7 Mobil 2 Pintu Tahun 90 an yang Masih Banyak Dicari Sampai Saat Ini

10/10/2020

Jual beli

8 menit

Share this post:
7 Mobil 2 Pintu Tahun 90 an yang Masih Banyak Dicari Sampai Saat Ini
Mobil-mobil yang muncul di tahun 1990-an kerap dianggap mobil berdesain timeless. Apalagi untuk mobil 2 pintu tahun 90 an yang pernah muncul dan sampai saat ini tak pernah surut penggemarnya.

Back To 90's. Slogan ini banyak dipakai oleh kalangan yang menyukai benda-benda retro yang sempat tenar di tahun 1990-an. Bukan cuma soal selera fashion seperti gaya berpakaian, pilihan aksesoris sehari-hari, sampai potongan rambut, namun selera untuk mobil jadul yang pernah merajalela jalanan Indonesia di masa 1990-an juga banyak penggemarnya.

Uniknya, walau terbilang mobil tua karena berusia lebih dari 20 tahun, ternyata mobil-mobil era 1990-an itu masih banyak peminatnya saat ini. Bahkan tren mobil-mobil back to 90's juga kembali mencuat serta membentuk komunitasnya tersendiri.

Sebenarnya, tipe mobil di tahun seperti itu hampir mirip dengan keadaan saat ini. Mobil yang beredar pun serupa, ada citycar, hatchback, sedan, MPV (Multi Purpose Vehicle), sampai SUV (Sport Utility Vehicle) pun ada. Tapi ada satu lagi jenis mobil yang saat itu harganya cukup murah, namun kini banderol kendaraan tersebut sudah meroket. Yaitu mobil 2 pintu tahun 90 an.

Ya, mobil 2 pintu jadul jika dalam kondisi istimewa ternyata harganya bisa setara mobil-mboil baru. Bagaimana bisa? Entahlah, yang jelas mobil-mobil ini sudah masuk kategori mobil hobi, bukan lagi sekedar mobil untuk alat transportasi harian. Lalu apa saja mobil 2 pintu tahun 90 an yang sampai sekarang masih digandrungi bahkan harganya tak pernah turun? Baca artikel Cintamobil.com berikut ini sampai habis ya.

>>> Sejarah Mazda RX-7: Sportscar Rakyat yang Melegenda

Mobil Tua 2 Pintu yang Masih Dicintai

Jika ingin kembali membahas mobil-mobil yang cukup populer di tahun 90 an di Indonesia, tentunya ada banyak sekali. Mulai dari mobil-mobil Jepang seperti Daihatsu Charade, Honda Civic Nouva, Mitsubishi Lancer, Opel Blazer, Suzuki Karimun kotak, Toyota Corolla, atau Toyota Kijang Super. Sedangkan mobil Jerman ada BMW 3 Series 318i M40 atau Mercedes-Benz E Class Masterpiece, juga jadi mobil 90 an yang kala itu jadi mobil mewah.

Rasanya memang tak bisa habis dalam satu artikel untuk menyebut mobil-mobil apa saja yang digandrungi di era tersebut. Banyak yang bilang, mobil-mobil tahun 90 an adalah mobil yang berdesain timeless, alias tak lekang oleh waktu. Inilah yang menyebabkan mengapa mobil-mobil tahun 90 an masih ada penggemarnya sampai kapan pun.

Dan diantara mobil-mobil produksi tahun 1990 an, ada yang modelnya hatchback 2 pintu atau sedan 2 pintu. Jika pada masanya mobil ini penjualannya cenderung moderat lantaran masyarakat malah memilih tipe yang 4 pintu, ternyata kini mobil tersebut jadi incaran car enthusiast. Bahkan tak sedikit yang diburu kolektor lantaran populasinya di Indonesia dengan kondisi masih layak pakai sangat terbatas.

