Review Volkswagen Grand California 2019

22/09/2018
editor rate: 4,8 user rate: 5,0
Volkswagen Grand California yang rencananya akan dipasarkan tahun 2019 mendatang, memiliki beragam keunggulan menarik. Bayangkan saja, mobil berdimensi panjang 4,9 meter ini bukan menjadi kendaraan saja namun juga memiliki kamar tidur, kamar mandi dan ruang makan. Sangat fantastis menurut kami. Mari kita lihat segala keunggulan mobil satu ini dalam review Volkswagen Grand California 2019.

PENGANTAR Volkswagen Grand California 2019

Review Volkswagen Grand California 2019 – Tak butuh waktu lama bagi Volkswagen untuk menelurkan produk-produk unggulannya. Sebut saja, mobil konsep Volkswagen California XXL yang diperkenalkan di acara Frankfurt Auto Show 2017, kini telah disulap menjadi kendaraan yang siap dipasarkan dengan mengusung nama resmi Volkswagen Grand California 2019. Bahkan, rencananya model satu ini akan memulai produksinya pada awal tahun 2019 mendatang.

Volkswagen California XXL diperkenalkan sebagai mobil konsep di acara Frankfurt Auto Show 2017

Volkswagen California XXL yang masih menjadi mobil konsep di tahun 2017

Jika dibandingkan dengan generasi pertamanya, tentu terdapat banyak cerita menarik selama prosesnya. Sejarah mobil 'Camper Van' ini dimulai dari sketsa Ben Pon, seorang pebisnis asal Belanda pada tahun 1947. Para teknisi ahli Volkswagen mencoba merancang produk dari sketsa tersebut dan berhasil membuat versi Prototype-nya di tahun 1949. Tak disangka-sangka model tersebut nyatanya sukses dan mulai diproduksi pada awal tahun 1950 yang sekaligus menjadi generasi pertamanya. Menariknya, model tersebut terbagi menjadi dua versi yakni Transporter dan Kombi, yang dimana turut menjadi cikal bakal MPV premium Volkswagen Caravelle.

Sejarah generasi Volkswagen Camper Van Transporter yang dimulai pada tahun 1947 hingga meraih generasi keenamnya yang hendak dipasarkan tahun mendatang

Kelima generasi Volkswagen Camper Van Transporter

Hingga kini, Volkswagen Grand California adalah generasi keenam dari mobil legenda berumur 60 tahun ini. Segala halnya dibuat  baru dan mengikuti zaman kini. Mulai dari suspensi, fitur, mesin dan sasis diberikan pembaruan. Namun menariknya, sisi ikoniknya masih dipertahankan yang dapat diamati pada sisi eksterior. Seakan masih ingin mempertahankan pesan pendahulunya yakni sebagai kendaraan yang dipenuhi unsur kebebasan.

Volkswagen Grand California menjadi model generasi keenamnya

Volkswagen Grand California generasi terbaru mengusung berbagai ubahan

Sejatinya mobil satu ini lebih dikhususkan bagi Anda yang menyukai kegiatan outdoor, semisal kegiatan camping. Utilitas pada kabin interiornya memang sengaja dirancang untuk menjawab segala kebutuhan jalan-jalan Anda. Bahkan saking lengkapnya fitur pada kabinnya, kami sepakat menyebutnya ‘Rumah Berjalan’. Kok bisa? Sabar dulu sobat, lebih baik kita simak segala hal detail tentangnya dalam review Volkswagen Grand California 2019 bersama Cintamobil.com.

EKSTERIOR Volkswagen Grand California 2019

Jika mengamati desain eksterior Volkswagen Grand California 2019, kesannya terasa mirip mobil Volkswagen Caravelle, namun dengan rancangan bodi lebih bongsor dan panjang, dan lebih utilitarian. Meski begitu, kami cukup tertarik dengan penambahan aksen krom di beberapa sisinya sehingga mampu menciptakan nuansa modern nan mewah. Seakan mobil legendaris yang dipermak dengan sentuhan pernak-pernik supaya model satu ini masih tetap modern mengikuti zaman.

