McLaren F1 GTR Longtail Pertama Akan Dijual, Harganya Fantastis

25/03/2020

Pasar mobil

4 menit

McLaren F1 GTR Longtail Pertama Akan Dijual, Harganya Fantastis
Pada dasarnya, McLaren F1 adalah sebuah mobil dengan jumlah produksi terbatas, terlebih dengan versi mobil balap. Namun, kami melihat sebuah F1 GTR Longtail dijual, di Inggris.

Melihat sebuah McLaren F1 dijual merupakan hal langka, mengingat hanya beberapa unit saja yang dibuat. Melihat varian kencang F1 GTR dijual, itu lebih spesial lagi. Namun, sebuah dealer mobil mewah di Inggris, Tom Hartley Jr. menjual salah satu dari McLaren F1 GTR Longtail 1997.

>>> Virus Corona belum Mereda, Le Mans 24 jam 2020 ditunda

McLaren F1 GTR Longtail adalah versi final dari F1 GTR, yang hadir dengan body lebih panjang dan sayap lebih besar untuk peningkatan aero. Total hanya 10 mobil yang dibuat, dan ini adalah sasis pertama dengan kode 19R.

Pemenang balapan JGTC, masih eksis ikut Hillclimb

>>> Pilihan mobil baru dan bekas berkualitas dapat Anda temukan di sini

Sasis 19R merupakan satu dari dua mobil R&D yang dibangun McLaren tahun 1996, dan memulai balapan pertamanya pada Suzuka 1000 km. Dan menurut dealer, mobil ini memiliki sejarah balapan yang panjang di Jepang termasuk memenangi satu balapan Japan Grand Touring Championship (JGTC) musim 2001 sebelum dipensiunkan tahun 2002, mobil ini juga jadi F1 GTR Longtail pertama yang dibuat road-legal oleh Lanzante.

McLaren F1 GTR Longtail sedang tampil di Goodwood Festival of Speed

Aktif balapan sampai 2002, F1 GTR Longtail sasis #19R masih sesekali tampil di Goodwood

McLaren F1 GTR Longtail satu ini juga sudah beberapa kali tampil di event balap climbhill seperti Goodwood, dan menjajal trek Spa-Francorchamps. Dan pada paket penjualannya, Anda tidak hanya mendapatkan mobil saja, melainkan tambahan suku cadang yang dibutuhkan untuk mengkonversi mobil menjadi spesifikasi balap.

Hanya ada 10 unit, harga ditaksir lebih dari Rp 242 miliar

>>> Berita lain seputar pasar mobil dapat Anda lihat di sini

Dirancang oleh desainer kenamaan Gordon Murray dengan sasis yang dibuat dari Carbon Fiber Reinforced System (CFRP), tercatat hanya 108 unit McLaren F1 yang diproduksi. 28 di antaranya merupakan mobil balap F1 GTR, dengan 10 di antaranya varian Longtail yang dibuat setelah 1997.  Semua line-up McLaren F1 menggunakan mesin BMW S70/2 V12 6.1L yang menghasilkan tenaga 618 HP dan torsi 650 Nm.

Mesin V12 BMW S70/2 6,1L yang digunakan McLaren F1 GTR

F1 GTR Longtail menggunakan mesin V12 racikan BMW

Pihal dealer sendiri tidak mencantumkan harga mobil, namun jika McLaren F1 biasa dihargai sekitar $15 juta (Rp 242 miliar) maka F1 GTR Longtail diperkirakan akan lebih mahal dari itu.

>>> Berita terbaru, tips & trik terlengkap, dan pilihan mobil berkualitas bisa Anda temukan semua di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top