Komparasi Virtual Pendatang Baru, New Nissan Terra Dengan Toyota Fortuner Dan Mitsubishi Pajero Sport

31/05/2018

Mobil baru
Share this post:
Komparasi Virtual Pendatang Baru, New Nissan Terra Dengan Toyota Fortuner Dan Mitsubishi Pajero Sport
Kemarin (28/5), Nissan Global melakukan selebrasi di Filipina dengan memperkenalkan model Mid-Sport Utility Vehicle (SUV) teranyar yakni Nissan Terra. Acara perilisannya ini akan diteruskan ke beberapa negara Asia lainnya seperti Thailand, Indonesia, Brunei, Cambodia, Laos, Myanmar dan Vietnam.

Di Indonesia, sudah pasti Nissan Terra 2018 akan hadir sebagai arsenal utama di segmen medium SUV yang saat ini diperebutkan dengan hangat oleh Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport. Dan Bagi Nissan, Terra diharapkan dapat menjadi “sang juru selamat” untuk mengembalikannya ke percaturan utama pasar otomotif Nasional setelah baru saja terdepak dari 10 besar oleh pendatang baru Wuling.

Komparasi Virtual Nissan Terra dengan Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport yang sama-sama berdiri dalam kategori Mid-SUV

Komparasi SUV antara Nissan Terra, Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport

Pertanyaan pun muncul, kira-kira seperti apa jadinya jika Nissan Terra dibandingkan dengan mobil SUV sekelasnya seperti Toyota Fortuner dan Pajero Sport. Rasanya artikel Cintamobil.com kali ini akan lebih menarik, membandingkannya dengan dua pemain lama Mid-SUV Indonesia.

KOMPARASI EKSTERIOR

Toyota Fortuner yang belum lama ini diberikan pembaruan, menampilkan kesan eksterior kokoh dengan Front Grille 3 palang sejajar berlapis Smoke Chrome. Menyematkan bodi kit TRD di setiap sisi sampingnya menjadikannya lebih kental akan nuansa sporty. Sedangkan untuk dimensi bodi, Toyota Fortuner berukuran panjang 4.795 mm dengan lebar 1.855 mm.

Toyota Fortuner dikemas apik dengan Front Grille 3 palang sejajar berbalut kemewahan Smoke Chrome

Tampilan Toyota Fortuner TRD kental akan nuansa sporty dan maskulin

Berbeda halnya jika melirik pemain tangguh, Mitsubishi Pajero Sport, tampilannya akan terlihat lebih futuristik pada fascia depan. Adapun dimensi bodinya akan lebih ramping daripada Toyota Fortuner dengan panjang 4.785 mm dan lebar 1.815 mm. Dipadukan dengan Front Grille berlapis krom berukuran lebih minimalis menghubungan kedua buah lampu utamanya. Menariknya, tampilan keseluruhan bodinya juga terlihat sporty dengan mengusung Tailgate Spoiler.

Mitsubishi Pajero Sport tampil dengan desain futuristik terutama pada bagian depannya

Mitsubishi Pajero Sport mengusung tampilan maskulin dan modern

Mid-SUV pendatang baru, Nissan Terra, akan memiliki dimensi bodi lebih besar dari keduanya dengan ukuran panjang 4.885 mm dan lebar 1.865 mm. Tentu racikan tersebut berdampak kepada ruang kabin yang lega serta performa laju yang lebih stabil. Dari sisi depan, tampilannya menonjolkan pesan mewah nan elegan dengan ornamen krom mengilap pada Front Grille-nya. Hal tak kalah menarik, juga disuguhkan dari lampu depan berkualitas dipadukan dengan teknologi Daytime Running Light (DRL) serta lampu kabut.

Nissan Terra mengusung ukuran bodi lebih besar sehingga mampu memberikan ruang kabin yang lebih lega

Tampilan Nissan Terra 2018 memadukan pesan maskulin dan kokoh di berbagai sisi

>>> Klik di sini untuk mengetahui ulasan lengkap dari Nissan Terra 2018

KOMPARASI INTERIOR

Interior Nissan Teana dirancang dengan konsep minimalis didominasi warna hitam pada panel dashboardnya. Di bagian tengahnya dikemas dengan formasi 2 buah Blower pada bagian teratas, panel Head Unit di bagian tengah dan fitur penyejuk Air Conditioning (AC) berkonfigurasi otomatis pada bagian bawahnya. Adapun pada tuas transmisi tampilannya terlihat elegan dengan ornamen berlapis krom sehingga Anda dapat tampil lebih percaya diri ketika mengendarainya.

Interior Nissan Terra dikemas dengan desain minimalis dan panel Head Unit mumpuni

Nissan Terra mengandalkan panel Head Unit berkualitas yang mampu mengoperasikan hiburan atraktif serta Nissan Intelligent Mobility

Berbeda halnya dengan desain interior Toyota Fortuner yang dikemas lebih apik memadukan balutan material kulit dan warna cokelat. Tak lupa, Anda juga disuguhkan fitur hiburan yang dapat dioperasikan lewat panel Head Unit dan fitur Auto AC Digital Display Digital Display. Panel kayu sebagai penengas pesona mewah interiornya, juga diaplikasikan pada tuas transmisinya.

Interior Toyota Fortuner berbalut konsep mewah dengan dominasi warna hitam dan cokelat

Ruang interior Toyota Fortuner terlihat cukup mewah

Pesan mewah dengan konsep berbeda ditampilkan pada ruang interior Mitsubishi Pajero. Ruang kabinnya didominasi warna Beige mampu menguatkan pesan elegan dan mewah bagi Anda dan seluruh penumpang. Sementara itu, panel Head Unit-nya berlapis material kayu nampak diapit oleh 2 Blower di kedua sisinya. Aspek kenyamanan lain juga dapat Anda rasakan dari AC otomatis 2 Zona serta panel Monitor 9 inci di bangku keduanya.

Interior Mitsubishi Pajero Sport dikemas cukup atraktif dengan penggabungan ornamen kayu di beberapa sisinya

Atmosfer interior Mitsubishi Pajero Sport definisi mewah yang berbeda

>>> Baca juga:

KOMPARASI MESIN

Tentu jika melihat utilitas SUV yang dikonsep tampil tangguh untuk kegiatan Outdoor dan tampil maskulin di perkotaan, rasanya spesifikasi Nissan Terra mencukupi kedua kebutuhan tersebut. Memadukan aspek Ground Clearance sebesar 225 mm dan mesin YD25 bertenaga Diesel, Nissan Terra mampu melibas beragam medan berat layaknya pegunungan maupun hilir sungai. Tak tanggung-tanggung, mesinnya juga mampu menyemburkan daya 190 HP pada putaran 3.600 Rpm dengan torsi maksimum 450 Nm setara 2.000 Rpm.

Mesin Nissan Terra tampil lebih unggul daripada kedua kompetitornya dengan memboyong mesin YD25 diesel

Dari performa mesin, Nissan Terra tampil lebih unggul daripada 2 pesaingnya

Meski ketiganya, sama-sama menggunakan tenaga Diesel, namun performa yang diberikan terasa cukup berbeda. Jika ditilik dari segi output, daya maksimum Toyota Fortuner yang berada di angka 148 HP dan torsi puncak 400 Nm, performa mesinnya harus diakui kalah dengan Nissan Terra. Bahkan dari kubu Mitsubishi Pajero, performa mesin 2.4 Liter-nya mampu meraih daya 179 HP dengan torsi puncak 430 Nm, tak akan memiliki selisih jauh dengan Nissan Terra.

>>> Artikel Terkait:

KOMPARASI FITUR

Tentu performanya sebagai mobil SUV juga dituntut untuk dapat mengarungi medan berat. Dengan alasan tersebut, Toyota Fortuner dikemas dengan teknologi Downhill Assist Control (DAC) dan Hill Assist Control (HAC), sehingga mampu melaju di area pegunungan tanpa hambatan. Tak lupa, performanya juga stabil di area licin dengan dikemasnya teknologi A-TRC dan Vehicle Stability Control (VSC).

