Mau Jadi Kolektor Mobil Klasik? Simak Tips Berikut

17/03/2020

Jual beli

5 menit

Share this post:
Mau Jadi Kolektor Mobil Klasik? Simak Tips Berikut
Tidak ada salahnya jika Anda berniat untuk menjadi kolektor mobil klasik. Namun sebelum memulai mengumpulkan mobil-mobil klasik, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini.

Mungkin Anda pernah melihat sebuah mobil klasik melintas di jalan raya namun kondisinya masih amat terawat. Tentunya Anda juga akan dibuat kagum manakala melihat mobil antik tersebut. Bagaimana tidak, mobil yang sudah berusia puluhan atau bahkan ratusan tahun, kondisinya masih prima dan melaju tanpa kendala layaknya mobil yang baru keluar dari dealer.

Jika ada mobil klasik dengan kondisi amat mengagumkan, biasanya mobil tersebut milik kolektor mobil. Kolektor mobil adalah seseorang yang gemar mengoleksi mobil-mobil, termasuk mobil klasik. Biasanya, mobil yang dikoleksi itu memiliki nilai tersendiri, entah karena modelnya yang dibuat terbatas untuk seluruh dunia, peredarannya di Indonesia yang tidak banyak, atau nilai histori dari mobil tersebut.

Anda berminat juga jadi kolektor mobil klasik? Berikut ini Cintamobil.com berikan hal-hal yang harus dipertimbangkan, dirangkum dari beberapa sumber.

1. Tentukan Apa Mobilnya

mobil klasik berbagai tipe di garasi

Tentukan dulu mobil apa yang benar-benar Anda cintai untuk dikoleksi di rumah

>>> Merawat Mobil Tua Perlu Perhatian Khusus, Apa Saja?

Sebelum memulai untuk menjadi kolektor mobil klasik, sebaiknya tentukan dulu mobil apa yang akan Anda koleksi. Mulai dari mereknya, tipenya, hingga tahun produksinya. Tanyakan pada diri sendiri, mobil apa yang benar-benar Anda cintai dan ingin memilikinya dalam waktu lama. Jangan sampai mengoleksi hanya karena ikut-ikutan orang lain. Karena mengoleksi berarti Anda menyimpan suatu benda dalam waktu yang amat lama dan terus menerus memberikan kerawatan terhadap benda tersebut. Jadi Anda harus benar-benar cinta kepada benda koleksi Anda.

2. Siapkan Dana yang Cukup

merestorasi mobil klasik

Merawat dan merestorasi mobil klasik butuh biaya besar

Membeli mobil klasik sebagai barang koleksi tentunya membutuhkan biaya. Karena biasanya mobil-mobil dalam kategori hobi atau koleksi, harganya bisa di atas rata-rata. Selain itu sediakan pula dana untuk proses restorasi atau perbaikannya. Ingat, yang Anda beli adalah mobil dengan usia di atas 10 tahun, sehingga sudah pasti ada perbaikan yang wajib dilakukan. Dan terkadang suku cadang yang dibutuhkan sulit untuk dicari atau ketika ditemukan harganya cukup mahal.

>>> Ada banyak promo menarik disini jika Anda berniat membeli mobil baru

3. Siapkan Tempat untuk Menyimpannya

mobil klasik yang disimpan di garasi

Siapkan garasi untuk mobil-mobil koleksi Anda

Saat memutuskan menjadi kolektor mobil klasik, maka Anda butuh tempat yang mencukupi untuk menyimpan mobil antik terebut. Pastikan garasi untuk menyimpan mobil ini tidak lembab dan tidak terkena sinar matahari langsung. Hal ini demi menjaga komponen mobil yang sudah menua dan butuh perawatan ekstra. Jangan sampai mobil bernilai sejarah ini malah terlantar terparkir di pinggir jalan akibat Anda tak memiliki ruang cukup demi menyimpan mobil tersebut.

