Review Toyota Camry 2.5 V 2019

13/06/2019

Share this post:

Toyota Camry 2019

Editor rate:

Lihat promo

Menjadi salah satu tipe yang diposisikan sebagai volume maker di keluarga Toyota Camry saat ini, apakah Toyota Camry 2.5 V 2019 layak dimiliki oleh para eksekutif sukses di Indonesia?

Review Toyota Camry 2.5 V 2019
Review Toyota Camry 2.5 V 2019
0 Gambar

Pengantar Toyota Camry 2019

Mari kita simak spesifikasi Toyota Camry 2019 di bawah ini.

Kelebihan

Dari segi penampilan menghadirkan kesan lebih agresif dan dewasa

Konsep kabin yang mewah dengan hadirnya fitur hiburan premium untuk segmennya

Platform TNGA memaksimalkan karakter bantingan suspensi lebih nyaman, namun tetap sigap dan presisi dalam hal pengendalian

Kekurangan

Tidak memiliki fitur keselamatan dan berkendara selengkap seperti versi Hybrid

Road noise terasa masuk ke dalam kabin secara cukup keras

Review Toyota Camry 2.5 V 2019 - Toyota Camry memiliki tempat spesial di kalangan eksekutif sukses di Indonesia. Sedan termewah di keluarga Toyota Indonesia saat ini sering diidentikkan sebagai simbol kemapanan para eksekutif sukses yang berkarir di perusahaan nasional dan multinasional. Bahkan untuk mobil yang debut perdana di Indonesia pada 1999 ini dengan generasi keempat (XV20) ini sempat menjadi mobil dinas menteri pada Kabinet Indonesia Bersatu I dari tahun 2004-2009, yang menggunakan Toyota Camry Generasi kelima (XV30).

Gambar beberapa orang yang sedang memfoto dengan mobil Toyota All New Camry 2019 saat diluncurkan

All New Toyota Camry 2019 diluncurkan di Indonesia bulan Januari 2019 ini

Dua dekade berselang, sudah terjadi pergantian generasi Toyota Camry sebanyak lima kali, dimana generasi kedelapan debut di awal 2019 dengan tiga pilihan varian, yakni G, V, dan Hybrid. Dikabarkan salah satu model yang menjadi 'calon' volume maker dari Toyota Camry berkode bod XV70 ialah tipe V, alias Toyota Camry 2.5 V 2019. Ia posisinya sejatinya berada dalam range tengah, dimana tipe terbawah adalah tipe G dan tipe tertinggi dimiliki versi Hybrid. Namun dengan rangkaian fitur dan kemewahan yang disajikan, apakah sang 'volume maker' Toyota Camry ini bisa memanjakan hasrat kemewahan para pemiliknya? Simak terus ulasan selengkapnya dalam review Toyota Camry 2.5 V 2019 dari Cintamobil.com berikut ini. 

Eksterior Toyota Camry 2019

Review Toyota Camry 2.5 V 2019 : Eksterior Depan

Gambar sebuah mobil Toyota Camry 2.5 V 2019 berwarna putih dilihat dari sisi depan

Tampilan eksterior depan Toyota Camry 2.5 V 2019

Penampilan eksterior depan Toyota Camry 2.5 V 2019 memang terasa lebih dewasa dan agresif, jika dibandingkan generasi sebelumnya yang mengusung pendekatan 'keen look'. Kini garis agresif lebih terasa dari fascia depan yang ditonjolkan melalui lekuk grille depan berukuran masif dan hampir memenuhi total ruang area bumper depan. Adapun desain headlight LED dipadukan daytime running light dan turning light. 

Review Toyota Camry 2.5 V 2019 : Eksterior Samping

Gambar sebuah mobil Toyota Camry 2.5 V 2019 berwarna putih dilihat dari sisi samping

Tampilan eksterior samping Toyota Camry 2.5 V 2019

Pendekatan desain samping Toyota Camry 2.5 V 2019 memang terasa lebih modern berkat guratan garis desain yang tegas pada sepanjang garis horizontal handle pintu, serta pada area pintu bawah yang memperkuat keluk fender atau quarter panel belakang. Desain kaca samping dibuat cukup besar untuk visibilitas di dalam kabin, dengan detil lekukan yang cukup lembut pada bagian pintu samping belakang mendekati pilar C. Untuk pelek yang digunakan merupakan pelek alloy 10-spoke berukuran 17 inci. 

