Meluncur Hari Ini! Toyota Camry, dari Bagian Celica hingga Big Sedan Terpopuler di Dunia

08/01/2019

Pasar mobil

4 menit

Meluncur Hari Ini! Toyota Camry, dari Bagian Celica hingga Big Sedan Terpopuler di Dunia
Toyota tidak hanya Corolla. Sebagai salah satu produk terlaris pabrikan Jepang ini bertahan selama hampir empat dekade, mencakup beberapa generasi, Toyota Camry 2019 akhirnya diperkenalkan di Indonesia. Bagaimana sepak terjang perkembangan Camry sejak menjadi bagian Celica hingga generasi terbaru XV70 yang akhirnya dibawa ke Indonesia?

Di samping Corolla, Toyota Camry adalah salah satu kendaraan terlaris dan paling terkenal dari Toyota. Namun siapa sangka sejarah Camry merupakan bagian dari produk Toyota lainnya, yaitu Toyota Celica. Lepas dari bayang-bayang varian Celica, Camry membuktikan diri sebagai lini produk Toyota peraup pundi-pundi uang, tidak hanya di Jepang, tetapi juga di Eropa, Amerika, bahkan Indonesia.

Toyota Celica Camry berwarna putih dari atas

Berada di bawah Celica, Toyota Celica Camry diluncurkan 1980

Awalnya berada di bawah naungan Celica, pada tahun 1980 meluncurkan Toyota Celica Camry. Mendapatkan tampilan seperti Celica XX, hanya dalam periode 1980-1982 Celica Camry terjual 100 ribu unit. Mengulik performa yang menawan, Toyota memberikan ruang tersendiri bagi Camry. Dengan kode V10, generasi pertama Camry hadir dalam dua versi, yaitu sedan dan hatchback pada 1982.

Mengusung pilihan mesin 1.8 liter dan 2.0 liter bersanding dengan transmisi lima kecepatan manual empat kecepatan otomatis, Toyota juga memperkenalkan mesin 1.8 liter turbodiesel 4 segaris sebagai mesin ketiga untuk pasar Amerika. Generasi pertama bertahan hingga 1987.

Camry V10 1982 berwarna putih dan garis hitam

Generasi pertama Toyota Camry 1982

Peningkatan ditambahkan dengan memberikan pilihan mesin V6 pada generasi kedua berkode V20 yang dilengkapi dengan mesin 1.8, 2.0, dan 2.6 liter. Eksklusif di Jepang, Toyota memperkenalkan Camry dengan kode V30 tahun 1990. Meskipun V20 tetap dijual untuk pasar global.

Toyota Camry V20 berwarna putih

Toyota Camry generasi kedua berkode V20

>>> Siap Diluncurkan, Ini Bocoran Harga Toyota Avanza 2019

Peralihan ke bodi sedan besar

Toyota move-on dari mobil kompak dengan memperkenalkan generasi sedan besar untuk Camry pada model 1992. Model V20 digantikan XV10 dengan nama Toyota Scepter di Jepang. Gaya tubuh ketiga juga ditambahkan dengan memperkenalkan Camry coupé untuk model tahun 1993 di Amerika. Namun rendahnya permintaan membuat produksi model ini dihentikan pada model tahun 1996.

Toyota Camry XV10 berwarna gelap

Toyota Camry XV10 diluncurkan tahun 1992

Permintaan pasar yang menginginkan sedan berkualitas dengan tampilan mewah, Toyota memutuskan mengubah Camry menjadi lebih premium pada generasi keempat yang datang 1996 silam. Menyoroti pergantian V30 dengan model V40 pada 1994 di Jepang, pasar global mendapatkan model XV20. Yang memusingkan, XV20 malah dijual di Jepang sebagai pengganti Scepter dengan nama Camry Garcia.

>>> Siap diluncurkan di Indonesia, ini dia review Toyota Camry 2019

Amalgamasi juga terjadi pada Camry, dimana Toyota menyatukan dua model yang dijual di Jepang dengan pasar global pada 1998. Generasi kelima dengan kode XV20 adalah peningkatan untuk V40. Dan akhirnya menjadi Camry pertama yang dibawa Toyota ke Tanah Air.

