Review Mazda 3 2017

02/07/2019
editor rate: 4,2 user rate: 4,0
Tidak terasa sudah 2 tahun Mazda 3 menjadi mobil hatchback premium Mazda yang diminati publik. Meski sesaat lagi Mazda 3 akan berganti generasi di Indonesia, apakah mobil ini masih layak dimiliki saat ini?

PENGANTAR Mazda 3 2017

gambar sebuah mobil Mazda 3 2017 berwarna merah dilihat dari sisi depan

Tampilan fisik Mazda 3 2017

Review Mazda 3 2017 - Harus diakui, pasar medium hatchback di Indonesia tidak se-meriah small hatchback. Maklum saja, segmentasi mobil ini cukup terbatas karena posisinya cukup 'nanggung', dimana konsumen dihadapkan pada pilihan bertahan dengan mobil small hatchback, atau naik kelas sekalian ke segmen sedan yang sayangnya harga barunya cukup tinggi. 

Bukan berarti pasar medium hatchback tidak ada pemain. Justru pasar ini menjadi ramai diperbincangkan sejak tahun 2017, dimana saat itu Mazda secara resmi merlilis Mazda 3 sebagai pilihan kepada konsumen yang menginginkan mobil hatchback berukuran cukup besar dibanding hatchback kebanyakan, memiliki fitur wah, serta lincah dan asyik diajak untuk beraktifitas di dalam kota sehari-hari.

Gambar menunjukkan beberapa generasi Mazda 3 2017

Model Mazda 3 dan Mazda GLC (atas), dan generasi terbaru Mazda 3 yang akan masuk ke Indonesia semester II 2019  (bawah)

Jika mengacu pada versi global, Mazda 3 yang diluncurkan di Indonesia pada tahun 2017 merupakan generasi keenam, jika ditarik mundur dari Mazda GLC (Great Little Car) yang diproduksi tahun 1977, dan dilanjutkan oleh keluarga Mazda 323 sampai era 90-an. Namun pertama kali nama Mazda 3 muncul ialah di tahun 2003, yang juga memiliki nama lain Mazda Alexa.

Mazda 3 sejak tahun 2003 sampai sekarang sudah berganti generasi sebanyak empat kali. Mobil Mazda 3 2017 yang kami tes merupakan generasi keenam (atau generasi ketiga jika mengikuti timeline Mazda 3 modern). Sedangkan generasi ketujuh (atau generasi keempat jika mengikuti Mazda 3 modern) sejatinya sudah meluncur di LA Auto Show 2018 dan akan dijual di Indonesia dalam waktu dekat di semester II 2019 oleh PT Eurokars Motor Indonesia (EMI)

Meski demikian, apakah dengan hal tersebut membuat mobil Mazda 3 generasi keenam tahun 2017 ini menjadi layak untuk di-upgrade ke model terbaru, atau justru menjadi pilihan mobil bekas menarik untuk para pecinta medium hatchback saat ini? Untuk itu, simak terus ulasan mobil ini secara lengkap dalam review All New Mazda 3 2017 yang bisa dibacai di Cintamobil.com.

EKSTERIOR Mazda 3 2017

Konsep desain eksterior Mazda 3 2017 sangat terfokus pada bahasa desain “KODO-Soul of Motion”. Bahasa desain ini menitikberatkan pendekatan Mazda dari sisi emosional, yang diciptakan melalui lekuk tubuh yang memadukan unsur dinamis dan futuristik pada masanya.

Review Mazda 3 2017 : Eksterior Depan

gambar sebuah mobil  Mazda 3 2017 berwarna orange dilihat dari sisi depan

Penampilan eksterior Mazda 3 2017 dari sisi depan

Pendekatan desain agresif tersaji melalui desain grille depan trapezoidal yang dikelilingi oleh aksen chrome membentuk siluet layaknya sayap. Aksen chrome ini juga memperkuat detil profil headlight LED dengan teknologi auto levelling, Adaptive Front Lighting System (AFS), dan memiliki sentuhan daytime running light mengitari area projector LED. Untuk lampu sein dan foglamp dipusatkan pada area bumper bawah, dekat dengan area air intake yang diposisikan di tengah bumper. 