Review Toyota Camry 2.5 V 2019 : Eksterior Belakang

Gambar sebuah mobil Toyota Camry 2.5 V 2019 berwarna putih dilihat dari sisi belakang

Tampilan eksterior belakang Toyota Camry 2.5 V 2019

Buritan belakang Toyota Camry 2.5 V 2019 terasa lebih sporty dengan lekuk bagasi yang seakan membentuk lekuk a la ducktail. Penempatan lampu taillight LED dibuat horizontal dan dipadukan panel garnish bertuliskan camry. Uniknya di bagian bumper bawah terdapat sentuhan two-tone dengan bumper bawah berkelir hitam dengan paduan knalpot ganda mengisi sisi kiri dan kanan dari mid-size sedan Toyota ini. 

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Toyota Camry 2019

Review Toyota Camry 2.5 V 2019 : Dashboard & Setir

Gambar interior mobil Toyota Camry 2.5 V 2019 dari sisi dashboard dan setir

Tampilan ruang dashboard dan setir Toyota Camry 2.5 V 2019

Toyota Camry 2.5 V 2019 mengedepankan konsep  High Quality Cockpit melalui desain yang sama sekali baru. Sentuhan wood panel dengan aksen piano black bisa ditemukan di area dashboard. Jika melihat dari sudut pandang pengemudi, maka terdapat instrument cluster model analog dengan sentuhan digital berupa layar MID 4.2 inci, serta setir yang didukung tombol multifungsi untuk mengatur sistem audio, MID, serta Cruise Control. Sedangkan pada sisi sudut pandang penumpang depan, selain bisa melihat lekukan wood panel yang terasa mewah, juga bisa memainkan sistem hiburan 9 inci Integrated Multimedia Touch Screen.

Review Toyota Camry 2.5 V 2019 : Jok

Gambar sebuah mobil Toyota Camry 2.5 V 2019 dari sisi jok

Tampilan posisi jok Toyota Camry 2.5 V 2019

Selayaknya sebuah mobil dengan banderol harga di atas Rp500 jutaan, Toyota Camry 2.5 V 2019 sudah selayaknya merepresentasikan kemewahan yang tersaji melalui jok berlapis leather dengan detil unik berupa ornamen garis vertikal berkelir warna coklat. Untuk jok pengemudi dan penumpang depan sudah menganut sistem pengaturan elektrik, dengan tombol khusus di sisi sandaran jok penumpang depan, agar bisa diatur posisi-nya demi memberikan ruang lebih bagi penumpang belakang. Dan bicara soal jok belakang, selain dibalut nuansa leather serupa jok depan, juga terasa nyaman karena tersedia armrest yang bisa dilipat menjadi ruang jok tambahan.

Review Toyota Camry 2.5 V 2019 : Bagasi

Gambar ruang bagasi mobil Toyota Camry 2.5 V 2019

Tampilan ruang bagasi Toyota Camry 2.5 V 2019

Salah satu kehebatan ruang bagasi Toyota Camry ialah konsep ruang yang cukup luas. Bagian bawah lantai bagasi merupakan tempat penyimpanan ban serep berukuran standar dan perangkat dongkrak. Jika diperhatikan, pada bagian sandaran belakang jok yang memisahkan ruang bagasi dengan kabin, terdapat sebuah 'kotak' yang bisa dibuka dari sisi jok tengah belakang, dimana hal ini memudahkan akses pengambilan barang yang ada di bagasi.

>>> Baca juga:

Fitur Toyota Camry 2019

Review Toyota Camry 2.5 V 2019 : Fitur Keselamatan Berkendara

Gambar menujukkan fitur keamanan mobil Toyota Camry 2.5 V 2019 yaitu fitur airbag

Sistem keselamatan 7 SRS Airbag pada Toyota Camry 2.5 V 2019

Untuk memaksimalkan karakter berkendara yang asyik dan aman, Toyota menghadirkan ragam fitur berkendara maupun keselamatan yang berfungsi memaksimalkan esensi berkendara nyaman pada Toyota Camry 2.5 V 2019. Hal ini terasa pada hadirnya cruise control, ABS, EBD, Brake Assist, Vehicle Stability Control, dan Hill Start Assist Control (HAC). Toyota juga menghadirkan fitur keselamatan pasif berupa 7 SRS Airbag yang siap memberikan perlindungan lebih baik saat terjadi insiden. 