Lalu apa saja mobil 2 pintu tahun 90 an yang saat ini masih diminati serta terkadang harganya lebih mahal dibanding saat dulu mobil ini dijual? Berikut beberapa diantaranya:

1. BMW M3 E36

BMW M3 E36 dijual

BMW M3 dengan mesin 6 silinder segaris pertama

M Division merupakan varian performa tinggi untuk mobil-mobil BMW, diantaranya M3. M3 merupakan tipe BMW Seri 3 dengan performa mesin yang lebih dahsyat serta menggunakan beberapa part kompetisi. BMW sendiri memasarkan M3 dengan model sedan 2 pintu dan 4 pintu.

Tapi kalau mencari mobil sedan 2 pintu tahun 90an dari BMW, maka wajib lirik BMW M3 E36. Dirilis periode 1992 hingga 1999, ini merupakan M3 dari BMW E36 dan menjadi mobil BMW M3 pertama bermesin 6 silinder segaris.

2. Daihatsu Charade

Daihatsu Charade dijual

Daihatsu Charade GTi menggunakan 2 pintu dan bermesin turbo

Charade adalah mobil berukuran mini yang diproduksi Daihatsu sejak 1977 hingga tahun 2000. Di Indonesia sendiri, Daihatsu Charade sudah masuk sejak generasinya yang pertama. Namun saat ini yang ditawarkan adalah model hatchback 4 pintu. Barulah untuk generasi ketiga Daihatsu Charade datang sebagai hatchback 4 pintu dan 2 pintu.

Untuk yang tipe 4 pintu mesinnya 1.000 cc 3 silinder karburator. Namun di negara lain ada juga Charade GTi dengan konfigurasi 2 pintu yang menggunakan mesin fuel injection serta ditambah turbo intercooler. Tak heran banyak pengguna Daihatsu Charade yang juga kerap dipakai di ajang balap menggunakan tipe Charade bermesin turbo tersebut.

>>> Baca juga:

3. Honda Civic Nouva

Honda Civic Nouva dijual

Civic hatchback generasi keempat

Ini merupakan Honda Civic hatchback generasi keempat. Selain tipe sedan, Civic memang selalu menghadirkan model hatchback. Dan pada generasi pertama sampai generasi yang kelima selalu menghadirkan model hatchback dua pintu.

Dikenal dengan sebutan Civic Nouva menggunakan mesin 1.500 cc SOHC. Mesinnya terbilang bertenaga pada masanya dan cukup irit bahan bakar. Meskipun diproduksi pada rentang 1989 sampai 1991, tetapi masih banyak pemilik Civic Nouva yang membiarkan mobilnya dalam keadaan standar sampai detik ini.

>>> Review Honda Civic Ferio 1996: Nyamannya Civic Lawas Rp 50 Jutaan

4. Honda Civic Estilo

Honda Civic Estilo dijual

Harga Civic Estilo pada kondisi istimewa melebihi harga barunya dulu

Setelah Civic Nouva, Honda kembali menawarkan Civic dalam tipe sedan 4 pintu dan hatchback 2 pintu. Model ini dikenal dengan sebutan Genio serta Estilo. Kalau Anda penggemar berat mobil, pasti sudha paham benar tentang harga Honda Civic Estilo yang saat ini bisa tembus di atas Rp 200 juta.

Dan karena diminati kaula muda atau mereka yang masih berjiwa muda, banyak pula yang telah melakukan modifikasi pada mobil 2 pintu tahun 90 an itu. Mulai dari sekedar mengecat ulang bodi mobil dengan warna-warna mencolok, sampai mengganti mesin dengan mobil Honda lain yang tenaganya jauh lebih besar.

5. Hyundai Getz

Hyundai Getz 2 pintu dijual

Hyundai Getz juga ada yang 2 pintu

Getz merupakan unit citycar yang pernah dijual oleh Hyundai di Indonesia. Mesinnya 1.300 cc Alpha dengan pilihan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan. Selain model 4 pintu ada juga yang 2 pintu.

Dipasarkan tidak sebanyak model yang 4 pintu, ada beberapa perbedaan antara Hyundai Getz 2 pintu dan yang 4 pintu. Diantaranya sudah dilengkapi sunroof.

6. Mercedes-Benz 300CE

Mercedes-Benz 300CE dijual

E-Class Mercedes-Benz tahun 1990 an yang berpintu 2

Kalau Anda penggemar berat Mercedes-Benz, maka wajib punya mobil lama 2 pintu dari pabrikan Jerman tersebut. Diantaranya Mercedes-Benz 300CE. Ini merupakan keluarga dari Mercedes-Benz E-Class yang hadir periode 1990-an. Karena pada masa itu, Mercedes-Benz bukan cuma menghadirkan tipe sedan 4 pintu namun juga sedan 2 pintu dan Cabriolet dengan atap yang bisa di buka tutup.

Mercedes-Benz 300CE menggunakan dua pilihan mesin, yakni mesin 2.500 cc 6 silinder bertenaga 158 hp dan mesin 3.000 cc 6 silinder bertenaga 177 hp. Namun karena populasi mobil ini terbilang jarang di Indonesia, harga Mercedes-Benz 300CE dalam kondisi istimewa bisa sangat mahal.

7. Toyota Starlet GT

Toyota Starlet GT dijual

Selain 2 pintu, Toyota Starlet ini juga sudah bermesin dengan turbo

Bicara mobil yang populer di tahun 1990-an tentunya tak lepas dari nama Toyota Starlet. Namun selain varian 4 pintu yang penjualannya begitu masif di Indonesia, ada juga model mobil 2 pintu tahun 90 an dari Toyota Starlet, namanya Starlet GT.

Model ini menggunakan mesin 4E-FTE 1.300 cc dengan tambahan turbo. Dibalut bodi yang ringkas, mesin ini tentu membuat mobil tersebut bisa melesat jauh lebih kencang ketimbang Starlet non turbo.

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan tips menarik lainnya seputar mobil

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Merawat Mobil Tua Perlu Perhatian Khusus, Apa Saja?

25/10/2019

Perawatan dan service

5 menit

Merawat mobil tua perlu perhatian khusus. Ini karena usia mobil yang tidak lagi muda, dan beberapa komponennya mulai ringkih. Yuk pahami hal-hal yang peru diperhatikan.

Lihat juga

Servis Mobil Tua Sebaiknya di Bengkel Resmi atau Bengkel Umum?

25/09/2019

Perawatan dan service

5 menit

Saat akan servis mobil tua, Anda mungkin akan bingung. Apakah perlu servis di bengkel resmi, atau cukup di bengkel non resmi. Berikut kami berikan perbandingannya.

Lihat juga

Hal-hal yang Perlu Diperhitungkan Saat Ingin Membeli Mobil Tua

14/04/2019

Jual beli

Membeli mobil tua memang memiliki banyak keuntungan. Bayangkan jika Anda bisa mendapatkan mobil dengan harga terjangkau namun kondisi dan tingkat orisinalnya masih seperti mobil baru. Tapi tentunya ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan.

Lihat juga

Modifikasi Mobil Tua Anda: Meningkatkan Performa Mobil

Bagi beberapa penggemar otomotif, performa yang diberikan oleh pabrikan tidak cukup cepat. Dan beberapa pengemudi suka mengotak-atik mobil mereka, untuk menambah daya serta efisiensi bahan bakar, termasuk dengan meningkatkan performa mobil.

Lihat juga

Catatan Penting dalam Merawat dan Mengendarai Mobil Tua

Mengendarai mobil tua pada jaman sekarang adalah suatu kebanggaan dan memiliki nilai historis bagi masing-masing pemilik. Namun, mengendarai dan merawat mobil membutuhkan perhatian yang ekstra dan khusus.

Lihat juga