Ingin Membeli Mobil Bekas Toyota Yaris E 2013? Cek Dulu Beberapa Hal Ini

29/12/2018

Jual beli
Share this post:
Ingin Membeli Mobil Bekas Toyota Yaris E 2013? Cek Dulu Beberapa Hal Ini
Kali ini, tim Cintamobil.TV mengulik apa yang perlu diperhatikan jika Anda ingin membeli Toyota Yaris E 2013, yaitu generasi ketiga yang disebut sebagai generasi tersukses Yaris hingga saat ini.

Toyota Yaris adalah mobil subkompak yang dijual oleh Toyota sejak 1999 dan menggantikan Starlet. Sebelumnya, hingga 2005, mobil ini dikenal dengan nama Toyota Echo. Sedangkan Yaris generasi ketiga keluaran tahun 2013 bisa disebut sebagai Yaris tersukses. Maka dari itu, tidak salah jika Anda ingin membeli mobil bekas Yaris.

Toyota Yaris E 2013 dibuat lebih kompak, bahkan dari generasi sebelumnya. Karena itu, untuk akomodasi di dalam mobil, tentu saja tidak sebanyak yang ditemukan pada mobil lain. Pasalnya desain yang kompak membuat Yaris harus membuat ruang seefisien mungkin. Bagi Anda yang ingin membeli mobil bekas Yaris, cek dulu beberapa hal sebelum membayarkan dana setara mobil LCGC ini.

1. Cek bumper depan

Gambar bumper depan Toyota Yaris

Cek penutup bumper dan jangan biarkan sekat terbuka

Perhatikan bagian penutup bumper. Jangan biarkan ada sekat yang terbuka. Bagian yang terbuka dan tidak terkunci pada bumper depan akan membuat getaran-getaran yang tidak perlu selama berkendara. Cek juga bagian inder fender depan, pastikan apakah bagian tersebut masih ada pada tempatnya atau sudah dibuka atau ditukar. Bagian ini merupakan salah satu komponen paling tersiksa ketika dibawa berkendara karena harus menerima terpaan aspal hingga cipratan air ketika dibawa ke jalanan becek.

>>> Baca juga: 5 Fitur Penting Saat Musim Hujan, Gunakan Secara Optimal

2. Periksa bagian interior, terutama dasbor

Gambar dasbor Yaris

Cek dasbor yang sebagian besar memiliki material plastik keras

Karena material interior sebagian besar menggunakan bahan plastik keras, periksa apakah ada bagian yang pecah atau terkelupas. Tentu saja, material tersebut paling mudah rusak apabila tidak dirawat dengan baik, contohnya ketika terekspos sinar matahari terus-menerus.

>>> Cek interior Toyota Yaris, Cintamobil.com menawarkan informasi lengkapnya di sini

3. Cek riwayat servis

Gambar engine mounting mobil Toyota Yaris

Cek engine mounting pada mesin

Tentu saja, jika ingin membeli mobil bekas, perhatikan track record dan sejarah perawatan. Mobil yang tidak dirawat secara berkala akan lebih mudah mengalami kerusakan kedepannya. Untuk bagian dalam, periksa engine mounting mobil ini. Periksa kondisi engine mounting dan perhatikan apakah ada keretakan hingga engine mounting yang pecah.

4. Pastikan untuk diajak berjalan

Yang terakhir, periksa dengan membawa mobil ini ke jalan. Dengan menyusuri jalanan, Anda bisa mengetahui kondisi kaki-kaki mobil dan kenyamanan yang diberikan selama berkendara. Periksa juga apakah terjadi getaran yang terjadi pada setir mobil. Apabila terjadi getaran berlebihan selama mengemudi, bisa dipastikan rack steering tidak dalam kondisi yang baik.

>>> Tips dan trik untuk jual beli mobil anda bisa dilihat disini

Nah, jika Anda ingin tahu lebih lanjut tentang tips membeli mobil bekas Toyota Yaris E 2013, Anda bisa melihat video terbaru dari tim Cintamobil.TV berikut ini.

>>> Baca juga tips dan trik mobil lainnya disini

Padli Nurdin
Share this post: