Review Volkswagen Polo 2020: Ubahan Diam-Diam Volkswagen

22/08/2020

Share this post:

Volkswagen Polo 2020

Editor rate:

Rp 315.000.000

Harga terbaru Volkswagen Polo Lihat promo

Hatchback legendaris Volkswagen Polo 2020 diam-diam menerima revisi minor dengan desain yang lebih segar, tetap menawarkan rasa berkendara yang fun-to-drive.

Review Volkswagen Polo 2020: Ubahan Diam-Diam Volkswagen
Review Volkswagen Polo 2020: Ubahan Diam-Diam Volkswagen
0 Gambar

Pengantar Volkswagen Polo 2020

Mari kita simak spesifikasi Volkswagen Polo 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Eksterior lebih segar

Fun-to-drive

Mesin responsif dan irit bbm

Handling dan pengendaraan stabil

Kekurangan

Hanya ada perubahan minor

Harga lebih mahal daripada rival-rivalnya

Spare part langka

Nama Volkswagen tak begitu kuat di pasar otomotif Indonesia

Baru saja memperkenalkan generasi terbaru pada 2018 silam, PT Garuda Mataram Motor (GMM) yang menjadi agen pemegang merek Volkswagen di Indonesia diam-diam sudah menghadirkan edisi facelift Volkswagen Polo 2020. Peningkatan ini terjadi pada awal tahun 2020 silam dengan menghadirkan berbagai ubahan minor.

model legendaris Volkswagen Polo berwarna merah
Model legendaris Volkswagen Polo yang meluncur sejak 1975

Volkswagen Polo merupakan salah satu model legendaris yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 1975. Dipasarkan di seluruh dunia, Polo tersedia dalam berbagai bentuk bodi, mulai dari hatchback, sedan, hingga estate. Polo juga pernah mendapatkan varian performa tinggi yang dikenal dengan nama Volkswagen Polo GT dan Polo GTi.

Pertama kali Volkswagen Polo masuk ke Indonesia pada tahun 2000. Polo dibawa oleh PT Cars & Cars Indonesia yang menjadi perusahaan pengimpor mobil-mobil VW ke Tanah Air. Keberadaannya menjadi salah satu mode hatchback yang cukup digemari. Dengan performa tinggi serta rasa berkendara yang khas, Polo bersaing dengan hatchback Jepang seperti Toyota Yaris maupun Honda Jazz.

Volkswagen Polo 2020 berwarna merah
Model terbaru Volkswagen Polo yang diperkenalkan 2020 lalu

Volkswagen Indonesia memang sudah membawa generasi kelima Volkswagen Polo di Indonesia melalui Indonesia International Motor Show 2018 silam. Dan kali ini penyegaran dilakukan dengan memperkenalkan facelift yang dibawa langsung dari India. Apa saja perbedaan yang ditawarkan? Simak review Volkswagen Polo 2020 dari tim Cintamobil.com di bawah ini.

Eksterior Volkswagen Polo 2020

Generasi kelima yang ditawarkan di Indonesia masih menawarkan desain yang mengesankan khas Eropa. Perubahan paling signifikan dari facelift Volkswagen Polo 2020 terlihat pada desain eksterior yang lebih segar, termasuk ubahan pada grille depan dan lampu belakang.

Review Volkswagen Polo 2020: Eksterior Depan

Ubahan paling terasa pada sisi depan yang mendapatkan grille baru. Tampilan depannya langsung berubah dengan kehadiran grille bergaya honeycomb yang cukup berbeda dibandingkan edisi sebelumnya. Sedangkan desain lampu depan yang sudah mendapatkan teknologi LED tanpa perubahan sama sekali.

tampilan depan Volkswagen Polo 2020 berwarna putih
Eksterior depan Volkswagen Polo 2020

Perbedaan juga tampak pada bumper bawah. Dimana Polo mendapatkan bumper yang senada dengan grille depan. Menjadikan tampangnya terasa lebih segar. Jika sebelumnya bumper bawah ditawarkan dengan list chrome, sekarang desain bumper tak terlalu mentereng dengan aksen sewarna bodi yang membagi bumper menjadi tiga bagian.

Review Volkswagen Polo 2020: Eksterior Samping

tampilan samping Volkswagen Polo 2020 berwarna merah
Eksterior samping Volkswagen Polo 2020

Dari samping, tidak ada perbedaan berarti yang ditawarkan. Polo masih mendapatkan lampu sein pada spion samping. Sedangkan dimensi Polo tak banyak berubah dengan ground clearance masih cukup tinggi untuk sekelas mobil perkotaan, yaitu mencapai 168 mm. Hanya ada sedikit revisi pada tampilan sisi dengan tampilan side skirt yang baru.

Review Volkswagen Polo 2020: Eksterior Belakang

tampilan belakang Volkswagen Polo 2020 berwarna merah
Eksterior belakang Volkswagen Polo 2020

Perubahan juga bisa dirasakan pada bagian belakang dengan kehadiran lampu belakang bergaya baru yang dibuat lebih kecil dibandingkan versi sebelumnya. Namun selain itu, tak ada perbedaan terasa. Terlihat rear spoiler berwarna hitam masih menghiasi eksterior belakang. Sedangkan bumper belakang dibuat sewarna bodi dengan lekukan yang masih sama dengan Polo generasi kelima sebelum facelift.


Interior Volkswagen Polo 2020

Perubahan yang diberikan pada Polo 2020 tak begitu jauh berbeda dibandingkan model sebelumnya. Bahkan interior Polo terbaru terasa familiar. Hanya ada beberapa tambahan pada fitur yang dibuat lebih rapi dan fungsional, sama seperti desain eksteriornya.

Review Volkswagen Polo 2020: Dashboard

Panel instrumen yang sporty dibuat ergonomis untuk menghadirkan kenyamanan yang lebih baik di baris pertama. Layar sentuh 7 inci yang ditawarkan memang tidak terlalu besar. Tetapi kualitas tampilan dan fungsi sentuhnya terasa cukup baik. Bahkan Polo sudah dilengkapi dengan kompatibilitas Apple CarPlay dengan sistem antarmuka yang mengesankan.

dashboard Volkswagen Polo 2020 berwarna hitam
Dashboard Volkswagen Polo 2020

Dashboard memang masih dipenuhi oleh material plastik keras. Namun kesan sporty sangat terasa dengan dominasi warna hitam yang mengalir hingga konsol tengah. Pengaturan AC masih menggunakan knop putar. Anda bisa menemukan ruang penyimpanan yang terletak pada bagian bawah konsol tengah.

Review Volkswagen Polo 2020: Setir

setir Volkswagen Polo 2020 berwarna hitam
Setir Volkswagen Polo 2020

Bagi yang menginginkan pengendaraan nan sporty, Polo edisi terbaru dilengkapi dengan setir bergaya flat bottom yang sudah dilengkapi teknologi Mechanical Power Assisted Steering dan Electronic Stabilisation Control (ESC). Beberapa tombol pengaturan bisa ditemukan pada kedua sisi dalam setir, termasuk fungsi hands free dan pengaturan sistem audio.

Review Volkswagen Polo 2020: Kursi

Posisi berkendara yang ditawarkan masih terasa mengesankan layaknya generasi Polo sebelumnya. Jok berlapis kulit dibuat lebar guna menopang punggung pengemudi dengan lebih. Penyangga bahu terasa lebih baik dengan kenyamanan jok secara garis besar menghadirkan kenyamanan berkendara bahkan hingga jarak jauh.

kursi Volkswagen Polo 2020 berwarna hitam
Kursi Volkswagen Polo 2020

Sedikit kelemahan yang masih terasa adalah ruang kaki yang tidak terlalu lapang di baris kedua. Tapi bagi penumpang belakang dengan postur tubuh rata-rata masyarakat Indonesia, ruang yang ditawarkan tidak terlalu buruk. Meski sudah menggunakan ventilasi udara, tidak ada slot USB bagi penumpang belakang. Hanya ada soket 12-volt yang akan menemani Anda sepanjang perjalanan.

Review Volkswagen Polo 2020: Bagasi

Mengingat tidak ada ubahan signifikan pada wheelbase dan interior, kapasitas bagasi masih sama dengan model sebelumnya. Bagasi Volkswagen Polo hanya menawarkan kapasitas 280 liter. Tak terlalu besar, tapi cukup baik dalam memberikan ruang untuk meletakkan barang-barang keperluan sehari-hari. Kursi belakang bisa direbahkan untuk menambah kapasitas penyimpanan di belakang.

Fitur Volkswagen Polo 2020

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, head unit layar sentuh 7 inci merupakan pusat sistem infotainment yang diberikan pada Polo. Kenyamanan berkendara sudah mendapatkan fitur konektivitas Bluetooth serta Apple CarPlay dan Android Auto yang menemani pengendaraan sepanjang perjalanan.

layar Volkswagen Polo 2020 berwarna hitam
Fitur Volkswagen Polo 2020

Penambahan teknologi yang diberikan pada Polo edisi terbaru termasuk Rain Sensor yang langsung berfungsi ketika mendeteksi hujan turun dengan mengaktifkan wiper secara otomatis. Polo juga mendapatkan sistem cruise control yang menambah rasa berkendara yang lebih menyenangkan. 

Review Volkswagen Polo 2020: Fitur Keselamatan Aktif

Dalam laman resmi Volkswagen di Indonesia, Polo mendapatkan beberapa fitur keselamatan. Mulai dari airbag depan sebagai standar, Polo juga mendapatkan sistem pengereman Anti-lock Braking System yang memberikan kontrol traksi lebih baik ketika mengerem di jalanan licin. Sistem rangka berlapis baja dengan Galvanised Steel Body memberikan rasa aman ketika terjadi benturan.

>>> Tampil Kece Dengan Hatchback Eropa, Tips Beli VW Polo Bekas

Operasi Volkswagen Polo 2020

Volkswagen Polo masih setia dengan mesin 4-silinder 1.2L TSI bertenaga turbo yang mampu mengeluarkan tenaga hingga 105 PS pada putaran 5.000 rpm serta torsi puncak mencapai 175 Nm pada putaran 1.500-4.100 rpm. Tenaga disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis 7-percepatan Dual Clutch yang menawarkan perpindahan yang mulus.

mesin Volkswagen Polo 2020 berwarna hitam
Mesin Volkswagen Polo 2020

Tenaga yang ditawarkan masih menghadirkan performa berkendara yang menyenangkan. Apalagi ketika hanya dibawa di jalan perkotaan yang dipenuhi dengan kondisi stop-and-go. Dengan kapasitas mesin yang lebih kecil dibandingkan pesaingnya, Polo seharusnya mampu memberikan konsumsi bbm yang cukup efisien. Walaupun belum ada pernyataan resmi dari Volkswagen Indonesia tentang efisiensi bahan bakar Polo terbaru ini.

>>> Kelebihan - Kekurangan dan Harga Volkswagen Golf Bekas Mk7

Spesifikasi Volkswagen Polo 2020

Dimensi Volkswagen Polo 2020

Panjang x Lebar x Tinggi

3.971 x 1.682 x 1.469 mm

Jarak Poros Roda

2.469 mm

Ground Clearance

168 mm

Mesin Volkswagen Polo 2020

Tipe Mesin

1.2L TSI 4-silinder with turbocharged direct injection

Kapasitas Silinder

1.197 cc

Tenaga Maksimal

105 PS/5.000 rpm

Torsi Maksimal

175 Nm/1.500-4.100 rpm

Diamater x Langkah

71.0 mm x 75.4 mm

Transmisi

7-Speed Dual-clutch otomatis

Kaki-Kaki Volkswagen Polo 2020

Suspensi Depan

MacPherson Strut with stabilizer

Suspensi Belakang

Semi-independent trailing arm

Rem Depan

Disc

Rem Belakang

Drum

Ban

195/55 R16

Velg

16 inci

Daftar Harga Volkswagen Polo 2020

Tampilan baru yang diberikan pada Polo membuatnya terasa lebih segar di tengah persaingan hatchback yang semakin sengit. Bersanding dengan Honda Jazz atau Mazda 2, harga Volkswagen Polo 2020 dimulai dari Rp315 jutaan. Melalui laman resmi Volkswagen di Indonesia, hanya ada satu varian yang dipajang, yaitu Volkswagen Polo 1.2 TSI. Sedangkan Polo juga memiliki varian yang lebih sporty dengan nama Polo 1.2 TSI VSR dengan harga Rp 335 jutaan.

Kesimpulan Volkswagen Polo 2020

Volkswagen Polo 2020 bisa dibilang tak terlalu kuat dalam hal kepraktisan maupun ruang kabin yang ditawarkan. Tapi keunggulannya terasa dengan pengendalian dan pengendaraan yang fun-to-drive layaknya model keluaran Volkswagen lainnya. Performa yang menjadi pembeda Polo dengan pesaingnya di segmen ini. Stabil ketika dibawa bermanuver di jalanan perkotaan dan pada saat berbelok, Polo mampu menghadirkan rasa berkendara yang menyenangkan di jalanan.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Padli Nurdin
Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Rumah Mobil Mgl

Jawa Tengah

Yo Mobil Magelang

Jawa Tengah

BLESS AUTO

Jawa Barat

Review lain

Review Volkswagen Polo 1.4 AT 2013: Hatchback Kompak Jerman Dengan Darah Reli

Rp. 110.000.000

04/05/2020

Editor rate:

Volkswagen Polo 1.4 AT 2013 masuk Indonesia di tahun 2013, dan mengusung tagline your first german car. Apakah hatchback dengan darah reli ini layak dimilliki?

Lihat juga

Review Volkswagen Polo 2002 Small Hatchback Jadul Menyimpan Kritik Harga Yang Tak Sesuai

13/07/2018

Editor rate:

Volkswagen sering membuat city car, dan biasanya mobil yang diciptakan itu cukup laris dipasar eropa. Salah satu yang laris adalah Volkswagen Golf, sebetulnya ada lagi yang juga tak kalah tenarnya hingga ke tanah air seperti Volkswagen Beetle dan juga Volkswagen Polo. Polo merupakan city car yang pertama kali diluncurkan tahun 1975.

Lihat juga

Review Volkswagen Golf Mk V GTI 2005: Hot Hatchback Yang Dirancang Untuk Melengkapi Banyak Kebutuhan Anda

25/06/2018

Editor rate:

Perubahan dari Golf standar menjadi GTi, terbilang cukup subtansial. Generasi kelima atau yang kerap kali disebut MK-V ini bisa dibilang generasi terbaik daripada pendahulunya. Tahun 2005, menjadi momen bersejarah bagi para pecinta mobil besutan Volkswagen Indonesia kala itu. Seperti apa tampilan dan keunggulannya? Mari simak lebih mendalam tentang review Volkswagen Golf Mk V GTI 2005

Lihat juga

Review Volkswagen Golf TSI Facelift 2017, Mobil Hatchback Dengan Harga Premium

13/11/2017

Editor rate:

Volkswagen mengeluarkan varian terbaru mobil varian Golf dengan menghadirkan Volkswagen Golf TSI Facelift 2017. Mobil ini merupakan mobil generasi ke-7 dari varian Golf yang sudah hadir sejak tahun 70-an. Apa saja yang dimiliki oleh varian terbarunya ini? SIlahkan membaca tulisan review Volkswagen Golf TSI Facelift 2017 ini.

Lihat juga

Review Volkswagen Polo VRS 2018, Varian Hatchback Terbaru yang Diperkenalkan Di Ajang IIMS 2018

25/04/2018

Editor rate:

Parade Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, menjadi ajang unjuk gigi bagi banyak perusahaan otomotif. Tak terlewatkan, PT. Garuda Mataram Motor (GMM) selaku Agen Pemegang Merek Volkswagen Indonesia, meluncurkan produk Hatchback terbarunya yang dinamai Volkswagen Polo VRS. Seperti apa tampilannya? Berapa harga Volkswagen Polo VRS? Simaklah review Volkswagen Polo VRS 2018 di bawah ini.

Lihat juga
back to top