Efek dari fascia depan yang cukup agresif mengakar pada lekuk engine hood depan yang dibuat mengikuti lekuk headlight dan titik tertinggi pada grille depan. Efeknya adalah dari sisi depan mobil ini secara tersirat mengisyaratkan performa mesin yang besar. 

Review Mazda 3 2017 : Eksterior Samping

gambar sebuah mobil  Mazda 3 2017 berwarna merah dilihat dari sisi samping

Penampilan eksterior Mazda 3 2017 dari sisi samping

Memiliki postur bodi 4.475 mm x 1.795 mm x 1.465 mm (P x L x T) dengan wheelbase 2.700 mm, membuat mobil ini memiliki presensi cukup kentara di jalanan. Apalagi desainer Mazda sangat menjunjung tinggi etos desain 'Kodo-Soul of Motion', yang terpancar lewat lekuk garis desain bodi yang memperkuat profil pinggul pintu dan fender belakang, serta tarikan garis dari fender depan yang dibuat mengalir hingga ke sisi atas handle pintu depan. Untuk memperkuat lekukan pada pintu mobil juga hadir guratan di bagian bawah pintu, yang jika diperhatikan secara detil memiliki keselarasan dengan garis dari sisi bumper depan.

Mazda 3 2017 menggunakan pelek 18-inci bermaterial aluminium yang dikemas dengan desain yang lebih sporty untuk sang medium hatchback. Dan untuk Mazda 3 generasi ini tersedia dalam 4 pilihan warna, mulai dari Soul Red Crystal Metallic, Jet Black Mica, Machine Grey Metallic, Snowflakes White Pearl Mica. Dan khusus warna Soul Red Crystal Metallic dan Machine Grey Metallic menggunakan teknik cat TAKUMI-NURI yang memperkuat guratan desain bodi pada Mazda 3. 

Review Mazda 3 2017 : Eksterior Belakang

gambar sebuah mobil Mazda 3 2017 berwarna merah dilihat dari sisi belakang

Penampilan eksterior Mazda 3 2017 dari sisi samping

Desain buritan belakang Mazda 3 2017 menghadirkan karaktersitik desain yang cukup dinamis karena sentuhan guratan garis horizontal pada bumper bawah, dan pada garis penghubung detil taillight yang menggunakan teknologi pencahayaan LED. Untuk bagian atas buritan belakang terdapat rear spoiler dan shark fin antenna. Sedangkan pada bumper bawah disematkan twin-tailpipe yang mampu memancarkan elemen sporty pada sang medium hatchback.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Mazda 3 2017

Review Mazda 3 2017 : Dashboard & Setir

gambar menujukkan interior dashboard dan setir Mazda 3 2017

Penampilan interior Mazda 3 2017 dari sisi dashboard dan setir

Konsep interior Mazda 3 2017 pada awal peluncurannya sudah tergolong futuristis dan lebih driver oriented. Hal ini sejalan dengan konsep desain dashboard dan setir yang dibuat berdasarkan tema HMI (Human-Machined Interface). Tema HMI ini mengakibatkan mayoritas tombol pengaturan mobil dibuat lebih ergonomis dan mudah diakses pengemudi. Dan soal material, sesuai standar Mazda, mengutamakan pendekatan premium dimana sentuhan leather banyak ditemukan di dalam dashboard dan kabin, dengan corak black dan espresso.

