Review Toyota Fortuner G VNT 2014: Big SUV Bekas Terkenal Awet dan Tangguh di Jalan

29/11/2019
editor rate: 4,5 user rate: 4,0
Toyota Fortuner G VNT 2014 bisa menjadi pilihan big SUV dengan keunggulan di segala medan jalan yang bisa Anda gunakan sehari-hari. Big SUV dengan kapasitas 7 penumpang ini menawarkan berbagai kenyamanan dan keamanan yang cukup mumpuni.

PENGANTAR Toyota Fortuner 2014

Review Toyota Fortuner G VNT 2014 - Toyota Fortuner sebagai salah satu produk unggulan Toyota tidak terasa sudah 14 tahun berada di Indonesia dan telah menelurkan dua generasi. SUV ini diperkenalkan pertama kali tahun 2005 di ajang Jakarta International Motor Show. Selanjutnya di tahun 2008 Fortuner mendapatkan facelift pertama. Dari facelift pertama ini mendapat sentuhan perubahan berupa pada bagian lampu depan baru model proyektor, grille model baru, lampu belakang desain baru, serta velg alloy baru. Sedangkan desain grill dan lampu depan dibuat senada dengan desain Toyota Land Cruiser seri 200. Interiornya juga mendapat warna baru, panel kayu dan AC untuk tempat duduk baris kedua dan ketiga.

Gambar menunjukan tampilan Toyota Fortuner G VNT 2014 berwarna putih

Tampilan elegan dari Toyota Fortuner G VNT 2014 

Di tahun 2011, Toyota Fortuner mendapatkan facelift kedua, hingga kemudian di tahun 2015 di Thailand, Toyota Fortuner generasi kedua diperkenalkan kepada publik. Sementara di Indonesia, generasi kedua Toyota Fortuner diluncurkan pada awal 2016 dengan tiga pilihan varian, yaitu G, VRZ dan SRZ.

Dalam kesempatan ini, kami mengulas generasi pertama Toyota Fortuner yang telah mendapatkan facelift kedua yaitu Toyota Fortuner G VNT 2014. Seperti apa tampilan, kenyamanan, hingga kisaran harga dari big SUV ini? Simak ulasannya di bawah ini.

EKSTERIOR Toyota Fortuner 2014

Review Toyota Fortuner G VNT 2014 : Tampilan Depan

Gambar menunjukan tampilan depan Toyota Fortuner G VNT 2014 berwarna putih

Wajah dari Toyota Fortuner G VNT 2014

Toyota Fortuner G VNT 2014 dibekali dengan grille berdesain trapesium menggunakan aksen krom, hadir bersama projector headlamp dengan desain bersudut tajam membuat SUV ini terlihat elegan. Kemudian di bagian bumper depan tersematkan juga fog lamp yang diletakkan pada rumah berwarna hitam bersama lampu Daytime Running Light (DRL) di posisi tengah. Selain itu karena Toyota Fortuner G VNT 2014 telah menggunakan turbo di mesinnya, maka di atas kap mesin sudah tersematkan air scoop yang berfungsi untuk memasok udara segar ke intercooler.

Review Toyota Fortuner G VNT 2014 : Tampilan Samping

Gambar menunjukan tampilan samping Toyota Fortuner G VNT 2014 berwarna putih

Tampilan samping dari Toyota Fortuner G VNT 2014

Toyota Fortuner G VNT 2014 hadir dengan handle pintu berwarna krom serta cover rumah spion yang mendapat sentuhan sewarna bodi bersama lampu sen. Selain itu pengaturan spionnya sudah mendapat pelipatan otomatis dan posisi kaca spion sudah menggunakan penggerak elektris.

Selanjutnya di bagian samping bawah tersematkan juga footstep untuk memudahkan penumpang masuk ke dalam kabin. Sedangkan di bagian atas tersematkan juga roof rail yang memberikan kesan sporty untuk SUV ini. Penyematan roof rail ini berfungsi untuk meletakan roof box sebagai tambahan ruang bagasi jika dibutuhkan.

Beralih ke bagian kaki-kaki, penggunaan pelek berukuran 17 inci berbalut ban R17 265/65 serta ground clearance setinggi 221 mm mendukung ketangguhan SUV ini untuk melintasi segala medan jalan.

Review Toyota Fortuner G VNT 2014: Tampilan Belakang

Gambar menunjukan tampilan belakang dari Toyota Fortuner G VNT 2014 berwarna putih

Tampilan belakang dari Toyota Fortuner G VNT 2014

Bagian belakang Toyota Fortuner G VNT 2014 memiliki stop lamp menggunakan mika bening berdesain aksen krom di dalamnya. Selain itu terdapat juga rear garnish beraksen krom di bagian belakang yang membentang panjang bertuliskan Fortuner memancarkan kesan mewah untuk SUV ini. Tidak lupa ada roof spoiler dan high mount stop lamp membuat mobil ini menjadi lebih sporty.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Toyota Fortuner 2014

Review Toyota Fortuner G VNT 2014 : Layout Dashboard

Gambar menunjukan tampilan dashboard Toyota Fortuner G VNT 2014

Tampilan Layout dasbord Toyota Fortuner G VNT 2014

Masuk ke dalam kabin, sensasi berada di SUV dengan ground clearance tinggi bisa langsung dirasakan berkat komposisi sasis ladder frame. Pada dashboard-nya terdapat head unit double din  dengan layar infotainment digital berukuran 7 inci yang dapat memutar DVD, MP3, radio, serta port USB dan koneksi bluetooth. Pengaturan penyejuk kabin (AC) telah menggunakan tombol tekan dengan layar LCD kecil.

