Review Honda Civic Ferio 1996: Nyamannya Civic Lawas Rp 50 Jutaan

24/05/2020

Share this post:

Honda Civic 1996

Editor rate:

Rp 50.000.000

harga Honda Civic Lihat promo

Bagi Anda yang mencari sedan dengan harga yang terjangkau, Honda Civic Ferio keluaran tahun 1996 bisa menjadi pilihan dengan rasa berkendara yang tak kalah dengan sedan terbaru.

Review Honda Civic Ferio 1996: Nyamannya Civic Lawas Rp 50 Jutaan
Review Honda Civic Ferio 1996: Nyamannya Civic Lawas Rp 50 Jutaan
0 Gambar

Pengantar Honda Civic 1996

Mari kita simak spesifikasi Honda Civic 1996 di bawah ini.

Kelebihan

Tampilan yang elegan dan long lasting
Performa mesin yang bertenaga
Rasa berkendara dan handling yang baik
 

Kekurangan

Interior sederhana
Fitur hiburan dan keselamatan masih jadul
Tenaga di putaran bawah kurang bertenaga
 

Review Honda Civic Ferio 1996 - Dari 10 generasi Honda Civic di Indonesia, Honda Civic Ferio yang menjadi generasi keenam Honda Civic pernah menjadi sedan populer di masanya. Layaknya Honda Civic Genio, produksinya hanya bertahan selama 5 tahun. Muncul di Indonesia pertama kali pada tahun 1996, Ferio kala itu langsung menghadang Toyota Corolla, Mazda Familia, hingga Mitsubishi Lancer CK4.

Ferio dikenal sebagai salah satu sedan dengan desain yang menawan. Mobil ini hadir dengan teknologi yang lebih canggih dibandingkan sedan lain pada masanya dengan teknologi VTEC (Variable Valve Timing Engine Control) pada mesinnya. Bahkan ketika diperkenalkan pertama kali di Jepang, mobil ini bahkan memenangkan penghargaan Car of the Year Japan.

Honda Civic Ferio 1996 berwarna merah
Sedan Honda Civic Ferio keluaran tahun 1996

Tiga tahun setelah diluncurkan, mobil ini mendapatkan ubahan minor pada tahun 1999. Ferio akhirnya digantikan oleh Honda Civic ES pada tahun 2001. Populasinya cukup banyak di Indonesia sehingga bisa Anda temukan dengan mudah di pasar mobil bekas Tanah Air. Tertarik membeli mobil ini? Berikut review Honda Civic Ferio 1996 dari Cintamobil.com.

Eksterior Honda Civic 1996

Sebagai sedan kompak yang diperuntukkan sebagai mobil perkotaan, Civic Ferio menawarkan dimensi yang kompak serta lekuk bodi yang halus. Menghadirkan kesan elegan yang tak kalah dengan mobil-mobil terbaru saat ini.

Review Honda Civic Ferio 1996: Eksterior Depan

Desain depannya masih menawan dan tak kalah dengan mobil-mobil baru saat ini. Terdapat beberapa perubahan yang dilakukan pada eksterior depan dibanding generasi sebelumnya. Salah satunya dengan adanya penambahan grille tipis yang disematkan pada fascia depan serta aliran udara yang lebih kecil pada bumper bawah.

tampilan depan Honda Civic Ferio berwarna merah
Tampilan depan Honda Civic Ferio

Lampu depan bening masih menggunakan lampu bohlam, tetapi tidak mengurangi fungsinya sebagai penerang ketika berkendara di malam hari. Dibandingkan generasi sebelumnya, lampu depannya memang dibuat lebih besar. Sayangnya untuk keselamatan, foglamp pada mobil ini termasuk opsional. Jadi Anda bisa menemukan Civic Ferio bekas dengan dan tanpa foglamp.

Review Honda Civic Ferio 1996: Eksterior Samping

tampilan samping Honda Civic Ferio berwarna merah
Tampilan samping Honda Civic Ferio

Dari sisi samping, ada spion dengan pelipatan manual dan antena bergaya tarik pada bagian atas. Ferio sudah mendapatkan lampu sein yang terletak pada bagian samping fender depan. Sebagai pelengkap tampilan samping, ada list chrome yang mengelilingi jendela samping, cladding yang melingkari mobil hingga bagian belakang serta velg 14 inci.

Review Honda Civic Ferio 1996: Eksterior Belakang

tampilan belakang Honda Civic Ferio berwarna merah
Tampilan belakang Honda Civic Ferio

Bagian belakangnya cukup sederhana, dengan lampu belakang yang terbagi dua; pada sisi samping serta melekat pada pintu bagasi. Di Indonesia sendiri, logo Honda di belakang bisa ditemukan dengan dua warna, perak dan emas. Bumper bawah masih sederhana, hanya dilengkapi dengan cladding tipis.

>>> Review Honda Civic Hatchback RS 2020: Ubahan Minimalis Nan Memikat


Interior Honda Civic 1996

Kabin Honda Civic Ferio memang terasa kurang menarik dibandingkan sedan premium yang dipasarkan di era yang sama. Dengan umurnya yang sudah memasuki lebih dari 20 tahun, tentu saja fitur yang diberikan masih tidak terlalu canggih.

Review Honda Civic Ferio 1996: Dashboard

dashboard Honda Civic Ferio berwarna hitam
Dashboard Honda Civic Ferio

Dashboard masih menggunakan material plastik keras dengan beberapa fitur sederhana yang disematkan. Head unit sudah model 2DIN. Anda bisa memutar radio atau serta musik melalui kaset. Pada konsol tengah, Anda bisa menemukan tuas transmisi serta ruang penyimpanan untuk meletakan dompet, koin, atau smartphone Anda.

Review Honda Civic Ferio 1996: Setir

Setir palang tiga akan menemani Anda selama berkendara. Tidak terlalu polos, hanya berlapiskan ‘kulit jeruk’ seperti yang ditemukan pada mobil-mobil lawas pada masanya. Belum ada satupun tombol multifungsi pada setir layaknya Civic keluaran terbaru. Untuk speedometer dan tachometer masih menggunakan model analog, belum digital.

Review Honda Civic Ferio 1996: Kursi

kursi Honda Civic Ferio berwarna hitam
Kursi Honda Civic Ferio

Anda bisa memaju-mundurkan kursi untuk mendapatkan posisi berkendara yang lebih baik, meskipun belum tanpa pengaturan elektronik. Untuk sekelas mobil kompak, Civic Ferio menawarkan ruang kaki dan ruang kepala yang cukup bagi penumpang di baris kedua. Kemiringan bangku belakang memang tidak bisa diatur lagi, tetapi cukup untuk menawarkan kenyamanan selama berkendara.

Fitur Honda Civic 1996

Mengingat Civic Ferio merupakan mobil kompak yang ditawarkan untuk pasar menengah, sistem hiburan yang diberikan tak terlalu banyak. Terlebih karena mobil ini diproduksi pada era 90-an silam. Praktis hiburan selama berkendara hanya bisa Anda dapatkan pada pemutar radio serta pemutar musik melalui kaset tape yang populer di zamannya.

head unit Honda Civic Ferio berwarna hitam
Head unit 2DIN Honda Civic Ferio

Selain itu fitur keselamatan masih minim. Bahkan mobil ini belum mendapatkan fitur airbag yang menjadi sistem keselamatan standar bagi mobil-mobil saat ini. Honda sendiri juga belum menawarkan sistem pengereman ABS (Anti-lock Braking System) bagi Civic yang dipasarkan di Indonesia.

>>> Kenali Masalah Khas Honda Civic FD Yang Kerap Dikeluhkan

Operasi Honda Civic 1996

Keunggulan Civic Ferio ketika diperkenalkan adalah mobil ini merupakan yang pertama menggunakan mesin VTEC (Variable Valve Timing Engine Control) untuk Civic. Berbekal mesin D16Y5 1.6L 4-silinder segaris 16 katup SOHC, Anda bisa mendapatkan keluaran tenaga maksimal 125 daya kuda pada 6.400 rpm dan torsi puncak 148 Nm pada 5.500 rpm.

mesin Honda Civic Ferio berwarna hitam
Mesin Honda Civic Ferio

Mobil ini dikenal karena memiliki handling dan pengendaraan yang cukup baik. Anda bisa mendapatkan pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Civic Ferio populer bukan hanya karena mesinnya yang bertenaga, tetapi juga irit bahan bakar dibandingkan mobil lain di segmennya.

>>> Komparasi Mobil Klasik: Pilih Honda Civic Nouva atau Honda Civic Estilo?

Spesifikasi Honda Civic 1996

Dimensi Honda Civic Ferio 1996

Panjang x Lebar x Tinggi

3.995 x 1/615 x 1.385 mm

Jarak Poros Roda

2.620 mm

Berat Kosong

1.060 kg

Mesin Honda Civic Ferio 1996

Tipe Mesin

D16Y5 1.6L 4-silinder segaris 16 katup SOHC

Tenaga Maksimal

125 hp @ 6.400 rpm

Torsi Maksimal

148 Nm @ 5.500 rpm

Akselerasi (0-100 km/jam)

9.5 detik

Konsumsi Bahan Bakar

10-13 km/l

Transmisi

Manual 5-percepatan dan Otomatis 4-percepatan

Kaki-Kaki Honda Civic Ferio 1996

Suspensi Depan/Belakang

Double wishbone independent

Rem Depan

Ventilated disc

Rem Belakang

Disc

Tipe Ban

185/V R14

Daftar Harga Honda Civic 1996

Populasinya yang cukup banyak membuat mobil ini sering ditemukan di pasar mobil bekas Tanah Air. Mobil ini sering menjadi koleksi penggemar mobil lawas. Untuk mendapatkannya, harga Honda Civic Ferio keluaran tahun 1996 hingga 1999 bisa Anda dapatkan dengan harga mulai dari Rp 50 jutaan. Sedangkan versi facelift yang lebih baru dibanderol Rp 60 juta hingga Rp 70 jutaan.

Kesimpulan Honda Civic 1996

Sebagai mobil lawas dari model sedan terpopuler Honda, Honda Civic Ferio bisa dibilang salah satu yang banyak ditemukan di pasar otomotif Tanah Air. Dengan tampilan eksterior yang masih menarik hingga saat ini, mobil ini memiliki rasa berkendara yang tergolong baik di jalanan perkotaan. Kekurangannya tentu saja fitur hiburan dan keselamatan yang masih belum modern. Tapi untuk mobil bekas seharga Rp 50 jutaan, Civic Ferio 1996 ini bisa menjadi pilihan untuk Anda pertimbangkan.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil lainnya

Padli Nurdin
Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

Review lain

All New Honda Civic Turbo 2017 - Sedan Sporty Dengan Mesin Yang Tangguh

Rp 483.000.000

26/07/2017

Editor rate:

Honda Civic yang sudah memasuki generasinya yang ke-10 tersebut mempunyai kesan sebagai mobil yang elegant dan agresif. Istimewanya adalah bahwa mobil ini merupakan generasi Civic pertama yang menggunakan turbocharger. Generasi terbaru dari sedan ini mengalami beberapa perubahan yang sangat signifikan dan mendasar. Mulai dari tampilan eksterior, interior dan sistem dapur pacu.

Lihat juga

Review Honda Civic 2015 Indonesia

18/01/2018

Editor rate:

Honda Civic versi Sedan merupkan pilihan yang tepat bagi anda yang ingin tampil mewah dan modern. Jagoan Honda ini memang sejak lama dikenal sebagai mobil premium yang siap menaikan status penggunanya. Di tahun 2015 kemarin, Honda meluncurkan Civic. Seperti apa spesifikasi lebih lanjutnya? Silahkan membaca tulisan review Honda Civic 2015 Indonesia di bawah ini.

Lihat juga

Review New Honda Civic 1.5 L Turbo VTEC Facelift 2019, Ubahan Minim Beda Harga Rp 10 Jutaan, Worth To Buy?

24/05/2019

Editor rate:

Honda Civic dengan kode bodi FK8 adalah salah satu Civic terbaik yang pernah dijual oleh PT Honda Prospect Motor di Indonesia setelah Civic FD yang sakses di 2006. Ia baru mengalami facelift bulan Februari 2019 lalu. Lantas, bagaimana impresi kami mengenai mobil ini? Simak ulasan New Honda Civic 1.5 L Turbo VTEC Facelift 2019.

Lihat juga

Review Honda Civic Estilo 1992: Dulu Murah, Sekarang Harganya 'Ngeri'

10/04/2019

Editor rate:

Mungkin jika berbicara masalah mobil fenomenal, Honda Civic Estilo bisa menjadi salah satunya. Bukannya mengapa, mobil klasik satu ini dibanderol cukup mahal setara harga mobil-mobil baru saat ini. Kira-kira apa alasan di balik fenomena tersebut? Menjawab rasa penasaran tersebut, Cintamobil.com hendak memberikan review Honda Civic Estillo 1992.

Lihat juga

Review Honda Civic FD 2006, Salah Satu Generasi Terbaik Civic Berdesain Timeless

10/06/2019

Editor rate:

Jika Anda yang membaca artikel ini adalah anak gen '90an alias orang yang lahir antara medio 1990 hingga 1994, pada masa remaja utamanya semasa SMA pasti di pertengahan 2006-an, mobil Honda Civic dengan kode bodi FD ini bisa jadi adalah salah satu dream car Anda. Kini, harganya sudah 'terjangkau' dan modelnya tetap bertahan lama. Layakkah mobil Honda Civic 2006 ini di beli saat ini?

Lihat juga
back to top