Review Toyota Yaris E 2013: Pilihan Gaya Seharga LCGC

30/10/2019

Share this post:

Toyota Yaris 2013

Editor rate:

Lihat promo

Toyota Yaris 2013 merupakan bagian dari produk Toyota Yaris generasi pertama yang hadir di Indonesia. Mobil ini pertama kali hadir di Indonesia pada 2006 hingga model yang akan kami bahas saat ini yaitu Toyota Yaris E 2013. Generasi terbaru Toyota Yaris hadir di Indonesia pada tahun 2014 hingga saat ini.

Review Toyota Yaris E 2013: Pilihan Gaya Seharga LCGC
Review Toyota Yaris E 2013: Pilihan Gaya Seharga LCGC
0 Gambar

Pengantar Toyota Yaris 2013

Mari kita simak spesifikasi Toyota Yaris 2013 di bawah ini.

Kelebihan

Perawatan mudah dan tergolong murah

Konsumsi bahan bakar efisien

Suku cadang melimpah

Pengendalian lincah

Kekurangan

Kabin kurang lapang

Peredaman kabin kurang baik

Review Toyota Yaris E 2013 - Toyota Yaris E 2013 merupakan model generasi Yaris pertama yang paling sukses di Indonesia. Hatchback ini menjadi favorit banyak orang karena tampilannya yang proposional dan kompak, sehingga praktis untuk digunakan di perkotaan. Toyota Yaris generasi ini kerap disebut sebagai “Yaris Bakpau” karena sosoknya yang memang cenderung membulat. Rival kuat Honda Jazz pada masanya tersebut mampu bersaing berkat nama besar Toyota yang berada di mereknya.

Gambar menunjukkan sebuah mobil Toyota Yaris E 2013 berwarna silver dilihat dari sisi depan

Tampilan Toyota Yaris E 2013

Eksterior Toyota Yaris 2013

Bukan tanpa alasan jika Toyota Yaris E 2013 disebut-sebut sebagai generasi pertama paling sukses. Meski berkesan mungil dengan kurva-kurva membulat sosok Yaris ini justru berkesan sporty. Salah satu faktor pendukungnya adalah dengan kehadiran bodi kit yang terpasang mulai dari bumper depan hingga belakang

Review Toyota Yaris E 2014: Eksterior Depan

Dari sisi depan, Toyota Yaris E 2013 ini tampil rapi, dengan lampu utama bulat yang besar dengan teknologi halogen. Grillenya terbagi dua dan menjadi satu bagian dengan bumper depan. Di kedua sudut bumper terdapat foglamp halogen yang mendapatkan aksen chrome.

Gambar menunjukkan sebuah mobil Toyota Yaris E 2013 berwarna silver dilihat dari sisi depan

Toyota Yaris E 2013 bagian depan

Review Toyota Yaris E 2013: Eksterior Samping

Tampilan membulat yang membuat mobil ini dijuluki “bakpau’ tampak lebih jelas dari bagian sampingnya. Sosoknya tampil sporty karena siluet yang ditegaskan kehadiran bodi kit dari depan hingga ke belakang. Balutan warna serupa dengan bodi pada handle pintu menjadikan mobil ini tampak eksklusif selain itu, warna hitam yang melapisi pilar-B menjadikan sisi kaca samping seakan menjadi satu kesatuan. Penampilan sporty-nya semakin kuat berkat pemakaian velg alloy berukuran 15 inci dengan delapan palang berbalut ban 185/60 R15.

Gambar menunjukkan sebuah mobil Toyota Yaris E 2013 berwarna silver dilihat dari sisi samping

Toyota Yaris E 2013 bagian samping

Review Toyota Yaris E 2013:  Eksterior Belakang

Desain bagian belakang Toyota Yaris E 2013 mendapatkan sentuhan lampu belakang LED dengan dua bulatan yang tampak modern. Di kedua ujung bumper terdapat reflektor yang ukurannya cukup besar memberikan kesan yang keren. Di bagian atas terdapat rear spoiler yang telah dilengkapi dengan lampu rem tambahan LED.

Gambar menunjukkan sebuah mobil Toyota Yaris E 2013 berwarna silver dilihat dari bagian belakang

Toyota Yaris E 2013 bagian belakang

>>> Mungkin Anda ingin baca juga:


Interior Toyota Yaris 2013

Beralih ke dalam kabin, kesan leluasa disuguhkan dari kabinnya yang bisa dibilang cukup mungil. Desain dashboard yang tidak biasa menjadikan mobil ini memberikan perbedaan dibandingkan mobil lain di kelasnya.

