Secercah Harapan Di Pameran Mobil Listrik Indonesia Electric Motor Show

25/11/2021

Event - Promosi

5 menit

Share this post:
Meskipun masih jauh di bawah penjualan kendaraan konvensional namun terdapat secercah harapan di pameran mobil listrik Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021

Harus diakui bila penjualan Kendaraan Listrik Berbasis Baterai (KLBB) itu masih (sangat) jauh di bawah penjualan kendaraan konvensional. Namun, ternyata terdapat secercah harapan, setidaknya itu terlihat pada pemeran mobil listrik Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021.

Acara Opening Ceremony Indonesia Electric Motor Show 2021 Hybrid

Pameran ini bawa harapan (yang) baru...

Yes, pameran kendaraan listrik ini diselenggarakan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), melalui Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE) di Gedung Manajemen ORPPT-BRIN, Kawasan PUSPITEK Serpong, pada 24-26 November 2021.

Secercah Harapan

"Saya ingin mengingatkan arahan Presiden yang disampaikan kepada dewan komisaris dan direksi PT Pertamina dan PLN di Istana Kepresidenan Bogor beberapa saat yang lalu (16 November 2021)," kata Jendral TNI Purnawirawan Dr. H. Moeldoko Ginting, SIP, selaku Kepala Staf Kepresidenan Indonesia saat membuka acara ini.

>>> Jakarta Auto Week Siap Digelar, Harga Mobil Bakal Diskon Besar-besaran

Pria yang akrab disapa Moeldoko ini pun menambahkan, "Transisi energi fossil ke energi terbarukan merupakan keharusan dan tidak bisa ditunda-tunda. Oleh sebab itu perlu disusun perencanaan yang matang, detail, dan terukur dengan alur waktu yang jelas," paparnya. Dan acara ini pun jadi salah satu eksebisi untuk pondasi awalnya.

Kepala Staf Kepresidenan Dr. H. Moeldoko Ginting, SIP

Dr. H. Moeldoko Ginting, SIP, selaku Kepala Staf Kepresidenan Indonesia

Mengenai pameran mobil listrik ini, ia pun menambahkan, "Semua inovator-inovator bisa datang ke sini untuk lebih membuka wawasannya, lebih meng-upgrade lagi tentang apa yang ditemukan dan didampingi oleh para periset-periset yang ada di dalam jajaran BRIN ini." jelas pria asal Medan, Sumatera Utara ini.

>>> Punya Akselerasi Instan, Begini Cara Aman Nyetir Mobil Listrik

"Daerah ini adalah daerah yang terbuka dan bebas bagi para inovator Indonesia. Jadi bisa keluar-masuk di sini berkolaborasi bersama. Dan para perisetnya pun bisa dibawa keluar, ataupun dipinjam ke luar (negeri). Ini sebuah terobosan yang sangat bagus, agar pengembangan riset itu semakin meluas dan kolaboratif, ini sebuah pemikiran baru yang perlu dikembangkan," tambah Moeldoko yang pernah menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat.

Pembukaan Indonesia Electric Motor Show 2021 Hybrid

Pameran ini setidaknya memberikan secercah harapan bagi para pelaku kendaraan listrik

Pada intinya, pameran mobil listrik ini memberikan secercah harapan bagi para inovator, pabrikan, hingga harapan pemerintah akan ekosistem mobil elektrik berbasis baterai di Indonesia.

>>> Yakin Mau Beli Mobil Listrik? Simak Dulu Kajian Ini

Hal ini pun diamini oleh pihak BRIN. “Tidak kalah penting, regulasi serta insentif juga harus disinergikan, komitmen pemerintah telah terlihat dengan adanya target menghentikan penjualan kendaraan konvensional pada 2040 untuk roda dua, dan 2050 untuk roda empat,” Laksana Tri Handoko, selaku Kepala BRIN.

Indonesia Electric Motor Show 2021

Diharapkan pameran kendaraan listrik ini bawa dampak positif bagi Indonesia

Termasuk di antaranya adalah memenuhi target Tingkat Komponan Dalam Negeri (TKDN) kendaraan bermotor listrik berbasis baterai. Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Perindustrian No 27 Tahun 2020 tentang Spesifikasi, Peta Jalan Pengembangan, dan Ketentuan Penghitungan Tingkat Komponen Dalam Negeri Kendaraan Bermotor Dalam Negeri Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai.

“Perhitungan TKDN jelas harus masuk dalam ekosistem kendaraan bermotor listrik berbasis baterai. Periset kita harus bekerja keras untuk mengembangkan teknologi baru untuk mobil listrik, untuk menjawab bottle neck ketiga teknologi di sehigga akan tercipta kendaraan litrik berbasis betarei dengan TKDN yang tinggi,” tegas Handoko, sapaan akrab Laksana Tri Handoko dalam keterangan resmi yang dikutip Cintamobil.com.

5 Agen Pemegang Merek Dukung Pameran Ini

Acara pameran mobil listrik ini diikuti setidaknya oleh 5 pabrikan mobil, yakni Toyota, Mitsubishi, Wuling, Hyundai dan DFSK. Toyota contohnya yang menempati booth P3-G3 memamerkan mobil listrik Lexus UX300e, Toyota Prius PHV, dan Toyota C+ Pod yang pernah kami coba di pulau Dewata.

Lexus UX300e 2022

Psst! Mobil listrik Lexus ini sudah sold out lho!

Dari kubu tiga berlian alias Mitsubishi membawa dua jagoannya, yaitu Mitsubishi Minicab MiEV, dan Mitsubishi Outlander PHEV. Sementara Hyundai memamerkan Hyundai KONA EV, dan Hyundai IONIQ 5 yang punya basis Electric Global Modular Platform (E-GMP).

Hyundai IONIQ 5 2022

Hyundai pede pamer IONIQ 5

Tak hanya didominasi oleh pabrikan Jepang & Korea, geng Tiongkok seakan tak ingin mengalah. Contoh Wuling yang membawa dua line up Wuling Global Small Electric Vehicle (GSEV), serta DFSK memajang satu-satunya mobil niaga berbasis elektrik yakni DFSK Gelora E.

Mitsubishi MINICAB MiEV 2011

Ini dia mobil viral yang dicoba pak Presiden di GIIAS 2021

Tak hanya pabrikan besar saja, beberapa kampus teknologi kenamaan seperti Institut Teknik Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang membawa tiga kendaraan, terdiri dari dua mobil yakni BRAJAMUSTI, Karling-4R, dan sebuah motor listrik P3KL ITPLN.

Mobil E-FORMULA SMK 3 MATARAM

Karya seperti ini patut untuk diapresiasi

Kampus lain pun tak kalah semarak, seperti Universitas Gadjah Mada yang pamer mobil listrik bernama ARJUNA EV, lalu ada lagi Institut Teknik Sepuluh November (ITS) yang membawa NOGOGENI -VI EVO-, serta tak ketinggalan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 3 Mataram yang pede bawa mobil E-FORMULA bersasis tubular.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top