Review Volkswagen Touareg 2019

29/11/2018

Share this post:

Volkswagen Touareg 2019

Editor rate:

Lihat promo

Sepertinya di tahun 2019 mendatang, akan terdapat banyak sekali produk Sport Utility Vehicle (SUV) bergaya Crossover. Seperti halnya, Volkswagen Touareg 2019 yang baru saja meramaikan dunia otomotif internasional. Selain menghadirkan esensi agresif ala Crossover, Touareg juga menjanjikan kenyamanan berkendara yang lebih ditingkatkan serta teknologi terbaru. Mari kita simak review Volkswagen Touareg 2019.

Review Volkswagen Touareg 2019
Review Volkswagen Touareg 2019
0 Gambar

Pengantar Volkswagen Touareg 2019

Mari kita simak spesifikasi Volkswagen Touareg 2019 di bawah ini.

Kelebihan

Performa mesin makin meningkat karena bobot bodi yang dirancang lebih ringan

Atmosfer interior sudah dilengkapi fitur menghibur seperti Ambient Light serta Panoramic Sunroof

Panel Head Unit canggih yang menggunakan format Digital

Kekurangan

Fitur-fitur mewah banyak diaplikasikan secara opsional yang membutuhkan biaya tambahan

Tidak secepat kompetitor lainnya

Review Volkswagen Touareg 2019 – Berdiri di kasta tertinggi dari seluruh model Volkswagen, Touareg seakan memberikan posisi tegas bagi masa depan VW. Kala itu, generasi pertamanya diluncurkan pada tahun 2002 yang memiliki esensi uniknya sendiri. Model satu ini cukup dikenal akan teknologi 4-Wheel Adaptive Air Suspension dan Continuous Damping Control. Racikan teknologi tersebut memberi kapabilitas bagi pengendara untuk mengatur ketinggian sesuai keinginan.

Generasi Pertama Volkswagen Touareg menerapkan teknologi 4-Wheel Adaptive Air Suspension

Melihat kembali generasi pertama Volkswagen Touareg yang dirilis tahun 2002

Generasi keduanya diluncurkan pada tahun 2010 silam di acara Beijing International Auto Show. Pembaruan demi pembaruan terus dilakukan seperti menghadirkan teknologi Glare-Free High Beam. Berbeda dengan lampu Adaptive High Beam pada model lainnya, lampu utama Touareg bukan saja memberi intensitas cahaya yang adaptif tapi juga mampu mengubah pola geraknya.

Generasi Kedua Volkswagen Touareg hadir di tahun 2010 di acara Beijing International Auto Show

Generasi kedua dari Volkswagen Touareg juga menghadirkan teknologi Glare-Free High Beam

Adapun artikel kali ini akan membahas generasi ketiganya yang menggunakan Platform MLB seperti yang sudah diterapkan pada Audi Q7 maupun Porsche Cayenne. Negara China yang menjadi pusat pemasaran terbesar Volkswagen, diberikan apresiasi dengan meluncurkan Touareg di negara tersebut. Jika ditilik dari generasi sebelumnya, selalu saja ada teknologi inovatif terbaru yang disematkan. Apakah hal tersebut juga diaplikasikan pada Touareg? Mari kita simak bersama jawabannya dalam review Volkswagen Touareg 2019.

Generasi ketiga Volkswagen Touareg diluncurkan di China yang menerapkan platform MLB

Inilah sosok generasi ketiga Volkswagen Touareg yang akan dibahas kali ini

Eksterior Volkswagen Touareg 2019

Klaus Bischoff selaku Head of Volkswagen Design terbilang cukup sukses merancang eksterior Volkswagen Touareg 2019. Selain menyuguhkan desain yang lebih berkarakter, kini bobot bodinya dirancang makin ringan. Pihak Volkswagen mengakui bahwa rangka bodinya menggunakan 48% bahan aluminium dan 52% besi berkualitas. Tentu bobot bodi yang berhasil dipangkas 106 Kg mampu mengurangi beban bagi mesinnya sehingga mampu tampil lebih efisien dan lebih bertenaga daripada sebelumnya.

Review Volkswagen Touareg 2019: Eksterior Depan

Fascia depannya masih mencirikan esensi khas dari Touareg. Segala halnya dirancang cukup detail dengan balutan bahan berkualitas. Pada Grille depan misalnya yang mengaplikasikan bahan Solid Metal yang garisnya tersambung dengan kedua buah lampu Signature-nya.

