 1800 cc terkini, namun jika Anda membandingkan dengan Wuling Cortez 1.8 yang pertama kali dijual di Indonesia, beda signifikan ada pada desain grillnya, pada mobil Wuling Cortez CT 2019 ini desainnya lebih dewasa. Masih terdapat  lampu LED yang menyala putih terang.

Tampak Grill depan Wuling Cortez CT 2019

Desain grill Wuling Cortez CT 2019 ini lebih dewasa dari Wuling Cortez 1.8 pertama kali

Review Dan Test Drive Wuling Cortez CT 2019: Tampilan Samping

Tampak tampilan samping Wuling Cortez CT 2019 berwarna merah

Tampilan samping Wuling Cortez CT 2019 ini tak ada beda dengan Wuling Cortez bermesin 1800 cc

Jika Anda melihat tampilan eksterior samping dari Wuling Cortez CT 2019 ini Anda tak akan menemukan perbedaan dengan saudaranya yang menggunakan mesin 1800 cc berteknologi VVT-i itu. Dari mulai guratan bodi, roof rail, aksen lis kaca krom hingga desain pelek serta ban yang digunakan masih sama semua dengan Wuling Cortez 1800 cc yang pernah kami coba.

Tampak tampilan samping Wuling Cortez CT 2019 berwarna merah

Ban dan pelek yang digunakan sama dengan sepupunya yang menggendong mesin 1800 cc

Review Dan Test Drive Wuling Cortez CT 2019 : Tampilan Belakang

Tampak Emblem Wuling Cortez CT 2019 di belakang mobilnya

Pada bagian belakang hanya emblem ini yang jadi pembeda dengan Cortez tipe lainnya

Begitu juga ketika Anda melongok tampilan belakang dari mobil Wuling Cortez CT 2019 ini, Anda tak akan menemukan perbedaan apapun dengan tipe Cortez lainnya selain emblem bertuliskan TURBO berlatar merah dengan aksen krom. Sebenarnya sih, menurut kami memang yang dibutuhkan hanya emblem ini saja sebagai pembeda, karena dari awal pun tak ada yang salah dengan desain eksterior belakang Wuling Cortez.

Tampak tampilan samping belakang Wuling Cortez CT 2019

Paras cantik pada buritan Wuling Cortez masih dipertahankan di tipe CT ini

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Wuling Cortez 2019

Review Dan Test Drive Wuling Cortez CT 2019: Layout Dasbor

Gambar menunjukkan Tampak layout dasbor Wuling Cortez CT 2019

Layout dasbor lagi-lagi tak beda dengan Cortez lainnya yang bermesin 1800 cc

Sebenarnya tak ada beda signifikan pada layout dasbor Wuling Cortez CT 2019 ini dari tipe Cortez lainnya, baik itu yang bermesin 1800 cc maupun 1500 cc. Namun, jika Anda jeli tetap ada perbedaan mendetail tipe CT ini dengan tipe lainnya, salah satunya adalah corak wood panel-nya kini lebih soft tak seperti Cortez 1800 cc yang warna kayunya kuat. Selain itu, pada canter console juga pakai motif glossy, beda dengan Cortez 1800 yang pakai motif kasar.

Review Dan Test Drive Wuling Cortez CT 2019: Setir

Gambar menunjukkan tampilan bagian Setir Wuling Cortez CT 2019

Setir Cortez CT 2019 dengan desain semi flat bottomed ini nyaman digengam

Setir dari Cortez Turbo ini tak ubahnya dengan Cortez lainnya, namun kami ingin bercerita sedikit mengenai kemudi yang punya desain semi flat bottomed ini. Karena setir dari Wuling Cortez CT 2019 ini nyaman digenggam dan telah dilapis dengan kulit, meski tak ada info jenis kulit apa yang digunakan. Namun, kami sangat menyukainya, karena meski tangan kami berkeringat karena harus mematikan AC saat performance test di sirkuit Sentul, ia tetap enak digenggam.

Review Dan Test Drive Wuling Cortez CT 2019: Kursi 

Gambar menujukkan Tampak Tuas Pengatur Kursi Elektrik dalam mobil Wuling

Jok Cortez Turbo ini sudah elektrik namun kurang satu fungsi, yaitu lumbar support

Kendati jok dari Wuling Cortez CT 2019 ini sudah dapat diatur elektrik untuk bagian pengemudi depannya, namun sayangnya pengaturan jok pengemudi ini kurang satu fungsi lagi, yaitu lumbar support. Lumbar support akan menyangga tubuh Anda sehingga ketika melakukan perjalanan jauh Anda tak akan cepat lelah. Dan kami tak mengada-ngada, jok dari Wuling Cortez ini merupakan salah satu jok MPV ternyaman yang pernah kami coba, itu juga berlaku untuk baris kedua maupun ketiga.

Gambar menunjukkan desain Konfigurasi Kursi Belakang Wuling Cortez CT 2019

Meski bangkunya nyaman di baris kedua dan ketiga, sayangnya untuk akses ke bangku baris ke-3 tidak praktis

Review Dan Test Drive Wuling Cortez CT 2019: Electric Sun roof

Gambar menujukkan desian bagian Electric Sunroof Wuling Cortez CT 2019

Upload foto di Instagram jadi lebih pede jika naik mobil dengan atap yang bisa dibuka

Jujur saja lah, jika Anda adalah orang yang main sosial media macam Facebook atau Instagram, jiwa pamer Anda akan lebih terbantu jika berada di mobil ini. Karena saat Anda posting foto di Instagram, tentunya akan lebih pede jika naik mobil dengan atap yang bisa dibuka, hehehe... Hanya itukah fungsi dari sebuah electronic sun roof? Tentu saja tidak, selain menambah kesan mewah, sun roof juga berfungsi menambah aura lega dari mobil. Serta jika Anda punya anak kecil pasti akan lebih senang jika mobil yang Anda punyai memiliki fitur ini.

Tampak Kunci Wuling Cortez CT 2019 Dapat Untuk Membuka Sun Roof

Selain dapat dibuka melalui tombol di dalam kabin, sunroof di Cortez Turbo ini pun dapat dibuka via remote-nya

Gambar menujukkan desain Fungsi Sunroof Wuling Cortez CT 2019

Penggunaan sun roof akan membuat aura kabin menjadi lega dan menambah kesan mewah di Cortez CT 2019 ini

>>> Baca juga:

FITUR Wuling Cortez 2019

Review Dan Test Drive Wuling Cortez CT 2019: Ringkasan Fitur Keselamatan

Gambar menunjukkan Fitur Hill Hold Control Wuling Cortez CT 2019

Wuling Cortez CT 2019 memiliki segudang fitur keselamatan bahkan kami bilang ia melebihi kelasnya

Value for money merupakan kata yang tepat untuk menggambarkan mobil Wuling Cortez CT 2019 ini, bukan karena kami pribadi menyukai mobil ini, tapi karena memang mobil ini mempunyai segudang fitur keselamatan. Yuk kita absen satu demi satu, mulai rem cakram pada keempat roda yang sudah dilengkapi ABS (Anti-Lock Braking System), EBD (Electronic Brake-Force Distribution), serta BA (Brake Assist). 

Tampak tombol EPB, AVH pada Wuling Cortez CT 2019

Mengaktifkan EPB dan AVH bisa tinggal menekan tombol-tombol di konsol tengah ini

Lalu ada EPB (Electronic Parking Brake) yang berfungsi sebagai rem parkir elektrik, ada pula AVH (Automatic Vehicle Holding) yang fungsinya untuk menahan mobil ditanjakan maupun turunan. Juga ada fitur HHC (Hill Hold Control) yang berguna untuk mempertahankan posisi mobil saat hendak stop and go di tanjakan selama beberapa detik, serta tak ketinggalan ESC (Electronic Stability Control) yang gunanya untuk menjaga kestabilan mobil.

