Berawal dari Game, Pemuda Ini Akan Balapan di Formula 2 2022

13/01/2022

Event - Promosi

4 menit

Share this post:
Pemuda asal Turki, Cem Bolukbasi merupakan mantan pemain F1 eSports. Di tahun 2022, Cem direkrut oleh tim CHRS untuk menjadi pebalap di ajang Formula 2.

Cem Bolukbasi mengawali kariernya sebagai pebalap simulator (sim racer) pada tahun 2017 untuk tim G2 Esports FA Racing. Namun, namanya mulai diperhatikan saat ia direkrut oleh tim Scuderia Toro Rosso untuk mengikuti ajang balap F1 eSports.

Bolukbasi memang bukan gamer biasa. Ia sudah memiliki kecintaan terhadap motorsport sejak usia 6 tahun saat dibawa oleh ayahnya ke siruit motocross. Ia pun tertarik untuk membalap dengan motor bahkan berhasil menjadi juara pada kejuaraan motocross di Turki.

Kiprah Cem Bolukbasi Hingga ke Balap Mobil

Cem Bolukbasi mengikuti kejuaraan F1 eSports pada tahun 2017 untuk tim Scuderia Toro Rosso. Di musim balap tersebut, ia berhasil meraih posisi kelima pebalap dengan raihan 35 poin dan 1 kemenangan.

>>> Adu Drag Mobil Balap WRC, Formula 1 dan Formula E, Siapa yang Menang?

Gambar Cem Bolukbasi

Sebelum terjun ke Formula 2 Cem Bolukbasi mengawali karier dari balik simulator balap

Sayangnya, itu menjadi musim penuh terakhir untuk Bolukbasi karena di musim balap 2018 ia hanya berpartisipasi dalam 4 dari 10 seri balap dan 9 dari 12 seri balap di tahun 2019.

Di tahun 2020, ia mengikuti Formula Renault Esport Series yang di pertama kali di adakan di tahun tersebut. Tak tanggung-tanggung, Bolukbasi langsung menjuarai ajang tersebut hingga bakatnya mulai disorot oleh tim balap mobil sungguhan.

Ia pun menjadi pebalap full-time untuk tim Borusan Otomotiv Motorsport untuk mengikuti ajang GT4 Eropa di tahun 2020. Kelihaian Bolukbasi ternyata tak hanya di belakang simulator, ia mampu mengakhiri musim di posisi runner up dengan 3 kemenangan dan 3 pole position.

Menjadi Pebalap Formula 2

Setelah musim yang sukses di ajang GT4 Eropa, Cem Bolukbasi akhirnya mendapat kesempatan untuk membalap di ajang Formula 3 untuk tim BlackArts Racing di ajang F3 Asian Championship tahun 2021.

>>> Usai Taklukkan Mercedes, Honda Resmi Pamit dari Formula 1

Gambar Mobil Euroformula

Bakatnya mulai dilirik saat mengikuti ajang Euroformula Open Championship

Ia mampu menunjukkan konsistensi dengan mencetak poin dalam 13 seri balap dan mengakhiri musim di posisi 9 klasemen pebalap. Bukan hasil yang buruk untuk seorang rookie di Formula.

Di Juli 2021, ia pun mengikuti ajang Euroformula Open Championship bersama tim Van Amersfoort Racing untuk melihat potensinya di antara pebalap-pebalap terbaik di dataran Eropa.

Ia memulai debut di Sirkuit Hungaroring dan berhasil menjadi juara di seri balap tersebut. Bolukbasi pun menjadi pebalap simulator pertama yang mampu meraih kemenangan di ajang Formula sungguhan. Pada akhirnya, pebalap asal Turki ini mengakhiri musim balap di posisi kelima klasemen, lagi-lagi menunjukkan potensinya sebagai rookie.

Kesempatan Bolukbasi untuk menjadi pebalap Formula 1 pun semakin terbuka saat ia ditawari menjadi pebalap untuk tim CHRS (Charouz Racing System) di ajang Formula 2. Bagaimana kiprah Bolukbasi di ajang Formula 2? Kira-kira gamer yang satu ini bisa tidak ya suatu hari nanti menjadi pebalap F1?

>>> Temukan Pilihan Mobil Bekas Berkualitas Hanya di Sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top