Geneva Motor Show Batal Lagi, Bagaimana Nasib GIIAS 2021?

08/10/2021

Event - Promosi

2 menit

Share this post:
Pameran otomotif Geneva Motor Show, kembali dibatalkan untuk ketiga kalinya. Sedangkan di dalam negeri, GIIAS 2021 siap dilaksanakan pada November mendatang.

Sepertinya bukan hanya manusia yang menderita long COVID. Penyakit yang menyertai paska terinfeksi COVID-19 ini seperti menghinggapi pameran otomotif dunia. Misalnya Geneva Motor Show 2021 yang harus mengalami pembatalan untuk ketiga kalinya. 

Pembatalan yang ketiga

Penyelenggaran gelaran Geneva International Motor Show (GIMS) yang selalu diadakan di Swiss setiap tahunnya telah mengumumkan bahwa mereka akan membatalkan acara pada bulan Maret 2022 mendatang.

“Terlepas dari semua upaya kami, kami harus menghadapi fakta dan kenyataan: situasi pandemi tidak terkendali dan membuatnya sebagai ancaman besar untuk acara indoor besar seperti GIMS,” ungkap Maurice Turrettini, Presiden Comité permanent du Salon international de l'automobile.

pameran otomotif Geneva Motor Show
Ini adalah kali ketiga pembatalan salah satu pameran otomotif terbesar di dunia tersebut

>>> GIIAS 2021 Diundur Lagi Hingga November

Alasan utama pembatalan ini adalah pembatasan perjalanan global akibat pandemi. Selain itu, kelangkaan semikonduktor yang mendatangkan malapetaka pada jadwal produksi mobil baru disebut berperan penting dalam pembatalan gelaran kali ini.

Namun Turrettini menekankan bahwa pengumuman ini bukan berarti akhir dari pameran mobil Jenewa tersebut. Ia menjelaskan bahwa perhelatan GIMS akan kembali diadakan pada tahun 2023. Walaupun rencana gelaran spin-off dari GIMS di Doha, Qatar, pada akhir 2022 kemungkinan besar pindah ke tahun 2023.

>>> Honda Beri Isyarat N7X Diluncurkan di GIIAS

GIIAS 2021 siapkan perizinan

Geneva Motor Show bukan hanya satu-satunya pameran otomotif yang harus mengalah pada pandemi ini. Sebelumnya, New York International Auto Show (NYIAS) yang rencananya diselenggarakan pada bulan Agustus lalu harus diundur sejak bulan April. Kini, pihak penyelenggara sepertinya sudah melepaskan kemungkinan adanya pameran NYIAS tahun ini.

booth Toyota di GIIAS 2019 dengan model Toyota HiAce
Pameran GIIAS rencananya akan diadakan bulan November mendatang

Tapi salah satu pameran otomotif terbesar di Indonesia, GIIAS 2021 dilaporkan masih akan berjalan sesuai rencana. Gaikindo dikabarkan sedang dalam tahap pengurusan izin untuk penyelenggaraan pameran yang akan berlangsung mulai dari tanggal 11-21 November 2021.

GIIAS 2021 mungkin bisa berkaca pada persiapan yang dilakukan oleh Munich Motor Show yang sukses membuka pameran pada bulan September lalu. Selanjutnya, Los Angeles Auto Show akan menjadi pameran otomotif terdekat yang siap dilaksanakan pada bulan November mendatang.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top