Review Volkswagen Grand California 2019: Eksterior Depan

Pembaruan pada sisi Front Grille, membuat kami hampir tak mengenalinya. Menggunakan Grained Grille berkelir hitam legam yang dipadu dengan tiga aksen garis krom sebagai pemanisnya. Bahkan lampu modern seperti LED Daytime Running Lights (DRL) juga disematkan sebagai pendukung dari lampu utama berteknologi LED.

Eksterior Depan Volkswagen Grand California 2019 diberi ubahan supaya semakin modern mengikuti zaman

Eksterior depan Volkswagen Grand California 2019 dihias apik dengan sentuhan krom pada Grille-nya

Review Volkswagen Grand California 2019: Eksterior Samping

Merambah ke bodi sampingnya, sisi ikoniknya masih terasa dengan mengandalkan pintu geser alias Sliding Door. Model mekanisme pintu geser ini kami lebih suka karena mampu menampilkan kesan praktis dan akses keluar masuk kabin lebih leluasa. Sementara itu, hal menarik lainnya juga didapati pada sektor rodanya yang menggunakan pelek Clayton Alloy Wheels berukuran 16 inci.

Eksterior Samping Volkswagen Grand California 2019 tampil menarik dengan pelek berdesain Clayton Alloy Wheel

Eksterior samping Volkswagen Grand California 2019 masih menerapkan Sliding Door seperti model sebelumnya

Review Volkswagen Grand California 2019: Eksterior Belakang

Tidak begitu banyak hal yang bisa disampaikan pada sektor buritannya. Menggunakan desain bodi pipih layaknya Van dengan fitur pencahayaan LED Tail Lights. Adapun kaca belakangnya juga sudah didukung dengan fitur Wash-Wiper yang mampu membersihkan debu dan kotoran supaya visibilitas terjaga dengan baik. Menariknya lagi, pintu bagasinya menggunakan model bukaan 'barn door' dan dilengkapi rak sepeda.

Eksterior Belakang Volkswagen Grand California 2019 tidak mengalami perubahan besar-besaran hanya berubah dalam aspek lampu

Eksterior belakang Volkswagen Grand California 2019 terlihat modern berkat lampu LED Tail Lights

>>> Baca juga:

INTERIOR Volkswagen Grand California 2019

Merambah ke sektor interior Volkswagen Grand California 2019, kami meniliki dimensi kabinnya tergolong sangat luas. Belum lagi, kabinnya mampu ditata secara praktis dan fleksibel sesuai kebutuhan Anda. Sebut saja, Anda ingin memasak makan siang bersama keluarga, sisi tengah kabinnya bisa menyajikan hal tersebut dengan menambah fitur opsional.

Review Volkswagen Grand California 2019: Dashboard

Lini dashboard dikemas cukup apik dengan menggunakan warna hitam sebagai warna dasarnya dan Silver sebagai pemanisnya. Segala fitur canggihnya disematkan pada dashboard seperti head unit Composition Colour DAB+ radio system berukuran 5 inci, fitur penyejuk Climatic Semi-Automatic dengan Heater. 

Dashboard Volkswagen Grand California 2019 dilengkapi dengan fitur canggih

Dashboard Volkswagen Grand California 2019 didominasi warna hitam dan Beige sebagai penegas nuansa modern dan elegannya

Menariknya di area dashboard Volkswagen Grand Californai 2019 penempatan tuas transmisi diletakkan di dashboard dan tidak jauh dari lingkar kemudi. Terdapat penambahan fitur Arm Rest di samping kursi pengendara, yang bisa menjadi tempat beristirahat untuk tangan apabila sedikit lelah saat mengemudikan Volkswagen Grand California. Hanya saja, model satu ini juga menambahkan fitur wadah untuk barang-barang bawaan Anda.

