Tips Lengkap Membeli Toyota Avanza Veloz 2011 Bekas, MPV Sejuta Umat Bergaya Sporty

11/12/2018

Jual beli
Share this post:
Tips Lengkap Membeli Toyota Avanza Veloz 2011 Bekas, MPV Sejuta Umat Bergaya Sporty
Sebagai MPV sejuta umat yang sudah banyak terjual, Toyota Avanza selalu menghadirkan kebutuhan konsumennya. Termasuk varian sporty melalui varian Veloz. Bila Anda berminat membeli kondisi bekasnya, simak tips lengkapnya membeli Toyota Avanza Veloz bekas.

Selama 7 tahun sejak awal kehadirannya pada tahun 2004, PT Toyota Astra Motor tidak melakukan ubahan besar pada produk andalannya, Avanza. Baru pada tahun 2011 mobil keluarga ini mendapatkan sebuah perubahan total mulai dari eksterior, interior, fitur hingga mesin. Dijuluki sebagai “mobil sejuta umat”, Toyota Avanza menjadi lebih modern untuk mempertahankan kejayaannya.

Banyaknya lekukan pada dan garis tegas pada bodi Avanza terbaru ini membuatnya tampil lebih dinamis, terutama pada varian Veloz. Nama yang diambil dari kata Velocity, yang artinya pertumbuhan cepat menjadi harapan baru Toyota untuk menjangkau keluarga muda yang suka dengan tampilan sporty. Kehadiran Veloz pun menjadikannya produk flagship dari lini produk Avanza.

>>> Baca juga: Review Toyota Avanza Veloz 1.5 2011

Tampak belakang terlihat berbeda dengan banyaknya lekukan

Desain bumper belakang terlihat berbeda dengan adanya lekukan pada bagian bawah membuatnya terlihat sporty

Dalam hal dapur pacu, Toyota mengadopsi mesin 4 silinder berkode 3SZ-VE dengan teknologi DOHC VVT-i. Berkapasitas 1.495 cc, tenaga maksimumnya mencapai 109 Hp pada 6.000 rpm. Sedangkan torsi maksimumnya mencapai 141 Nm di 4.400 rpm. Ada dua jenis transmisi yang ditawarkan Toyota yakni manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan. Semua tergantung kebutuhan Anda.

>>> Baca juga: Napak Tilas Kehadiran Toyota Avanza Di Indonesia, Dan Perayaan 15 Tahun Toyota Avanza di Indonesia

Selain tampilan eksterior yang berbeda, interior Toyota Avanza Veloz juga didominasi warna hitam. Ini untuk menguatkan kesan elegan saat berada di dalam kabin. Kemewahan Toyota Avanza Veloz juga dihadirkan melalui beragam fitur canggih untuk sekelas Low MPV. Salah satunya adalah kehadiran tombol audio di setir yang bisa memudahkan pengemudi untuk mengatur volume suara musik serta memindahkan saluran radio atau track pada CD musik.

Mampu menampung 7 penumpang

Akomodasi Toyota Avanza bisa menampung 7 penumpang dengan kabin yang cukup luas

Kepraktisan pada Toyota Avanza Veloz juga cukup baik karena ada banyak kompartemen untuk menaruh barang-barang bawaan. Seperti tempat menaruh botol pada door trim depan yang bisa memuat 3 botol berukuran sedang. Pun soal akomodasi masih baik menampung 7 penumpang. Lantas bila ingin membeli dalam kondisi bekasnya, apa saya yang harus dicek dan diperhatikan?

>>> Mungkin Anda tertarik: ​Tips Membeli Mobil Toyota Avanza 1.3 S VVT-i 2004, Avanza Matik Pertama di Indonesia

Teknis

Bila Anda mengincar Toyota Avanza Veloz produksi awal yakni tahun 2011, maka mesin menjadi bagian wajib diperiksa. Paling mudahnya Anda bisa melakukan test drive untuk memastikan performa mesinnya. Pastikan akselerasi masih responsif dan tenaganya masih cukup kuat saat melalui jalan menanjak. Tidak ketinggalan periksa bagian yang berhubungan dengan cairan atau fluida seperti air radiator, oli dan air wiper tidak ada yang rembes atau bocor.

Periksa dengan teliti bagian Mesin Avanza Veloz

Usia mobil yang sudah lebih dari 5 tahun memerlukan ketelitian untuk memeriksa bagian mesin

Meski didapuk menjadi produk flagship Toyota Avanza, namun beberapa konsumen mengeluhkan penggunaan piringan solid untuk rem depan bukan cakram berventilasi. Padahal penggunaan cakram berventilasi bisa membuat pengereman lebih baik. Periksa bagian rem ini dengan lakukan pengereman mendadak di jalan yang kosong untuk memastikan masih dalam kondisi baik.

>>> Baca juga tips jual beli lainnya disini

Non-teknis

Salah satu keunggulan merek Toyota adalah layanan purna jual dengan jaringan bengkel resmi yang luas. Tidak salah bila Anda harus memeriksa buku servis dari pemilik sebelumnya. Rasanya tidak ada alasan pemilik sebelumnya tidak melakukan servis rutin di bengkel resmi sesuai periodenya.

Periksa teliti bagian dasbor Avanza Veloz

Pastikan dasbor masih dalam kondisi baik tidak ada bekas lem atau tumpahan pewangi kabin

Kesenyapan kabin menjadi isu yang cukup besar saat Veloz generasi awal di tahun 2011. Cukup banyak pemilik mobil Toyota Avanza Veloz yang mengeluhkan suara dari luar kabin yang terdengar jelas. Hal ini bisa menganggu kenyamanan selama perjalanan Anda bersama keluarga. Salah satu solusi yang bisa dijalankan adalah ke bengkel spesialis interior dan menambah peredam untuk meningkatkan kesenyapan kabin.

>>> Baca juga tips dan trik mobil lainnya disini

Share this post:
 
back to top