Komparasi Daihatsu Sigra vs Toyota Calya, Mana yang Lebih Baik?

16/08/2021

Jual beli

5 menit

Share this post:
Sebagai kendaraan yang tergolong di dalam segmen LCGC, Anda pasti tidak asing lagi dengan Daihatsu Sigra dan Toyota Calya. Kali ini, Herti dari Cintamobil.com akan membahas perbedaan Daihatsu Sigra vs Toyota Calya.

Sebagai kendaraan yang masuk ke dalam segmen LCGC, Anda pasti tidak asing dengan kehadiran Daihatsu Sigra dan Toyota Calya. Keduanya memiliki kesamaan dari segi tampilan fisik hingga konfigurasi mesin. Meski begitu, tetap ditemukan adanya perbedaan mulai dari fitur dan harga. Kali ini, Cintamobil.com akan membahas perbedaan Daihatsu Sigra vs Toyota Calya

Eksterior Daihatsu Sigra vs Toyota Calya 2021

Jika dilihat sekilas, eksterior Daihatsu Sigra memiliki tampilan fisik yang hampir serupa dengan Toyota Calya. Body mobil Sigra pada tipe D tidak ditemukan garnish atau aksesori kromium sebagai pemanis. Bagian muka dan grille mengikuti bentuk facelift secara umum, tanpa ditemani lampu utama LED serta menggunakan velg model kaleng 13 inci.

Calya vs Sigra

Dari eksterior, Calya lebih baik daripada Sigra

Pada Sigra tipe X hingga ke atas, mobil telah dilapisi krom di beberapa panel dan pakai pelek alloy 14 inci. Sentuhan krom dapat ditemukan di bagian lis jendela dan bodi moulding. Pengaturan spion samping elektrik juga bisa melipat dalam satu sentuhan jari. 

Namun, Calya sedikit lebih baik daripada Sigra. Sepintas memang sedikit mirip Avanza, dengan kisi-kisi lebar, lampu kabut vertikal dan lampu utamanya menggunakan LED. Jenis velg yang digunakan adalah alloy dual tone 14 inci. Spion juga sudah dikontrol secara elektrik dari dalam, namun belum retractable mirror alias pelipat otomatis. 

>>> 10 Pilihan Aksesoris Mobil Sigra Biar Terlihat Lebih Keren

Interior Daihatsu Sigra vs Calya

Interior Sigra

Sigra memiliki interior yang lebih polos

Perbedaan interior Daihatsu Sigra vs Calya hanya terletak pada penggunaan warna saja. Calya lebih banyak menggunakan kelir gelap dan krom, seperti pada tuas transmisi dan door trim. Kemudinya juga dilengkapi dengan beberapa tombol untuk mengatur sistem hiburan. Sementara Sigra, masih memiliki tampilan yang lebih polos. Interior kursi penumpang depan Calya telah disediakan vanity mirror. 

>>> Panduan Modifikasi Aksesoris Mobil Calya Supaya Makin Elegan

Fitur Sigra vs Calya

Fitur keselamatan baik Calya dan Sigra, keduanya sudah dilengkapi dengan immobilizer, anti theft device, dual SRS airbag, crash sensor, seat belt di semua kursi, juga anti lock-braking system (ABS). Hanya saja, masih ada beberapa  varian Sigra yang menggunakan rem cakram saja.

Toyota menambahkan beberapa peranti di semua unit Calya. Misalnya rear parking sensor, under seat compartment tray, ABS+EBS (kecuali tipe E non-ABS), 3 point seatbelt, serta isofix.

Fitur keselamatan seat belt

Baik Calya maupun Sigra memiliki seat belt di seluruh kursi

Sementara untuk entertainment, Calya tipe G AT disematkan head unit 2DIN layar sentuh yang bisa terhubung iPod atau Iphone connectivity, USB, Bluetooth, Aux, serta memutar piringan CD/DVD. Ditambah, adanya retractable mirror membuatnya jadi lebih praktis.

Sistem kemudi Calya juga dilengkapi beberapa tombol untuk mengatur sistem hiburan, sementara Sigra masih memilih tampilan polos. Daihatsu Sigra juga memiliki fitur serupa. Namun, Sigra memberikan sedikit fitur tambahan yang tidak dimiliki oleh Calya seperti front corner sensor, talang air, serta mud guard di keempat rodanya. 