Review Toyota Camry 2.5 V 2019 : Fitur Hiburan & Kenyamanan

Sistem audio pada mobil Toyota Camry 2.5 V 2019

Sistem audio 9 inci Integrated Multimedia Touch Screen pada Toyota Camry 2.5 V 2019

Sistem hiburan pada Toyota Camry 2.5 V 2019 menggunakan sistem 9 inci Integrated Multimedia Touch Screen. Sistem ini terasa cerdas dan intuitif karena menggunakan sistem operasi Android, dengan kemampuan menampilkan file audio dan video berkualitas tinggi, serta bisa menjalankan video Youtube dan menjalankan browser, terkoneksi dengan smartphone melalui Miracast, HDMI, dan sudah mendukung sistem navigasi tersendiri. Jika baterai smartphone habis, tersedia wireless charging yang ada di dalam console box tengah.

Gambar menunjukkan  atap moonroof mobil Toyota Camry 2.5 V 2019

Desain atap moonroof pada Toyota Camry 2.5 V 2019

Unsur kemewahan yang tak kalah menarik juga disajikan dari area atap di dalam kabin. Ya, Toyota sudah menghadirkan atap kaca moonroof sebagai area masuknya sinar cahaya atau udara segar ke dalam kabin selain menggunakan kaca pintu samping. Sedangkan pada penumpang belakang dimanjakan oleh tirai yang ada di sisi kaca samping, serta kaca belakang yang dioperasikan secara otomatis dari sisi pengemudi. Selain itu tersedia pengaturan suhu pendingin kabin secara mandiri untuk pengemudi dan penumpang depan berkat adanya A/C Dual Zone.

>>> Anda sedang mencari mobil Toyota Camry 2019? Klik sini untuk melihat daftar semua mobil Toyota Camry 2019 dijual dengan banyak promo yang sangat menarik

Operasi Toyota Camry 2019

Gambar menunjukkan bagain mesin mobil Toyota Camry 2.5 V 2019

Mesin berkode 2AR-FE dipergunakan pada Toyota Camry 2.5 V 2019

Toyota tetap setia menggunakan mesin 2AR-FE 2.5 liter 4-silinder Dual VVT-i bertenaga 183 ps dan torsi 23.9 kg/m, yang disalurkan ke roda depan melalui sistem transmisi otomatis sequential 6-percepatan. Mesin ini hanya mengalami perubahan di bagian sistem pembuangan yang lebih baik karena mengadopsi twin-tailpipe. 

Tapi ubahan sebenarnya ialah pada sektor platform, dimana platform TNGA (Toyota New Generation Architecture) memaksimalkan rigiditas bodi, centre of gravity rendah, serta dipadukan handling yang lebih presisi dan bantingan suspensi yang nyaman. 

Tampak Toyota Camry 2.5 V 2019 saat dikemudikan di jalanan

Platform TNGA berperan besar terhadap karakter berkendara Toyota Camry 2.5 V 2019

Dalam sesi ujicoba yang dilakukan oleh Cintamobil.com, terasa bahwa bantingan suspensi Toyota Camry 2.5 V 2019 memiliki pendekatan bantingan yang dewasa dan nyaman. Ia memang tidak diciptakan sangat sporty dan agresif, mengingat sejak zaman dulu Toyota Camry identik dengan kenyamanan. Tapi dengan akurasi setir yang cukup presisi dan dukungan suspensi Double Wishbone di bagian roda belakang, membuat karakter berkendara nyaman ini semakin bertambah dengan handling yang tak kalah sigap. Esensi kesenangan berkendara seperti inilah yang bisa dirasakan secara maksimal melalui Toyota Camry 2.5 V 2019.

Meski demikian, ada satu poin yang kami rasakan cukup mengganggu saat mengemudikan Toyota Camry 2.5 V 2019. Poin krusial tersebut adalah road noise, yang cukup 'vokal' terasa masuk ke dalam kabin jika berkendara sudah melewati kecepatan 80 km/jam. Untung saja hal ini bisa disiasati dengan memaksimalkan fitur hiburan, khususnya volume head unit, agar bisa meminimalisir bising dari suara luar.

>>> Inilah Kelebihan Si Mewah Toyota Camry 2017

Spesifikasi Toyota Camry 2019

Berikut ini adalah spesifikasi Toyota Camry 2019 yang Cintamobil.com mendapat dari situs resmi Toyota di pasar Indonesia.

SPESIFIKASI TOYOTA CAMRY 2019

Model

2.5 V

Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi

4.885 x 1.840 mm x 1.445 mm

Jarak Poros Roda

2.825 mm

Jarak Pijak Terendah

140 mm

Mesin

Tipe Mesin

2 AR-FE

Kapasitas Silinder

2,494 cc

Daya Maksimum

181,5 Hp / 6.000 Rpm

Torsi Maksimum

234,4 Nm / 4.100 Rpm

Sistem Transmisi

6 Tingkat Percepatan Otomatis - Sequential

Kaki-Kaki

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Double Wishbone

Rem Depan

Ventilated Disc Brake

Rem Belakang

Solid Disc Brake

Ukuran Ban

215 / 55 R17

Daftar Harga Toyota Camry 2019

Toyota Camry 2.5 V 2019 hadir sebagai salah satu model tengah di keluarga Toyota Camry generasi kedelapan. Ia dibanderol dengan harga on-the-road DKI Jakarta senilai Rp649,45 juta. Informasi harga Toyota Camry 2019 juga bisa disimak dalam tabel berikut ini

TIPE

HARGA

All New Toyota Camry 2019 2.5 G

Rp616.150.000

All New Toyota Camry 2019 2.5 V

Rp649.450.000

All New Toyota Camry 2019 2.5 HV

Rp809.400.000

Kesimpulan Toyota Camry 2019

Perubahan signifikan dilakukan untuk mendiferensiasikan generasi kedelapan Toyota Camry dengan versi terdahulu, termasuk dengan inovasi penggunaan platform TNGA (Toyota New Generation Architecture). Hal inilah yang memungkinkan karakter berkendara Toyota Camry 2.5 V 2019 seolah 'melompat jauh' dibandingkan generasi sebelumnya. Sekalipun menggunakan mesin sama, tapi sensasi berkendara yang dihasilkan jauh lebih nyaman dengan handling yang semakin direct mengikuti keinginan pengemudi. Apalagi jika menilik secara fitur dan tampilan, jelas Toyota Camry generasi kedelapan ini menjanjikan pengalaman memiliki mid-size sedan yang memanjakan para eksekutif sukses yang akan duduk di sisi penumpang belakang, atau justru menjadi pengemudi dan mengendalikan mobil ini. 

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

HAFIZH FAUZAN
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

SANGGAR MOBILINDO

Jawa Barat

Review lain

Tips Beli Toyota Camry 2003, Mobil Mewah Bekas Harga Murah Dibawah Rp 100 Juta

04/05/2019

Jual beli

Mempunyai mobil mewah tidak selamanya harus merogoh kocek yang banyak. Bila budget menjadi faktor utama, Anda bisa melirik Toyota Camry bekas tahun produksi 2003 karena termasuk mobil mewah bekas dengan harga yang murah. Berikut tips beli Toyota Camry 2003.

Lihat juga

Anda Seorang Eksekutif Muda? Simak Tips Membeli Toyota Camry Bekas

08/01/2019

Jual beli

Nama Camry sudah tidak asing di dunia otomotif. Saat mendengar kata tersebut, maka terbayang sedan buatan Toyota yang semakin dewasa. Segmennya yang semakin naik kelas membuatnya jadi buruan para eksekutif muda. Simak tips membeli Toyota Camry bekas berikut.

Lihat juga

Akhiri 11 Tahun Bersama Camry, Toyota Perkenalkan Toyota Supra NASCAR

06/07/2018

Pasar mobil

Untuk pertama kalinya sejak bergabung dengan kompetisi NASCAR Xfinity Series pada tahun 2007, Toyota Racing memasukan Toyota Supra sebagai pengganti Camry.

Lihat juga

Review Toyota Camry 2017 Indonesia

07/03/2018

Editor rate:

Toyota Camry merupakan mobil sedan besutan Toyota yang begitu terlaris di Amerika dalam kurun waktu 14 tahun terakhir. Memasuki ulang tahun ke-35, Toyota menambahkan lebih banyak fitur-fitur baru yang cukup menarik pada mobil sedan premium ini dimana mobil ini ditujukan untuk pasar mobil sedan di kelas menengah ke atas. Apa saja fitur yang ditawarkan oleh mobil ini? Review Toyota Camry 2017 Indonesia akan dijabarkan dibawah ini.

Lihat juga

Spesifikasi Toyota Camry 2.5V 2012 , Mobil Sedan Mewah Khusus Penumpang Belakang

05/04/2018

Editor rate:

Tahun 2012, Toyota meluncurkan All New Camry dengan desain yang lebih mewah dan menawan untuk menarik perhatian. Seperti apa performa dari mobil yang menjadi salah satu mobil terlaris di segmennya? Berikut ini adalah spesifikasi Toyota Camry 2.5V 2012.

Lihat juga
back to top