Antara Ertiga vs Avanza, Mana yang Lebih Menarik Untuk Dibeli?

27/11/2021

Jual beli

8 menit

Share this post:
Meski sama-sama Low MPV 7-penumpang, Ertiga vs Avanza menjadi pertimbangan yang menarik mengingat kedua mobil tersebut memiliki nilai tambahnya masing-masing.

Toyota Avanza hadir dengan segudang pembaruan di akhir tahun 2021. Di sisi lain, Suzuki masih belum memberikan penyegaran terhadap Ertiga yang sepertinya akan mulai tertinggal dari rival-rivalnya.

Meski begitu, tak bisa dipungkiri bahwa kedua mobil tetap membawa nilai tambah masing-masing yang dapat Anda pertimbangkan sebelum memilih salah satu mobil tersebut. Dalam artikel ini, kami akan membahas lebih detail mengenai Ertiga vs Avanza dan melihat mobil mana yang lebih menarik untuk dibeli.

Desain Eksterior dan Interior

Harus diakui bahwa facelift terakhir dari Suzuki untuk Ertiga sudah cukup baik untuk menyegarkan tampilan MPV yang sebelumnya tampak seperti Swift yang dipanjangkan. Bahasa desain yang diaplikasikan Suzuki juga terkesan modern dan cukup berkelas.

Gambar Fascia Ertiga

Tampilan fascia depan Suzuki Ertiga

>>> Review Toyota All New Avanza 2022: Kado Terindah Untuk Konsumen Indonesia

Namun, beberapa bagian memang masih terlihat 'nyeleneh' untuk kami. Tidak mengejutkan jika mengetahui mobil ini memang didesain untuk pasar India.

Desain interior Ertiga juga terlihat cukup mewah untuk kelasnya. Apalagi di tipe tertingginya dihiasi dengan panel kayu yang biasanya hanya Anda temukan di mobil-mobil premium. Fitur-fitur di interior pun cukup jelas terlihat dan mudah digunakan, sehingga Anda tidak merasa asing saat masuk ke dalam mobil untuk pertama kalinya.

Gambar Interior Ertiga

Tampilan Interior Suzuki Ertiga

Sayangnya, desain Ertiga yang kami apresiasi tersebut sudah tak lagi berlaku di tahun 2021 di mana rival-rivalnya sudah meluncurkan versi facelift yang jelas lebih segar. Terutama All New Avanza yang menggebrak industri otomotif dengan pembaruan besar-besaran.

Avanza yang dulunya kerap dikritik karena hanya melakukan minor facelift kini merombak tampilan, platform, sistem penggerak, dan transmisinya. All New Avanza kini kental bernuansa SUV dengan penampilan bak Toyota Raize yang dipanjangkan.

Gambar Eksterior Avanza

Tampilan fascia depan All New Avanza

Bagian fascia depan serta buritan tampil sporty layaknya sebuah SUV yang tangguh. Begitu pula bagian fender yang kini terlihat menyerupai Xpander dengan guratan-guratan khas SUV.

Masuk ke dalam kabin, Anda juga disuguhkan dengan tampilan interior yang sepenuhnya baru. Bagian dashboard lagi-lagi banyak terinspirasi oleh Raize dengan interface yang lebih modern.

Gambar Interior Avanza

Tampilan Interior Avanza

Mempertimbangkan apa yang sudah kami jabarkan di atas, pemenang Ertiga vs Avanza di sektor desain adalah Toyota Avanza.

>>> Beda Avanza vs Xenia 2022, Mana yang Lebih Value for Money?

Dimensi Ertiga vs Avanza

Suzuki Ertiga memiliki panjang 4.395 mm, lebar 1.735 mm, tinggi 1.690 mm, dan jarak sumbu roda 2.740 mm. Sedangkan Toyota Avanza memiliki panjang 4.395 mm, lebar 1.730 mm, tinggi 1.700 mm, dan jarak sumbu roda 2.750 mm.

Jika melihat spesifikasi dimensi di atas, bisa disimpulkan bahwa kedua mobil sebenarnya memiliki ukuran yang serupa. Suzuki Ertiga unggul tipis dalam hal lebar mobil, dan Avanza lebih unggul dalam hal tinggi dan jarak sumbu roda.

Gambar Eksterior Avanza

Secara dimensi, kedua mobil tak jauh berbeda

Soal dimensi, kami tidak melihat ada mobil yang unggul telak di antara keduanya. Apalagi sekarang Toyota Avanza tak lagi menggunakan sistem penggerak belakang (RWD) sehingga kelegaan kabinnya sudah serupa dengan rival-rivalnya.

Performa Ertiga vs Avanza

Untuk sektor dapur pacu, Suzuki Ertiga masih mengandalkan mesin berkode K15B berteknologi DOHC VVT. Mesin ini punya kapasitas 1.462 cc dan menghasilkan tenaga 103,2 HP di putaran mesin 6.000 rpm, dengan torsi mencapai 138 Nm di 4.400 rpm.

Gambar Mesin Ertiga

Mesin Suzuki Ertiga

Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan (FWD) melalui transmisi manual 5-percepatan atau transmisi otomatis 4-percepatan.

