Review Volkswagen ID Buzz 2017

25/11/2018
editor rate: 4,7 user rate: 4,5
Bukanlah Volkswagen namanya apabila tidak meluncurkan mobil-mobil ikonik dan berkarismatik. Seperti halnya produk konsep ID Buzz satu ini, berbodi menggemaskan dengan menggabungkan desain Retro dan unsur futuristik. Mobil satu ini bukanlah mobil sketsa saja namun sudah sempat diperkenalkan secara nyata kepada publik internasional di tahun 2017. Penasaran? Berikut kita simak review Volkswagen ID Buzz 2017.

PENGANTAR Volkswagen ID 2017

Review Volkswagen ID Buzz 2017 – Inilah sosok fenomenal yang lagi naik daun setelah perkenalannya di acara North American International Auto Show 2017. Volkswagen ID Buzz adalah salah satu anggota dari keluarga I.D. Series. Sebagai informasi saja, jajaran keluarga I.D. Series adalah mobil klasik Volkswagen yang kini dihidupkan kembali dengan nuansa futuristik bertenaga elektrik. Adapun jajaran keluarga tersebut terdiri dari lima anggota berkode I.D. meliputi Crozz, Neo, Vizzion, R dan Buzz.

Volkswagen I.D. Series terdiri dari lima anggota yakni Crozz, Neo, Vizzion, R dan Buzz

Jajaran keluarga Volkswagen I.D. Series yakni Buzz (kiri), Neo (tengah) dan Vizzion (kanan)

Ketua Desainer VW, Oliver Stefani, mengatakan “Kita ingin menghidupkan masa lalu karena mobil klasik-lah yang telah membuat nama VW makin berkembang seperti saat ini.” Alasan itulah yang akhirnya membuat mobil Volkswagen Type 2 Microbus tahun 1950-an kini disulap menjadi I.D. Buzz.

Volkswagen Type 2 Microbus 1950 kini disulap menjadi mobil futuristik

Menengok kembali sosok mobil bersejarah Type 2 Microbus 1950-an yang kini dilahirkan kembali dalam sosok Buzz

Jajaran keluarga ini dibentuk langsung menggunakan Platform dari MEB yang notabene adalah modular mobil bertenaga elektrik. Bahkan, Platform MEB sudah banyak digunakan oleh perusahaan otomotif terkemuka seperti Audi, Skoda serta SEAT. Jadi bukan hanya menerapkan desain Retro ikonik namun Volkswagen I.D. Buzz sudah disiapkan untuk menghadapi masa depan lewat mesin bertenaga elektrik. Lantas apa saja keunggulannya? Mari kita simak dalam review Volkswagen ID Buzz 2017.

Volkswagen ID Buzz diperkenalkan pertama kali kepada publik di tahun 2017

Volkswagen ID Buzz ketika diperkenalkan di acara North American International Auto Show 2017

EKSTERIOR Volkswagen ID 2017

Arsitektur eksterior Volkswagen ID Buzz 2017 nyatanya cukup membuahkan hasil. Hal ini terbukti dari penghargaan yang diterimanya yakni “2017 Concept Truck of the Year” selama empat kali berturut-turut. Memang tak dipungkiri, sosok luarnya seakan mampu menyampaikan masa lalu sekaligus masa depan. Sekilas terlihat seperti sosok masa lalu VW Type 2 Microbus 1950-an dan di sisi lain nampak jelas unsur futuristik tersemat di setiap inci bodinya.

Review Volkswagen ID Buzz 2017: Eksterior Depan

Wajah depannya masih mempertahankan unsur ikonik dari Type 2 Microbus. Hal tersebut bisa diamati dari wajah kotak dengan logo Volkswagen berukuran besar di sisi tengah dan dua buah lampu berbentuk bundar. Namun bedanya, lampunya kini dirancang dengan konfigurasi LED berdesain futuristik.

Eksterior depan Volkswagen ID Buzz 2017 menggunakan desain futuristik terutama pada sisi lampu

Eksterior depan Volkswagen ID Buzz 2017 menggunakan lampu LED berdesain futuristik

Review Volkswagen ID Buzz 2017: Eksterior Samping

Unsur ikoniknya juga masih melekat pada bodi sampingnya yang menerapkan mode pintu geser. Memang, hal ini mampu memberikan sensasi mewah dan praktis ketika penumpang memasuki kabinnya. Adapun ukuran bannya menerapkan ukuran 22 inci berdesain modern. Jika melihatnya secara keseluruhan, terlihat semua hal detailnya nampak proporsional yang dipadukan dengan warna Two Tone khas Retro.

Eksterior samping Volkswagen ID Buzz 2017  terlihat sangat anggun dengan warna Two-Tone

Eksterior samping Volkswagen ID Buzz 2017 menerapkan ban berukuran 22 inci yang dirancang dengan tatanan futuristik

Review Volkswagen ID Buzz 2017: Eksterior Belakang

Nampak bongsor dari depan dan nampak menggembung pada sisi belakang. Jangan salah, hal tersebutlah yang berhasil mengingatkan kita kepada sosok bersejarah VW Type 2 Microbus. Sedangkan untuk aksen pemanis, lampu LED berukuran menyipit nampak serasi dengan logo Volkswagen pada sisi tengahnya.

Eksterior belakang Volkswagen ID Buzz 2017 dilengkapi dengan logo kebanggaan VW

Eksterior belakang Volkswagen ID Buzz 2017 dihias apik dengan lampu LED berdesain sipit

>>> Baca juga:

INTERIOR Volkswagen ID 2017

Sebagai mobil Van dengan Wheelbase di kisaran 3.300 mm dan mengusung bodi Boxy, menjadikan ruang interior Volkswagen ID Buzz 2017 terasa sangat lega. Bahkan, diklaim Buzz mampu mengangkut delapan orang sekaligus. Tentu hal ini membuatnya sangat berkompeten untuk diajak berpiknik bersama keluarga maupun sahabat.

Review Volkswagen ID Buzz 2017: Dashboard

Tak begitu banyak hal diceritakan pada dashboard-nya. Mengapa begitu? Ya, karena unsur Simple and Clean menjadi tatanan yang dihadirkan pada mobil-mobil bergaya futuristik.  Pada sisi tengah, sejatinya tak ada panel Head Unit berbeda dengan mobil lainnya. Volkswagen I.D. Buzz 2017 mengandalkan Gadget Tablet.

Dashboard Volkswagen ID Buzz 2017 mengaplikasikan teknologi Digital yang bisa diaktifkan lewat mode Augmented Reality

Dashboard Volkswagen ID Buzz 2017 kemas sangat minimalis dan Simple

Di bagian tengah pada bangku depan terdapat tatakan untuk menaruh Tablet Anda. Menariknya lagi, tatakan tersebut bisa dijadikan sebagai alas meja yang bisa digeser hingga ke bagian tengah kabinnya. Cukup praktis baik untuk penunjang Multimedia maupun meja tempat makan.

Review Volkswagen ID Buzz 2017: Setir

Beralih ke kemudi setirnya, tampilannya terlihat sangat futuristik. Menggunakan latar berwarna putih yang sudah didukung tombol Digital multifungsi. Menariknya lagi, Anda bisa memilih mode transmisi hanya dengan satu sentuhan saja. Di sisi lain, juga sudah tersedia berbagai fungsi menarik untuk mengoperasikan segala fungsi Multimedia dari kaca depannya. Ya, benar sekali, kaca depan akan dirancang dengan teknologi yang dinamai Augmented Reality.

Setir Volkswagen ID Buzz 2017 juga menyuguhkan teknologi Autonomous Driving

Setir Volkswagen ID Buzz 2017 dikemas dengan desain futuristik

Review Volkswagen ID Buzz 2017: Kursi

Sejatinya tersedia dua deret bangku yang mampu menampung lima orang sekaligus. Namun tak perlu khawatir, mobil ini juga akomodatif untuk menghadirkan kursi tambahan yang sifatnya masih opsional nantinya. Dari apa yang ditunjukkan pada acara North American International Auto Show 2017, kursinya masih menerapkan dua deret bangku dan pada sisi tengah tersedia ruang lapang. Ya, ruang lapang ini nantinya bisa diisi oleh tatakan Tablet yang bisa dialihfungsikan sebagai meja.

Console Volkswagen ID Buzz bisa menghadirkan dua fungsi baik sebagai meja maupun tatakan Tablet

Tatakan Tablet yang tadinya berada di bangku depan bisa digeser ke tengah kabin dan diallihfungsikan menjadi meja

Hal menarik lainnya, dua kursi depan juga bisa digeser dan diputar 360 derajat. Sehingga, memberi kemudahan bagi pengendara dan seluruh penumpang untuk berbincang pada kabin tengahnya. Tentu ketika melakukan piknik di area pantai misalnya, Anda bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk acara makan bersama atau minum secangkir kopi hangat.

Kursi Volkswagen ID Buzz 2017 bisa menampung hingga lima orang sekaligus

Kursi Volkswagen ID Buzz 2017 mampu digeser dan diputar sesuai keinginan

>>> Artikel terkait:

FITUR Volkswagen ID 2017

Tiba saatnya bagi Cintamobil.com membahas lebih mendalam tentang masalah fitur Volkswagen ID Buzz 2017. Pertama, mobil Van satu ini menyediakan teknologi Autonomous Driving. Sebuah teknologi yang dimana mobil akan melaju secara Auto Pilot tanpa harus dikemudikan oleh sang pengendara. Buzz menghadirkan teknologi tersebut dengan hanya menekan logo Volkswagen di kemudi setirnya. Kemudian, setir akan melipat masuk dan mode Autonomous Driving akan aktif.

Fitur Volkswagen ID Buzz 2017 menawarkan teknologi Autonomous Driving

Fitur Volkswagen ID Buzz 2017 menyediakan teknologi Autonomous Driving

Kedua, tersedia juga teknologi Augmented Reality yang sudah kami singgung sebelumnya. Panel Head Unit dan Multi Information Display (MID) akan tampil secara Digital jika teknologi ini sudah diaktifkan. Adapun kaca pada sisi depan bisa memberikan informasi lengkap seperti halnya tingkat kecepatan dan tingkat konsumsi baterai dari motor listriknya.

Fitur Augmented Reality menjadi salah satu fungsi masa depan pada sebuah mobil

Fitur menarik lainnya bisa diamati dari hadirnya teknologi Augmented Reality

Hal menarik terakhir yang kami ketahui adalah hadirnya panel Panoramic Sunroof. Tentu kabin yang lega dipadu jendela pada sisi atap menjadi perpaduan yang sangat pas untuk menemani kegiatan piknik Anda. Selain memberi pemandangan alam menarik, fitur satu ini membuat pencahayaan dalam kabin menjadi lebih terang.

Fitur Spesial Volkswagen ID Buzz 2017 menawarkan Panoramic Sunroof

Sebagai Van futuristik, ID Buzz juga sudah dilengkapi dengan Panoramic Sunroof

>>> Klik di sini untuk mengetahui ulasan menarik dari mobil Volkswagen lainnya

OPERASI Volkswagen ID 2017

Ketika acara perkenalannya, pihak Volkswagen mengungkapkan akan tersedia dua pilihan mesin elektrik. Khusus varian tertingginya, mesinnya dipadukan dengan mode penggerak All Wheel Drive (AWD) yang memberi lonjakan daya sebesar 369 HP dengan 111 kWh dari baterai listriknya. Bahkan, akselerasi dari titik diam hingga mencapai 100 Km/Jam bisa ditempuh dalam tempo 5 detik saja. Sedangkan pada varian lainnya dibekali mesin yang mampu memberi daya maksimum hingga 268 HP dan 83 kWh pada motor listriknya.

Operasi mesin Volkswagen ID Buzz 2017 mampu memberi daya 369 HP khususnya di varian tertinggi

Rencananya, operasi mesin Volkswagen ID Buzz 2017 akan menawarkan dua pilihan mesin elektrik

>>> Jika Anda tertarik untuk membandingkan dengan mobil Van lainnya, Anda bisa klik tautan ini

KESIMPULAN Volkswagen ID 2017

Volkswagen ID Buzz memberi angin segar bagi masa depan dunia otomotif. Bukan saja lini sedan atau SUV yang dibekali unsur futuristik tapi mobil Van juga bisa mendapatkan teknologi mengesankan. Bangganya lagi ketika diketahui bahwa Volkswagen menggunakan produk bersejarahnya menjadi mobil futuristik lewat teknologi Autonomous Driving, Augmented Reality hingga mesin elektrik. Sosok masa lalu yang ingin bangkit kembali menghiasi dunia otomotif di masa-masa mendatang.

Simak video singkat ini untuk mengetahui sosoknya yang menggemaskan

Rencananya, Volkswagen ID Buzz hendak dipasarkan pada tahun 2022. Setidaknya, inilah sosok mobil di empat tahun mendatang. Lantas apa pendapat Anda tentang mobil ikonik satu ini? Apabila model satu ini terasa menarik, coba beritahu pasangan Anda, siapa tahu Ia juga jatuh cinta pada pandangan pertama kepada mobil ikonik satu ini?

>>> Klik sini utnuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil