Review Toyota Camry Grande 1998: Penerus Hegemoni Toyota Corona

04/09/2020

Share this post:

Toyota Camry 1998

Editor rate:

Rp. 45.000.000

Harga mobil Toyota Camry Lihat promo

Inilah sedan besar pabrikan triple elips yang menjadi penerus hegemoni Toyota Corona di Tanah Air, PT Toyota Astra Motor memperkenalkan Toyota Camry Grande 1998

Review Toyota Camry Grande 1998: Penerus Hegemoni Toyota Corona
Review Toyota Camry Grande 1998: Penerus Hegemoni Toyota Corona
0 Gambar

Pengantar Toyota Camry 1998

Mari kita simak spesifikasi Toyota Camry 1998 di bawah ini.

Kelebihan

Suspensi nyaman

Mesin bertenaga

Fitur lebih lengkap dari rivalnya

Kekurangan

Body roll (limbung) sangat terasa saat melibas tikungan

Konsumsi BBM boros

Handling tidak sebaik rival senegaranya

Menyusul tuntasnya masa bakti Toyota Corona pada tahun 1998, PT Toyota Astra Motor (TAM) meneruskan tongkat  estafet dengan menghadirkan Toyota Camry. Sedan besar kebanggaan Toyota ini memiliki nama yang berasal dari kata Jepang kanmuri berarti mahkota. Dari nama, tersirat bahwa Toyota memproyeksikan Toyota Camry Grande 1998 sebagai sedan berorientasi penuh pada kenyamanan  dan kemewahan seperti kakak kandungnya, Toyota Crown

Gambar tampilan depan Toyota Camry Grande 1998

Toyota Camry melanjutkan estafet Toyota Corona

Dan benar saja, Camry generasi keempat ini berpostur lebar dan pipih hingga impresi yang dimunculkan jadi lebih  berkelas dibanding Toyota Corona sang pendahulu walau saat itu badai krisis moneter mengacaukan vitalitas pasar otomotif, tapi penerimaan masyarakat terhadap Camry berlangsung positif. Tidak terjual masif, tapi nadi penjualan tetap berdenyut.

Gambar logo Grande pada Toyota Camry 1998

Camry yang kami ulas adalah trim termewahnya yakni Grande

Pada bulan Juli 1998, ia dirilis dalam dua trim, GLX dan Grande. GLX mengandalkan mesin bensin 2.200 cc dengan keluaran tenaga 133 dk. Sedangkan versi termewah yang diwakili Grande tampil perkasa dengan dapur pacu 3.000 cc V6 berkekuatan 194 dk. Kedua mesin menggunakan material aluminium demi mengejar reduksi bobot yang baik dan dirancang agar minim dari gangguan vibrasi. Terutama Grande yang bertransmisi otomatis 5-percepatan.

Gambar mesin 2AZ-FE Toyota Camry 1998

Camry generasi ini juga punya pilihan mesin 2.200 cc bertransmisi manual

Camry generasi keempat ini tercatat mewarnai showroom lokal hingga Desember tahun 2000. Selanjutnya, si “Stop Lamp Tipis”, julukannya, mengalami perubahan minor di wajahnya. Utamanya dari lampu belakang yang meninggalkan aksen ‘tipis segaris’. Cluster lampu stop itu sedikit diperbesar oleh Toyota hingga lay-out buritan kian proporsional.

Gambar Toyota Camry balap

Camry generasi ini juga pernah ikut ajang balap

Begitu juga dengan lampu depan yang terlihat lebih padat dibanding sebelumnya, plus paduan garis di horizon yang mewarnai area gril menampilkan kedewasaan Camry. Akhirnya, Camry menjadi purnawirawan pada 2001 dengan digantikan oleh generasi kelima yang resmi menjadi mobil dinas menteri. Sah disebut bahwa nama besar Camry takkan bersinar di Indonesia tanpa peran “Stop Lamp Tipis” yang sukses merintis karir.

Dilirik Jadi Mobil Petinggi Negara

Gambar Toyota Camry tipe V 3.0 V6 2005

Setelahnya Camry identik dengan mobil pejabat

Begitu nyamannya, sampai-sampai pada tahun 2005 Camry dilirik pemerintah untuk dijadikan mobil resmi Kabinet Indonesia Bersatu. Sebelum menjadi mobil menteri, Camry dipakai terlebih dahulu sebagai mobil pengantar peserta Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Afrika tahun 2005. Dari 60 unit tersebut, 2 unit untuk Ibu Negara dan wakil, 35 dipakai sebagai mobil menteri dan 18 untuk digunakan ketua dan wakil ketua lembaga-lembaga tinggi negara. Sementara empat sisanya untuk cadangan jika ada masalah. Simaklah review Toyota Camry Grande 1998 di bawah ini.

Eksterior Toyota Camry 1998

Review Toyota Camry Grande 1998: Tampilan Depan

Gambar tampilan depan Toyota Camry Grande 1998

Tampang depannya begitu berwibawa khas mobil mewah '90an

Tampilan eksterior depan Toyota Camry Grande 1998 ini tampak konservatif namun tetap menunjukkan kesan elegan nan mewah. Hal itu tercermin pada penggunaan headlamp multi reflektor sebening kristal. Pada zamannya, reflektor bening seperti ini cukup menunjukkan aura kemewahan. Dipadu dengan desain grille horizontal dengan bilah-bilah sirip dan dikelilingi dengan lis chrome seakan makin memancarkan aura mewahnya.

Review Toyota Camry Grande 1998: Tampilan Samping

Gambar tampilan samping Toyota Camry Grande 1998

Dimensi yang memanjang juga membuat kesan dinamis pada mobil

Berlanjut ke bagian eksterior samping dari Toyota Camry Grande ini, velg alloy 7 spoke dengan finishing polished makin menambah kesan mewah pada sedan bongsor Toyota ini. Lampu sein di fender membuat visibilitas pengendara lain kian jelas saat pengemudi Camry ini memberi isyarat berbelok. Sayangnya, gagang pintu masih model lama, belum pakai model gagang tarik yang kekinian. 

Review Toyota Camry Grande 1998: Tampilan Belakang

Gambar tampilan belakang Toyota Camry Grande 1998

Lampu belakang 'tipis' jadi ciri khas Toyota Camry Grande 1998

Inilah bagian terunik pada Toyota Camry Grande 1998, yakni lampu belakangnya yang tipis dan ditarik dari masing-masing sisinya. Seperti khasnya mobil yang dirancang tahun 1990an, belum tersedia sensor parkir di bumper belakang yang dapat memberi tahu pengemudi melalui isyarat suara mengenai seberapa dekat jarang dengan objek di belakang mobil. 

>>> Awas, Salah Perawatan AC Camry Hybrid Bisa Habis Mahal Lho!


Interior Toyota Camry 1998

Review Toyota Camry Grande 1998: Layout Dashboard

Gambar layout dashboard Toyota Camry Grande 1998

Layout dashboard simpel

Layout dashboard dari Toyota Camry Grande 1998 ini juga terasa modern bahkan hingga kini. Desainnya simpel dan mengutamakan fungsi. 'Kubah' speedometer rendah membuat visibilitas ke depan kian jelas. Sayangnya, meski posisi duduknya nyaman, namun untuk meraih beberapa tombol misalnya pengaturan AC dan audio agak terasa jauh.

Review Toyota Camry Grande 1998: Kursi

Gambar Layout Kursi Toyota Camry Grande 1998

Kursi Camry terkenal nyaman dan Camry Grande ini bukan pengecualian

Lima penumpang termasuk pengemudi Toyota Camry Grande 1998 ini dapat duduk dengan nyaman dikarenakan kursi sedan mewah ini terasa empuk diduduki serta besar. Sayangnya, hanya ada empat orang saja di dalam kabin yang mendapat keamanan proper dengan seatbelt 3 titik dan sandaran kepala, sebab satu kursi yang diduduki penumpang di belakang hanya tersedia seatbelt 2 titik dan tak ada headrest. 

Gambar kursi belakang Toyota Camry Grande 1998

ISOFIX? Sayangnya tidak tersedia

Review Toyota Camry Grande 1998: Setir

Gambar setir Toyota Camry Grande 1998

Setir nyaman digenggam

Lingkar kemudi dari Toyota Camry Grande 1998 ini nyaman digenggam karena sudah dibungkus kulit serta lingkar diameter dan ketebalannya pas. Meskipun belum dilengkapi dengan audio steering switch apalagi MID (Multi Information Display) steering switch, namun posisi duduk ideal pengemudi dapat dengan mudah dicapai berkat penerapan setup tilt and telescopic pada setir ini.

>>> Ini Cara Mengetahui Pajak Toyota Camry

Fitur Toyota Camry 1998

Review Toyota Camry Grande 1998: In-Car Entertaiment System & Pengaturan AC

Gambar Head unit dan tombol pengaturan AC Toyota Camry Grande 1998

Head unit dual din plus AC dengan climate control

Head unit Toyota Camry Grande 1998 menggunakan ukuran dual din dengan kemampuan memutar kaset, CD, dan radio. Memang sederhana, namun saat itu belum zamannya Bluetooth alih-alih musik dengan format digital seperti aplikasi Joox atau Spotify. Pengaturan AC mobil ini juga sudah modern karena telah menganut model full digital dengan kemampuan climate control.

>>> Tips Beli Toyota Camry 2003, Mobil Mewah Bekas Harga Murah Dibawah Rp 100 Juta

Operasi Toyota Camry 1998

Gambar Mesin 1MZ-FE Toyota Camry 1998

Mesin berbahan aluminium kurangi bobot

Toyota Camry Grande 1998 mengusung mesin 3.000 cc berkonvigurasi V6. Mesin berkode 1MZ-FE ini menggunakan material aluminium demi mengejar reduksi bobot yang baik dan dirancang agar minim dari gangguan vibrasi. Mesin ini sanggup mengeluarkan daya 194 HP pada putaran 5.200 rpm dan torsi 248 NM di kitiran mesin 4.400 rpm. Tenaga dan torsi tersebut tersalur ke dua roda depan melalui transmisi otomatis 4-percepatan konvensional.

Spesifikasi Toyota Camry 1998

Berikut ini adalah spesifikasi Toyota Camry Grande 1998 :

Mesin Toyota Camry Grande 1998
 Seri mesin

 1MZ-FE V6, DOHC

 Sistem Pasokan Bahan Bakar

 Electronic Fuel Injection

 Jumlah Katup

 24 Katup (2 Inlet dan 2 Outlet Per Silinder)
 Tenaga Maksimum

 194 HP @ 5.200 rpm

 Torsi Maksimum

 248 NM @ 4.400 rpm

 Kapasitas Silinder

 2,994 cc

 Bore X Stroke

 87,5 mm X 83,0 mm

 Tipe Transmisi

 Otomatis 4-percepatan, Penggerak Roda Depan (FWD)

  Rangka Toyota Camry Grande 1998

 Panjang X Lebar X Tinggi

 4.765 mm X 1.786 mm X 1.430 mm

 Jarak Sumbu Roda

 2.670 mm

 Ground Clearance

 150 mm

 Jumlah Tempat Duduk

 5 Tempat Duduk

 Kapasitas Tangki

 60 Liter
  Suspensi/Kaki-Kaki Toyota Camry Grande 1998

Suspensi Depan & Belakang

 MacPherson Strut & Dual Link Strut

Sistem Kemudi

 Rack And Pinion with Hydraulic Power Steering

Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc & Disc

Teknologi Sistem Pengereman

 ABS, EBD, BA

Teknologi Safety Sasis

 G.O.A Body by Toyota

Struktur Sasis

 Monokok, Sedan C Segment

Pelek

 Alloy, 17 Inch

Jenis Ban

 Radial, 215/55R17

Daftar Harga Toyota Camry 1998

Gambar Harga Toyota Camry 1998

Harga yang ditawarkan bervariasi

Toyota Camry Grande 1998 ini ditawarkan dengan harga yang beragam, mulai dari Rp 30 juta untuk kondisi surat-surat mati hingga Rp 65 juta dengan kondisi lumayan istimewa. Tapi perlu Anda ingat, harga yang kami sebutkan tersebut sangat tergantung dari kondisi aktual kendaraan. Jangan lupa minta ke penjual untuk menemani saat test drive guna mengetahui kelemahan dari mobil yang Anda incar.

Kesimpulan Toyota Camry 1998

Gambar ilustrasi kesimpulan review Toyota Camry Grande 1998

Mobil ini cocok untuk Anda yang...

Menginginkan kenyamanan dengan harga tidak mahal. Nama besar Toyota seakan menjadi jaminan akan durabilitas mobil ini. Tapi Anda jangan komplain terhadap konsumsi BBMnya yang agak rakus dan kaki-kaki yang biasanya sudah minta jajan mengingat umur mobil ini sudah 22 tahun saat artikel ini ditulis. So, berminat berburu Camry generasi pertama dengan harga menggiurkan?

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
Share this post:
Arfian Alamsyah
Penulis
Arfian Alamsyah
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Review lain

Review Toyota Camry 3.5 Q V6 AT 2006: Sedan Pejabat Dengan Mesin Berotot

Rp120.000.000

03/06/2020

Editor rate:

Bagaimana jika sebuah sedan mewah yang lekat dengan karakter sedan pejabat dipasang mesin yang berotot? Simaklah Review Toyota Camry 3.5 Q V6 sampai habis...

Lihat juga

Review Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015: Sedan Hemat yang Nyaman

Rp. 758.700.000

23/05/2020

Editor rate:

Jika Anda mencari sebuah sedan besar dengan kehematan mobil sekelas LCGC (Low Cost Green Car) maka Toyota Camry 2.5 Hybrid 2015 ini layak dipertimbangkan

Lihat juga

Review All New Toyota Camry 2019

08/01/2019

Editor rate:

Akhirnya Toyota All New Camry 2019 diluncurkan di Indonesia bulan Januari 2019 ini. Bentuknya benar-benar jauh berbeda bila dibandingkan dengan Toyota Camry generasi sebelumnya. Ini pendapat kami mengenai All New Toyota Camry 2019 versi Indonesia.

Lihat juga

Spesifikasi Toyota Camry 2.5V 2012 , Mobil Sedan Mewah Khusus Penumpang Belakang

05/04/2018

Editor rate:

Tahun 2012, Toyota meluncurkan All New Camry dengan desain yang lebih mewah dan menawan untuk menarik perhatian. Seperti apa performa dari mobil yang menjadi salah satu mobil terlaris di segmennya? Berikut ini adalah spesifikasi Toyota Camry 2.5V 2012.

Lihat juga

Review Toyota Camry 2.5 V 2019

13/06/2019

Editor rate:

Menjadi salah satu tipe yang diposisikan sebagai volume maker di keluarga Toyota Camry saat ini, apakah Toyota Camry 2.5 V 2019 layak dimiliki oleh para eksekutif sukses di Indonesia?

Lihat juga