Toyota All New Avanza juga masih mengandalkan mesin berkode 2NR-VE berteknologi DOHC Dual VVT-i. Mesin ini memiliki kapasitas 1.496 cc dan menghasilkan tenaga 104,6 HP di putaran mesin 6.000 rpm, dengan torsi 137,3 Nm di 4.200 rpm.

Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan (FWD) melalui transmisi manual 5-percepatan atau D-CVT (Dual-Continously Variable Transmission).

Gambar Mesin Avanza

Mesin Toyota Avanza

Jika di generasi sebelumnya Avanza kalah secara tenaga dibanding Ertiga, kini MPV andalan Toyota itu justru berbalik unggul 1,4 HP dibanding rivalnya. Meski torsinya sedikit lebih kecil, tapi pengemudi sudah bisa merasakannya di putaran mesin yang lebih rendah.

>>> Ertiga Sport FF Jadi Racikan Terbaik Suzuki Hadapi Sengitnya Low MPV

Avanza yang menggunakan transmisi D-CVT juga menjanjikan efisiensi dan kehalusan berkendara yang lebih baik dibanding dengan Ertiga. Untuk itu, Ertiga harus mengakui keunggulan sang rival pada komparasi performa Ertiga vs Avanza ini.

Fitur Ertiga vs Avanza

Seperti mobil modern pada umumnya, kedua mobil sudah disematkan dengan deretan fitur keselamatan yang mumpuni. Salah satu yang paling utama adalah 2 SRS Airbag dan sistem pengereman dengan ABS + EBD + BA. Khusus untuk Avanza tipe G dan G TSS, mobil ini dibekali dengan 6 buah SRS Airbag.

Namun, persamaan kedua mobil hanya cukup sampai di situ. Avanza sudah dibekali dengan fitur keselamatan lain seperti Vehicle Stability Control (VSC), Hill-Start Assist (HSA), dan Toyota Safety Sense (TSS) di tipe tertinggi.

Gambar Interior Avanza

Di antara rival-rivalnya, Avanza di tipe tertinggi memiliki fitur paling lengkap

Fitur TSS tersebut meliputi Pre Collision System (PCS) yang mencegah mobil menabrak, Lane Departure Assist (LDA) yang mampu menjaga mobil tetap pada lajurnya, Blind Spot Monitoring (BSM) akan menginformasikan objek yang tidak terlihat di kaca spion.

Lalu ada lagi fitur Pedal Misoperation Control yang membantu mencegah Anda menginjak pedal gas secara tidak sengaja. Fitur Front Departure Alert akan memberi informasi ke Anda melalui suara dan keterangan di MID bila ada mobil di depan Anda sudah melaju namun Anda belum segera jalan.

Terakhir ada fitur Rear Cross Traffic Alert (RCTA) akan memberi notifikasi ke Anda via suara saat hendak parkir mundur apabila ada kendaraan melaju di belakang mobil Anda. Jadi, sudah jelas bahwa Toyota Avanza menawarkan fitur unggulan yang jauh lebih banyak dibanding dengan Suzuki Ertiga

Harga Ertiga vs Avanza

Terakhir sekaligus kesimpulan dari komparasi Ertiga vs Avanza ini adalah soal harga. Untuk itu, kami akan menjabarkan harga kedua mobil ke dalam tabel di bawah ini.

Tipe Toyota Avanza

Harga

Tipe Suzuki Ertiga

Harga

Toyota Avanza 1.3 E M/T Rp 206.200.000 Suzuki Ertiga GA - MT Rp 201.900.000
Toyota Avanza 1.5 G M/T Rp 228.500.000 Suzuki Ertiga GL - MT Rp 220.700.000
Toyota Avanza 1.5 G CVT Rp 241.400.000 Suzuki Ertiga GL - AT Rp 230.500.000
Toyota Avanza 1.5 G CVT TSS Rp 264.400.000 Suzuki Ertiga GX - MT Rp 234.000.000
    Suzuki Ertiga GX - AT Rp 243.850.000

Suzuki Ertiga ditawarkan dengan harga yang lebih rendah dibanding rivalnya di tipe yang serupa. Ini bisa menjadi pertimbangan penting bagi sebagian konsumen yang mengincar mobil terjangkau dengan performa andal serta kepraktisan khas MPV.

Namun, jika Anda membeli mobil berdasarkan faktor emosional dan mempertimbangkan desain serta fitur-fitur yang ditawarkan, tak bisa dipungkiri bahwa Toyota Avanza adalah mobil yang lebih baik.

>>> Simaklah tips dan trik yang berguna lainnya di sini

Pertanyaan Sering Diajukan

Apakah Toyota Avanza kini berpenggerak roda depan?
Ya, sejak All New Avanza diluncurkan, semua Avanza akan menggunakan penggerak roda depan.
Kapan Suzuki Ertiga facelift diluncurkan?
Awalnya, kami memprediksi versi facelift Ertiga diluncurkan di GIIAS 2021. Kenyataannya, Suzuki hanya meluncurkan Ertiga Suzuki Sport FF.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top