Review Toyota Fortuner G VNT 2014 : Kursi

Gambar menunjukan kursi Toyota Fortuner G VNT 2014

Wujud kursi dari Toyota Fortuner G VNT 2014

Material pembungkus kursi yang digunakan pada Toyota Fortuner G VNT 2014 sejatinya menggunakan bahan fabric, tetapi pada mobil yang kami review kali ini sudah dibalut bahan kulit. Posisi duduk pengemudi, sudah bisa disesuaikan sesuai keinginan dengan pengaturan manual reclining, sliding dan ketinggian. Pada kursi baris kedua, legroom-nya cukup lapang dan sudah tersematkan headrest serta armrest. Sedangkan kursi baris ketiga jika sedang tidak digunakan bisa dilipat untuk melipatgandakan ruang bagasi menjadi lebih luas.

>>> Baca juga:

FITUR Toyota Fortuner 2014

Review Toyota Fortuner G VNT 2014 : Fitur Keselamatan 

Gambar menunjukkan Fitur keselamatan Toyota Fortuner G VNT 2014

Dual SRS Airbag Toyota Fortuner G VNT 2014 hadir di bagian kursi depan dan stir kemudi

Toyota Fortuner G VNT 2014 sudah mendapatkan fitur keselamatan cukup baik. Fitur keselamatan pasif hadir melalui dual SRS Airbag di bagian bangku baris pertama, seat belt 3 titik hingga bangku baris ketiga serta mendapatkan fitur keselamatan aktif dengan  sistem sensor parkir di bagian depan dan belakang, termasuk kamera parkir.

>>> Kelebihan dan Kekurangan Toyota Fortuner 2017

OPERASI Toyota Fortuner 2014

Gambar menunjukan mesin dari Toyota Fortuner G VNT 2014

Tampilan mesin dari Toyota Fortuner G VNT 2014

Toyota Fortuner G VNT 2014 menggunakan mesin diesel berkode 2KD-FTV 4-silinder segaris berkapasitas 2.500 cc dengan imbuhan Variable Nozzle Turbocharger. Jantung pacu ini mampu menyemburkan 145 daya kuda pada 3.400 rpm serta torsi maksimal 243 Nm mulai 1.600 hingga 2.000 rpm. Transmisi otomatis 4-percepatan menyalurkan daya dan torsi tersebut ke roda belakang. Dari hasil pengujian, mobil ini memiliki konsumsi bahan bakar sebanyak 10,4 km/liter.

>>> SUV Kian Digemari di Pasar Global, Toyota Fortuner Ketiban Berkah

spesifikasi Toyota Fortuner 2014

Berikut ini adalah spesifikasi dari Toyota Fortuner G VNT 2014.

SPESIFIKASI Toyota Fortuner G VNT 2014

Mesin

2.500 CC 4 silinder Turbo Diesel

Tenaga

145 hp/3.400 rpm

Torsi

343 nm/1.600-2.000 rpm

Transmisi

RWD/ Otomatis 4-percepatan 

Panjang x Lebar x Tinggi

4.705 x 1.840 x 1.850

Wheelbase

2.750 mm

Ukuran ban

265/65 R17

kelebihan & kekurangan Toyota Fortuner 2014

Berikut kelebihan dan kekurangan Toyota Fortuner G VNT 2014.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Ruang kabin lapang

Konsumsi BBM cukup boros

Mesin bertorsi besar

Desain dasbor biasa saja

Harga bersaing

Belum dilengkapi kontrol kestabilan

Banyak ruang penyimpanan

Tidak ada cruise control

Ground clearance tinggi

Jok kulit bukan sebagai standar (hanya di G Lux dan V)

daftar harga Toyota Fortuner 2014

Toyota Fortuner G VNT 2014 dijual mulai Rp 275 juta hingga Rp 285 juta. Angka tersebut tentunya tergantung dari kondisi mobil. Namun ketika Anda ingin membeli big SUV  ini, disarankan untuk melihat riwayat servis, kondisi mesin, eksterior dan interiornya.

>>> Silakan cek harga dan promo saat membeli mobil Fortuner di sini

Video Toyota Fortuner 2014

KESIMPULAN Toyota Fortuner 2014

Mesin diesel yang digunakan Toyota Fortuner G VNT 2014 memberikan kontribusi terbaik akan kemampuannya untuk diajak berkendara di segala medan baik perkotaan maupun ke jalur off-road ringan. Selain itu, SUV ini juga dikemas dengan fitur keselamatan yang cukup mumpuni. Dengan dukungan citra merek Toyota yang baik, dan nilai jual kembali yang terjaga, Fortuner ini menjadi salah satu SUV yang populer di mata konsumen otomotif Indonesia yang kehadiran patut untuk Anda pertimbangkan.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Rahmat Fajar Nugraha
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil