Mobil Antibom Berlapis Baja Jaguar XJ Sentinel Juga Penyok saat DItabrak

18/06/2020

Event - Promosi

3 menit

Share this post:
Mobil Antibom Berlapis Baja Jaguar XJ Sentinel Juga Penyok saat DItabrak
Tak ada yang bisa menjamin kalau mobil berlapis baja bisa kebal ketika ditabrak. Buktinya Jaguar XJ Sentinel PM Inggris ringsek usai ditabrak Range Rover.

Tak ada yang bisa menjamin kalau mobil berlapis baja sekalipun kebal dari penyok ketika ditabrak. Bahkan mobil antibom sekalipun juga tak luput dari penyok. 

Buktinya mobil Perdana Menteri Inggris yakni Jaguar XJ Sentinel dengan fitur antibomnya tampak penyok dalam iring-iringan pihak kepolisian. 

Mobil Antibom PM Inggris Ringsek

Mengutip The Guardian, Kamis (18/6/2020) kejadian bermula saat seorang polisi yang mengendarai motor berhenti secara mendadak lantaran ada aktivis pria asal Kurdistan berusaha menghentikan konvoi dimana ada PM Inggris Boris Johnson di dalamnya. 

Jaguar XJ Sentinel

Mobil dilapisi beragam fitur keamanan untuk menjamin orang di dalamnya

>>> 4 Alasan yang Membuat Mobil SUV Makin Populer

Meskipun pria tersebut langsung ditahan oleh pihak kepolisian yang berjaga, tabrakan pun tak dapat dihindarkan. 

Walhasil tabrakan pun tak dapat dihindarkan. Jarak yang terlalu dekat membuat Range Rover hitam yang juga menjadi bagian iring-iringan menabrak Jaguar XJ Sentinel. Usut punya usut, Boris ada di dalam Jaguar XJ Sentinel tersebut. Mobil pun tampak penyok di bagian pintu bagasi hingga bemper belakang. 

"Iya, itu mobil Perdana Menteri. Saya pikir dalam video bisa dilihat semua kejadiannya. Hingga saat ini dilaporkan tak ada korban dari insiden itu," ungkap juru bicara.

Dalam keterangan resminya disebutkan kejadian terjadi pukul 14.30 waktu setempat pada 17 Juni. Dua polisi terlibat dalam kecelakaan di Parliament Square. 

>>> Meramal Nasib Mobil Manual di Masa Depan

Kendaraan polisi tersebut merupakan bagian dari iring-iringan Perdana Menteri. Ada seorang pejalan kaki yang membuat kendaraan tiba-tiba berhenti sehingga menyebabkan dua kendaraan terlibat tabrakan. 

Tak berselang lama, iring-iringan tersebut kembali meneruskan perjalanannya. Bicara soal mobil, Jaguar XJ Sentinel yang ditumpangi Boris sudah dilapisi baja Kevlar dan cukup populer di Rusia. 

Kacanya Juga Tahan Peluru

Jaguar XJ Sentinel berlapis baja itu pertama kali diluncurkan pada ajang Moscow Motor Show pada tahun 2010. 

>>> Bantu Tangani Corona, Jaguar Land Rover Sumbangkan 160 Mobil

Lapisan baja itu membuat mobil kebal akan serangan bom. Di samping itu kacanya juga sudah antipeluru yang bisa menangkal peluru setingkat B7. Lapisan baja juga tersemat di bagian lantai mobil untuk melindungi penumpang dari serangan bom TNT 15 kg.

Jaguar XJ Sentinel

Wujud Jaguar XJ Sentinel

Sentinel mengusung sumbu roda panjang dari sasis Jaguar XJ. Di balik kap mobil, ada mesin V8 berkapasitas 5.0 L dengan tenaga setara 380 daya kuda. Mobil dapat berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 9.7 detik. 

Tampaknya mobil tak dijual untuk sembarang orang. Mobil berlapis antipeluru dan antibom memang biasanya diperuntukan bagi kalangan VIP agar bisa memadai ketika berada di perjalanan. Fiturnya pun dipilih yang sesuai untuk melindungi orang di dalamnya. 

>>> Berita otomotif yang menarik lainnya dari dalam dan luar negeri ada disini

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top