5 Mobil Murah Berkarburator Ini Masih Layak Beli

19/05/2021

Jual beli

3 menit

Share this post:
Bandel, mudah dalam perawatan menjadi salah satu daya tarik lima mobil murah yang masih pakai karburator ini untuk dimiliki atau sekadar jadi barang 'klangenan'

Meskipun karburator adalah teknologi lawas, namun tidak sedikit juga para peminat mobil bekas yang menyukainya. Alasan bandel, mudah dalam perawatan menjadi beberapa daya tarik dari lima mobil murah yang masih pakai karburator ini untuk dimiliki atau sekadar jadi barang 'klangenan'. Lantas mobilnya apa saja? Intip rekomendasi Cintamobil.com berikut ini.

1. Suzuki Katana

Tahun Produksi: 1989 - 2006

Kisaran Harga: Rp30 - Rp60 juta

Tipe Rekomendasi: GX

Gambar Suzuki Katana

Model bodi Katana seolah tak lekang dimakan zaman

Katana menjadi salah satu mobil murah pertama yang kami rekomendasikan. Kehandalan mesin F10A bersanding dengan pasokan bahan bakar karburator menjadikannya mobil merakyat yang mudah dimodifikasi dan handal di segala medan. Meski demikian Anda perlu kompromi dengan kerasnya bantingan suspensi mobil ini.

2. Toyota Kijang

Tahun Produksi: 1997

Kisaran Harga: Rp60 - Rp70 juta

Tipe Rekomendasi: LGX

Gambar Toyota Kijang LGX 1997

Toyota Kijang jadi salah satu mobil murah 8-penumpang di sini

Kehandalan Kijang sebagai mobil sejuta umat pra-Avanza dan Xenia tak perlu diragukan lagi. Kijang LGX yang masih pakai karburator adalah yang lansiran tahun 1997. Sedangkan pada tahun 2000 sudah pakai EFI (Electronic Fuel Injection). Muat banyak dan mampu menyatukan setiap keluarga jadi keahlian mobil ini.

>>> Toyota Kijang Innova Reborn Pantas Diincar, Harganya Kini Rp 200 Juta

3. Daihatsu Taruna

Tahun Produksi: 1999 - 2001

Kisaran Harga: Rp50 - Rp60 juta

Tipe Rekomendasi: CSX

Gambar Daihatsu Taruna CSX

Tampilan Taruna terlihat cukup gagah

Bila Anda mencari mobil murah dengan model SUV (Sport Utility Vehicle) maka jangan palingkan perhatian Anda dari Daihatsu Taruna lansiran tahun 1999. Mobil ini terkenal akan kenyamanannya, berbekal bantingan suspensi empuk dan tampilah gagah bisa membuatnya dilirik pengendara lain di jalan. 

4. Daihatsu Espass

Tahun Produksi: 1995 - 2000

Kisaran Harga: Rp20 - Rp35 juta

Tipe Rekomendasi: -

Gambar Daihatsu Espass

Bentuknya lebih aerodinamis dari rival-rivalnya

Nama besar Daihatsu Hijet dan Zebra diteruskan ke produk minivan yang satu ini. Sejak kemunculannya di tahun 1995 ia mencuri perhatian publik. Menawarkan posisi duduk selayaknya mobil model sedan menjadi salah satu keunggulan mutlaknya dibandingkan dengan para rival sekelasnya seperti Suzuki Carry dan Mitsubishi T120SS.

>>> 4 Mobil Bekas Terpopuler di Cintamobil.com, Intip Kelebihannya

5. Suzuki Karimun

Tahun Produksi: 1999 - 2005

Kisaran Harga: Rp40 - Rp60 juta

Tipe Rekomendasi: GX

Foto Suzuki Karimun GX 2005

Karimun kotak sudah masuk jadi mobil 'hobi'

Pelopor City Car yang satu ini, kini menjadi buruan kolektor. Meski sudah tidak termasuk 'mobil murah' tapi Suzuki Karimun layak kami rekomendasikan untuk Anda miliki karena beberapa hal. Seperti kabin luas, power steering sudah EPS (Electronic Power Steering), serta mesin F10A yang legendaris dan tak perlu ribet akan perawatan.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top