Review Toyota Avanza Transmover 2016

13/12/2018

Share this post:

Toyota Avanza 2016

Editor rate:

Lihat promo

PT. Toyota Astra Motor membuka kelas baru untuk berkiprah di light commercial vehicle. Sebelum kehadiran para pesaingnya, praktis Toyota melenggang sendirian. Seperti apa pendapat kami mengenai Toyota Avanza Transmover ini?

Review Toyota Avanza Transmover 2016
Review Toyota Avanza Transmover 2016
0 Gambar

Pengantar Toyota Avanza 2016

Mari kita simak spesifikasi Toyota Avanza 2016 di bawah ini.

Kelebihan

Jaringan purna jual Toyota

Kaki-kaki terkenal tangguh

Mesin bertenaga dan irit bahan bakar

Kekurangan

Tidak tersedia head unit walau sudah ada 2 speaker

Tidak ada fitur kaca spion elektrik

Bentuk sudah mulai usang dan butuh ganti model

Review Toyota Avanza Transmover 2016 - Kelas light commercial vehicle bisa dibilang sebagai kelas yang baru bertumbuh di Indonesia. Sebelumnya, pemain dikelas ini adalah dari mobil dengan desain eksterior boxy atau malahan blind van seperti Suzuki APV Blind Van, maupun Daihatsu Gran Max Blind Van. Belakangan ini justru pesaing mulai bermunculan, salah satu yang cukup heboh adalah kemunculan Wuling Formo dalam dua model, yaitu blind van dan juga passanger van. Kedua model racikan Wuling Motors tersebut digadang-gadang mampu menahan dominasi Toyota Avanza Transmover yang sedang Cintamobil.com bahas kali ini.

Tampak sebuah Toyota Avanza Transmover 2016 digunakan sebaga armada taksi Blue Bird

Toyota Avanza Transmover memang ditujukan untuk pasar fleet seperti ini, contoh armada taksi, maupun usaha lainnya

Toyota Avanza Transmover lahir ke Indonesia tepatnya pada bulan November tahun 2016. Saat itu mobil ini hadir dari basis Toyota Avanza versi termurah yakni tipe E, hanya saja kelengkapannya diterondoli lagi oleh PT. Toyota Astra Motor. Dengan tujuan utama yaitu menekan harga dan juga menambah durabilitas. Mengapa kami bilang menambah durabilitas alias kekuatan? Karena beberapa part elektronik dan juga ada sebagian fitur yang dihilangkan demi menambah kekuatan Toyota Avanza Transmover diajak "bertempur" oleh penggunannya. Lalu, bagaimana pendapat kami mengenai mobil ini? Simak terus ulasan kami hanya di Cintamobil.com.

Eksterior Toyota Avanza 2016

Mari kita lihat mobil Toyota Avanza Transmover 2016 ini secara utuh dengan metode khas Cintamobil.com, yakni dengan cara 360 derajat. Hal ini penting dilakukan, mengingat hanya dengan cara inilah, Anda dapat menilai suatu mobil dengan gamblang. Yuk kita lihat review Toyota Avanza Transmover 2016.

Review Toyota Avanza Transmover 2016 : Tampilan Depan

gambar mobil Toyota Avanza Transmover 2016 berwarna putih dilihat dari sisi depan

Tampilan depan sebenarnya tak ubahnya dengan Avanza 'normal' lainnya

Toyota Avanza Transmover sebenarnya dari sisi tampilan depan itu tak ubahnya seperti Toyota Avanza 'normal' lainnya. Ya jelas saja, karena Avanza varian Transmover ini memang adalah sebuah Toyota Avanza tipe E yang 'ditelanjangi'. Salah satu yang jadi pembeda adalah penggunaan grill dengan warna cat dasar. Tentunya bukan tanpa alasan PT. Toyota Astra Motor menggunakan cat dasar pada grill mobil ini. Karena Transmover didaulat sebagai mobil pekerja, maka resiko kecelakaan dijalan pun tinggi. Penggunaan cat dasar akan mempercepat waktu reparasi saat mobil harus dilakukan perbaikan. 

Review Toyota Avanza Transmover 2016 : Tampilan Samping

Tampilan Samping mobil Toyota Avanza Transmover 2016 berwarna putih

Begitu juga tampilan samping mobil ini, lebih minimalis dibandingkan dengan Avanza 'normal'

Begitu melongok ke bagian samping mobil Toyota Avanza Transmover 2016 ini, akan langsung terlihat mobil ini tampil lebih minimalis bila dibandingkan dengan Avanza 'normal'. Spion masih manual pengaturannya. Tentu, penggunaan spion luar non elektris ini juga dimaksudkan agar perbaika lebih cepat saat harus dilakukan reparasi atau penggantian parts. Selain itu, mobil ini juga menggunakan pelek berbahan besi ring 14 dengan PCD yang sama dengan Avanza normal yaitu 4 x 100 tanpa dop. Ban yang digunakan juga sesuai dengan peruntukannya yaitu Bridgestone Taxi Service yang lebih tahan lama penggunaannya.

Review Toyota Avanza Transmover 2016 : Tampilan Belakang

Tampilan belakang sebuah Toyota Avanza Transmover 2016

Buritannnya tetap elegan dan enggak terkesan aneh-aneh, pas untuk dijadikan angkutan umum

Beralih ke bagian buritan mobil ini, logo Transmover menjadi salah satu pembeda utama Avanza versi pekerja ini. Namun, uniknya tidak ada logo Avanza pada mobil ini. Warna bodi eksterior yang tersedia untuk Avanza ini sebenarnya hanya satu pilihan yaitu putih. Namun, jika Anda pengusaha taksi yang mempunyai identitas warna khas sendiri. Tentu saja PT. Toyota Astra Motor mampu mewujudkan pesanan Anda. Oh ya, posisi ban cadangan mobil ini tetap diletakkan pada bagian bawah mobil, dan perlu sedikit usaha ekstra untuk dapat meraihnya, dan juga tetap dilengkapi dengan wiper belakang agar visibilitas ke belakang tidak terganggu.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Toyota Avanza 2016

Setelah puas melihat tampilan eksterior Toyota Avanza Transmover 2016, kini saatnya kita beralih untuk melihat bagian interior Toyota Avanza Transmover 2016.

Review Toyota Avanza Transmover 2016 : Layout Dasbor

Layout dasbor mobil Toyota Avanza Transmover 2016

Toyota Avanza Transmover ini tampil audioless

Karena peruntukannya sebagai taksi maupun jenis angkutan lainnya, maka tidak heran jika Toyota Avanza Transmover 2016 ini tampil tanpa dilengkapi dengan audio. Namun, uniknya meski tidak ada head unit yang terpasang, pada sisi panel pintu kanan maupun kiri sudah tersedia speaker-nya. Jadi, jika para pengusaha taksi tidak pelit dan ingin mengeluarkan dana lebih untuk memasang sistem audio, maka hanya tinggal membeli head unit dan tweeter-nya saja. Secara umum, layout dasbor mobil ini sama saja dengan Avanza lain pada umumnya.

Review Toyota Avanza Transmover 2016 : Setir

Gambar bagian Setir mobil Toyota Avanza Transmover 2016

Setir Toyota Avanza Transmover 2016 sama dengan Avanza lainnya

Setir Toyota Avanza Transmover 2016 ini tak ubahnya dengan Toyota Avanza lainnya yang dijual bebas ke konsumen di Indonesia. Bahannya kasar dan enggak nyaman saat digenggam. Namun, satu hal yang kami suka dari setir Toyota Avanza ini, yaitu adanya thumb rest yang dapat berfungsi sebagai 'patokan' genggaman aman dan nyaman ke setir ini. Dan juga, bahan setir mobil ini tidak menyerap keringat sehingga, tidak berpotensi meninggalkan kuman yang dapat menjadi sumber penyakit. Secara umum. tidak ada keluhan berarti pada setir mobil ini. 

>>> Anda ingin membeli mobil Toyota Avanza? Simaklah beberapa tips yang berguna ini:

Fitur Toyota Avanza 2016

Meski mobil ini tampil sangat basic, namun apakah mobil ini tidak memiliki fitur yang cukup? Mari kita lihat bagaimana fitur dari Toyota Avanza Transmover 2016 ini.

Review Toyota Avanza Transmover 2016 : Komitmen Pada Keselamatan

Gambar sebuah mobil Toyota Avanza Crashed Test 2016

Meskipun mobil sejuta umat, namun Anda enggak perlu khawatir mengenai isu keselamatan pada mobil ini

Toyota Avanza memang masuk dalam kategori mobil yang terjangkau dan sejuta umat. Tak terkecuali dengan Toyota Avanza Transmover 2016 ini. Namun, Anda enggak perlu khawatir soal isu keselamatannya. Karena, ASEAN NCAP (ASEAN New Car Assesment Program) telah mengetes mobil ini, dan terbukti aman karena mendapatkan rating bintang 4. Semua itu karena adanya fitur kantung udara atawa airbag yang dapat melindungi nyawa pengemudi maupun penumpang depan. Dan juga seatbelt ELR di semua titik

