Review Tesla Semi Truck 2021: The Game Changer

04/06/2020

Share this post:

Tesla Semi Truck 2021

Editor rate:

TBA

Mobil Tesla dijual Lihat promo

Tesla Semi Truck adalah The Game Changer di dunia truk, sebab kehadirannya nanti akan merepotkan para pabrikan truk yang masih mengandalkan mesin diesel

Review Tesla Semi Truck 2021: The Game Changer
Review Tesla Semi Truck 2021: The Game Changer
0 Gambar

Pengantar Tesla Semi Truck 2021

Mari kita simak spesifikasi Tesla Semi Truck 2021 di bawah ini.

Kelebihan

Akselerasi mengagumkan

Jarak tempuh hingga 1000 kilometer

Desain bodi out of the box nan aerodinamis

Kekurangan

Kemungkinan kecil masuk Indonesia

Masih berupa purwarupa

Megacharger masih terbatas dan kualitas perlu dibuktikan

Gambar menunjukkan prosesi launching Tesla Semi Truck 2018

Keputusan Tesla Motor masuk ke ranah kendaraan komersial mengagetkan banyak pihak

Review Tesla Semi Truck 2021 Tidak banyak pihak yang mengira jika 2 tahun yang lalu Tesla Motor Company yang merupakan perusahaan yang piawai merancang mobil listrik ini memutuskan untuk ikut meramaikan persaingan kendaraan komersial. Saat itu Tesla pertama kali memamerkan Tesla Semi Truck ini. Semi yang dibaca ‘Semai’ ini bukan berarti hampir truk, namun penyebutan Semai memang lazim untuk truk-truk di sana. Truk buatan Tesla ini dapat menjadi the game changer bagi dunia persaingan truk di Amerika.

Gambar menunjukkan tampilan depan Tesla Semi Truck 2021

Truk rancangan Tesla ini dibuat dengan berbagai terobosan yang out of the box

Sebab, di negara asalnya, sudah banyak sekali pemain truk di kelas tersebut. Karena urat nadi ekonomi Amerika juga tergantung terhadap supply chain yang berkaitan dengan truk. Dimulai dari merek asli Paman Sam sendiri seperti MACK, Kenworth Peterbilt. Atau truk asal Eropa misal Volvo, MAN, Mercedes-Benz dan Scania. Namun, semua merek truk yang tadi kami sebutkan kecuali Tesla, belum ada yang menggunakan energi listrik sebagai sumber tenaga utamanya. Kehadiran Tesla Semi Truck ini akan merepotkan dan mengubah peta persaingan. Lantas, bagaimana reviewnya? Ikuti ulasan ini sampai habis.

Eksterior Tesla Semi Truck 2021

Review Tesla Semi Truck 2021: Tampilan Depan

Gambar menunjukkan tampilan depan Tesla Semi Truck 2021

Aerodinamika truk ini dirancang sangat baik oleh Tesla

Tidak seperti truk-truk Amerika lainnya, dari bagian depan saja Tesla Semi Truck yang akan mulai dipasarkan tahun 2021 ini sudah dirancang sangat aerodinamis. Bahkan, aerodinamikanya tidak main-main, angka coefficient of drag (cd) 0,38 mampu diraih Tesla Semi Truck ini. Bahkan angka cd tersebut lebih baik 0,02 poin dari Bugatti Chiron yang adalah sebuah hypercar. O ya, headlamp sudah full LED (Light Emitting Diode) yang punya respon cepat, hemat daya, dan lebih terang.

Review Tesla Semi Truck 2021: Tampilan Samping

Gambar menunjukkan tampilan samping Tesla Semi Truck 2021

Bentuk Tesla Semi Truck seakan datang dari masa depan

Lanjut ke bagian samping Tesla Semi Truck 2021 ini, Anda akan melihat bentuk yang seolah tidak proporsional dan mirip seperti ikan buntal. Namun, Tesla berpendapat bentuk yang didesain seperti ini akan menambah kelegaan kabin di bagian dalam. Gagang pintu yang digunakan truk buatan Tesla ini juga layaknya mobil Tesla lainnya, yakni menggunakan mekanisme elektrik dan dapat ‘tenggelam’ menjadi rata dengan bodi ketika terkunci atau pengemudi sudah mengunci pintunya dari dalam.

Review Tesla Semi Truck 2021: Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan tampilan belakang Tesla Semi Truck 2021

Nantinya terdapat opsi penutup roda samping

Pada bagian belakang Tesla Semi Truck ini sebenarnya biasa saja layaknya truk untuk menarik kontainer. Yes, kontainer karena truk Tesla ini dijual sebagai tractor head saja. Sebagai informasi, di Amerika sana truk seperti ini eighteen wheeler, karena jika tronton terpasang jumlah rodanya ada 18 buah. O ya, Ada opsi yang disediakan oleh Tesla untuk truk ini yakni cover ban samping, jadi cover tersebut dapat menutupi ban samping untuk kebutuhan safety dan sedikit meningkatkan aerodinamika.


Interior Tesla Semi Truck 2021

Review Tesla Semi Truck 2021: Layout Dasbor

Gambar menunjukkan layout dasbor Tesla Semi Truck 2021

Selayaknya Tesla lainnya, minim tombol fisik di kabin

Layout dashboard juga dibuat layaknya ciri khas mobil Tesla, yakni minimum and clean dengan minim tombol fisik. Terdapat dua buah layar besar pada bagian kanan dan kiri pengemudi. Layar kiri untuk mengatur segala hal yang berkaitan dengan fitur di truk dan fungsi panel instrumen seperti speedometer dan lainnya, sementara layar kanan dapat digunakan untuk terhubung ke supply management, navigasi dan pengaturan orderan truk. Benar-benar out of the box.

Review Tesla Semi Truck 2021: Kursi

Gambar menunjukkan kursi Tesla Semi Truck 2021

Posisi duduk driver layaknya sportcar legendaris McLaren F1

Kursi yang ada di Tesla Semi Truck 2021 ini juga tidak kalah unik. Kursi pengemudi terletak di tengah kabin layaknya mobil sport lawas McLaren F1. Tetapi, maksud penempatan kursi driver di tengah ini bukan untuk distribusi bobot yang baik, namun lebih ke visibilitas yang baik. Sebab, di Amerika sana sopir truk umumnya berjalan sendiri tanpa adanya kenek. Maka dari itu, Tesla Motor Corporation meletakkan kursi pengemudi di tengah dan dua kursi lainnya ada di belakang pengemudi.

Review Tesla Semi Truck 2021: Setir

Gambar menunjukkan setir Tesla Semi Truck 2021

Setirnya simpel dan minim tombol fisik

Lingkar kemudi dari Tesla Semi Truck ini juga berbeda dengan truk lainnya yang beredar di Amerika. Truk di negerinya Barack Obama tersebut umumnya pakai desain besar dan bertabur tombol fisik di spoke-nya. Namun, Tesla punya cara yang berbeda, yakni dengan meminimalisir tombol yang ada di setir. Tapi jangan khawatir, selayaknya truk modern, setir ini juga dapat diatur secara tilt and telescopic, ini membuat posisi mengemudi kian ergonomis dan juga sesuai dengan berbagai postur driver.

Fitur Tesla Semi Truck 2021

Review Tesla Semi Truck 2021: Payload

Gambar menunjukkan payload Tesla Semi Truck 2021

Beban 40 ton dapat dengan mudah ditarik truk Tesla ini

Payload atau beban maksimum yang dapat ditarik/diangkut oleh Tesla Semi Truck 2021 ini adalah 40 ton. Angka itu sesuai dengan regulasi beban maksimum yang dapat diangkut di Amerika. Yang istimewa adalah, karena Tesla Semi Truck ini adalah kendaraan full listrik, maka akselerasi dari truk ini sangat menawan. Jika truk Tesla ini digunakan sambil menarik trailer dengan beban maksimum untuk berakselerasi dari 0-100 km/jam dapat ditempuh hanya dalam tempo 20 detik saja.

Review Tesla Semi Truck 2021: Ringkasan Fitur Keselamatan & Tesla Autopilot

Ringkasan fitur keselamatan Tesla Semi Truck 2021

Tesla Autopilot menjamin keamanan dan kenyamanan driver truk ini

Tesla Semi Truck 2021 ini juga sama dengan kendaraan Tesla lainnya, yakni dilengkapi dengan fitur keselamatan terintegrasi bernama Tesla Autopilot. Tesla Autopilot ini mengandalkan 12 sensor ultrasonik yang dapat mengcover 360 derajat truk ini. Khusus untuk radar ultrasonik yang diletakkan di bagian depan kendaraan dapat ‘melihat’ keadaan hingga 160 meter kedepan. Tesla Semi Truck ini juga dapat beradaptasi dengan lalu lintas bahkan berpindah jalur secara otomatis. Sehingga mobil ini memiliki kemampuan untuk full autonomous.

Operasi Tesla Semi Truck 2021

Gambar menunjukkan dinamo Tesla Semi Truck 2021

Tesla Semi Truck ini digerakkan oleh empat buah dinamo di masing-masing roda belakang

Tesla Motor Corporation belum mengumumkan secara resmi mengenai jenis dinamo dan kapasitas baterai yang akan digunakan oleh Tesla Semi Truck 2021 ini. Maklum, truk ini masih berupa prototipe. Namun, jika melihat presentasi dari Elon Musk dua tahun lalu, Truk ini mengandalkan empat buah motor listrik yang tertanam pada masing-masing roda belakang, jadi setiap satu sisi roda ada satu motor listrik. Baterainya juga disuplai dari Panasonic dengan jenis Lithium-ion. Klaim Tesla untuk truk ini untuk mengisi daya dari 0 ke 80% hanya butuh 30 menit, jadi sopir bisa memanfaatkan saat bongkar muat muatan untuk mengisi ulang baterai.

Gambar menunjukkan letak dinamo Tesla Semi Truck 2021

Tanpa menarik beban, untuk berakselerasi dari diam ke 100 km/jam hanya perlu 5 detik saja

Yang paling mengagumkan dari Tesla Semi Truck 2021 ini adalah performanya. Elon Musk dalam presentasinya mengklaim bahwa truk berdesain nyeleneh ini dapat menempuh jarak tempuh maksimum sejauh 500 miles atau jika dikonversi ke satuan kilometer maka jaraknya adalah 800 kilometer kurang sedikit. Apalagi akselerasinya, untuk berlari dari 0-60 mil/jam (sekitar 100 km/jam) Tesla Semi Truck ini mampu menyelesaikan hanya dalam 5 detik saja dengan kondisi tanpa menarik trailer (tractor headnya saja). Jelas figur-figur tersebut jauh lebih baik dari truk bertenaga diesel manapun.

Spesifikasi Tesla Semi Truck 2021

Berikut ini adalah prediksi spesifikasi Tesla Semi Truck 2021.

Mesin Tesla Semi Truck 2021
 Jenis Motor Listrik

 4 Induction Motor, (Terletak empat belakang)

 Baterai

 kWh belum diketahui, jenis Lithium Ion by Tesla Motor & Panasonic

Tenaga Maksimum

 N/A

Torsi Maksimum

 N/A

Putaran Maksimum Dinamo

 N/A
Jarak Tempuh Maksimum

 Estemasi 500 Miles atau 800 Kilometer Untuk Pemakaian Normal

Tipe Transmisi

 Single Gear Speed Transmission

Penggerak

 All-Wheel Drive

Rangka Tesla Semi Truck 2021

Panjang X Lebar X Tinggi

N/A

Jarak Sumbu Roda

 N/A

Jumlah Pintu

 2 Pintu

Kapasitas Penumpang

 3 Penumpang
Suspensi/Kaki-Kaki Tesla Model Semi Truck

Suspensi Depan & Belakang

 Air Suspension

Sistem Kemudi

 Electronic Power Steering

Rem Depan & Belakang

 Disc & Disc, Regenerative Brake Cooperation Type

Teknologi Sistem Pengereman

 All Integrated by Tesla Autopilot

Teknologi Safety Sasis

 High Impact Protection by Tesla

Struktur Sasis

 Monokok, Truck Commercial Segment

Pelek

 Steek, N/A

Jenis Ban

 N/A

Daftar Harga Tesla Semi Truck 2021

Gambar menunjukkan Harga Tesla Semi Truck 2021

Melihat infrastruktur Tanah Air, rasanya Tesla Semi Truck ini kemungkinannya kecil dijual di Tanah Air

Sayangnya, hingga artikel ini diturunkan, belum ada keterangan resmi mengenai berapa harga dari Tesla Semi Truck 2021 ini. Memang, jika dipaksa masuk Tanah Air pasti akan sulit bersaing dengan pemain-pemain besar truk seperti Mitsubishi Fuso, Isuzu, Hino, bahkan UD Trucks. Namun, di masa depan bukan tidak mungkin truk listrik akan wira wiri di jalanan Tanah Air.

Kesimpulan Tesla Semi Truck 2021

Gambar menunjukkan ilustrasi kesimpulan Tesla Semi Truck 2021

Truk ini akan membuat pengusaha truk cepat kaya, jika...

Apakah truk ini layak beli? Jika Anda tinggal di negara yang infrastrukturnya sudah sebaik Amerika Serikat, maka truk ini akan cepat membuat Anda kaya. Tapi, karena di Indonesia infrastrukturnya belum sebaik negara maju lain, maka sebaiknya Anda beli truk yang sudah siap saja di sini, misalnya Mitsubishi Fuso Fighter, Hino Ranger 500 atau Isuzu Giga. Selama regulasi di Indonesia belum mendukung kendaraan ramah lingkungan, truk-truk potensial seperti Tesla Semi Truck yang berpotensi ‘mengubah arah permainan’ ini akan sulit bersaing.

Arfian Alamsyah
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Prestige Motor

DKI Jakarta

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

back to top