Dari sisi pengemudi, untuk setir dirancang dengan ragam tombol multifungsi yang ditempatkan secara kompak dalam palang berbentuk horizontal, dengan di baliknya terdapat tombol untuk paddle shift. Visual pengemudi akan langsung disajikan oleh Active Driving Display yang menampilkan informasi dari instrument cluster ke dalam panel transparan yang reflektif, sehingga pengemudi tidak akan menghilangkan fokus pandangan selain ke jalanan. Pada instrument cluster menggunakan takometer analog dan speedometer digital, serta dipadukan MID di sisi kiri-kanan yang masih berwarna monokrom. Sedangkan dari central cluster, selain pengemudi bisa mengatur sistem dual climate control, juga bisa mengatur sistem infotainment MZD Connect melalui controller di belakang tuas transmisi. 

Review Mazda 3 2017 : Kursi

gambar menujukkan desain bagian interior jok Mazda 3 2017

Penampilan interior Mazda 3 2017 dari bagian jok depan dan belakang

Kursi pada mobil ini terdiri dari 2 baris yang mampu menampung penumpang hingga 5 orang. Seluruh jok dikemas dengan material leather dan memiliki kontur jok yang didesain lebih menopang baik paha dan punggung dengan baik. Khusus pada sisi pengemudi, jok sudah menggunakan pengaturan elektrik baik dalam hal rebah-tegak, maupun posisi maju-mundur dan tinggi-rendah jok pengemudi. Sedangkan untuk penumpang depan pengaturan masih manual.

Review Mazda 3 2017 : Bagasi

gambar menunjukkan volume bagasi jok Mazda 3 2017

Penampilan interior Mazda 3 2017 dari bagian bagasi

Walaupun mobil ini didesain mengikuti desain hatchback, namun ukuran bagasi pada mobil ini cukup luas. Total bagasi Mazda 3 2017 memiliki kapasitas 308 liter dalam kondisi jok belakang terpasang. Jika butuh kapasitas lebih besar cukup dengan melipat rata lantai jok baris kedua. 

>>> Baca juga:

FITUR Mazda 3 2017

Review Mazda 3 2017 : Fitur Berkendara

gambar menunjukkan fitur mode berkendara Mazda 3 2017

Penampilan tombol mode berkendara dan Electric Parking Brake digunakan pada Mazda 3 2017 

Untuk mengoptimalisasi keasyikan berkendara, Mazda menggunakan ragam teknologi berkendara yang adaptif karena tersedia mode sport di dekat tuas transmisi. Posisi tombol mode sport ini sejajar dengan tombol Electric Parking Brake.

gambar menunjukkan fitur interface i-eloop Mazda 3 2017

Penampilan sistem kerja i-ELOOP pada Mazda 3 2017 

Di sisi lain, untuk mengoptimalisasi respon tenaga kala berada di tikungan, Mazda juga menghadirkan teknologi G-Vectoring Control (GVC) sebagai bagian dari SKYACTIV-VEHICLE DYNAMICS, yang memungkinkan handing lebih presisi. Mazda juga menggunakan fitur mutakhir seperti i-STOP yang memungkinan mesin mati saat kondisi kemacetan atau posisi diam dalam waktu beberapa detik. Dan saat terjadi pengereman, energi yang terbuang akan diregenerasi menjadi asupan baterai oleh sistem i-ELOOP, dan energi yang tersimpan akan digunakan untuk menghidupkan sistem elektrik saat mobil berhenti.

Review Mazda 3 2017 : Fitur Hiburan

gambar menunjukkan fitur MZD COnnect Mazda 3 2017

Sistem MZD Connect Mazda 3 2017 dengan pengaturan melalui kenop di belakang tuas transmisi

Untuk urusan hiburan, Mazda 3 sudah memiliki sistem infotainment tersendiri MZD Connect yang tidak bisa ditemukan di mobil lainnya. Secara interface sistem MZD Connect cukup intuitif, dengan pengaturan bisa melalui layar 7 inci yang bisa dioperasikan secara sentuhan hanya saat kondisi berhenti, atau melalui kenop controller di belakang tuas transmisi. Sistem MZD Connect memiliki fitur navigasi, FM/AM, DVD, pengaturan setting mobil, service reminder dan apps, serta dan bisa terkoneksi dengan smartphone lewat USB atau bluetooth. 