Review Toyota Yaris E 2013: Dashboard dan Setir

Dashboard Toyota Yaris E 2013 didesain dalam satu kesatuan, didominasi warna hitam dengan beberapa aksen silver. Bagian paling menarik dari Yaris ini adalah posisi panel instrumen yang berada di bagian tengah dashboard. Hal ini tentunya menyediakan ruang yang lapang di depan pengemudi dan secara teknis menjadikan visibilitas pengemudi menjadi lebih baik.  

Gambar menunjukkan desain bagian interior dari mobil Toyota Yaris E 2013

Tampilan interior Toyota Yaris E 2013

Di bagian tengah dashboard hingga ke konsol tengah, Yaris E 2013 memiliki headunit yang telah terintegrasi dengan dashboard. Pusat fitur hiburan ini memiliki kemampuan untuk memutar CD dan radio. Di bagian bawahnya terdapat tiga tombol pengatur AC yang posisinya bertingkat vertikal.  

Lingkar kemudi berpalang tiga memiliki tampilan menarik dengan aksen berwarna silver. Bagian bawah kemudi rata, mengingatkan pada desain setir mobil balap. Pada bagian genggamannya berkontur yang membuat setir nyaman dipegang.

Review Toyota Yaris E 2013: Kursi

Soal akomodasi di dalam kabin, sebagaimana dimensinya yang memiliki wheelbase pendek, berimbas pada ruang kaki di baris belakang yang terasa minim. Kursinya berbalut material fabric, kenyamanan berkendara disuguhkan berkat visibilitasnya yang baik dan pengaturan tempat duduk yang leluasa di bagian depan. Sayangnya posisi duduk di bagian belakang terasa cukup tegak.

Gambar menunjukkan desain bagian kursi mobil Toyota Yaris E 2013

Kursi Toyota Yaris E 2013 berbalut material fabric

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

Fitur Toyota Yaris 2013

Perihal kepraktisan, Yaris E 2013 menawarkan beberapa solusi kepraktisan yang baik. Perihal tempat penyimpanan misalnya, Yaris ini menawarkan jumlah ruang penyimpanan yang berlimpah, mulai dari di sisi tempat duduk, hingga ke bawah dashboard, termasuk cup holder. Yang paling menarik adalah posisi cup holder bagian depan yang berdekatan dengan ventilasi AC, memungkinkan minuman Anda untuk tetap dingin. 

Soal hiburan, pengemudi dan penumpang di Yaris E ini tak hanya akan mendapatkan hiburan dari headunit yang memutar radio atau CD. Meski tampak sederhana, sudah ada port USB yang memungkinkan Anda untuk memutar musik berformat MP3.

Gambar menunjukkan beberapa fitur pada mobil Toyota Yaris E 2013

Toyota Yaris E 2013 menawarkan beberapa solusi kepraktisan yang baik

>>> Ingin Membeli Mobil Bekas Toyota Yaris E 2013? Cek Dulu Beberapa Hal Ini

Operasi Toyota Yaris 2013

Sebagai generasi terakhir sebelum berganti generasi terbaru, Toyota Yaris E 2013 sudah dibekali dengan mesin 1NZ-FE 4-silinder segaris berkapasitas 1.500 cc dengan pilihan transmisi manual 5-speed atau otomatis 4-speed. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga maksimum 107 hp pada 4.600 rpm dan  torsi puncak 142 Nm pada 4.200 rpm.

Dari sisi pengendaraan, wheelbase yang pendek menghasilkan pengendalian yang lincah, apalagi dengan bobot kendaraan yang ringan, menjadikan mobil ini begitu tepat untuk diajak berkendara di tengah kepadatan kota. 

Toyota Yaris E bermesin berkapasitas 1.500 cc

Toyota Yaris E 2013 dibekali mesin berkonde 1NZ-FE

>>> Kelebihan dan Kekurangan Toyota Yaris 2013

Spesifikasi Toyota Yaris 2013

Selanjutanya adalah spesifikasi dari hatchback andalan dari Toyota ini.

Spesifikasi  Toyota Yaris E 2013

Panjang

3750 mm

Lebar

1695 mm

Tinggi

1530 mm

Wheelbase

2460 mm

Ground Clearance

140 mm

Ukuran Ban dan Velg

185/60 R15

Engine

1.5L 1NZ-FE DOHC VVT-i

Konfigurasi Mesin

4 in-line cylinder, 16 valve

Tenaga Maksimal

107 HP @6000 rpm

Torsi Maksimal

142 Nm @4200 rpm

Konsumsi BBM

9-12 km/l (dalkot) dan 11-14 km/l (lukot)

Transmisi

5-speed MT / 4-speed AT

Sistem Penggerak

Roda Depan (FWD)

Suspensi Depan

Independent MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Rigid Axle with Torsion Beam

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Drum

Daftar Harga Toyota Yaris 2013

Toyota Yaris E 2013 dijual mulai Rp 120 juta hingga Rp 150 juta. Angka tersebut tentunya tergantung dari kondisi mobil. Namun ketika Anda ingin membeli Toyota Yaris E 2013 disarankan untuk melihat riwayat servis berkala, kondisi engine mounting, transmisi, serta kaki-kaki dan stir kemudi.

>>> Jika Anda mau membeli mobil Toyota Yaris E 2013, jangan tinggal daftar ini

Kesimpulan Toyota Yaris 2013

Wheelbase yang pendek menjadikan Yaris E 2013 dapat bergerak lincah di jalan-jalan perkotaan. Meski kecilnya dimensi menjadikan ruang kabin juga relatif sempit, namun banyaknya ruang penyimpanan menjadikan hatchback kompak ini cukup menyuguhkan kepraktisan. Mesin 1NZ-FE 1.500 cc yang digunakan menyuguhkan performa yang tepat untuk mobil ini. Dengan dukungan citra merek Toyota, nilai jual kembalinya dapat bertahan dengan kuat.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Rahmat Fajar Nugraha
Share this post:
Rahmat Fajar Nugraha
Penulis
Rahmat Fajar Nugraha
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Review lain

Review Toyota Yaris 2020: Yaris Kembali Groovy

26/10/2019

Editor rate:

Akhirnya Toyota Yaris terbaru keluar juga versi terbarunya. Bentuknya kini keren dan funky membuatnya seolah kembali ‘groovy’. Meski saat ini belum dijual, akankah mobil Toyota Yaris 2020 yang akan jadi model global ini juga akan masuk Indonesia?

Lihat juga

Review Suzuki Celerio 1.0 CVT 2015: Bagi Yang Ingin Tampil Beda

28/09/2019

Editor rate:

Sebenarnya kami agak menyayangkan mengapa mobil ini tidak dijual lagi oleh PT Suzuki Indomobil Sales. Karena menurut kami, mesin potensialnya dikawinkan dengan girboks sejuta rasio alias CVT sudah sangat pas untuk commuter di dalam kota. Mengapa kami bilang begitu? Untuk mengetahuinya simak Review Suzuki Celerio 1.0 CVT 2015 berikut ini. Mobil ini jarang ada, namun layak dimiliki bagi yang ingin tampil beda.

Lihat juga

Review Datsun GO Panca 2014: Mobil Hatchback Murah Dan Punya Fitur Nyaman? Ini Pilihan Terbaiknya

16/09/2019

Editor rate:

Tepat di tanggal 20 Agustus 2014, Datsun GO Hatchback hadir di Tanah Air untuk pertama kalinya. Menjadi model kedua setelah perilisan GO+ yang berdiri di kategori LMPV, di awal tahun serupa. Apa saja fiturnya? Simak informasi selengkapnya dalam review Datsun GO Panca 2014.

Lihat juga

Review Dan Test Drive Toyota Agya 1.2 TRD-S AT 2017: Mobil Dalam Kota Dibawa Keluar Kota, Apa Jadinya?

Rp. 136.950.000

01/07/2019

Editor rate:

Toyota Agya TRD S 2017 hadir ke publik untuk meramaikan persaingan di kelas Low Cost Green Car (LCGC). Dan kami mendapatkan kesempatan istimewa dari PT Toyota Astra Motor untuk mengetes jalan dengan jarak yang panjang untuk membuktikan potensinya. Ini adalah pengetesan yang tidak biasa untuk mobil LCGC kompak.

Lihat juga

Review Suzuki Swift Sport 2013, Calon Mobil The Most Collectible Item In Indonesia?

09/06/2019

Editor rate:

Mobil ini didatangkan bulat-bulat dari Jepang oleh PT Suzuki Indomobil Sales di tahun 2013 demi mendongkrak image Suzuki Sport di Indonesia. Karena saat itu harga jualnya mahal dan diatas Rp 300 juta, tak heran mobil Suzuki Swift Sport 2013 ini hanya berhasil laku 24 unit saja di Indonesia. Lantas, bagaimana pendapat kami mengenai mobil ini?

Lihat juga