Review Dan Test Drive Wuling Cortez CT 2019: Ringkasan Fitur Hiburan

Gambar menunjukkan desain bagian Head Unit 8 Inchi Wuling Cortez CT 2019

Head unit yang digunakan punya layar 8 inchi namun resolusi yang ditawarkan biasa saja

Wuling Cortez CT 2019 di mobil tes kami ini pakai head unit dengan desain terintegrasi serta punya bentang layar 8 inchi. Sistem audio ini dapat dioperasikan dengan layar sentuh dan kompetibel dengan hampir segala music source kekinian macam USB, Bluetooth, SD Card, serta navigasi. Sistem ini dapat terkoneksi dengan smartphone Anda via fitur Mirror Link. Namun, sepertinya Wuling ingin memberi kejutan di saat peluncurannya nanti. Apa itu? Tunggu tanggal main.

>>> Baca juga: Ternyata Berbeda, Kenali Perbedaan Fitur Mirroring Dan Mirrorlink Pada Head Unit Anda

Review Dan Test Drive Wuling Cortez CT 2019: One Press Engine Start

Gambar menunjukkan fitur One Press Engine Start Wuling Cortez CT 2019

Engine push start stop ini akan makin mempermudah hidup Anda

Fitur engine push start and stop button ini akan semakin mempermudah kehidupan Anda yang mungkin sudah rumit. Anda tinggal beri sentuhan ringan saja pada tombol start yang terletak di sebelah kiri di belakang setir mobil ini. Tentunya, ini bisa dilakukan ketika Anda sudah mengantungi anak kunci mobil ini ya.

Review Dan Test Drive Wuling Cortez CT 2019: Keyless Entry

Gambar menunjukkan fitur Keyless Entry Wuling Cortez CT 2019

Sama dengan tombol start dan stop, keyless entry ini juga akan mengurangi kerumitan saat hendak masuk ke mobil

Sama dengan fitur yang kami sebutkan sebelumnya, fitur keyless entry ini akan mengurangi sejumlah kerumitan Anda saat hendak masuk ke dalam mobil. Anda tinggal kantungi saja anak kunci ini, lalu tekan tombol pada gagang pintu untuk membuka kunci serta tarik untuk masuk kedalam mobil. Oh ya, remote kunci ini juga dapat mengontrol seluruh jendela serta sun roof serta membuka bagasi mobil ini.

>>> Baca juga: Tidak Main-Main, Tiap Tahun Wuling Bakal Luncurkan Model Baru di Indonesia

OPERASI Wuling Cortez 2019

Rasa penasaran kami begitu menggebu-gebu sejak sampai Sentul International Circuit tempat dimana Wuling Cortez CT 2019 ini dites. Kami langsung lompat ke bangku pengemudi untuk merasakannya, begitu mesin dinyalakan kami langsung terkesima dengan unit berkode LL5 DVVT ini, karena getaran mesinnya minim sekali masuk ke kabin. Kami mensinyalir selain peredaman kabin dari Wuling Turbo ini baik, juga ada andil dari engine mounting-nya yang begitu baik meredam getaran mesin.

Gambar menunjukkan desain bagian Mesin Wuling Cortez CT 2019

Mesin yang digendong oleh Cortez CT 2019 ini adalah unit berkode LL5 yang disinyalir karakternya overstroke

Tanpa berlama-lama kami jalankan mobil ini, tak ingin langsung gaspol, kami beradaptasi dulu dengan Cortez Turbo ini. Masing-masing dari jurnalis diberi kesempatan mencoba 2 lap. Lap pertama kami gunakan untuk berkenalan dengan mobil ini, kami jalankan mobil ini sebagaimana layaknya perjalanan commuter dalam kota. Stop and go kami lakukan, dan berjalan pelan-pelan macam ibu-ibu saat mengemudi. CVT lansiran Bosch yang punya simulasi 8 percepatan ini halus dalam menyalurkan tenaga mesin ke dua roda depan mobil ini.

Gambar menunjukkan Turbo Garret Made By Honeywell Di Wuling Cortez CT 2019

Turbo pakai merek Honeywell yang didevelop khusus untuk mesin LL5 ini

Memasuki lap ke-2 kami tes mobil ini dengan agak brutal, salah satu instruktur dari SDCI Sejahtera Abadi pimpinan om Sonny Susmana yang jadi technical course and driving instructor pada event kali ini melihat kami cukup cakap dalam mengendalikan mobil. Lantas ia mengijinkan kami untuk lebih memacu mobil Cortez CT 2019 ini. “Oke mas kayaknya bisa nih, silahkan” begitu ucapnya. Sontak kami mematikan AC agar tidak membebani mesin dan gaspol di trek lurus sirkuit sentul.

Gambar menunjukkan Bilah Turbo Fixed Geometry Wuling Cortez CT 2019

Bilah turbo yang rapat akan membantu spooling jadi lebih cepat

Memang harus diakui, respon tenaga dari bawah ke tengahnya tidak seagresif Wuling Almaz. “Mapping ECU-nya berbeda sedikit dari Wuling Almaz itu dilakukan untuk mengkompensasi berat dari mobil ini. Hanya saja saya agak lupa lebih ringan apa lebih berat berapa kilogram mobil Cortez CT ini dari Almaz. Yang jelas karakternya lebih smooth,” aku Danang Wiratmoko, selaku Product Planning PT SGMW Motor Indonesia kepada Cintamobil.com. 

Gambar menujukkan mobil Wuling Cortez CT 2019 dan Wuling Confero S ACT 2019

Jarang ada mobil keluarga yang diperkenalkan di sirkuit balap, tentu saja ini akan mengindikasikan performanya

Kecepatan tertinggi di trek lurus yang dapat raih oleh kami adalah 157 km/jam atau lebih lambat 3 km/jam dari tester SDCI Sejahtera Abadi yang sebelumnya mengetes mobil sebelum harus hard braking 100 meter sebelum R1 (tikungan pertama). Namun perlu diingat, mobil Cortez Turbo yang tim Cintamobil.com kendarai ini bermuatan total 4 orang. Kami mencurigai karakter dari mesin LL5 yang digendong Cortez Turbo ini berkarakter overstroke atau langkah piston lebih panjang dari pistonnya, karakter seperti ini membuat akselerasi yang cukup kuat di putaran bawah. 

Gambar menunjukkan desain bagian Ban Dan Pelek Wuling Cortez CT 2019

Ban dari Good Year Assurance ikut andil dalam membantu pengendalian mobil ini jadi lebih baik

Spooling dari turbocharger system yang dianut oleh Cortez Turbo ini juga sudah terasa sejak putaran 1600 rpm membantu mobil ini saat hendak melakukan aksi overtaking. Meski turbo buatan Honeywell ini belum dilengkapi dengan fitur variable geometry, namun bilah yang rapat serta lebih rebah sudutnya di peranti pemampat udara paksa milik Wuling Cortez CT 2019 ini membantunya untuk meniupkan udara lebih cepat kedalam mesin. Efeknya tenaga seolah tersalur terus tanpa henti, Anda akan ketagihan menginjak dalam terus pedal gas mobil ini.

>>> Simaklah harga dan promo mobil lainnya di sini

Gambar menunjukkan desain transmisi CVT Wuling Cortez CT 2019

Transmisi CVT membuat pengendaraan mobil kian halus

Bagaimana dengan handling-nya? Berkat ban Good Year Assurance dengan traction rate A serta suspensi McPhearson di bagian depan dan independen di bagian belakang, untuk melakukan aksi zig-zag di kecepatan 90 km/jam ringan saja dilakukan, body roll tetap terasa namun dalam batas wajar. Serta sistem ESP dari mobil ini bekerja dengan sangat baik dan akan menyelamatkan nyawa Anda di saat genting. Jujur saja kami sempat enggak percaya Wuling ini mobil buatan China. Ya.. Anda tahu sendiri lah, beberapa dekade kebelakang masyarakat Indonesia agak dibuat trauma dengan kendaraan produksi China.