Review Volkswagen Grand California 2019: Setir

Kemudi setir juga tak luput dari pesona modern. Dengan menggunakan desain tiga palang serta balutan kulit berkualitas, setir Grand California terasa cukup nyaman untuk digenggam. Tombol-tombol praktis juga disematkan pada kedua sisi sampingnya sehingga Anda dapat mengoperasikan audio lebih mudah serta mengecek informasi yang tersedia di  Multi-Function Display Plus pada instrument cluster.

Setir Volkswagen Grand California 2019 menggunakan desain tiga palang

Setir Volkswagen Grand California 2019 menghadirkan berbagai tombol praktis

Supaya semakin menyamankan Anda, kemudi setirnya juga dilengkapi dengan Power Assist dan pengaturan tinggi. Selain mampu memberikan performa manuver yang handal, fitur tersebut juga bisa menyesuaikan posisi setir dengan postur tubuh Anda. Tak lupa hadirnya panel Multi-Function Display Plus memiliki fungsi lengkap dalam memberikan informasi secara Real-Time tentang keadaan mobil Anda baik dalam hal tingkat kecepatan, informasi waktu, sisa bahan bakar, jarak tempuh dan lainnya.

Review Volkswagen Grand California 2019: Kursi

Untuk menciptakan utilitas fleksibel sebagai mobil Travelling, Volkswagen Grand California merancang kursinya dengan pengaturan fungsi yang kaya. Pada bangku depan misalnya, tersedia fitur memutar 180 derajat sehingga Anda tak perlu repot-repot keluar dari mobil untuk mengakses kabin tengah.

Fitur satu ini bagi kami menjadi salah satu keunggulan utama mobil ini. Semisal keluarga Anda sedang menyiapkan masakan di bangku tengah, Anda hanya tinggal memutar kursi depan ke arah belakang dan langsung siap menyantap hidangan bersama. Jadi, dengan adanya fitur ini, Volkswagen memberi Anda keleluasaan untuk menjadikan produknya sebagai tempat ruang makan, tempat kopi atau tempat beristirahat. Cukup mengesankan, bukan?

Kursi Volkswagen Grand California 2019 mampu diatur sedemikian rupa sesuai kebutuhan Anda

Kursi Volkswagen Grand California 2019 bisa diputar 180 derajat sehingga memberi kesan fleksibel dan praktis

>>> Artikel terkait:

FITUR Volkswagen Grand California 2019

Hal paling spesial yang diusungnya sejak 60 tahun lalu terletak pada aspek fitur Volkswagen Grand California 2019. Perlu Anda ketahui sebelumnya, mobil satu ini menyediakan banyak sekali fitur opsional yang bisa Anda aplikasikan sesuai kebutuhan Anda. Untuk informasi selengkapnya, mari kita simak bersama ulasan di bawah ini.

Review Volkswagen Grand California 2019: Fitur Hiburan

Jika kabinnya tertata rapi untuk kegiatan Camping, Volkswagen menyediakan berbagai fitur opsional seperti meja Camping, dua buah kompor listrik, Box pendingin/pemanas otomatis 4.2 Liter, tangki air bersih hingga 110 literserta tempat tangki gas 2,8 Kg. Lebih daripada itu, kabin interiornya juga bisa dirancang apik untuk menempatkan lemari pakaian serta kaca rias, termasuk kamar mandi dengan shower sampai ke toilet duduk. Dengan adanya fitur-fitur opsional semacam ini, Anda bisa melakukan kegiatan Travelling dengan pengalaman tak terlupakan.

Fitur Hiburan Volkswagen Grand California 2019 menyuguhkan rancangan kabin yang dilengkapi dengan toilet

Fitur hiburan Volkswagen Grand California 2019 juga menyediakan toilet lengkap dengan kapasitas tangki air bersih hingga 110 liter

Tak perlu mencari Hotel untuk istirahat dan sekaligus menikmati pemandangan alam. Volkswagen Grand California tampil mumpuni untuk menjawab kebutuhan Anda karena menyediakan dua area ruang tidur, yakni di area paling belakang mobil serta area atap mobil.

