TIPS BELI MOBIL BEKAS: Toyota Fortuner Generasi Pertama 2005-2015, Si Badak Tangguh Yang Jadi Simbol Status

06/12/2018
Toyota Fortuner telah menjadi salah satu kendaraan untuk menunjukkan status sosial ke orang. Lalu bagaimana how to buy dari Toyota Fortuner Generasi Pertama 2005-2015 yang hadir selama 15 tahun di bumi Indonesia ini?

Lahir di bumi sejak tahun 2005, hanya satu tahun sejak lahirnya Toyota Kijang Innova ke bumi Indonesia. Mobil Toyota Fortuner ini lahir dengan menggunakan basis IMV yang merupakan kependekan Innovative International Multi-purpose Vehicle. Proyek IMV Toyota merupakan dasar basis dari lahirnya mobil-mobil SUV, Light Pick Up Truck maupun MPV Toyota.

Tampak sebuah Toyota Fortuner 2.7 G AT 2005

Toyota Fortuner merupakan proyek IMV dari Toyota Global

Toyota Fortuner diperkenalkan pertama kali di ajang Jakarta International Motor Show pertengahan tahun 2005. Saat itu konsumen Indonesia seolah mendapatkan angin segar, karena mendapatkan pilihan SUV baru. Maklum saja, saat itu pilihan SUV masih sangat terbatas. Toyota Fortuner muncul dihadapan publik Indonesia dibekali dengan mesin legendaris 2700 cc berkode 2TR-FE dengan teknologi katup variabel VVT-i.

>>> Toyota All New Fortuner vs Nissan All New Terra vs Mitsubishi All New Pajero Sport Mending Mana Ya?

Tampek belakang sebuah Toyota Fortuner 2.7 G 2006

Meskipun basis mobil ini dari Toyota Innova yang ditinggikan dan beda bodi, nyatanya rasa berkendara Toyota Fortuner beda dengan Innova

Konsep SUV dengan sasis tangga (ladder frame), dan mampu memuat 7 penumpang dewasa dengan cukup nyaman, sontak membuat Toyota Fortuner diterima di pasar dalam negeri dengan cukup antusias. Bisa dibilang, saat itu Toyota Fortuner melenggang sendiri tanpa pesaing berarti. Lihat saja, Mitsubishi Pajero yang merupakan rival terkuatnya baru muncul 4 tahun kemudian. Memang ada Ford Everest, namun kurang bertaji jika harus melawan kedigdayaan Toyota Fortuner.

>>> Wah Toyota menambahkan fitur baru untuk Toyota Kijang Innova dan All New Toyota Fortuner, fitur apa ya?

Kabin sebuah Toyota Fortuner Diesel 2.5 G MT 2009

Toyota Fortuner mampu menampung 7 penumpang dewasa dengan cukup nyaman

Saat ini, Toyota Fortuner bisa dibilang sebagai si badak tangguh yang menjadi simbol status sosial. Image mahal, tangguh seakan lekat pada dirinya. Dibilang badak karena dimensi tubuhnya yang besar. Lalu bagaimana lengkapnya How to buy: Toyota Fortuner Generasi Pertama yang lahir pada rentang tahun 2005 hingga 2015 (selama 15 tahun nyaris enggak pernah ganti model). Berikut ini kami sajikan ulasannya.

>>> Ini dia kelebihan dan kekurangan All New Toyota Fortuner 2017

Tampak Toyota Fortuner Diesel 2.5 G 4x4 AT 2015

Nyaris 15 tahun peredaran, Fortuner tidak ganti model secara total (major)

1. Bodi Dan Model

Tampak sebuah Toyota Fortuner 2.7 G AT 2005

Beginilah tampilan Toyota Fortuner saat pertama kali diluncurkan ditahun 2005

Toyota Fortuner lahir dibumi Indonesia pada tahun 2005, saat itu hanya ada satu buah pilihan mesin yakni 4 silinder 2700 cc dengan kode mesin 2TR-FE yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 160 hp serta ditawarkan dalam 3 pilihan model. Yaitu G, G Lux, dan V 4x4. Model terakhir merupakan model dengan penggerak 4 roda lengkap dengan transfer case-nya.

Tampak sebuah Toyota Fortuner 2.5 G AT 2008

Ini tampilan Toyota Fortuner saat mengalami facelift ke-2 pada tahun 2008 

Tahun 2006 atau satu tahun setelahnya PT. Toyota Astra Motor (TAM) mencoba sedikit peruntungan dengan meluncurkan Toyota Fortuner bermesin diesel dengan hanya satu pilihan transmisi yakni manual 5 percepatan. Awalnya, Fortuner varian diesel ini disambut baik karena ia menggendong mesin 2KD-FTV berkapasitas 2500 cc 4 silinder berteknologi D-4D atau Direct Four Stroke Turbo Commonrail Injection, serupa dengan Toyota Kijang Innova Diesel.

