Review Mazda 2 2019: Be A Driver!

31/08/2019
editor rate: 4,0 user rate: 4,0
Mobil ini sempat menyandang the best of the best in it class di pasar mobil hatchback Indonesia pada tahun 2014 silam. Karena ia hadir dengan segudang teknologi yang tidak akan Anda temui pada rival sekelasnya. Setelah lama tidak mendapat penyegaran, kini di akhir bulan Agustus 2019 Mazda 2 ini mendapatkan facelift lumayan banyak. Berikut ini ulasan kami mengenai mobil yang punya tagline Be A Driver! ini.

PENGANTAR Mazda 2 2019

Gambar menunjukkan mobil Mazda 2 GT 2014 berwarna merah dilihat dari sisi samping

Mazda 2 masuk ke Indonesia tahun 2014 dan langsung menjadi mobil terbaik dikelasnya

Review Mazda 2 2019 - Setelah Mazda 2 generasi ketiga yang masuk Indonesia tidak terlalu sukses menghadang hegemoni Honda Jazz dan Toyota Yaris. Saat itu Mazda Indonesia melakukan gebrakan besar pada Mazda 2 generasi keempat yang mulai masuk Indonesia di tahun 2014. Mobil tersebut tampil out of the box dengan KODO desain yang sangat dinamis, tata interior modern nan canggih serta sangat fun to drive saat dikemudikan membuat mobil tersebut jadi yang terbaik dikelasnya.

Gambar menunjukkan mobil Mazda 2 2019 Facelift berwarna merah dilihat dari sisi samping

Facelift yang dilakukan oleh Mazda terhadap Mazda 2 2019 ini membuat tampilannya semakin menarik

Kami yakin, desainer Mazda agak sedikit kesulitan melakukan pembaharuan pada mobil Mazda 2 generasi keempat ini yang memang sudah sangat menarik dari awal kemunculannya di muka bumi. Namun, facelift tetap dilakukan demi penyegaran dan tidak tertinggal oleh zaman. Berikut ini adalah review Mazda 2 2019 terlengkap yang baru saja mendapat penyegaran di beberapa sektor, dan dipercaya lebih menyenangkan pengemudinya sesuai tagline Be A Driver!

EKSTERIOR Mazda 2 2019

Review Mazda 2 2019 : Tampilan Depan

Gambar menunjukkan tampilan depan grill dan headlamp Mazda 2 2019 warna merah

Tampilan depan Mazda 2 2019 ini semakin menarik berkat garis tegas krom mengelilingi grill hingga ke bawah headlamp

Jika sebelumnya garis tegas berkelir krom yang mengelilingi bagian bawah grill hingga masuk ke atas headlamp sudah menarik mata untuk dilihat. Maka kini, Mazda membuatnya lebih menarik lagi dengan ubahan bumper depan yang kini sudah tidak tersedia tempat foglamp, karena teknologi Adaptive LED Headlight System bersinergi dengan High/Low Beam Control di lampu utama dari Mazda 2 sudah oke sekali.

Gambar menunjukkan tampilan depan Mazda 2 2019 berwarna merah

Ubahan simpel pada grill, bumper depan dan headlamp membuat tampilannya kini lebih segar

Review Mazda 2 2019 : Tampilan Samping

Gambar menunjukkan tampilan samping Mazda 2 2019 warna merah

Tampilan samping Mazda 2 2019 ini tak terlalu kentara banyak ubahan bila dibandingkan dengan sebelum facelift

Lanjut ke bagian eksterior samping Mazda 2 2019 ini, Anda tak akan terlalu banyak menemui ubahan bila dibandingkan dengan unit sebelum facelift. Ubahan yang paling kentara adalah, kini Mazda 2 2019 menggunkan desain pelek 8 multi spoke dengan kelir grey yang sporti. Ukuran PCD tetap di angka 4 X 100 yang mana hal tersebut akan memudahkan untuk penggantian pelek aftermarket yang lebih keren dan sesuai selera Anda.

Review Mazda 2 2019 : Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan tampilan belakang Mazda 2 2019 warna merah

Tak terlalu banyak ubahan yang ada di bagian belakang Mazda 2 2019 ini

Hal yang sama akan Anda temui saat Anda melihat tampilan buritan belakang Mazda 2 2019, karena memang tidak terlalu banyak ubahan yang ada seperti bagian depannya. Seperti yang kami bilang pada bab pendahuluan, desainer Mazda tampaknya agak kesulitan menyegarkan tampilan Mazda 2 generasi keempat ini yang memang sudah keren dari awalnya. Makanya Mazda hanya melakukan ubahan ringan pada bentuk bumper belakangnya yang kini lebih elegan.