Review Toyota Avanza Transmover 2016 : Fitur Pada Interior

Gambar menunjukkan fitur di mobil Toyota Avanza Transmover 2016

Kelengkapan fiturnya disunat karena menyesuaikan peruntukannya sebagai mobil niaga

Fitur pada interior Toyota Avanza Transmover disunat habis menjadi paling basic, karena memang menyesuaikan peruntukan mobil ini sebagai mobil niaga. Enggak perlu lah, itu fitur yang aneh-aneh. Bahkan audio saja tidak ada, meski agak aneh bagi kami, karena Toyota tetap menyediakan speaker dua buah di masing-masing pintu depan kanan dan kiri. Material kursi pada Toyota Avanza Transmover 2016 ini juga sedikit berbeda, karena menggunakan campuran dua bahan, yaitu vinyl dan fabric. Hal ini dimaksudkan agar tidak cepat kotor. Serta doortrim mobil ini sama sekali tidak menggunakan fabric untuk pelapisnya.

Review Toyota Avanza Transmover 2016 : Headrest Di Semua Baris

Gambar Headrest pada mobil Toyota Avanza Transmover 2016

Dengan adanya headrest di semua kursi, keselamatan penumpang lebih terjamin

Dengan adanya sandaran kepala yang tersedia di semua kursi, maka keselamatan penumpang yang duduk dibagian kursi baris kedua dan ketiga lebih terjamin. Anda tidak perlu khawatir ketika mobil dihantam kencang dari arah belakang. Karena fitur ini dapat menyelamatkan nyawa Anda dan juga semua penumpang yang duduk di baris kedua serta ketiga. Fitur sederhana, yang seharusnya sudah menjadi standar di semua kendaraan yang diproduksi maupun dijual di Indonesia, karena bagaimanapun keselamatan adalah yang utama.

>>> Komparasi Wuling Cortez Vs Toyota Avanza, Pertarungan ‘Made in China’ Dengan Jawara Jepang

Operasi Toyota Avanza 2016

Gambar bagian Mesin 1NR-VE Toyota Avanza Transmover 2016

Mesin Toyota Avanza sudah tidak perlu diragukan lagi, dan Transmover bukanlah suatu pengecualian

Mesin 1NR-VE yang ditersemat di bawah kap mesin Toyota Avanza sudah tidak perlu diragukan lagi kemampuannya, mesin ini cukup kencang, irit, dan juga mudah perawatannya. Dan untunglah, Avanza Transmover masih menggendong mesin yang sama. Mesin ini mampu meraih torsi maksimum 200 rpm lebih rendah dari mesin generasi sebelumnya, yakni K3-VE. Dengan dikawinkan racikan rasio gigi yang pas, akselerasi 0-100 km/jam mudah saja diperoleh dibawah waktu 13 detik (dengan kondisi start sempurna). Mesin ini terasa sangat pas menghela bodi Transmover yang memiliki bobot lebih ringan dari Avanza 'biasa'. Kecepatan puncak 170 km/jam juga terasa mudah diraih. Karena bobotnya yang ringan juga, tak heran konsumsi bahan bakarnya dapat menyentuh angka 13 km/l untuk konsumsi bahan bakar dalam kota.

>>> 4 Pilihan Mobil Bekas Minivan Terbaik di Listing Cintamobil.com Dibawah Rp 150 juta

Spesifikasi Toyota Avanza 2016

Berikut ini adalah spesifikasi lengkap dari  Toyota Avanza Transmover 2016.

Mesin Toyota Avanza Transmover 2016

Tipe Mesin

1NR-VE, 4 Silinder, DOHC, Dual VVT-i

Isi Silinder

1,329 cc

Daya Maksimum

92.5 Hp @ 6.000 rpm

Torsi Maksimum

121 Nm @ 4.200 rpm

Sistem Pasokan Bahan Bakar

Electronic Fuel Injection

Bahan Bakar

Bensin Tanpa Timbal

Kapasitas Tangki

45 Liter

Dimensi Toyota Avanza Transmover 2016

P x L x T

4.190 x 1.660 x 1.695 mm

Jarak Poros Roda

2.655 mm

Jarak Pijak Depan

1.425 mm

Jarak Pijak Belakang

1.435 mm

Jarak Terendah

200 mm

Sasis Toyota Avanza Transmover 2016

Transmisi

Manual 5 Tingkat Percepatan

Suspensi Depan

Macpheron Strut with Coil Spring

Suspensi Belakang

4-Link Lateral Rod with Coil Spring

Rem Depan

Disc

Rem Belakang

Drum

Steering Gear

Rock & Pinion, Electronic Power Steering & Tilt Steering

Ukuran Ban

185/70 R14 (Bridgestone Taxi Service / Dunlop Taxi)