>>> Ini pendapat kami mengenai Toyota Fortuner 4x4 2014

Ini tampak tampilan facelift ke-3 Toyita Fortuner tahun 2011

Inilah tampilan dari facelift terakhir Toyota Fortuner di tahun 2012 sebelum akhirnya digantikan All New Toyota Fortuner tahun 2016 

Namun ternyata para konsumen Toyota Fortuner Diesel ini kecewa karena tenaga mesin diesel Fortuner ini boyo banget (tidak bertenaga dan lemah untuk akselerasi). Rupanya karakter mesin 2KD-FTV seri awal ini agak kurang cocok bersandingkan dengan transmisi manual 5 percepatan. Sehingga pada tahun 2009, sekalian facelift diluncurkan Toyota Fortuner Diesel dengan imbuhan transmisi otomatis konvensional 4 percepatan, dan mendapat sambutan baik.

>>> Ini pendapat kami mengenai Toyota Fortuner Diesel 2015

Tampak Mesin diesel Toyota Fortuner tahun 2006 dikombinasi dengan transmisi manual

Ini dia mesin diesel 2KD-FTV yang tersemat pertama kali dibalik bonnet Toyota Fortuner pada tahun 2006 dikombinasi dengan transmisi manual

Karakter mesin diesel 2KD-FTV yang masih lemah saat akselerasi putaran bawa ini rupanya masih dikritik keras oleh para konsumennya. Hal inilah yang menyebabkan Toyota sedikit memodifikasi nosel serta bilah turbinnya. Akhirnya pada 2013 tepat satu tahun setelah Fortuner mengalami facelift ke-3 di 2012 dikenalah istilah Fortuner VNT, yang merupakan kependekan dari Variable Nozzle Turbo. Tenaganya pun terkoreksi menjadi lebih besar 46 hp dari Fortuner Diesel sebelum VNT.

>>> Ini hasil test drive lengkap oleh kami mengenai Toyota All New Fortuner 2018

Tampak Panel spidometer Toyota Fortuner 2005 sampai 2015

Inilah tampilan spidometer Toyota Fortuner yang 15 tahun layoutnya tidak pernah ber-ubah dari 2005 hingga 2015

Pada tahun 2013 ini juga diperkenalkan model TRD Sportivo dengan imbuhan bodi kit yang konon lebih sporti dan yang jelas lebih ‘gondrong’ dari varian standarnya. Mulai tahun 2013 ini juga Toyota Fortuner Diesel menjadi primadona konsumen pecinta SUV bermesin tanpa busi tersebut. Meski model Bensin 2700 cc tetap dijual namun volume penjualanya tidak sebanyak varian diesel.

Tampak layout interior Toyota Fortuner

Sama dengan panel spidometernya, layout interior generasi awal ini nyaris 15 tahun enggak pernah berubah

Toyota Fortuner terakhir mendapat penyegaran pada tahun 2015 dengan menghadirkan Toyota Fortuner Diesel dengan penggerak 4 roda alias 4WD. Kehadiran seri Fortuner ini juga merupakan pamungkas dari Toyota Fortuner generasi pertama, dua tahun kemudian lahirnya All New Toyota Fortuner bermesin 2GD-FTV.

>>> Mobil ini mampu menggeser dominasi Toyota Avanza Transmover dan Daihatsu Gran max serta Suzuki Mega Carry

2. Mesin, Transmisi, Dan Kaki-Kaki

Tampak mesin bensin 2TR-FE kepunyaan Toyota Fortuner

Mesin bensin 2700 cc (digambar) maupun 2500 cc diesel nyaris tidak ada masalah berarti

Seperti halnya halnya Toyota, image durabilitas seakan melekat pada mobil dengan logo triple elips ini. Baik mesin bensinnya yang berkode 2TR-FE maupun mesin dieselnya yang berkode 2KD-FTV, sama-sama tidak punya masalah berarti. Keduanya sama-sama punya reputasi badak. Hanya saja untuk mesin diesel harap diperhatikan bahan bakar yang digunakan, memang Toyota mengklaim Fortuner aman mengkonsumsi diesel bersubsidi, namun baiknya mesin diesel ini diisi PertaDex untuk menjaga performanya.

In Frame Sheet Engine 2TR-FE

Mesin 2TR-FE juga digunakan oleh Toyota Innova, Toyota Prado, dan juga Toyota Tacoma

Begitu pula dengan transmisi yang digunakannya, sama-sama menggunakan transmisi konvensional 4 percepatan dengan torque converter. Transmisi buatan Aisin Warner berkode AW30-43LS yang terkenal tangguh dan tahan disiksa. Tentunya transmisi ini akan awet dan lebih tahan lama apabila pemilik sebelumnya tidak pernah alpha dalam mengganti oli transmisi dan mengurasnya. Transmisi ini tidak seperti Fortuner generasi terakhir menggunakan transmisi Aisin Warner berkode AC60E yang kerap dikeluhkan bunyi “jedug” oleh para pengguna All New Toyota Fortuner.