Gambar menunjukkan tampilan utuh belakang Mazda 2 2019 berwarna merah

Bumper belakang dari Mazda 2 2019 ini sekarang tampil lebih elegan

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Mazda 2 2019

Review Mazda 2 2019 : Layout Dasbor

Gambar menunjukkan layout dasbor mobil Mazda 2 2019

Saat Anda masuk ke interiornya, mungkin Anda akan lupa jika sedang mengemudikan Mazda 2 versi facelift

Masuk ke bagian kabinnya Anda kami jamin akan lupa jika sedang mengemudikan atau menaiki Mazda 2 versi facelift. Hal tersebut lantaran nyaris tak ada ubahan apapun di layout dasbor mobil ini yang sudah futuristis dari awal kelahirannya bahkan jauh mengungguli rival-rival senegara mobil ini dilahirkan. Bahkan kami yakni, jika logo di setir tersebut ditutup, Anda mungkin akan mengira mobil ini adalah buatan Eropa. 

Review Mazda 2 2019 : Layout Kursi

Gambar menunjukkan layout kursi pada mobil Mazda 2 2019

Posisi duduk paling nyaman ada di kursi pengemudi dan penumpang depan, bangku belakang? Enggak deh...

Sayangnya salah satu kelemahan Mazda 2 generasi keempat tetap terbawa pada versi penyegaran ini. Yakni kabin belakang yang tergolong sempit bila dibandingkan dengan para rival sesama negara matahari terbit tersebut. Posisi duduk paling nyaman ada di bangku pengemudi dan penumpang depan. Tak heran, karena Mazda mengedepankan filosofi Jinba ittai, alias pengemudi dan mobil seolah menyatu jadi satu kesatuan.

Review Mazda 2 2019 : Posisi Duduk

Gambar menunjukkan posisi duduk pengemudi pada mobil Mazda 2 2019

Mazda 2 generasi keempat dikenal sangat driver oriented, dan versi penyegaran ini bukanlah suatu pengecualian

Satu hal yang tidak akan Anda temui pada rival-rival Mazda 2 2019 ini, adalah posisi duduk pengemudinya yang kami berani kami bilang sangat egronomis. Bahkan sejak Mazda 2 generasi keempat ini diluncurkan, posisi duduk hatchback kecil Mazda ini bikin ketagihan kami nyetir. Kami merasa rileks, dapat bereaksi dengan cepat dan cekatan, serta tidak mudah merasa lelah ketika mengemudikan mobil Mazda 2 generasi keempat. Dan di versi penyegaran ini tentu bukan suatu pengecualian.

>>> Baca juga:

FITUR Mazda 2 2019

Review Mazda 2 2019 : MZD Connect Dan Multi Information Display (MID) 

Gambar menunjukkan MID pada mobil Mazda 2 2019

Selain di Head Up Display, seluruh informasi mobil juga ditampilkan lebih lengkap di layar monitor ini

Mazda 2 2019 sudah memiliki sistem infotainment tersendiri bernama MZD Connect yang tidak bisa ditemukan di mobil lainnya. Sistem ini juga berfungsi menampilkan segala informasi yang dibutuhkan oleh pengemudi. Informasi yang disajikan bisa dilihat dengan menggerakkan kenop controller yang terletak di belakang tuas transmisi. Sistem MZD Connect juga memiliki fitur navigasi, FM/AM Radio, DVD, pengaturan setting mobil, service reminder dan apps, serta dan bisa terkoneksi dengan smartphone lewat USB atau bluetooth. 

Gambar menunjukkan MID Function pada mobil Mazda 2 2019

Bahkan ada suatu sistem di mobil yang dapat menganalisa karakter mengemudi Anda

Review Mazda 2 2019 : i-Eloop

Gambar menunjukkan fitur i-Eloop pada mobil Mazda 2 2019

Fitur i-ELOOP ini secara cerdas menyimpan energi terbuang untuk efisiensi kendaraan

Mazda 2 2019 ini juga dilengkapi fitur mutakhir seperti i-STOP yang memungkinan mesin mati saat kondisi kemacetan atau posisi diam dalam waktu beberapa detik. Dan saat terjadi pengereman, energi yang terbuang akan diregenerasi menjadi asupan baterai oleh sistem i-ELOOP, dan energi yang tersimpan akan digunakan untuk menghidupkan sistem elektrik saat mobil berhenti.

Review Mazda 2 2019 : Driving Mode

Gambar menunjukkan tombol Driving Mode pada mobil Mazda 2 2019

Ingin berkendara lebih sporti nan agresif? Geser saja tuas ini...

Jika Anda ingin berkendara lebih agresif nan sporti, Anda tinggal memindahkan mode berkendara dari NORMAL ke SPORT dari sebuah tuas kecil dekat tongkat transmisi. Otomatis respon gas jadi lebih instan, dan setir juga bertambah bobot demi pengendalian yang lebih sporti. Dan juga guna mengoptimalisasi respon sasis SKYACTIV kala melibas tikungan, Mazda juga menyematkan teknologi G-Vectoring Control (GVC) sebagai bagian dari SKYACTIV-VEHICLE DYNAMICS, yang memungkinkan handing Mazda 2 2019 ini jauh lebih presisi.

Gambar menunjukkan Mengemudi pada mobil Mazda 2 2019

Saat berada di mode SPORT respon tenaga, rem dan setir menjadi beda total dan menambah gairah pengemudi

>>> Review Mazda3 Speed 2018 Indonesia: Varian Penuh Gaya

OPERASI Mazda 2 2019

Gambar menunjukkan mesin diesel Skyactiv-D pada mobil Mazda 2 2019

Di Jepang, Mazda 2 juga tersedia varian dengan menggendong mesin diesel yang bersih dan minim vibrasi 

Mazda 2 2019 di negara asalnya sana tersedia dalam dua pilihan power train, pertama mesin Diesel berkode SKYACTIV-D 1.5. Mesin 4 silinder tanpa busi tersebut mampu menyemburkan tenaga sebesar 105 Ps atau sekitar 103,5 Hp di putaran mesin 4.000 rpm serta torsi 250 Nm di rentang putaran 1.500 - 2.500 rpm untuk bertransmisi manual serta 30 Nm lebih kecil untuk yang pakai transmisi otomatis 6 percepatan di rentang putaran 1.400 - 3.200 rpm.

Gambar menunjukkan mesin bensin Skyactiv-G pada mobil Mazda 2 2019

Untuk unit yang nantinya masuk Indonesia kemungkinan besar akan pakai mesin yang sama dengan sebelum facelift

Meskipun mesin diesel yang kami sebutkan tadi berteknologi canggih, karena cukup low compression untuk ukuran mesin diesel, serta menggunakan piston dengan desain pin yang dilengkapi dengan vibration damper guna mengurangi vibrasi. Tapi sepertinya Mazda 2 bermesin diesel agak mustahil masuk Indonesia. Makanya, tim teknik Cintamobil akan lebih berfokus membahas mesin berkode SKYACTIV-G 1.5 persis seperti yang dipakai Mazda 2 gen keempat di Indonesia.

Gambar menunjukkan transmisi otomatis pada mobil Mazda 2 2019

Transmisi 6 percepatan yang diusung Mazda ini memang masih konvensional, namun responnya cepat laksana kopling ganda

Mesin bensin itu punya karakter overstroke (dimana ukuran langkah piston lebih besar dari diameter piston) yang mana cocok sekali dengan mobil hatchback mini andalan Mazda ini guna pemakaian dalam kota yang lalu lintasnya lebih sering stop and go. Mesin naturally aspirated tersebut menyemburkan torsi di putaran serendah 4.000 rpm di angka 141 Nm. Dan menyalurkan tenaga sebesar 110 Ps atau sekitar 108,5 Hp ke dua roda depan dengan transmisi otomatis konvensional.

Gambar menunjukkan rangka Skyactiv pada mobil Mazda 2 2019

Rangka dengan teknologi SKYACTIV dipercaya memiliki kelenturan yang baik dan berefek pada handling mobil yang baik pula

Mazda turut menyematkan teknologi G-Vectoring Control (GVC) sebagai bagian dari SKYACTIV-VEHICLE DYNAMICS, yang membuat handing Mazda 2 2019 ini jauh lebih presisi. Ketika mengemudikan Mazda 2 2019 ini Anda seolah tidak ingin segera turun dari mobil dan mensudahi perjalanan Anda, karena sepengalaman kami mengemudikan Mazda 2 gen empat, mobil ini memang sebegitu mengasyikkan. Kami harap PT Eurokars Motor Indonesia segera memasukkan unit terbaru ini ke Indonesia dan meminjamkan unit tesnya ke kami.

Gambar menunjukkan mobil Mazda 2 2019 warna merah sedang bermanuver

Bermanuver dengan Mazda 2 2019 ini pasti jadi hal yang mengasyikkan

>>> Spesifikasi Mazda 2 2012: Green Car Ekonomis nan Apik

spesifikasi Mazda 2 2019

Spesifikasi Teknis Mazda 2 2019 Anda bisa langsung lihat dilihat di tabel berikut :

Mesin Mazda 2 2019

Tipe Mesin

 SKYACTIV-G 1.5L 4 silinder segaris 16 katup DOHC dengan Dual S-VT (Sequential Valve Timing) and ETC (Electronic Throttle Control)

Kapasitas Isi Silinder 

 1.496 cc

Bore x Stroke 

 74,5 mm x 85,8 mm

Rasio Kompresi

 13,0 : 1

Tenaga Maksimum

 108,5 Hp (110 Ps) @ 6.000 rpm

Torsi Maksimum

 141 Nm @ 4.000 rpm

Sistem Pasokan Bahan Bakar

 Electronically Controlled Direct Injection

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

 44 Liter

Tipe Transmisi

SKYACTIV-MT 6 speed M/T / SKYACTIV-DRIVE 6 speed A/T

SKYACTIV-DRIVE 6 speed A/T with Active Adaptive Shift and Direct Mode

Dimensi Mazda 2 2019

Panjang x Lebar x Tinggi

 4.060 mm x 1.695 mm x 1.495 mm

Jarak Sumbu Roda

 2.570 mm

Jarak Pijak Depan & Belakang

 1.495 mm & 1.485 mm

Jumlah Penumpang Maksimum

 5 Penumpang

Ground Clearance

 152 mm

Jarak Radius Putar Minimal

 4,7 Meter

Suspensi dan Kaki-Kaki Mazda 2 2019

Rem Depan

 Ventilated disc

Rem Belakang

 Solid disc

Tipe Steering

 Rack & Pinion with Electric Power Assist Steering (EPAS)

Suspensi Depan

 SKYACTIV-CHASSIS Independent MacPherson strut

Suspensi Belakang

 SKYACTIV-CHASSIS Torsion beam

Ukuran Pelek

15 x 5-1/2 J Aluminium Alloys (type V & R) – 16 x 5-1/2 J Aluminium Alloys (type G)

16 x 5-1/2 J Alumunium Alloys

Ukuran Ban

185/65 R15 (type V & R), 185/60 R16 ((type G)

185/60 R16

kelebihan & kekurangan Mazda 2 2019

Terkait kelebihan dan kekurangan  Mazda 2 2019 sudah tentu memilikinya. Meskipun tak banyak, kelebihan dan kekurangan yang tersemat pada mobil ini mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan anda sebelum memilih mobil ini.

Kelebihan

Kekurangan

Desain Eksterior Menarik

Kabin Belakang Sempit

Irit Bahan Bakar & Punya Performa Baik

Bagasi Sempit & Kepraktisan Biasa Saja

Fitur Lengkap

Belum Full-Change Model

daftar harga Mazda 2 2019

Pada model teranyarnya ini, Mazda membekalinya dengan teknologi mesin SKYACTIV-G  sehingga Anda dapat merasakan perbedaan daripada pesaing di kelasnya. Hal ini tergolong menarik, bagi Anda yang memprioritaskan kenyamanan dalam berkendara. Berikut Cintamobil.com melampirkan daftar harga Mazda2 di keseluruhan variannya.

TIPE MOBIL

HARGA MAZDA 2 BARU (OTR)

Mazda 2 R A/T

IDR. 285.300.000

Mazda 2 GT A/T

IDR. 323.800.000

Catatan Tambahan : Khusus warna Soul Red dan Machine Grey, dibekali tambahan biaya Rp. 3 juta dari harga yang tertera di atas

Gambar menunjukkan warna Soul Red pada mobil Mazda 2

Cara pembuatan warna soul red dan machine grey yang lebih rumit membuatnya dibanderol lebih mahal

Video Mazda 2 2019

KESIMPULAN Mazda 2 2019

Gambar menunjukkan eksterior depan pada mobil Mazda 2 2019

Apakah mobil ini layak untuk Anda tunggu?

Tentu saja, mobil ini layak untuk Anda tunggu kehadirannya di Indonesia, apalagi ia sudah dilengkapi fitur yang lebih lengkap, tampilan lebih manis dan juga tetap fun  to drive...

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil