10 Mobil Klasik Indonesia dari yang Terlangka sampai Termahal

19/10/2020

Jual beli

8 menit

Share this post:
10 Mobil Klasik Indonesia dari yang Terlangka sampai Termahal
Beberapa mobil klasik Indonesia ternyata ada yang di negara lain sudah sulit ditemui sehingga tak jarang harganya begitu fantastis. Lalu apa saja mobil klasik paling dicari di Indonesia?

Penggemar mobil klasik memang akan terus ada meskipun mobil baru bermunculan. Biasanya mobil klasik ini diminati karena punya nilai sejarah tersendiri. Baik karena proses pembuatannya yang turut jadi bagian perkembangan dari pabrikan mobil tersebut, atau ada sebuah mobil yang dulunya bekas dipakai oleh tokoh dunia.

Walau mungkin usianya sudah puluhan tahun jika kondisinya istimewa, mobil klasik tersebut bisa bernilai jual tinggi. Meski begitu, peminat mobil ini akan terus ada, dan biasanya kolektor mobil klasik bersedia membayar berapa pun demi untuk memiliki kendaraan istimewa incarannya itu.

Indonesia juga ternyata punya banyak penggemar mobil klasik. Bahkan komunitas mobil klasik ini sudah memiliki anggota yang tidak sedikit dengan masing-masing anggota memiliki koleksi mobil klasik Indonesia yang lebih dari satu. Merk dan tipenya beragam, serta ada beberapa yang sudah sulit dijumpai bahkan di negara asal produsen mobil tersebut berada.

Lalu apa saja mobil klasik Indonesia yang cukup langka dimiliki bahkan populasinya di seluruh dunia pun sudah hampir tak ada? Berikut penjelasannya dari hasil rangkuman tim Cintamobil.com melalui berbagai sumber.

>>> Meluncur di Beijing Auto Show, Van Ini Tiru Mobil Klasik Volkswagen

Adakah Mobil Klasik Indonesia Murah?

Banyak orang yang beranggapan, mobil tua biasanya harganya murah. Karena mobil-mobil cenderung kondisinya sudah banyak perbaikan. Padahal ada beberapa mobil yang jika tampil dalam keadaan original layaknya mobil tersbeut baru keluar dari dealer, tentu harganya mirip harga mobil baru modern. Demikian pula mobil klasik, semakin tua mobil tersebut dengan kondisi yang istimewa, maka harganya juga semakin tinggi.

Tak heran ada mobil klasik yang di tangan kolektor mobil harganya tembus puluhan miliar rupiah. Padahal dengan uang yang sama banyaknya, Anda bisa memboyong satu unit supercar keluaran terbaru. Penasaran apa saja mobil klasik Indonesia yang jadi incaran kolektor? Berikut 10 diantaranya:

1. Alfa Romeo Duetto Spider

Alfa Romeo Duetto klasik

Desainnya yang manis dengan atap terbuka membuatnya masih banyak dicintai

Ini merupakan mobil yang diproduksi Alfa Romeo mulai tahun 1966 - 1969. Dengan menggunakan atap kanvas yang bisa dibuka tutup, mobil ini memiliki desain yang begitu menggoda bahkan sampai saat ini. Tak heran peminatnya pun masih cukup banyak.

2. Aston Martin DB5

Aston Martin DB5 klasik

Pernah jadi bintang utama di film James Bond

Pernah dipakai dalam film Jamos Bond : Goldfinger, DB5 merupakan Grand Tourer bermesin 3.700 cc 6 silinder Twin Cam. Selain karena film tersebut, ada beberapa teknologi pada Aston Martin DB5 yang membuatnya jadi mobil klasik Indonesia berstatus barang buruan kolektor. Diantaranya mobil ini menggunakan material panel aluminium yang membuatnya sangat ringan.

3. Chrysler Imperial Ghia

Chrysler Imperial Ghia Presiden Soekarno

Mobil Presiden Soekarno juga gunakan Imperial Ghia

Chrysler merupakan mobil yang pernah punya banyak penggemar di Indonesia. Ini lantaran Presiden Republik Indonesia (RI) yang pertama, Soekarno, juga menyukai mobil-mobil Chrysler. Satu diantaranya tipe Imperial Ghia Limousine. Dan sekarang, mobil bekas Tokoh Proklamator itu menjadi satu dari beberapa mobil klasik termahal di Indonesia.

>>> Mau Jadi Kolektor Mobil Klasik? Simak Tips Berikut

4. Citroen DS

Citroen DS klasik

Teknologi yang ada di mobil ini amat dikagumi banyak orang

Citroen memiliki banyak penggemarnya di Indonesia. Namun untuk mobil klasik Indonesia keluaran Citroen yang cukup banyak diincar kolektor adalah tipe DS. Alasannya karena mobil yang diproduksi periode 1955-1975 itu sudah menggunakan suspensi hydropneumatic layaknya suspensi udara pada mobil teknologi modern. Ini memberikan jaminan mobil mempunyai bantingan yang amat lembut.

5. Ferrari 365 GT4 BB

Ferrari 365 GT4 BB

Mobil Ferrari yang istimewa ini juga ada di Indonesia

Model 365 GT4 BB merupakan tipe yang cukup spesial dari Ferrari. Mobil ini dibuat mulai tahun 1971 untuk menyaingi Lamborghini Miura. Sehingga tak heran desainnya pun identik, namun mesinnya sendiri berkapasitas 4.400 cc V12. Selain di dunia, 365 GTB BB juga merupakan mobil klasik paling dicari di Indonesia oleh penggemar Ferrari.

6. Fiat 1200 Spider

Fiat 1200 Spider klasik

Fiat 1200 di Indonesia mungkin cukup banyak, namun tipe Spider cukup sulit ditemukan

Mungkin Anda mengenal Fiat sebagai mobil mungil dari Italia. Padahal ada satu mobil klasik Indonesia dari Fiat yang begitu digemari dan jadi incaran untuk dikoleksi. Yakni Fiat 1200 dengan desain mobil beratap terbuka. Walau sempat banyak digunakan di Indonesia, tapi populasi mobil ini sekarang cukup langka.

>>> Review Fiat 500 S 2014: Penerus Eksistensi Hatchback Ikonik Italia Bergaya Retro

7. Jeep Willys

Jeep Willys klasik

Menemukan Willys dalam kondisi original amat sulit dilakukan

Bukan cuma mobil sedan klasik Indonesia yang harganya selangit jika dalam kondisi istimewa. Mobil klasik offroad seperti Jeep Willys juga demikian. Populasinya memang cukup banyak, namun menemukan Willys dalam kondisi original dan semua komponen mobil masih dalam keadaan baik seperti pada masanya adalah hal cukup sulit terjadi. Kalau pun ada, harganya bisa hampir menyerupai banderol Jeep Wrangler terbaru.

8. Lamborghini Miura

Lamborghini Miura klasik

Satu-satunya Miura di Indonesia

Di Indonesia juga ada yang memiliki mobil klasik Lamborghini Miura. Mobil yang diproduksi tahun 1971 itu, adalah satu-satunya di Indonesia. Ini karena Miura yang ada di Indonesia adalah unit satu-satunya yang dikirim ke Asia Tenggara. Tak heran kalau kendaraan ini jadi mobil klasik termahal di Indonesia dari merk Lamborghini.

9. Mercedes-Benz 280 SE

Mercedes-Benz 280 SE klasik

Desainnya klasik dan cantik

Mercedes-Benz klasik memang selalu menarik, namun jika mencari apa mobil klasik dari pabrikan berlambang bintang itu yang cukup jadi incaran kolektor, satu diantaranya 280 SE W108. Mobil ini pakai mesin 6 silinder dengan desain body yang masih terlihat elegan walau sudah lahir sejak 1970 silam.

10. Mini Moris

Mini Moris klasik

Tampilan Mini Moris

Melihat sosok mobil ini pasti Anda akan langsung teringat pada karakter film Mr Bean. Ya nama mobil tersebut memang turut terkerek atas serial TV ini. Populasinya juga bukan jadi mobil langka, tapi bukan berarti tidak mengasyikkan untuk dikoleksi. Bahkan disebut-sebut mobil ini sebagai mobil klasik murah di Indonesia yang layak dimiliki Jika Anda baru terjun sebagai kolektor mobil klasik.

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan tips menarik lainnya seputar mobil

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Cyan Racing Modernkan Volvo P1800, Pertahankan Aura Coupe Klasik

04/09/2020

Mobil baru

3 menit

Terkenal dengan prestasi di ajang WTCR bersama Volvo, Cyan Racing melakukan hal yang tidak biasa. Merestorasi Coupe legendaris P1800 yang sangat terkenal itu, bagaimana hasilnya?

Lihat juga

Ngumbar BCRC Dipadati Ratusan Mobil dan Motor Klasik

28/02/2020

Event - Promosi

5 menit

Acara Ngmubar BCRC kali ini cukup istimewa karena mampu menyedot lebih dari 100 penggemar mobil dan motor klasik retro. Para peserta berdesakkan memadati lokasi baru acara rutin BCRC ini.

Lihat juga

Chevrolet E-10 Concept, Wajah Klasik Bermesin Elektrik

08/11/2019

Mobil baru

5 menit

Chevrolet E-10 Concept merupakan mobil konsep terbaru dari Chevrolet yang ditampilkan di SEMA 2019. Desainnya seperti pickup hotrod namun menggunakan mesin elektrik.

Lihat juga

Tidak Sulit Kok, Ini Cara Merawat Mobil Klasik

04/12/2019

Perawatan dan service

5 menit

Cara merawat mobil klasik sebenarnya tidaklah sulit. Anda hanya perlu runtin memperhatikan kondisi mobil tersebut, maka mobil akan selalu dalam kondisi prima walau jarang digunakan.

Lihat juga

Ferrari Classiche Academy Jadi Sarana Eksklusif Belajar Taklukan Ferrari Klasik

22/10/2019

Event - Promosi

4 menit

Ferrari hadirkan sarana latihan dan pengetahuan teknis terkait cara merawat dan mengemudikan Ferrari klasik dengan baik dan benar

Lihat juga