Toyota Camry XV20 berwarna putih

Pertama kali masuk ke Indonesia, Toyota Camry XV20

>>> Berita mobil baru dalam dan luar negeri bisa Anda dapatkan di sini

Munculnya Camry Solara

Toyota membawa kembali versi coupé Camry dengan nama baru, Toyota Camry Solara untuk model tahun 1999. Generasi pertama mendapatkan transmisi manual lima kecepatan bersama mesin V6 3.0 liter yang lebih cepat daripada sedan Camry pada generasi yang sama menggunakan mesin yang sama, mampu menembus 6.9 detik pada percepatan 0-100 km/jam. Sedangkan generasi kedua, yang diproduksi dari model tahun 2004 hingga 2008, mencapai 100 km/jam dalam 7.1 detik.

foto aksi Toyota Camry Solara 1999

Toyota Camry Solara yang diperkenalkan tahun 1999

Tidak hanya populer, pada model 2007 Camry generasi keenam menjadi salah sedan besar tercepat yang pernah ada. Dilengkapi dengan mesin V6 3.5 liter berkekuatan 268 daya kuda, transmisi enam kecepatan otomatis mampu mengantarkan mobil ini mencapai 100 km/jam dalam keadaan diam hanya dalam waktu 6 detik.

Dengan kode XV30, Camry generasi keenam tidak lagi dijual dalam versi station wagon. Penurunan permintaan menjadi masalah paling berpengaruh. Karena itu, Camry Station Wagon digantikan MPV Toyota Sienna di Amerika. Sedangkan di Indonesia sendiri, XV30 dijadikan kendaraan dinas menteri Kabinet Indonesia Bersatu.

foto produk Toyota Camry berwarna silver

Toyota Camry V6 yang dijadikan kendaraan dinas Kabinet Indonesia Bersatu

Digantikan oleh XV40 pada 2006, Toyota membagi Camry dalam versi global dan Asia. Saat itu, Camry tidak lagi dijual di Eropa dengan Toyota memasukan Avensis sebagai pengganti Camry untuk segmen sedan mewah mereka di Eropa. Sedangkan di Asia, Camry di Australia mendapatkan nama Aurion.

>>> Ingin membeli mobil bekas? Dapatkan berbagai listing dari Cintamobil.com

Uniknya, sejumlah unit Camry XV40 versi Australia beredar di Tanah Air. Didatangkan atas permintaan operator taksi Silver Bird. Versi Australia memiliki wajah sedikit berbeda seperti lampu lebih sipit dan interior lebih sederhana.

foto Toyota Camry 2006 berwarna biru

Toyota Camry XV40 versi Asia mulai dijual tahun 2006 di Indonesia 

foto Toyota Camry dipakai taksi silver bird

Setahun kemudian, Camry dengan kode XV50 diperkenalkan di Tanah Air tahun 2012. Bahkan hadir dalam model hybrid, Toyota tetap menunjukan Camry dengan dua muka: model reguler yang dipasarkan di Amerika dan Australia, sedangkan Camry “prestige” dijual di Jepang, Eropa dan Asia. Nama Aurion kembali dipakai untuk pasar Negeri Kangguru tersebut.

Gambar mobil Toyota Camry 2.5 V 2012 berwarna hitam sedang berjalan di jalan Indonesia
Toyota Camry XV50 bersama model pendahulunya

Dan untuk generasi terbaru, VX70 sudah lebih dulu mendapatkan panggungnya pada Januari 2017 di North American International Auto Show. Thailand, Malaysia, dan Filipina juga sudah mendapatkan Camry yang dibuat berdasarkan Toyota New Global Architecture, berbagi dengan Toyota Prius hybrid hatchback dan SUV Toyota C-HR.

foto versi jalan dan balap Toyota Camry XV70

Generasi terbaru Toyota Camry XV70 bersama versi balap dipakai di NASCAR

Presiden Toyota Astra Motor pada peluncuran Toyota Camry 2019 di Bluegrass, Kuningan

Peluncuran All New Toyota Camry 2019 di Bluegrass, Kuningan, Jakarta

Dan hari ini, Selasa (8/1), PT Toyota Astra Motor Ltd (TAM) memperkenalkan tampilan baru All New Toyota Camry di Indonesia. Dihadiri langsung oleh Yoshihiro Nakata selaku Presiden TAM, Toyota membawa sedan premium mereka ke pasar Indonesia. Siap bersaing lagi, Camry?

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top