Pada sisi atap tersedia ruangan berukuran 2.0 m x 1.2 m untuk tempat peristirahatan Anda. Ruangan tersebut bisa digunakan untuk tempat tidur menggunakan kasur busa dengan ketebalan 55 mm.  Menariknya lagi, tersedia jendela Anda yang mampu memberi dua hal yakni pemandangan alam dan menjaga sirkulasi udara. Bayangkan saja, Anda bisa tidur dalam mobil dengan sajian pemandangan alam mengesankan serta menikmati angin sepoi-sepoi pantai.

Fitur Kamar Tidur Volkswagen Grand California 2019 bisa ditempatkan pada sisi atap kabinnya

Sisi atapnya juga bisa dijadikan sebagai tempat tidur yang dihias apik dengan jendela di area atapnya

Sementara itu, jika menilik dari sisi luar, Volkswagen Grand California juga menawarkan fitur tenda yang bisa diaplikasikan di atap samping mobil. Dengan adanya tenda tersebut seakan Volkswagen memahami kegiatan Travelling Anda. Fitur tersebut memberi Anda kenyamanan untuk menikmati keindahan Sunrise ataupun Sunset dengan menyeruput kopi kesukaan Anda, tanpa perlu khawatir kepanasan maupun terkena embun pagi.

Fitur Rak Volkswagen Grand California 2019

Tersedia juga tenda yang bisa diaplikasikan untuk tempat teduh Anda sembari berbincang bersama kolega

Kemudahan lain juga ditawarkan dengan hadirnya rak bak di kabin pesawat terbang, yang bisa digunakan untuk menyimpan peralatan makan maupun peralatan camping lainnya. Bahkan di mobil ini juga sudah disematkan fitur kompor gas dan pencuci piring yang bisa digunakan untuk memasak makanan sekaligus membersihkan piring yang dibawa selama kegiatan camping.

Fitur Kompor Gas di Volkswagen Grand California 2019 bisa digunakan untuk memasak

Atapnya juga menyediakan fitur tambahan yang mampu mengangkut barang bawaaan Anda

Review Volkswagen Grand California 2019: Fitur Keselamatan

Seperti pada mobil modern lainnya, fitur keselamatan Volkswagen Grand California menyediakan teknologi Intelligent Drive yang berisi rangkaian fitur seperti City Emergency Braking System, Adaptive Cruise Control (ACC), Lane Change Assist, High Beam Assist, Fog Lights dengan Cornering Lights serta Hill Hold Assist. Semua rangkaian fitur tersebut mampu menjamin keselamatan Anda selama perjalanan panjang. Sementara itu, fitur keselamatan aktif Volkswagen Grand California 2019 tersedia racikan teknologi Electronic Stabilisation Programme (ESP), Anti-Lock Braking System (ABS), Traction Control System (TCS), Electronic Differential Lock (EDL), serta Airbags dan Seatbelt di semua jok untuk fitur keselamatan pasif.

Fitur Keselamatan Volkswagen Grand California 2019 menyediakan Rear-View Camera Display yang bisa diaplikasikan dengan biaya tambahan

Fitur keselamatan Volkswagen Grand California 2019 juga menawarkan Rear-View Camera Display yang sifatnya opsional

>>> Simak juga harga terjangkau dari Volkswagen Caravelle yang tampil dengan desain serupa namun berbeda utilitas

OPERASI Volkswagen Grand California 2019

Berbicara soal operasi mesin Volkswagen Grand California 2019 diperkirakan tidak akan berbeda jauh dengan Volkswagen California 'standar' yang sudah dirilis lebih awal. Tersedia empat pilihan dengan didasari perbedaan bahan bakar. Untuk tipe bensin, terdapat pilihan 2.0 Liter TSI dengan daya 150 PS dan 204 PS. Begitupun juga pada tipe diesel, tersedia 2.0 Liter TDI dengan dua pilihan daya serupa. Namun untuk lebih mudah menjelaskan, Cintamobil.com hendak memilih dua pilihan mesin yang memiliki kemampuan tertinggi.

Mesin Volkswagen Grand California 2019 menawarkan dua tenaga yakni bensin dan diesel

Mesin Volkswagen Grand California 2019 menyuguhkan empat pilihan tenaga

Pada pilihan 2.0 Liter TSI bertenaga bensin, kapasitas silindernya menerapkan angka 1.984 cc yang mampu meraih daya maksimum di kisaran 4.200 hingga 6.000 Rpm. Tenaga tersebut nantinya disalurkan ke dua roda penggerak depan dengan transmisi 7 tingkat percepatan Dual Clutch Gearbox (DSG) sehingga mampu menghasilkan torsi puncak di angka 350 Nm setara 1.500 hingga 4.000 Rpm.

Transmisi Volkswagen Grand California 2019 menawarkan mode DSG yang mampu memberikan sensasi praktis dan presisi

Di setiap varian tertinggi Volkswagen Grand California 2019 sudah pasti dibekali dengan transmisi DSG 7 tingkat percepatan

Varian diesel juga ditawarkan dengan kapasitas serupa yakni 2.0 Liter. Meski tak mampu secepat varian bensin, namun varian satu ini mampu menawarkan torsi mengesankan sebesar 450 Nm di kisaran 1.400 hingga 2.400 Rpm. Sudah barang tentu, bagi Anda yang memiliki hobi Travelling ke area pegunungan maupun perbukitan, varian diesel satu ini menjadi rekomendasi terbaik dari kami.

>>> Baca review-review terupdate untuk model-model terbaru yang hendak diluncurkan di Indonesia

spesifikasi Volkswagen Grand California 2019

Supaya artikel ini makin lengkap, Cintamobil.com hendak melampirkan spesifikasi Volkswagen Grand California 2019 di seluruh variannya.

SPESIFIKASI VOLKSWAGEN GRAND CALIFORNIA 2019

Model

2.0 TSI 150 PS (Bensin)

2.0 TSI 204 PS (Bensin)

2.0 TDI 150 PS (Diesel)

2.0 TDI 204 PS (Diesel)

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.904 mm x 1.904 mm x 1.990 mm

Jarak Pijak Depan

908 mm

Jarak Pijak Belakang

993 mm

Jarak Poros Roda

3.000 mm

Radius Putar Minimum

11,9 m

MESIN

Tipe Mesin

2.0 TSI 4 Silinder Segaris dengan Variable Turbine Geometry Turbocharger dan Intercooler

2.0 TDI Transverse 4 Silinder Segaris dengan Variable Turbine Geometry Turbocharger dan Intercooler

Kapasitas Silinder

1.984 cc

1.968 cc

Daya Maksimum

150 PS (148 dk) / 3.750 – 6.000 Rpm

204 PS (201 dk) / 4.200 – 6.000 Rpm

150 PS (148 dk) / 3.250 – 3.750 Rpm

204 PS (201 dk) / 4.000 Rpm

Torsi Maksimum

280 Nm / 1.500 – 3.750 Rpm

350 Nm / 1.500 – 4.000 Rpm

340 Nm / 1.500 – 3.000 Rpm

450 Nm / 1.400 – 2.400 Rpm

Sistem Transmisi

6 Tingkat Percepatan Manual

DSG

Kecepatan Maksimum

111 mph (178 km/jam)

123 mph (198 km/jam)

109 mph (175 km/jam)

121 mph (195 km/jam)

Akselerasi 0-100 Km/Jam

13,8 Detik

10,5 Detik

14,5 Detik

11 Detik

HANDLING

Ukuran Ban

215/65 R16 Clayton Alloy Wheels

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Diesel

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

80 Liter

70  Liter

Estimasi Konsumsi Bahan Bakar Rata-Rata

29,4 L/100 Km

30,1 L/100 Km

41,5 L/100 Km

38,7 L/100 Km

kelebihan & kekurangan Volkswagen Grand California 2019

Meski mobil satu ini memiliki segudang kelebihan namun tentu saja ada sisi kekurangan dalam setiap halnya. Sebagai referensi ke depannya, Cintamobil.com memberikan opini tentang kelebihan dan kekurangan Volkswagen Grand California 2019.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Kabin interior bisa dirancang sesuai kebutuhan berkendara Anda baik untuk menempatkan dapur, tempat tidur dan lainnya

Banyak hal menarik masih bersifat opsional dan membutuhkan biaya tambahan untuk mengaplikasikannya

Fitur keselamatan dirancang cukup lengkap untuk menjamin keselamatan berkendara Anda

Desain eksterior tidak memiliki perubahan besar-besaran, hanya dibekali ornamen pemanis

Spesifikasi mesin ditawarkan dengan bervariasi yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan gaya berkendara Anda

Konsumen harus belajar untuk merancang kabinnya sesuai selera dengan menghubungi teknisi ahli Volkswagen perihal instalasi dan pengoperasian fitur opsional

daftar harga Volkswagen Grand California 2019

Model spesial satu ini hanya baru dipasarkan di Britania Raya saja, maka Cintamobil.com hendak menyajikan daftar harga Volkswagen Grand California 2019 berdasar data tersebut. Namun mengingat produk satu ini sangat spesial karismanya, maka ada saja kemungkinan besar produk ini akan dirilis di Asia termasuk Indonesia.

TIPE MOBIL

HARGA VOLKSWAGEN GRAND CALIFORNIA (Britania Raya)

HASIL KONVERSI POUND BRITANIA RAYA KE RUPIAH INDONESIA

(Dibulatkan)

Volkswagen Grand California 2.0 TSI 150 PS

₤ 29.920

IDR. 577.638.000

Volkswagen Grand California 2.0 TSI 204 PS

₤ 33.995

IDR. 656.310.000

Volkswagen Grand California 2.0 TDI 150 PS

₤ 32.695

IDR. 631.212.000

Volkswagen Grand California 2.0 TDI 204 PS

₤ 34.985

IDR. 675.420.000

*Catatan:

  • Harga di atas adalah harga resmi tanpa pajak di negara Britania Raya
  • Harga di atas hanya bersifat sebagai referensi saja
  • Tentu apabila mobil ini dirilis di Indonesia, akan terdapat penambahan biaya karena adanya beberapa faktor layaknya biaya perizinan, impor, pajak dan pertimbangan lainnya

Video Volkswagen Grand California 2019

KESIMPULAN Volkswagen Grand California 2019

Meski kami jarang sekali menulis tentang Camper Van karena bodinya yang besar, namun beda halnya dengan Volkswagen Grand California. Memiliki berbagai utilitas yang bisa dirancang secara fleksibel mengikuti kebutuhan sang pengendara. Sehingga, dari kelengkapan fitur yang disajikan, mobil satu ini bukan hanya dilihat sebagai alat akomodasi berkendara saja namun sudah menempati tingkatan lebih dari Van yang pernah kami lihat sebelumnya. Dengan utilitasnya dalam menghadirkan dapur, tempat tidur serta hal menarik lainnya, kami sepakat menilainya sebagai ‘Rumah Berjalan’. Tanpa harus menyewa Hotel untuk tempat peristirahatan, Volkswagen Grand California 2019 bisa menjadi rumah kedua Anda diringi dengan suasana alam menyenangkan dan ditemani secangkir kopi hangat di sore hari. Tak salah, apabila mobil satu ini menjadi perbincangan hangat otomotif internasional.

Bagaimana pendapat Anda tentang mobil spesial satu ini? Sampaikan opini Anda di kolom komentar di bawah ini ya sobat.

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Cari review mobil