Eksterior depan Volkswagen Touareg 2019 menampilkan kesan tegas dan maskulin

Eksterior depan Volkswagen Touareg 2019 menggunakan lampu LED Signature

Aksen krom serta lampu berkonfigurasi LED menjadi sajian utama yang Anda amati pada sisi depan. Bischoff juga menuturkan, “Dari sisi depan, kita ingin merancang sesuatu yang belum pernah dilihat sebelumnya seperti penggabungan nuansa krom dan sistem lampu LED. Sehingga, transisi antara desain dan teknologi tercampur menjadi satu pada Touareg.”

Review Volkswagen Touareg 2019: Eksterior Samping

Dimensi bodi Touareg kini nampak berubah memiliki panjang 4.878 mm, lebar 1.984 mm dan tinggi 1.702 mm. Dengan siluet bodi lebih panjang dan lebar, serta mengurangi tingginya menjadikan generasi Touareg terlihat lebih dinamis. Hal tersebut juga ditunjang kuat dari atapnya yang dirancang dengan tatanan agresif.

Eksterior samping Volkswagen Touareg 2019 menggunakan pelek berukuran 18 inci

Eksterior samping Volkswagen Touareg 2019 memilik dimensi yang berubah menjadi sosok yang lebih sporty

Supaya nampak makin proporsional, ukuran pelek kini sebesar 18 inci sudah menjadi versi standar-nya. Namun apabila Anda ingin tampilan yang lebih maskulin, tersedia juga pilihan ukuran pelek hingga 21 inci yang sifatnya masih opsional.

Review Volkswagen Touareg 2019: Eksterior Belakang

Siluet bodi belakangnya dibuat minimalis dan sederhana namun masih menyiratkan kesan modern. Hal tersebut bisa diamati dari sisi lampu yang menerapkan konfigurasi LED Tail Light. Hal menarik lainnya juga dirasakan dari fitur Rear Spoiler yang dipadu atap landai, menjadikan terlihat agresif ala Crossover. Ya, banyak menyebutnya sebagai Crossover Utility Vehicle (CUV) karena perpaduan antara kapabilitas SUV dengan desain khas Crossover.

​Eksterior belakang Volkswagen Touareg 2019 dihias apik dengan fitur Rear Spoiler

Eksterior belakang Volkswagen Touareg 2019 dihias apik dengan LED Tail Light

>>> Artikel terkait:


Interior Volkswagen Touareg 2019

Atmosfer interior yang dahulunya mewah kini dibekali penambahan aksen detail bergaya futuristik. Ya, di beberapa panel interior Volkswagen Touareg 2019 pengendara serta penumpang dapat merasakan segala unsur baru pada era Digital. Tak ada lagi tombol-tombol konvensional digantikan dengan mode Digital lewat satu sentuhan.

Review Volkswagen Touareg 2019: Dashboard

Volkswagen menyebut tatanan interior generasi ketiga Touareg dengan nama ‘Innovision Cockpit’. Ya, tersedia panel Head Unit berukuran 15 inci yang sudah mendukung resolusi 1.920 x 1.020 Pixels sehingga memberi kesan Premium serta menambah kenyamanan bagi seluruh penumpang. Dari panel tersebut sudah tak lagi ditemui tombol-tombol konvensional namun sudah menggunakan satu sentuhan Digital saja untuk mengaktifkan segala fiturnya.

Dashboard Volkswagen Touareg 2019 menghadirkan panel Head Unit berukuran 15 inci

Dashboard Volkswagen Touareg 2019 menghadirkan dua layar yang berformasi menjadi satu rangkaian

Adapun di sisi samping pengendara terdapat layar sebesar 12 inci yang makin memudahkan pengendara untuk mengoperasikan segala fungsinya. Selain mudah dijangkau, layar tersebut juga nampak menyatu dengan Head Unit sehingga menciptakan tatanan One-Screen Design. Menariknya lagi, layar tersebut juga sudah didukung berbagai fitur menarik yang akan dibahas di segmen fitur.

Review Volkswagen Touareg 2019: Setir

Dari kemudi setir, pengendara dapat mengoperasikan layar Digital-nya seperti mengamati informasi terkini seputar mobil dan hal menarik lainnya. Di sisi lain, Anda tak perlu khawatir akan esensi kenyamanan. Pasalnya, kemudi setir Touareg sudah dilengkapi dengan bahan kulit berkualitas sehingga memberi sensasi genggaman lebih responsif. Adapun tuas Shift Paddles juga dihadirkan yang memiliki fungsi mengoperasikan transmisi ala mobil F1.

Setir Volkswagen Touareg 2019 menyajikan fitur Paddle Shift

Setir Volkswagen Touareg 2019 dilengkapi bahan kulit berkualitas

Review Volkswagen Touareg 2019: Kursi

Untuk pertama kalinya, kursi Touareg khususnya di lini pengendara dibekali fitur pijat Pneumatic yang sifatnya masih opsional. Selain itu, kursinya juga sudah mendukung penambahan udara untuk memberi sensasi empuk bagi punggung pengendara. Cukup nyaman, bukan? Hal menarik lainnya yang kami temui adalah hadirnya 8 mode pengaturan kursi yang bisa dikonfigurasi sesuai postur tubuh pengendara.

Kursi Volkswagen Touareg 2019 menyuguhkan esensi mewah serta nyaman

Kursi Volkswagen Touareg 2019 dibekali kenyamanan yang istimewa seperti hadirnya Pneumatic Massage

Sedangkan pada kursi belakang sudah dibekali ruang kaki lebih lebar 160 mm. Tentu dalam hal ini, penumpang bisa merenggangkan kaki lebih leluasa supaya tak mudah lelah. Aspek kenyamanan lain, diamati pada fitur Backrest juga bisa diatur hingga 21 derajat sesuai keinginan dari penumpang. Ya, dari aspek kursi nampaknya Touareg dirancang lebih nyaman meski harus menempuh jarak jauh sekalipun.

Review Volkswagen Touareg 2019: Kapasitas Bagasi

Nampak jelas kapasitas bagasi Touareg 2019 dirancang makin lebar, memenuhi segala kebutuhan pemiliknya. Yang dahulu kapasitasnya hanya sebesar 697 Liter kini makin ditingkatkan hingga 810 Liter khususnya ketika bangku belakang dilipat. Lebih daripada itu, tersedia juga fitur opsional untuk membuka Cover bagasinya secara otomatis. Namun perlu dicatat, fungsi tersebut membutuhkan tambahan biaya lebih.

Kapasitas bagasi Volkswagen Touareg 2019 mampu menampung hingga 4 tas berukuran besar

Kapasitas bagasi Volkswagen Touareg 2019 sebesar 810 Liter jika bangku belakang dilipat

>>> Baca juga:

Fitur Volkswagen Touareg 2019

Banyak hal baru yang ditampilkan pada fitur Volkswagen Touareg 2019 baik dari segi keselamatan serta hiburan. Seperti pada generasi-generasi sebelumnya, Touareg 2019 hadirkan teknologi inovatif.

Review Volkswagen Touareg 2019: Fitur Keselamatan

Generasi ketiga Touareg menyediakan teknologi Night Vision untuk pertama kalinya yang belum dihadirkan pada model Volkswagen lainnya. Kamera pada sisi depan menerapkan konfigurasi Thermal (Infrared) untuk memantau segala objek baik hewan maupun pejalan kaki. Fungsinya dipadukan dengan teknologi pengereman Brake Assist System yang mampu melakukan Emergency Braking.

Selain itu, terdapat juga fitur yang menunjang kapabilitasnya sebagai SUV seperti halnya memantau kondisi di bagian depan (Front Cross Traffic Assist), membawa Trailer dengan lebih mudah mengikuti arah kemudi setir (Trailer Assist), menjaga laju supaya tetap berada di marka jalan (Roadwork Lane Assist) dan melajukan kendaraan tanpa menginjak pedal gas (Adaptive Cruise Control).

Fitur keselamatan Volkswagen Touareg 2019 tampil sangat lengkap untuk menunjang kapabilitas sebagai SUV

Fitur keselamatan Volkswagen Touareg 2019 tampil sangat mumpuni di berbagai aspeknya

Di sisi lain, Touareg 2019 yang menerapkan mode berkendara All Wheel Drive (AWD) juga sudah dilengkapi dengan 4Motion Active Control. Teknologi satu ini terdiri dari beberapa mode berkendara baik pada On-Road maupun Off-Road. Dari lini On-Road, terdapat mode berkendara yang memaksimalkan tingkat efisiensi bahan bakar (ECO), kenyamanan di jarak tempuh jauh (COMFORT), pengaturan standar (NORMAL), performa Handling paling optimal (SPORT) dan pengaturan secara manual (INDIVIDUAL). Sedangkan dari lini Off-Road, tersedia mode berkendara sesuai medan baik SNOW, OFF-ROAD AUTO, SAND, GRAVEL dan OFF-ROAD EXPERT.

Review Volkswagen Touareg 2019: Fitur Hiburan

Jujur, banyak hal menghibur dalam kabin interiornya namun kami lebih menyukai tatanan dari Ambient Light yang sudah didukung konfigurasi 30 warna. Atmosfer dalam kabinnya bisa Anda ganti sesuai dengan warna pilihan seperti halnya ungu untuk nuansa romantis serta pink yang menyiratkan kesan Girly.

Fitur hiburan Volkswagen Touareg 2019 hadirkan panel Head Unit canggih

Fitur hiburan Volkswagen Touareg 2019 juga dibekali panel Multi Information Display (MID) yang menyajikan informasi penting seputar mobil

Adapun kabin interiornya dilengkapi dengan Panoramic Sunroof serta panel Head Unit canggih. Seakan ingin memperkenalkan era Digital pada dunia otomotif, Touareg menghadirkan panel Head Unit tanpa tombol konvensional. Segala fungsinya bisa dioperasikan dengan satu sentuhan saja ala Touchscreen. Menariknya lagi, panel tersebut sudah didukung format modern seperti Apple CarPlay, Android Auto, MirrorLink serta USB.

>>> Simak review lengkap dari model-model terbaru besutan Volkswagen

Operasi Volkswagen Touareg 2019

Untuk generasi ketiganya ini, operasi mesin Volkswagen Touareg 2019 terbagi menjadi dua tenaga meliputi V6 dan V8. Khusus di negara China saja, varian mesin bertenaga Hybrid dihadirkan yang memiliki daya maksimm 367 PS dan 270 kW pada motor listriknya. Adapun di Eropa pasca perilisannya di acara Paris Motor Show, mesinnya menggunakan V6 bertenaga diesel dengan dua Output yakni 231 PS dan 286 PS. Mengingat kapabilitasnya sebagai mobil SUV Off-Road, torsinya terbilang sangat besar yakni 450 Nm (mesin 231 PS) dan 900 Nm (mesin 286 PS). Sedangkan untuk di beberapa pasar lainnya, mesin Touareg menawarkan tenaga bensin V6 dengan tenaga 340 PS dan V8 diesel berdaya 421 PS.

Operasi mesin Volkswagen Touareg 2019 mampu untuk diajak menanjak di medan-medan berat

Operasi mesin Volkswagen Touareg 2019 menghadirkan konifugrasi V6 dan V8

>>> Bandingkan dengan model-model SUV terbaru lainnya yang tak kalah menarik dari Volkswagen Touareg

Spesifikasi Volkswagen Touareg 2019

Seperti pada review-review lainnya, Cintamobil.com juga hendak melampirkan spesifikasi Volkswagen Touareg 2019 khususnya pada varian 3.0 Liter diesel 231 PS yang baru dirilis di Eropa.

SPESIFIKASI VOLKSWAGEN TOUAREG 2019

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

3.878 mm x 1.984 mm x 1.702 mm

Radius Putar

12,2 m

Bobot Kosong

2.070 Kg

MESIN

Tipe Mesin

3.0 Liter V6

Kapasitas Silinder

2.967 cc

Daya Maksimum

231 PS / 4.000 Rpm

Torsi Maksimum

450 Nm / 1.250 – 2.750 Rpm

Sistem Transmisi

8 Tingkat Percepatan Otomatis

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Diesel

Sistem Bahan Bakar

Commonrail Direct Injection

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

85 Liter

Estimasi Konsumsi Bahan Bakar Rata-Rata

7,2 Liter

Daftar Harga Volkswagen Touareg 2019

Mengingat mobil satu ini rencananya akan dipasarkan secara resmi di tahun 2019, daftar harga Volkswagen Touareg 2019 dibanderol mulai $50.000 atau di kisaran Rp. 722.625.000. Namun jika produk ini dirilis di Indonesia dipastikan ada penambahan biaya terkait perizinan, impor dan kepentingan lainnya dari pertimbangan Volkswagen Indonesia.

>>> Jangan lupa klik sini untuk simak harga dan promo mobil lainnya

Kesimpulan Volkswagen Touareg 2019

Touareg memang produk lini depan besutan Volkswagen sehingga tak salah apabila teknologi-teknologi inovatif terbaru selalu dihadirkan di setiap generasinya. Kapabilitasnya sebagai mobil SUV juga diimbangi dengan performa mesin lebih mumpuni. Demi mengupayakan hal tersebut, pihak Volkswagen mengakui bahwa bobot bodi Touareg sudah dipangkas hingga 106 Kg sehingga memberi dampak pada performa Handling lebih mumpuni serta lebih irit bahan bakar. Adapun kabin interor dikemas dengan suasana yang serba Digital. Sebuah hal futuristik yang nantinya banyak diaplikasikan pada mobil-mobil masa depan.

Apakah Anda tertarik dengan performa serta segala hal yang ditawarkan pada mobil ini? Bagaimana pendapat Anda apabila Volkswagen Touareg 2019 Indonesia dipasarkan dalam waktu dekat?

>>> Anda sedang cari mobil dengan harga bagus dan kualitas tertinggi? Klik sini untuk dapat beberapa saran terbaik dari kami

Franky Pratama
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Rumah Mobil Mgl

Jawa Tengah

Yo Mobil Magelang

Jawa Tengah

BLESS AUTO

Jawa Barat

back to top