Mesin Sigra vs Calya

Perbandingan antara mesin Daihatsu Sigra vs Calya, yaitu Calya dibekali mesin 1,2 liter dengan kode 3NR-VE. Sedangkan Sigra ditawarkan dalam dua pilihan mesin, 1.2 liter dan 1.0 liter 1KR-VE. Mesin ini juga digunakan pada Agya dan Ayla.

Pada varian terbaru Calya, tidak ditemukan perubahan dan tetap mempertahankan mesin berkode 3NR-VE berkapasitas 1.197 cc. Di atas kertas, mesin ini diklaim mampu mengeluarkan 86 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 107 Nm pada 4.200 rpm. 

Mesin Calya

Mesin Daihatsu Sigra vs Toyota Calya: memiliki varian 1.200 cc

Dari segi performa, Daihatsu Sigra bisa dibilang cukup baik. Kenyamanannya terasa ketika berada dalam kondisi stop and go. Namun, ketika dibawa ke jalanan yang menanjak, performanya terasa kurang baik. Sigra juga mengandalkan teknolog EPS (Electric Power Steering) untuk memberi kenyamanan dan kemudahan ketika berbelok atau parkir. 

Performa Calya di segmen LCGC masih bisa mencapai 100 km/jam dengan sangat baik. Terlebih ketika hanya ada dua atau tiga penumpang dengan barang bawaan tidak terlalu banyak. Calya juga tetap nyaman untuk dikendarai. Perpindahan transmisi yang cukup halus membuatnya enteng dibawa di jalanan perkotaan dalam situasi stop and go.

>>> Tips Kredit Mobil Ayla Baru dan Bekas? Cek Fitur dan Spesifikasinya

Harga Sigra vs Calya

Daihatsu Sigra dan Calya juga memiliki perbedaan dari segi harga. Berikut harga untuk Sigra dan Calya berdasarkan tipenya. 

Daihatsu Sigra

Daihatsu Sigra memiliki harga lebih terjangkau

Model

Harga

Daihatsu Sigra 1.2 R AT DLX

Rp 163.400.000

Daihatsu Sigra 1.2 R AT

Rp 159.600.000

Daihatsu Sigra 1.2 R MT DLX

Rp 150.600.000

Daihatsu Sigra 1.2 R MT

Rp 146.800.000

Daihatsu Sigra 1.2 X AT DLX

Rp 158.700.000

Daihatsu Sigra 1.2 X AT

Rp 153.200.000

Daihatsu Sigra 1.0 M MT

Rp 131.050.000

Daihatsu Sigra 1.0 D MT

Rp 120.650.000

Daihatsu Sigra 1.2 X MT DLX

Rp 145.900.000

Daihatsu Sigra 1.2 X MT

Rp 140.400.000

Berikut daftar harga terbaru Toyota Calya:

Model

Harga

New Calya 1.2 E M/T STD 

Rp 145.390.000

New Calya 1.2 E M/T

Rp 148.190.000

New Calya 1.2 G M/T

Rp 154.490.000

New Calya 1.2 G A/T

Rp 166.690.000

Hasil komparasi antara Daihatsu Sigra vs Toyota Calya adalah keduanya sama-sama memiliki perbedaan meski minor. Namun dari segi eksterior, Toyota Calya jauh lebih lengkap dibandingkan Daihatsu Sigra. Sementara dari segi harga, Daihatsu Sigra jauh lebih terjangkau dan memiliki banyak tipe.

>>>  Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang menarik lainnya

Pertanyaan Sering Diajukan

Apa saja perbedaan interior Daihatsu Sigra dan Toyota Calya?
Perbedaan interior Daihatsu Sigra vs Calya hanya terletak pada penggunaan warna saja. Calya lebih banyak menggunakan kelir gelap dan krom, sedangkan Sigra lebih polos.
Bagaimana fitur keselamatan Sigra dan Calya?
Fitur keselamatan baik Calya dan Sigra, keduanya sudah dilengkapi dengan immobilizer, anti theft device, dual SRS airbag, crash sensor, seat belt di semua kursi, juga anti lock-braking system (ABS)
Mana yang lebih murah, Daihatsu Sigra atau Toyota Calya?
Daihatsu Sigra memiliki harga yang lebih terjangkau.
Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top