Fitur Toyota Fortuner didukung teknologi kestabilan A-TRC dan VSC

Performa Toyota Fortuner ditunjang oleh teknologi A-TRC dan VSC

Di kubu Mitsubishi Pajero Sport, fiturnya nampak lebih unggul daripada Toyota Fortuner dengan memboyong racikan teknologi Forward Collision Mitigation (FCM), Blind Spot Warning (BSW) dan Ultrasonic MIS-Acceleration Mitigation System (UMS). Ketiganya mampu memberikan notifikasi audio kepada pengendara jika sistem mendeteksi adanya potensi kecelakaan. Tak lupa, Mitsubishi Pajero Sport juga dilengkapi teknologi SUV layaknya Active Stability & Traction Control (ASTC) dan Hill Start Assist (HSA).

>>> Untuk tahu lebih jelas tentang mobil lainnya, silahkan klik sini

Fitur Mitsubishi Pajero Sport tampil lebih unggul daripada Toyota Fortuner dengan menghadirkan teknologi tambahan FCM, BSW dan UMS

Performa Mitsubishi Pajero Sport dibekali oleh teknologi mumpuni

Dibanding kompetitornya, Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport, Nissan Terra tampil unggul dari segi fitur keamanan. Pasalnya, mobil SUV teranyar besutan Nissan dibekali rangkaian teknologi inovatif dinamai Nissan Intelligent Mobility. Terdapat teknologi Lane Departure Warning (LDW), Blind Spot Warning dan Intelligent Around View Monitor, yang mampu memberikan notifikasi audio ketika kendaran melaju di luar marka jalan hingga pantauan luas di sekeliling mobil. Adapun performanya di area pegunungan juga ditunjang oleh teknologi HSA dan Hill Descent Control (HDC).

 

Nissan Terra tampil dengan teknologi terbaru dinamai Intelligent Around View Monitor yang menjadi salah satu rangkaian dari Nissan Intelligent Mobility

KOMPARASI SPESIFIKASI

KOMPARASI SPESIFIKASI

MODEL

NISSAN TERRA

MITSUBISHI PAJERO SPORT

TOYOTA FORTUNER

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.885 mm x 1.865 mm x 1.835 mm

4.785 mm x 1.815 mm x 1.805 mm

4.795 mm x 1.855 mm x 1.835 mm

Ground Clearance

225 mm

218 mm

225 mm

MESIN

Tipe Mesin

YD25 Diesel Engine

4N15 2.4 Liter MIVEC Turbocharged dan Intercooler

2GD-FTV 4 Silinder Segaris DOHC VNT Intercooler

Daya Maksimum

190 HP / 3.600 Rpm

179 HP / 3.500 Rpm

148 HP / 3.400 Rpm

Torsi Maksimum

450 Nm / 2.000 Rpm

430 Nm / 2.500 Rpm

400 Nm / 1.600 – 2.000 Rpm

KESIMPULAN

Perlu diketahui juga bahwa produk Nissan Terra ini disesuaikan dengan kondisi alam dan perkotaan dari negara Filipina.  Namun, jika segala keunggulannya akan tampil sama ketika nanti dihadirkan di Indonesia, bisa dikatakan Nissan Terra akan menjadi salah satu model Mid-SUV terbaik di antara pesaingnya. Sisanya akan ditentukan dari performanya setelah meraih 50.000-100.000 Km, jaringan After-Sales Nissan dan geliat pasar Nissan di Indonesia. Meski begitu, di atas kertas, Nissan Terra tampil unggul dalam berbagai aspek daripada pesaingnya. Seakan tersirat, sebuah ancaman halus dari Nissan terhadap kompetitor lainnya dalam kategori Mid-SUV. 

>>> Baca juga berita otomotif lainnya disini

Share this post:
 
back to top