Gambar menunjukkan tester Cintamobil.com sedang lakukan testing terhadap Mobil Wuling Cortez CT 2019

Kami sangat terkesan dengan performa yang disuguhkan oleh Wuling Cortez CT 2019 ini

>>> Baca juga: Tabloid OTOMOTIF Nobatkan Wuling Cortez 1.8 Sebagai Best of Medium MPV Gasoline

spesifikasi Wuling Cortez 2019

Berikut ini adalah spesifikasi Wuling Cortez CT 2019.

Spesifikasi Wuling Cortez CT 2019

Tipe Mesin

LL5, In-line 4 cylinders, DVVT, Indirect Injection, Turbocharged

Kapasitas Silinder

1.451 cc

Rasio Kompresi

9,5 : 1

Jumlah Katup

16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet Per Piston)

Tenaga Maksimum

140 Hp @ 5.200 rpm

Torsi Maksimum

250 Nm @ 1.600 rpm - 3.600 rpm

Transmisi

CVT, Penggerak Roda Depan, Dengan 8 Percepatan

Sistem Kemudi

Electronic Power Steering, Rack And Pinion

Dimensi Wuling Cortez CT 2019

P x L x T

4.780 mm x 1.616 mm x 1.755 mm

Jarak Sumbu Roda

2.750 mm

Jarak Terendah Ke Tanah

155 mm

Berat

N/A

Min. Turning radius

5,6 Meter

Ukuran Ban & Pelek

Good Year Assurance 205/55 R16 & Alloy Wheel 16 Inch

Kapasitas tangki

52 Liter

Suspensi Wuling Cortez CT 2019

Suspensi depan

McPherson Strut Coil Spring, Independent Suspension

Suspensi Belakang

Coil Spring, Independent Suspension

Rem Depan

Disc

Rem Belakang

Disc

kelebihan & kekurangan Wuling Cortez 2019

Inilah beberapa kelebihan dan kekurangan Wuling Cortez CT 2019 menurut Cintamobil.com.

Kelebihan

Kekurangan

Teknologi mutakhir

Belum Di Jual

Fun To Drive

Resale Value

Fitur Berlimpah

Jaringan Purnajual Belum Kuat

daftar harga Wuling Cortez 2019

Untuk Wuling Cortez CT 2019 ini harga jual resminya akan dikeluarkan pada acara Telkomsel IIMS 2019 yang akan terlaksana pada 25 April hingga 5 Mei 2019. Kami memprediksi ia akan memiliki harga spektakuler, berikut ini harga Wuling Cortez untuk varian dan tipe yang sudah dijual di Indonesia.

Tipe mobil

Harga Wuling Cortez 2019

Wuling Cortez 1.5 S M/T

Rp 197,800,000

Wuling Cortez 1.5 C M/T

Rp 207,800,000

Wuling Cortez 1.8 C M/T

Rp 222,000,000

Wuling Cortez 1.8 C Lux Plus MT

Rp 227,000,000

Wuling Cortez 1.8 C i-AMT

Rp 232.000.000

Wuling Cortez 1.8 C Lux Plus i-AMT

Rp 237.000.000

Wuling Cortez 1.8 L Lux MT

Rp 253,000,000

Wuling Cortez 1.8 L Lux Plus MT

Rp 258,000,000

Wuling Cortez 1.8 L Lux i-AMT

Rp 263.000.000

Wuling Cortez 1.8 L Lux Plus i-AMT

Rp 268.000.000

Video Wuling Cortez 2019

KESIMPULAN Wuling Cortez 2019

Gambar sebuah mobil Wuling Cortez CT 2019 berwarna abu-abu dilihat dari sisi depan

Lantas, bagaimana kesimpulan kami terhadap mobil ini?

Akhirnya kita sampai kepada kesimpulan dari ulasan Wuling Cortez CT 2019 ini, secara umum performa yang ditawarkan oleh mobil ini sangat patut Anda pertimbangkan, apalagi fiturnya berlimpah, serta modelnya juga cukup ganteng. Kami tak sabar menunggu diluncurkannya mobil ini secara resmi dan mendapat pinjaman mobil tes Wuling Cortez CT 2019 ini dari PT SGMW Motor Indonesia untuk kami tes lebih lengkap.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil