Spesifikasi Mazda 2 2012: Green Car Ekonomis nan Apik

03/04/2018
editor rate: 4,4 user rate: 4,5
Sebelum segmen Green Car booming pada hari ini, Mazda sudah coba melakukan percobaan dengan meluncurkan Mazda 2 di tahun 2012 silam. Green Car yang memiliki desain aktraktif ini ditopang dengan berbagai spesifikasi yang mumpuni seperti mesin yang handal, fitur interior dan keselamatan yang mumpuni serta tentu saja, kemampuan untuk mengirit bahan bakar secara optimal. Berbagai sematan tersebut membuat Mazda 2 di tahun awal peluncurannya sangat berjaya dari sisi sales. Ini spesifikasi Mazda 2 2012

PENGANTAR Mazda 2 2012

Gambar mobill Mada 2 2012 berwarna merah dilihat dari sisi samping

Meski duluncurkan pada tahun 2012, Mazda2  masih cukup relevan untuk dipacu di medan perkotaan

Spesifikasi Mazda 2 2012 - Mazda 2 merupakan Green Car yang sudah lama berseliweran di jalan. Mobil ini sendiri pertama diproduksi sejak tahun 1996 dengan nama Mazda 121. Mobil ini pun terus berkembang seiring berjalannya waktu. Mazda 2 2012 sendiri sejatinya berada di generasi ketiga dengan tampilan yang fress, menanggalkan kesa boxy yang dulu lama melekat. Boleh dibiang, apa yang coba ditampilan oleh Mazda 2 generasi keduanya ini memang dipersiapkan untuk kaum muda yang senang akan mobil berkonsep minimalis.

Sekedar catatan, facelift yang dirilis lima tahun silam ini merupakan pembaharuan dari seri tahun 2011. Beragam pembaharuan telah ditawarkan mulai dari desainnya yang terbilang fresh dan lebih signifikan dibanding seri sebelumnya. Mobil yang menawarkan aura muda ini memang dipersiapkan untuk menantang kompetitor serumpunnya yang terbilang cukup sukses di pasaran yakni Toyota Yaris. Menantang Yaris tentunya bukan sebuah hal yang mudah dilakukan, untuk itu, Mazda menyematkan beragam spesifikasi terkini agar terlihat balace saat head to head dengan kompetitornya tersebut. Lantas, apa saja yang dimiliki Mazda 2? Kami akan coba memberikan spesifikasi Mazda 2 2012 untuk anda. Selamat membaca.

EKSTERIOR Mazda 2 2012

Seperti yang sudah kami singgung di atas, Mazda 2 memiliki desain eksterior yang lebih baik dari seri sebelumnya. Mobil ini sendiri terasa lebih dinamis dan aktratif. Tak heran jika banyak kaum muda meminatinya. Ramainya peminat mobil ini juga dapat diliat dari tingginya permintaan konsumen akan mobil ini di setiap tahunnya. Apa saja yang tersemat pada bagian eksteriorna? Berikut ulasannya.

  • Desain Bagian Depan

Gambar mobil Mazda 2 2012 berarna hijau dilihat dari sisi depan

Meski terasa sederhana Mazda 2 tampil stylish di bagian depan

Di bagian tersepannya, Mazda 2 memiliki tampilan yang cukup stylish. Hal tersebut dapat dilihat dengan hadirnya lampu utama berukuran besar yang tampil dominan di sisi kiri dan kanan bagian depan. Lampu utama yang begitu mencolok ini terlihat begitu segar untuk menutupi kekosongan pada sisi kap mesin. Selain itu, lampu utama ini sudah dilengkapi dengan teknologi halogen yang siap memberikan penerangan maksimal pada sektor pencahayaan. Selain itu, sisi tengah dari bagian depan juga tampil trendy berkat kehadiran grill kecil dengan aksen sabuk yang hadir dengan warna yang menyerupai warna boy. Tak lupa pula, logo kebesaran Mazda diletakan di bagian tengah sebagai penanda dari mana mobil itu berasal.

Bergeser ke bagian bumper bawah, tersemat pula grill tamhan yang berfungsi sebagai pendigin udara otomatis ke sisi permesinan. Grill dengan aksen lack doff itu juga membuat bagian depan dari mobil ini cukup elegan dan kental dengan kesan aerodinamis. Melengkapi bagian depan, terpasang pula bumper berukuran besar yang memiliki warna senada dengan warna body. Bumper yang menjorok ke sisi bawah itu juga memperkokoh tampilan depannya. Menutup sisi terdepan dari mobil ini, hadir pula fog lamp dengan aksen chrome berikut dengan rumahnya yang memiliki desain seperti daun.

  • Desain Bagian Samping

Gambar mobil Mazda 2 2012 berarna biru dilihat dari sisi samping sedang parkir di halaman rumah

Kesan dinamis begitu terasa di bagian samping

Kesan dinamis tak dapat lagi terhidarkan dari sisi ini. Hal tersebut dapat dilihat dari dua guratan yang tampil elegan di bagian samping. Satu tersemat di bagian handle door dan satu lagi tersemat di bagian pintu bawah kombinasi keduanya pun dinilai elegan untuk mengisi kekosongan di sisi samping. Sementara untuk sisi spion sediri, hadir pula spion elektrik yang pancarkan kesan modern. Melalui spion elektrik ini, pengemudi bisa mengatur kelebaran spion ini dari bagian kabin. Menutup sisi samping, hadir pula velg alloy racing berukuran 16 inci guna membuat kesan sporty terpancar pada mobil ini.

  • Desain Bagian Belakang

Mobil Madzda 2 2012 berwarna hijau silihat dari sisi belakang sedang di jalan naik gunung

Sisi belakang terasa begitu aktraktif

Pada bagian belakang, Mazda 2 memiliki desain yang lumayan aktraktif. Bagian buritan dibua sedikit menonjol guna oancarkan kesan dinamis. Sementara kesan sporty sendiri dipertebal dengan kehadiran rear rood yang sudah dilengkapi dengan tail lamp. Sisi stop lamp juga terpancar manis dengan desain lampu yang menyerupai helai daun. Untuk memberikan pengoptimalan pandangan saat hujan turun, sisi kaca belakang juga sudah dilengkapi dengan rear wiper. Sisi buritan ini sendiri ditutup oleh bumper berkonsep two tone colour yang membuat segar bagian belakang. Secara keseluruhan, sisi eksterior dari mobil ini juga cukup terasa dinamis dan lumayan aktraktif untuk ukuran Green Car.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Mazda 2 2012

Setelah puas membedah sisi terluar dari mobil ini, kini tiba waktunya untuk kita menjelajah sisi demi sisi interior dari mobil ini. Di bagian terdalamnya, Mazda2 coba tampilkan kenyamanan melalui material jok yang terbilang cukup soft meskipun dibungkus dengan bahan leather. Kenyamanan penumpangnya juga lumayan terakomodir oleh kehadiran fitur-fitur infotaiment di bagian dalam. Selain itu, bagian apa saja yang hadir pada sisi interior mobil ini?

  • Dashboard

Gambar bagian dashboard mobil Mazda 2 2012 berwarna abu-abu

Dashboard minimalis ini sangat tertata rapih

Pada bagian dashboard-nya, Mazda 2 memiliki tampilan yang cukup sederhana namun tetap fungsional. Di bagian terdepannya ini, Mazda 2 sudah melengkapi diri dengan LCD layar sentuh berukuran 7 inci sebagai panel infotaimentnya. Melalui panel ini,  pengguna bisa megakses internet, memutar musik kesukaan melalui berbagai medium, hingga mengakses GPS. Selain itu, dua panel Ax di bagian atas juga siap memberikan kesejukan ke seluruh ruang kabin tanpa terkecuali. Meski terkesan minimalis, apa yang disuguhkan pada bagian dashboard mobil ini cukup maksimal bukan?

  • Steering

Gambar bagian steering mobil Mazda 2 2012 dengan steering ditutupi dengan jok berwarna hitam

Sisi setir sudah dilengkapi dengan steering switch control

Meski mobil ini merupakan mobil keluaran tahun 2012, bukan berarti apa yang tersemat pada mobil ini terasa begitu kuno. Mazda 2 sudah tampil modern melalui kehadiran panel audio control di bagian setir. Bahkan untuk mempermudah bantingan dan ketinggian setir sesuai dengan keinginan, mobil ini sudah dilengkapi dengan sistem power steering dan tilt steering. Selain itu, untuk melengkapi sisi steering, hadir pula MID yang dengan kombinasi panel analog dan sedikit digital guna memberikan konsumsi bahan bakar, jarak tempuh hingga tekanan ban. Cukup lengkap bukan?

  • Kursi

Gambar bagian kursi di mobil Mada 2 2012 dengan jok berarna hitam

Kursi ini siap menunjang kenyamanan penggunanya

Beranjak ke sisi seat, mobil ini sudah memperkuat diri dengan seat berbahan halus dan cukup nyaman untuk diduduki sepanjang perjalanan. Seat yang mampu menampung hingga lima orang penumpang ini memang memiliki ruang kaki yang cukup luas. Namun untuk ruang kepala yang disediakan rasanya sangat terbatas karena dimensi tinggi pada mobil ini cukup kecil. Meski begitu, safety yang ditawarkan cukup mumpuni karena mobil ini sudah dibekali dengan seat belt di seluruh kursi tanpa terkecuali.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

FITUR Mazda 2 2012

Gambar mobil Maza 2 2102 berwarna merah dengan banyak fitur mendukung di dalam

Mobil ini sudah dilengkapi dengn fitur ABS dan BA

Sebagai mobil yang dikondisikan untuk melawan dominasi Yaris, tentunya Mazda 2 sudah memiliki berbagai safety fitur yang mumpuni. Mobil ini sudah dilengkapi dengan kombinasi pengereman ABS dan BA yang siap memberikan pengoptimalan pengereman saat dibutuhkan. Hadir pula beberapa airbag yang tersemat di bagian depan guna memberikan perlindungan maksimal kepada pengemudinya. Selain itu, hadir pula ISOFIX Child Seat and Chair Security untuk menjaga anak-anak selama berada di dalam mobil. Untuk proteksi keamanan tambahan, hadir pula engine immobilizer yang siap berfungsi mengamankan kendaraan saat ditinggal penggunanya.

>>> Mari klik sini untuk simak tulisan review mobil Mazda lainnya

OPERASI Mazda 2 2012

Gambar bagina mesin mobil Mazda 2 2012

Mesin Mazda 2 terbilang cukup besar untuk ukuran Green Car

Untuk sektor dapur pacunya sendiri, mobil ini sudah dibekali dengan mesin 1,5L L4 DOHC with 16 valve. Mesin dengan kubikasi 1.500 cc ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 100 hp pada putaran 6.000 RPM. Cukup lumayan bukan untuk ukuran Green Car? Selain itu, mobil ini juga sudah disupplai oleh teknologi Electronic Fuel Injection guna memberikan penyerapan bbm yang optimal meski mobil dipacu dalam performa yang tinggi. Sebagai penggerak, mobil ini sudah dibekali dengan dua jenis transmisi berbeda yakni manual dengan lima percepatan dan matic dengan empat percepatan.

>>> Untuk coba rasa membeli mobil online, klik sini

spesifikasi Mazda 2 2012

Bagimana dengan spesifikasi Mazda 2 2012 ini? Berikut uraiannya.

Mesin

Tipe

1,5L L4 DOHC 16 valve

Kapasitas mesin

1500 cc

Jenis bahan bakar

Bensin

Steering wheel adjustment

Tilt steering wheel

Tenaga maksimum (ps/rpm)

100 hp/ 6000 RPM

Torsi maksimum (kg.m/rpm)

135 Nm/ 4000 RPM

Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi

3950    x 1795   x 1694     mm

Wheelbase

2489 mm

Ground Clereance

130 mm

Kapasitas penumpang

5 Orang

Kaki-Kaki

Ban

185/55R15

Suspensi Depan

Front independent suspension

Suspensi Belakang

Torsion Bar

Rem Depan

Disc

Rem Belakang

Drum

kelebihan & kekurangan Mazda 2 2012

Apa saja yang menjadi nilai plus dan minus dari mobil ini?

Kelebihan

Kekurangan

Performa mesin cukup besar

Brand Mazda kurang bleend di Indonesia

Fitur lumayan lengkap

Beberapa bagian dalam masih terasa murahan

Nyaman dipacu di trek highway

Ketersediaan tergolong minim

 

daftar harga Mazda 2 2012

Berapa budget yang harus dikeluarkan untuk membawapulang mobil ini?

Tipe mobil

Harga Mazda 2

Mazda 2 2012

Rp 100-200 Jutaan (Second)

Video Mazda 2 2012

Bagaimana dengan penampakan dari mobil ini? Kami telah menyiapkan previewnya untuk anda. Selamat menyaksikan.

KESIMPULAN Mazda 2 2012

Pecinta mobil hatchback pastinya akan menjadikan Mazda 2 masuk ke dalam skala prioritasnya. Di samping memiliki mesin dan fitur yang mumpuni, harga jual dari mobil ini juga terbilang masih lumayan tinggi. Anda yang gemar memacu kendaraan dalam akselerasi maksimum juga akan termanjakan dengan mobil ini. Pasalnya, Mazda 2 memang cukup kompetibel untuk melakukan hal tersebut. Anda tertarik?

Heri Susanto
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Cari review mobil