>>> Tips jual beli mobil paling lengkap bisa Anda dapatkan di sini

Tampak Transmisi Toyota Fortuner Aisin Warner

Transmisi Aisin Warner yang digunakan pada Toyota Fortuner juga termasuk bandel dan badak

Untuk sektor kaki-kaki, nah ini yang perlu Anda perhatikan secara seksama. Jangan mentang-mentang Toyota Fortuner memiliki ukuran kaki yang besar serta jenjang, pemilik sebelumnya cenderung mengemudi secara ‘trabasan’ alias jalan seperti apapun di libas, tak peduli lintasan halus maupun kasar. Mengganti secara utuh kaki-kaki Toyota Fortuner mulai dari sokbreker, link, semua joint tentunya akan menguras kantong Anda. So, meskipun masuk dalam mobil tangguh, pastikan tidak ada bunyi aneh pada Toyota Fortuner incaran Anda.

>>> Ini pendapat kami mengenai Toyota Hilux yang spesial tanpa telor

Tampak ban dan pelek Toyota Fortuner 2006

Karena Toyota Fortuner menggunakan ban dan pelek yang besar, waspadai kaki-kaki terutama bushing, karet, dan sokbreker

3. Pajak, Rentang Harga, Dan Biaya Perawatan

Tampak sebuah STNK Toyota Fortuner

Pajak Toyota Fortuner enggak semahal yang dikira, hanya berkisar Rp 5,1 juta hingga Rp 6,7 juta

Asyiknya, meski masuk kelas mobil ‘cukup’ mewah, untuk urusan pajak ternyata tidak seberat yang Anda kira. Hanya berkisar Rp 5 hingga Rp 6,7 juta saja, tentunya hal tersebut akan sangat tergantung apakah Anda terkena pajak progresif atau tidak dan semakin tua Fortuner yang Anda pilih maka akan semakin murah pula pajak. Tentunya tidak mahal apabila dibandingkan dengan sedan, yang skema pajaknya tidak bersahabat bagi mobil jenis tersebut.

>>> Cek review mobil terbaru, terlengkap, dan dengan ulasan mendalam serta beda hanya di Cintamobil.com

Tampak ilustrasi perawatan Toyota Fortuner

Lakukan selalu perawatan Toyota Fortuner Anda dibengkel resmi atau yang terjamin

Untuk rentang harga, Anda bisa melihat disini untuk Toyota Fortuner bensin, 4x4, serta diesel untuk tahun antara 2005 hingga 2007. Dan untuk kisaran harga Toyota Fortuner bensin, diesel, maupun 4x4 baik transmisi otomatis maupun manual untuk tahun 2008 hingga 2010 bisa Anda langsung lihat disini. Untuk generasi facelift terakhir yaitu rentang tahun 2011 hingga akhir masa bakti model ini di 2015 langsung Anda bisa lihat disini.

Tampak Brosur Toyota Fortuner Diesel

Toyota Fortuner dengan mesin diesel adalah favorit konsumen SUV di Indonesia

Bagaimana dengan biaya perawatannya? Tentu saja jika Anda enggak mau repot serahkan saja ke jaringan servis Toyota yang sudah terkenal karena keandalan, keramahan, sekaligus kesigapan mekanik maupun service advisor-nya. Namun, segala kenikmataan itu tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tentunya akan lebih terjangkau jika Anda merawat Toyota Fortuner kesayangan Anda di bengkel umum. Toh, saat ini sudah banyak yang dapat menangani mesin Toyota Fortuner.

>>> Cek juga mobil bekas lainnya disini

Tampak Layout interior Toyota Fortuner generasi pertama yang terakhir

Inilah layout interior terakhir dari Toyota Fortuner generasi pertama

4. Kesimpulan

Tampak Sebuah Toyota Fortuner 2.5 G VNT AT 2013

Toyota Fortuner 2.5 G VNT AT 2013 adalah mobil yang Cintamobil.com rekomendasikan untuk Anda

So, Which Car Would You Buy? Hmm… jujur agak sulit bagi kami Tim Cintamobil.com untuk memberikan rekomendasi untuk Anda. Hal ini dikarenakan panjangnya durasi produk ini dalam melakukan penetrasi pasar. Dan setiap generasi masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, hanya bagi Anda pembaca setia Cintamobil.com, kami berani untuk merekomendasikan Anda untuk membeli Toyota Fortuner VNT 2013 non TRD Sportivo. Karena harganya paling masuk akal, dan juga tenaga mesinnya sudah memadai untuk menghela bodi berat Toyota Fortuner. 

>>> Baca juga tips dan trik mobil lainnya disini

Arfian Alamsyah

Ulasan anda

berita lain