4. Ikut ke Komunitas Mobil Klasik

mobil klasik satu tipe terkumpul bersama

Jangan sungkan gabung ke komunitas untuk menambah informasi seputar perawatan mobil koleksi Anda

>>> Cari mobil bekas terawat dengan harga termurah? Cek pilihan lengkapnya disini

Saat sudah memiliki mobil klasik, tidak ada salahnya jika Anda ikut bergabung ke komunits mobil klasik sesuai mobil yang Anda koleksi. Karena ada banyak keuntungan ketika bergabung ke komunitas ini. Anda akan mendapatkan informasi seputar teknik perawatan kendaraan, informasi bengkel yang terpercaya untuk melakukan perawatan mobil, serta informasi dimana membeli suku cadang atau aksesoris yang dibutuhkan untuk mobil koleksi Anda.

5. Rutin Ajak Jalan-jalan

berkendara dengan mobil klasik

Punya mobil klasik jangan cuma disimpan di garasi, sesekali bawa jalan-jalan

Menjadi kolektor mobil klasik bukan berarti mobil hanya disimpan di garasi dan dijadikan barang pajangan. Ada baiknya Anda juga rutin menjalankan mobil tersebut walau hanya satu minggu sekali di akhir pekan. Dengan aktifitas ini, semua komponen mobil akan tetap bekerja normal.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Share this post:
Prasetyo Adhi
Penulis
Prasetyo Adhi
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Tidak Sulit Kok, Ini Cara Merawat Mobil Klasik

04/12/2019

Perawatan dan service

5 menit

Cara merawat mobil klasik sebenarnya tidaklah sulit. Anda hanya perlu runtin memperhatikan kondisi mobil tersebut, maka mobil akan selalu dalam kondisi prima walau jarang digunakan.

Lihat juga

Komparasi Mobil Klasik: Pilih Honda Civic Nouva atau Honda Civic Estilo?

29/08/2019

Jual beli

3 menit

Honda Civic Nouva dan Honda Civic Estilo adalah bagian dari generasi Civic yang pernah dijual di Indonesia. Meskipun saat ini sudah tidak diproduksi lagi, keduanya masih memiliki harga yang cukup mahal di pasar mobil bekas Indonesia.

Lihat juga

Koleksi Mobil Klasik Retro

17/04/2017

Pasar mobil

Beragam varian mobil yang hadir membuat perkumpulan mobil klasik makin meriah, diantaranya Kijang Doyok, VW Bettle, Vespa, Moge Harley Davidson, Fiat Uno, Beragam tipe Mercedes-Benz, Volvo, Honda S600, Peugeot 504, Toyota Land Cruiser ‘Hardtop’, Toyota Corolla DX KE70, Mitsubishi Lancer SL, Mini Cooper

Lihat juga

Review Jaguar X-Type 2002, Masih Sebagai Barometer Strata Ekonomi Si Empunya

14/07/2018

Editor rate:

Jaguar, pabrikan mobil yang selalu membuat hati setiap orang berdebar ketika mendengar atau menyebutnya. Gaya khas dengan logo hewan Jaguar melompat sangat di sudut moncong mobil begitu berkesan. Jaguar menghadirkan X-Type di tahun 2000an untuk menyasar para eksekutif muda yang menginginkan mobil agresif namun tetap dalam balutan elegan khas pabrikan asal Britania Raya.

Lihat juga

Daftar Harga MINI 5-Door & Promo September 2020 Di Indonesia

01/09/2020

MINI

Siapa tak kenal dengan MINI Cooper? Mobil Hatchback berbodi mungil dengan desain ikonik dan fitur mumpuni. MINI 5-Door Indonesia pertama kali diluncurkan pada tahun 2015 silam yang beriringan dengan perilisan MINI 3-Door. Nah, karena kami sudah pernah membahas MINI 3-Door, kini saatnya Cintamobil.com mengulas tentang spesifikasi MINI 5-Door dan kelebihannya. Berapa harga MINI 5-Door terbaru?

Lihat juga