Generasi Baru si Civic Merah, Ini yang Beda di Honda Civic RS 2022

31/10/2021

Jual beli

4 menit

Share this post:
Generasi ke-11 dari sedan Civic merah semakin mentereng. Honda Civic RS 2022 membawa desain baru, peningkatan teknologi mesin, dan fitur keselamatan baru.

Generasi terbaru dari sedan Honda Civic merah yang melegenda sebagai tunggangan premium Honda akhirnya meluncur di Indonesia. Desain yang ditawarkan masih tetap atraktif dan elegan, dipadukan fitur baru serta peningkatan pada sistem mesin yang ditawarkan. Di generasi ke-11 ini, ada beberapa perubahan yang membuat mobil ini patut diperhitungkan.

“Honda sangat bangga mempersembahkan generasi kesebelas dari mobil legendaris Honda Civic yang identik dengan image sporty serta inovasi teknologi dari generasi ke generasi,” ungkap Takehiro Watanabe selaku President Director PT Honda Prospect Motor. 

Honda Civic merah yang semakin atraktif

All New Honda Civic RS mendapatkan banyak perubahan dari segi desain dibandingkan generasi sebelumnya. Grille depan tak lagi menggunakan model “Solid Wing”, tapi dibuat menyatu dengan Full LED Headlight dilengkapi LED DRL dan LED Turning Signal.

mobil baru Honda Civic merah yang baru diluncurkan
Desain baru Civic merah dengan desain minimalis yang modern

Di sisi samping, fitur Auto Foldable Door Mirror berwarna hitam bersanding aerokit eksklusif khas emblem “RS”, misalnya Sporty Aero Trunk Spoiler, velg Mattle Black Alloy berukuran 17 inci, Shark Fin Antenna, dan gagang pintu berwarna hitam. Lengkap dengan kelir khas Civic merah yang kontras. Di belakang, ada Dual Exhaust Pipe Finisher serta lampu kombinasi dengan LED Light Bars.

>>> Mengenal 10 Generasi Honda Civic yang Melegenda

Interior dibuat modern

Interior Honda Civic RS didominasi dengan warna hitam menggunakan material kabin yang nyaman. Dan sebagai pendukung kesan Civic merah di dalam interior, ada jahitan berwarna merah yang ditemukan pada armrest pintu dan jahitan pada kursi dengan bahan suede.

interior Honda Civic RS 2022 berwarna hitam
Interior dibuat elegan dan sporty dengan jahitan berwarna kontras

Desain dalamnya lebih modern melalui head unit layar sentuh 9 inci Advanced Capacitive bergaya floating serta panel kontrol A/C yang sudah mendapatkan teknologi Dual Zone Auto A/C. Sehingga Anda bisa mengatur suhu pengendara dan penumpang secara terpisah. Ada pula aksen honeycomb berbahan logam yang membentang pada dashboard untuk kesan mewah di dalam kabin.

Tambahan fitur baru

Berbagai fitur baru ditambahkan untuk membuat Civic menjadi lebih modern dan tak kalah bersaing dibandingkan model lain di segmennya. Di dalam kabin ada LED Map Light dan tambahan port USB di kabin bagian belakang untuk menambah kepraktisan sepanjang perjalanan.

Fitur baru yang tersedia yaitu Walk-Away Auto Lock yang bisa mengunci pintu mobil secara otomatis ketika Anda berjalan sejauh 1,5 meter dari mobil. Di dalam mobil ada Rear Seat Reminder, fitur lama yang sudah ditemukan pada mobil-mobil di luar negeri yang akan memberikan informasi jika ada objek yang tertinggal di bangku baris kedua jika pengendara telah membuka pintu belakang.

Smart Key Card Honda pada Honda Civic RS 2022
Smart Key Card terbaru dari Honda bisa digunakan pada mobil ini

Dan untuk kali pertama di jajaran mobil Honda, Civic RS mendapatkan fitur Honda Smart Key Card yang hadir sebagai pengganti remote control. Kunci berbentuk kartu ini akan mengakses fitur-fitur di dalam kabin, misalnya One Push Ignition System, Smart Entry System, dan Walk-Away Auto Lock yang bisa diaktifkan dengan menggunakan Smart Key Card terbaru Honda ini.

Tentu saja yang membedakan mobil ini dengan pendahulunya adalah datangnya sistem keselamatan Honda Sensing terlengkap di Indonesia. Rangkaian teknologi yang ditawarkan seperti Adaptive Cruise Control (ACC) dengan Low Speed Follow, Collision Mitigation Brake System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), dan Road Departure Mitigation System (RDM).

Tak ketinggalan sistem keselamatan yang diperbaharui, seperti teknologi ABS+EBD+BD, Hill Start Assist, Auto Brake Hold, Seatbelt Reminder yang dipasang pada setiap baris tempat duduk, dan yang terbaru Driver Attention Monitor yang akan memperingatkan ketika sensor mendeteksi atensi pengemudi yang berkurang ketika berkendara.

>>> Begini Referensi Ubahan Mobil Civic Merah Biar Makin Kece

Peningkatan teknologi mesin

Sejak pertama kali diperkenalkan di Indonesia, Honda Civic memang dikenal memiliki pengendalian yang menyenangkan di belakang kemudi. Dan hal ini masih dipertahankan di generasi terbaru Honda Civic. Apalagi Honda tetap membawa mesin 1.5 liter bertenaga turbo yang memberikan pengendaraan yang mengesankan.

mesin Honda Civic RS 2022 1.5 liter turbo
Civic RS menerima peningkatan teknologi mesin 1.5 liter turbo

Ubahan yang diberikan pada sistem teknis mobil ini terlihat pada teknologi dari mesin 1.5 liter DOHC VTEC Turbo yang lebih canggih. Membawa tenaga maksimum 178 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 240 Nm pada 4.500 rpm, keluaran tenaga terbesar di kelasnya. Tenaga disalurkan ke roda belakang menggunakan transmisi CVT otomatis.

Demi menghadirkan rasa berkendara yang lebih sporty, Civic RS juga mendapatkan fitur SPORT Mode yang menawarkan performa yang lebih agresif. Didukung pula dengan Paddle Shift yang dipasang di belakang kemudi untuk mengontrol perpindahan transmisi yang lebih sporty. Ada pula fungsi ECON yang bertugas untuk meningkatkan efisiensi yang lebih baik dan ramah lingkungan.

Harga Honda Civic 2022

Ada empat warna yang bisa dipilih. Tentu saja Honda Civic merah dengan title Ignite Red Metallic masih dipertahankan. Sedangkan tiga warna lainnya yang dipasarkan di Indonesia yaitu Platinum White Pearl, Meteoroid Gray Metallic, dan Crystal Black Pearl.

mobil baru All New Honda Civic RS 2022 eksterior belakang
Warna Civic merah yang khas masih dipertahankan

PT HPM juga memperkenalkan paket aksesoris Modulo yang sudah bisa dipesan di seluruh dealer resmi Honda di Indonesia. Tambahan aksesoris yang ditawarkan seperti Front Grille Garnish dan Under Spoiler, Side under Spoiler, Rear Under Spoiler, Door Visor, Trunk Tray, dan Rubber Matt.

Dibandingkan harga Civic Turbo, Civic RS terbaru mendapatkan peningkatan harga Rp 34 juta. Harga Honda Civic terbaru saat ini dibanderol mulai dari Rp 567.000.000 (OTR Jabodetabek. Mobil ini sudah bisa dipesan dengan pilihan Paket Perawatan yang bebas biaya parts dan jasa dari Paket Hemat 1 (4 tahun/50.000 km) dan Paket Hemat 2 (8 tahun/100.000).

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik jual maupun beli mobil yang berguna lainnya

Pertanyaan Sering Diajukan

Apa saja pilihan warna Honda Civic 2022?
PT HPM menawarkan empat pilihan warna yang tersedia, yaitu merah, putih, abu-abu, dan hitam.
Apakah Honda Civic 2022 sudah mendapatkan Honda Sensing?
Benar, model terbaru dari Honda Civic RS 2022 sudah dibekali dengan teknologi keselamatan canggih Honda Sensing.
Berapa harga Honda Civic 2022 di Indonesia?
Baru diperkenalkan di akhir Oktober 2021, generasi terbaru dari harga Honda Civic 2022 dibanderol mulai dari Rp 567 jutaan.

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top