>>> Anda ingin tahu lebih jelas tentang kelebihan dan kekurangan mobil Toyota lainnya? Klik sini untuk simak infor lebih jelas dan lebih lengkap

Daftar Harga Toyota Avanza 2016

Berikut ini adalah daftar harga Toyota Avanza Transmover 2016 masih dijual dalam keadaan baru untuk keperluan fleet yang didominasi oleh pengusaha taksi besar maupun travel daerah dan antar jemput skala kecil untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Tipe mobil

Harga Toyota Avanza Transmover 2016

Toyota Avanza Transmover 1.3 M/T

Rp 142.000.000

Kesimpulan Toyota Avanza 2016

Gambar mobil Toyota Avanza Transmover 2016 digunakan sebagai oleh pengusaha taksi Blue Bird

Anda pengusaha angkutan umum? Pilih saja mobil ini, ia tak akan membuat Anda rugi maupun kecewa

So, is this car for you? Singkat saja, jika Anda pengusaha angkutan umum, silahkan pilih mobil ini sebagai andalan. ia tak akan membuat Anda rugi maupun kecewa. Diantara para rival sekelasnya, Avanza Transmover mengungguli jauh.

>>> Dapatkan informasi terlengkap dan terupdate tentang mobil lainnya dengan klik sini

Arfian Alamsyah
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

SANGGAR MOBILINDO

Jawa Barat

Review lain

Review Toyota Alphard 2.5 G 2009: ‘Mobil Sultan’ Yang Kini Seharga Low MPV

25/12/2019

Editor rate:

Toyota Alphard masih menjadi salah satu mobil yang mengutamakan penumpang, seperti Toyota Alphard 2.5 G 2009 yang kini berbanderol nyaris sama dengan LMPV baru.

Lihat juga

Review Nissan Serena 2013, MPV Mewah Dengan Harga Terjangkau

27/06/2018

Editor rate:

Nissan Serena merupakan salah satu produk dari Nissan yang banyak diminati di Indonesia. Ruangnya yang besar dan juga cukup mewah menjadikan mobil sebagai salah satu mobil favorit untuk kelas ini. Setelah tidak mengalai pembaruan cukup lama, Nissan Serena tampil dengan tipe terbarunya yaitu model C26. Apa saja yang ditawarkan oleh Nissan Serena 2013 ini dibandingkan dengan tipe sebelumnya? Berikut ini adalah review Nissan Serena 2013!

Lihat juga

Review Nissan Grand Livina 1.5 XV 2012: Pilihan Low MPV Terbaik Rp100 Jutaan

Rp. 100.000.000

19/02/2020

Editor rate:

Ingin membeli Low MPV Rp100 jutaan? Nissan Grand Livina 1.5 XV 2012 bisa menjadi pilihan dengan rasa berkendara yang menyenangkan serta akomodasi yang lapang.

Lihat juga

Review Kia Carens LX 2013 : Pembuktian MPV 7-Seater Korea “Rasa” Eropa

26/06/2018

Editor rate:

Gemuknya pasar otomotif medium MPV di Indonesia sangat menggiurkan bagi brand otomotif di Tanah Air. Tak terkecuali brand mobil asal Korea Selatan, Kia, yang mencoba peruntungan dengan mengusung Kia Carens. Apakah MPV produksi negeri gingseng ini bisa menjadi kuda hitam di tengah-tengah persaingan medium MPV di Indonesia? Silakan nikmati ulasannya di review Kia Carens LX 2013.

Lihat juga

Review Suzuki All New Ertiga Smart Hybrid 2019: Tingkatkan Efisiensi, Low MPV Suzuki Kini Semakin Cinta Lingkungan

10/09/2019

Editor rate:

Suzuki Ertiga menjadi salah satu pemain low MPV yang cukup berhasil memberikan impresi menarik, salah satunya karena alasan efisiensi konsumsi BBM. Dan baru-baru ini, Suzuki memperkenalkan konsep mobil Suzuki Ertiga yang diberikan teknologi mild hybrid, yang mereka namakan Suzuki All New Ertiga Smart Hybrid Vehicle by Suzuki. Seperti apa sosok mobil ramah lingkungan dari Suzuki ini?

Lihat juga
back to top