TIPS BELI MOBIL BEKAS: Toyota Avanza 2011, Generasi Kedua Avanza Yang Layak Jadi Pilihan

13/12/2018

Jual beli
Share this post:
TIPS BELI MOBIL BEKAS: Toyota Avanza 2011, Generasi Kedua Avanza Yang Layak Jadi Pilihan
Tertarik membeli mobil Toyota Avanza bekas, tak ada salahnya Anda memilih Toyota Avanza 2011. Meski sudah berusia 7 tahunan, Anda masih bisa tampil percaya diri bersanding dengan Avanza yang lebih muda. Meski demikian, ada banyak hal yang tidak boleh luput dari pematauan sebelum Anda memutuskan memboyong Toyota Avanza 2011 ini. Berikut ulasannya!

Diakui atau tidak meski tampil sederhana dan banyak dibully sebagian pecinta mobil keren, Toyota Avanza telah berhasil membuat banyak orang jatuh hati. Harga yang terjangkau, kapasitas besar buat penumpang dan barang bawaan, mesin bandel, perawatan mudah serta spare part mudah didapat jadi alasan tersendiri mobil ini laris manis di pasaran. Tidak hanya ketika masih baru, Toyota Avanza bekas pun paling banyak diburu. Salah satunya Toyota Avanza 2011 atau All New Avanza yang diluncurkan akhir November 2011. Meski sudah berusia 7 tahunan mobil dengan tagline 'Satu untuk Sejuta Impian' ini masih cukup memikat.

Foto Toyota Avanza 2011 tampak dari samping depan

All New Avanza "Satu untuk Sejuta Impian"

Ada beberapa alasan mengapa Toyota Avanza 2011 ini layak dipertimbangkan selain alasan-alasan di atas:

Pertama; Model lebih bagus ketimbang Avanza generasi pertama

Toyota menerapkan full model change pada Avanza generasi kedua ini. Artinya hampir seluruh bagian semuanya tampil baru dan terlihat makin dewasa. Overall dari sisi model Toyota Avanza 2011 masih jauh dari kesan ketinggalan zaman, baik itu tipe 1.3 E, 1.3 G, 1.5 G maupun Veloz.

>>> Baca Review Toyota Avanza 2011 di sini!

Kedua; Mesin belum terlalu tua

Dihitung dari tahun produksinya Toyota Avanza 2011 belum melewati masa 10 tahun pemakaian. Artinya, mesin mobil ini juga belum terlalu tua dan masih jauh dari usia pensiun. Untuk pemakaian sehari-hari yang wajar jarang odometer menyentuh angka 100.000 km dalam waktu 7 tahun.

Ketiga; harga bersahabat

Dari dahulu, Toyota Avanza memang terkenal memiliki nilai jual tinggi di atas model lain. Begitu pula dengan Toyota Avanza 2011. Dibanding dengan model satu segmen dari merek lain, harganya Avanza 2011 masih paling tinggi. Sebagai contoh, dari ribuan koleksi mobil Toyota Avanza 2012 yang dijual di Cintamobil.com, harganya rata-rata berkisar antara Rp 110 jutaan hingga Rp 135 jutaan.

Mengapa contohnya Toyota Avanza 2012? Seperti diketahui Toyota Avanza 2011 atau All New Avanza diluncurkan ke publik pada akhir November 2011. Artinya, pada tahun tersebut ada dua tipe produksi Toyota Avanza, yaitu Generasi Pertama yang jumlahnya lebih banyak dan Generasi Kedua (All New) dengan jumlah lebih sedikit. Untuk menemukan koleksi All New Toyota Avanza, pencarian dengan kata 'Toyota Avanza 2012' memunculkan hasil lebih relevan dibanding menggunakan kata 'Toyota Avanza 2011'.

>>> Mungkin Anda tertarik: Harga Toyota Avanza Desember 2018: Bunga Fantastis Hingga 1,3%

Gambar Toyota Avanza 2012 dijual di Cintamobil

Harga Toyota Avanza 2012 hampir sama dengan Toyota Avanza 2011 (All New)

Masih ada banyak alasan jika ingin menulis lebih panjang mengapa mobil Toyota Avanza 2011 ini layak dipertimbangkan. By The Way, apapun alasannya bagi Anda naksir dengan mobil bekas model ini ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar tidak kecewa di belakang:

Teknis

Ini berkaitan dengan kondisi mobil meliputi kondisi mesin, kondisi eksterior dan interior. Anda perlu memeriksa seberapa besar frekuensi mesin mobil ini dipakai dengan melihat jarak tempuh pada odometer, memeriksa berbagai cairan mobil seperti oli mesin, oli transmisi, radiator coolant dan yang lain, memeriksa kondisi filter-filter serta beberapa bagian vital yang lain. Jangan lupakan juga bagian kaki-kaki vital seperti kondisi ban, kondisi rem, suspensi. Setelah itu lakukan test drive untuk merasakan langsung performanya. Untuk hal-hal di atas, mungkin ada kesulitan bagi pembeli baru atau yang belum pernah punya mobil sama sekali. Ada baiknya ajak mekanik dari bengkel resmi Toyota atau orang yang mengetahui seluk beluk mesin mobil.

Untuk kondisi eksterior dan interior lebih mudah mengetahuinya karena langsung nampak. Periksa semua bagian untuk memastikan tidak ada kerusakan atau cacat yang terlalu besar agar Anda tidak 'nombok' terlalu banyak untuk melakukan perbaikan. Termasuk untuk kondisi AC, pastikan kondisinya normal dan jangan sampai dilewatkan sebab fitur ini berhubungan langsung dengan kenyamanan pengemudi dan penumpang.

>>> Baca juga tips jual beli mobil yang lain di sini!

Foto Toyota Avanza 2011 tampak dari samping belakang

Dipandang dari belakang, Toyota Avanza 2011 belum nampak kesan mobil jadul

Non Teknis

Sebagai mobil bekas, sudah pasti Anda bukan tangan pertama. Akan lebih aman bila Anda membeli di dealer mobil bekas resmi sebab bisa dipertanggungjawabkan bila suatu saat ada masalah yang berkaitan dengan kepemilikan.

Tapi, kalau Anda membeli langsung dari pemilik, pastikan status kepemilikan mobil yang Anda beli aman dari masalaha, dibuktikan dengan surat-surat kendaraan BPKB dan STNK yang lengkap. Periksa apakah surat-surat kendaraan tersebut atas nama si penjual atau atas nama orang lain. Bila atas nama orang lain, mintalah nomor telepon orang pemilik sebelumnya untuk memastikan mobil sudah berpindah tangan secara sah. Intinya; berkaitan dengan kepemilikan mobil, Anda harus jeli dan memastikan mobil tidak bermasalah yang mungkin bisa menyeret Anda berurusan dengan hukum.

Harga

Ada uang ada barang, pastikan Anda mengecek lebih dulu standar harga Toyota Avanza 2011 untuk mendapatkan harga yang pantas, wajar dan menguntungkan. Bisa melalui situs jual beli mobil seperti Cintamobil.com dan yang lain, atau datang langsung ke beberapa dealer mobil bekas untuk membandingkan harga satu dealer dengan yang lain.

>>> Tips Lengkap Membeli Toyota Avanza Veloz 2011 Bekas, MPV Sejuta Umat Bergaya Sporty

Foto Toyota Avanza Veloz 2011 tampak dari samping depan

Veloz, Varian tertinggi Toyota Avanza 2011 yang masih menggoda

>>> Baca juga tips dan trik mobil lainnya disini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top