Review Mazda 3 2017 : Fitur Keselamatan Berkendara

gambar menunjukkan fitur keselamatan berkendara Mazda 3 2017

Sistem i-ACTIVSENSE jadi ekosistem keselamatan aktif pada Mazda 3 2017

Mazda sudah menggunakan ekosistem i-ACTIVSENSE sebagai kolaborasi fitur-fitur pendukung keselamatan berkendara pada mobil Mazda berteknologi SKYACTIV. Dimulai dari Blind Spot Monitoring, Smart City Brake Support (Forward), Lane Keep Assist System, Speed Limit Warning, Driving Attention Alert, Rear Cross Traffic Alert, Dynamic Stability Control, dan Traction Control. Saat mobil mundur pun tersedia Rear Camera yang akan memberikan rasa aman saat manuver mundur.

Untuk perlindungan kepada pengemudi dan penumpang saat terjadi insiden, Mazda 3 2017 sudah dibekali frame bodi SKYACTIV-BODY yang rigid dan aman saat insiden. Selain itu di dalam kabin, pengemudi dan penumpang akan terlindungi oleh total 6 Airbag di area pengemudi dan penumpang depan, sisi samping, serta airbag tirai.

>>> Klik sini untuk simak informasi terlengkap tentang semua jenis mobil di Indonesia

OPERASI Mazda 3 2017

gambar menunjukkan desain bagian mesin Mazda 3 2017

Bagian mesin Mazda 3 2017

Mesin Mazda 3 2017 menggunakan adalah mesin berteknologi SKYACTIV-G 2.0 dengan kapasitas mesin 1.998 cc 4-silinder DOHC yang sudah dioptimalisasi oleh Mazda sehingga bisa menghasilkan figur performa 165 PS dan torsi 210 Nm. Mesin ini menyalurkan tenaga ke roda depan melalui sistem transmisi otomatis SKYACTIV-DRIVE 6-percepatan yang bisa diatur perpindahan gigi secara manual melalui paddle shift.

Di sisi lain, mobil yang menggunakan frame SKYACTIV-BODY dengan dukungan suspensi MacPherson Strut (depan) dan Multi-Link (belakang) membuat mobil ini serasa menyenangkan untuk dikemudikan. Berdasarkan ujicoba tim Cintamobil.com, bantingan suspensi mobil ini cenderung mentranslasikan kontur jalanan ke dalam tubuh secara lugas, namun tetap terasa dewasa. Jadi jika kondisi aspal bergelombang atau mulus rata, maka tubuh Anda pun bisa langsung merasakan efek tersebut sekalipun tetap dalam kondisi taraf nyaman dan manusiawi.

Sedangkan dari sisi handling, mobil ini terasa memiliki karakter setir yang cukup oke untuk penggunaan di dalam kota. Tapi karena menggunakan EPAS (Electric Power Assist Steering), secara tidak langsung sistem kemudi terasa mendapat intervensi dari i-ACTIVSENSE yang mungkin bagi sebagian penikmat berkendara cukup mengganggu. Hal ini bisa dihilangkan lewat non-aktifkan fitur-fitur i-ACTIVSENSE, dimana sebenarnya kami rasa lebih penting tetap aktif dan biarkan sistem komputer mengintervensi gaya berkendara Anda apabila berpotensi mengakibatkan insiden kecelakaan.

spesifikasi Mazda 3 2017

Spesifikasi Mazda 3 2017 bisa dilihat di tabel berikut.

Mesin Mazda 3 2017

Tipe Mesin

SKYACTIV-G 2.0 4 silinder inline 16 valve DOHC

Kapasitas

1.998 cc

Tenaga Maksimal

165 Ps / 6.000 rpm

Torsi Maksimal

210 Nm / 4.000 rpm

Kapasitas Tangki

51 L

Transmisi

SKYACTIV-DRIVE 6-percepatan otomatis

Dimensi Mazda 3 2017

Panjang

4.475 mm

Lebar

1.795 mm

Tinggi

1.465 mm

Jarak Sumbu Roda

2.700 mm

Kaki-kaki Mazda 3 2017

Suspensi Depan

MacPherson strut

Suspensi Belakang

Multi-Link

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Solid Disc

Roda

215/45 R18 with 18 x 7.0J Alluminium wheels

Steering

Rack and pinion

Tipe Power Steering

Electric Power-Assisted Steering (EPAS)

kelebihan & kekurangan Mazda 3 2017

Kelebihan dan kekurangan mobil Mazda 3 2017 bisa dilihat di tabel berikut.

Kelebihan

Kekurangan

Desain Mazda 3 masih enak dipandang sekalipun sudah berusia 2 tahun 

Road noise dari ban sangat mudah masuk ke dalam kabin mobil
Performa dan dukungan teknologi SKYACTIV buat mobil makin asyik dikemudikan

Visibilitas ke belakang agak terganggu oleh pilar C yang tebal

Ruang kabin luas dan premium untuk penggunaan di dalam kota

 

Fitur keselamatan i-ACTIVSENSE yang mumpuni  

daftar harga Mazda 3 2017

Mengingat sesaat lagi Mazda 3 2017 akan berganti generasi ke Mazda terbaru, kami akan informasikan harga mobil bekas Mazda 3 berdasarkan pencarian di Cintamobil.com. Sampai tulisan ini diturunkan, Mazda 3 keluaran 2017 dan 2018 rata-rata dalam pasar mobil bekas berada di kisaran harga Rp350 juta sampai Rp385 jutaan. 

Jika dikomparasi dengan harga mobil baru Mazda 3 yang generasi model ini, harganya saat ini berada di Rp432,3 Juta (edisi Mazda 3 Speed Rp458,3 jutaan). Namun harga bekas mobil Mazda 3 2017 cukup terjangkau dan bahkan mendekati harga mobil baru Mazda 2 di kisaran Rp323 jutaan (tipe Mazda2 GT), dan karena garansi resmi Mazda 3 tahun/100 ribu KM, maka mobil bekas Mazda 3 2017 maupun tahun 2018 sudah pasti masih memiliki warranty yang bisa membuat rasa memiliki Mazda 3 generasi ini lebih tenang. 

Video Mazda 3 2017

Sebagai penutup silahkan melihat video tentang Mazda 3 2017 di bawah ini.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Cintamobil.com (@cintamobilcom) on

 

 

KESIMPULAN Mazda 3 2017

gambar sebuah mobil Mazda 3 2017 di kawasan BIJB

Mazda 3 2017 jadi pilihan mobil bekas hatchback medium yang menarik saat ini

Mazda 3 2017 memang sesaat lagi akan memasuki masa purnabakti, karena generasi terbaru mobil ini akan segera hadir ke Indonesia pada GIIAS 2019. Karena mobil ini masih berusia muda dan sudah dibekali teknologi dan performa mumpuni untuk sebuah medium hatchback, secara tidak langsung menjadikan model Mazda 3 ini terasa timeless. Namun pada akhirnya akan hadir pertanyaan seperti ini: Lebih baik beli Mazda 3 bekas, atau langsung beli Mazda 3 terbaru setelah debut di GIIAS 2019?

Jika budget bukan jadi concern, dan Anda ingin upgrade diri dengan mobil medium hatchback mutakhir dan fun to drive dari Mazda, maka opsi membeli mobil Mazda 3 2019 terbaru jauh lebih rasional daripada Mazda 3 ini. Tapi jika biaya yang menjadi salah satu concern penting, kemudian Anda juga merasa cukup dan masih suka dengan suguhan tampilan dan fitur Mazda 3 generasi ini, serta masih terlindungi oleh warranty pabrikan karena masih berusia di bawah 3 tahun, maka tidak ada salahnya mencari mobil Mazda 3 2017 bekas untuk jadi penghuni garasi rumah Anda. 

Hafizh Fauzan
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil