Tips Membeli Mobil Toyota Avanza 1.3 S VVT-i 2004, Avanza Matik Pertama di Indonesia

10/12/2018

Jual beli
Share this post:
Tips Membeli Mobil Toyota Avanza 1.3 S VVT-i 2004, Avanza Matik Pertama di Indonesia
Sebagai salah satu model pertama diluncurkan di Indonesia, Toyota Avanza 1.3 S VVT-i 2004 sudah terbilang udzur. Namun mobil ini tetap memikat mengingat Toyota Avanza 1.3 S VVT-i 2004 adalah model pertama Avanza yang bertransmisi otomatis. Kalau Anda termasuk yang naksir membeli mobil bekas untuk model ini, sebaiknya perhatikan beberapa hal penting agar tak kecewa di belakang.

Diluncurkan perdana di Indonesia tahun 2003, Toyota Avanza benar-benar sukses mendapatkan tempat di hati masyarakat Indonesia. 15 tahun berlalu lebih dari 1,7 juta mobil mengaspal di jalanan Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Saking boomingnya mobil ini mendapat julukan mobil sejuta umat. Toyota Avanza tidak hanya laris karena desainnya yang sederhana namun multifungsi, tapi juga karena kebandelan mesinnya yang teruji. Bahkan hingga saat ini, generasi pertama dari Toyota Avanza masih banyak berkeliaran di jalanan.

Sebelum muncul varian mesin 1.500 cc tahun 2006, Toyota Avanza hanya dibekali mesin 1.300 cc. Pertama kali yaitu model 1.3 E dan 1.3 G tahun 2003, lalu disusul 1.3 S tahun 2004 yang mengusung mesin VVT-i (K3-VE) dan transmisi otomatis. Hanya saja, kalau Anda mengincar mobil bekas Toyota Avanza generasi pertama ini dan Anda tertarik untuk membeli, sebaiknya Anda perhatikan beberapa hal penting agar tidak kecewa di belakang.

>>> Mungkin Anda tertarik: [Infografik] Sang Pencipta Mobil Hybrid Pertama, Ferdinand Porsche

Foto Toyota Avanza 1.3 S 2004 tampak dari depan

Toyota Avanza 1.3 S 2004, model Avanza pertama bertransmisi otomatis

1. Perhatikan kondisi mesin

Sebagai generasi pertama bisa dipastikan ada beberapa komponen yang sudah melewati batas waktu pemakaian seperti motor fan radiator, water pump serta ignition coil atau koil pengapian. Perhatikan apakah motor fan radiator masih berfungsi memutar kipas dengan kuat. Kalau kondisinya lemah atau belum pernah diganti, PR Anda untuk segera mengganti nantinya. Begitu pula dengan waterpump dan ignition coil, pastikan masih dalam kondisi baik dan berfungsi maksimal. Untuk pemeriksaan lebih detail terkait dengan mesin, alangkah baiknya Anda ajak mekanik dari dealer resmi Toyota yang paham seluk beluk mesin.

>>> Baca juga: TIPS BELI MOBIL BEKAS: Toyota Limo Generasi Ke 2, Si Bekas Taksi Yang Tidak Kalah Aksi

2. Cek kondisi transmisi

Periksa kondisi transmisi meliputi oli transmisi dan bodi transmisi. Kalau kondisi oli berubah warna (cenderung hitam) menandakan oli matik lama tak diganti. Lalu kalau bodi transmisi terlihat kotor belepotan oli campur debu, bisa jadi ada kebocoran pada bodi transmisi. Sama dengan pemeriksaan mesin di atas, untuk pemeriksaan lebih lanjut terkait dengan transmisi Toyota Avanza 1.3 S VVT-i 2004 ini, alangkah baiknya Anda ajak mekanik dari dealer resmi Toyota yang paham seluk beluk transmisi.

3. Periksa bagian kaki-kaki

Sudah dipakai belasan tahun bisa dipastikan kondisi kaki-kaki Toyota Avanza 1.3 S VVT-i 2004 tidak sesempurna saat masih baru. Periksa komponen-komponen seperti ball joint, tie rod, bushing arm, shockbreaker dan bearing roda.

Foto Toyota Avanza 1.3 S 2004 tampak dari samping belakang

Toyota Avanza 1.3 S 2004, juga dipasarkan ke mancanegara

4. Periksa kondisi Interior dan eksterior

Toyota Avanza bisa dikatakan memiliki kualitas interior yang cukup baik di kelasnya. Meski sudah dipakai dalam waktu lama kondisinya tidak terlalu banyak berubah, umumnya baik doortrim maupun dashboard masih dalam kondisi utuh. Kalau ada yang berkurang bisa jadi diantaranya adalah kondisi kursi yang mulai mengempis sehingga mengurangi kenyamanan. Untuk hal yang satu ini tidak begitu rumit cara mengatasinya sebab ada banyak sekali ahli kursi yang bisa mendandani kursi jadi seperti baru lagi. Atau mungkin Anda tertarik dengan cover modifikasi, Anda juga bisa mendapatkannya dengan gampang.

>>> Baca juga tips jual beli lainnya disini

Untuk kondisi eksterior tidak usah terlalu berharap banyak mendapatkan Toyota Avanza 1.3 S VVT-i 2004 dengan bodi super kinclong. Sudah dipakai lama bisa dipastikan kualitas ekterior sudah menurun. Meski demikian, Anda masih mungkin mendapatkan mobil dalam kondisi mulus jika beruntung menemukan mobil yang benar-benar dirawat pemiliknya. Toyota Avanza model lama tersedia dalam lima pilihan warna yaitu  hitam, silver, merah, biru, hijau dan gold. Salah satu keuntungannya, model Avanza 2004 ini punya platform yang sama Avanza yang diproduksi hingga 2012 sehingga memudahkan pemilik yang ingin melakukan penggantian part serta lampu-lampu.

5. Lakukan Test Drive

Yang terkakhir kalau Anda kepincut membeli Toyota Avanza 1.3 S VVT-i 2004, Anda perlu melakukan test drive untuk menguji apakah mobil yang Anda minati ini masih layak jalan. Gunakan feeling terhadap berbagai gejala yang muncul baik dari suara-suara aneh, bau-bauan tak biasa dan yang lain.

Untuk harga Toyota Avanza 1.3 S VVT-i 2004 tidak ada patokan pasti. Beberapa unit yang ada di list Cintamobil.com dijual dengan harga Rp jutaan hingga Rp 80 jutaan. Anda mungkin saja mendapatkan harga berbeda di tempat lain atau dari penjualnya langsung. Jadi, pintar-pintarlah dalam menawar!

>>> Cek koleksi Toyota Avanza 1.3 S VVT-i 2004 di Cintamobil.com!

Gambar Toyota Avanza S 2004 dijual di Cintamobil.com

Di Cintamobil.com masih bisa ditemukan mobil bekas Toyota Avanza S 2004

>>> Baca juga tips dan trik mobil lainnya disini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top