Review Suzuki Ignis 2019: India Sudah Facelift, Kapan Indonesia?

08/03/2019
editor rate: 4,5 user rate: 4,5
Pada Februari 2019, Suzuki Maruti India memberikan penyegaran pada Ignis. Berbagai hal menarik ditambahkan menjadi fitur standar. Tak menutup kemungkinan, Indonesia juga akan mendapatkan Facelift pada Ignis, mengingat model ini baru saja dirilis pada tahun 2017 silam. Supaya tak penasaran berikut kita simak review Suzuki Ignis 2019.

PENGANTAR Suzuki Ignis 2019

Review Suzuki Ignis 2019 - Perlu Anda ketahui, Indonesia baru mendapat Ignis hanya pada model generasi keduanya. Sedangkan generasi pertamanya yang diproduksi tahun 2000-an hanya dipasarkan di beberapa negara saja terutama negara asalnya, Jepang.

Barulah generasi keduanya yang diperkenalkan di acara Geneva Motor Show 2015, menjadi cikal bakal kehadiran Ignis di Tanah Air. Meski membutuhkan waktu setidaknya dua tahun, Ignis akhirnya tiba menyapa Indonesia, seminggu sebelum ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017.

Suzuki Ignis Indonesia memiliki banyak peminat khususnya kawula muda

Sosok Suzuki Ignis yang dijual di Indonesia

Nah, model yang hendak dibahas kali ini adalah Facelift Suzuki Ignis di India. Beberapa pembaruannya terlihat menarik buat kami khususnya dari segi fitur. Melihat fenomena ini, nyatanya India sudah memberikan Facelift SuzukI Ignis, lantas kapan Indonesia? Sebelum berasumsi lebih jauh, ada baiknya kita mengintip fitur barunya yang dijual di India dalam review Suzuki Ignis 2019.

Fitur Suzuki Ignis 2019 semakin ditingkatkan untuk mendukung keamanan seluruh penumpang

Salah satu pembaruan menarik adalah hadirnya berbagai fitur baru pada Ignis 2019

EKSTERIOR Suzuki Ignis 2019

Sayangnya, kami menemukan bahwa tak begitu ada perubahan signifikan pada desain eksterior Suzuki Ignis 2019. Semuanya masih sama kecuali penawaran pilihan warna baru untuk varian tertingginya.

Review Suzuki Ignis 2019: Eksterior Depan

Berbicara masalah wajah depannya, hal ini yang cenderung menjadi esensi ikonik sekaligus pembeda daripada pesaing di kelasnya. Berbentuk kotak dengan tampilan menggembung, membuatnya terlihat seksi serta minimalis sebagai mobil Hatchback.

Eksterior depan Suzuki Ignis 2019 dilengkapi dengan lampu Projector, LED DRL hingga lampu kabut

Tampilan depannya masih ikonik seperti versi sebelumnya

Lampunya sendiri sudah didukung LED Projector serta LED Daytime Running Lights (DRL) berbentuk U. Selain terlihat lebih berkarakter, desain lampu tersebut mampu memberi fungsi pencahayaan mumpuni pada sisi depan.

Review Suzuki Ignis 2019: Eksterior Samping

Jika mengamati sisi samping, Anda akan menemukan sedikit perubahan menarik. Tersedia fitur Roof Rail dengan desain yang lebih memikat daripada versi sebelumnya. Memang tak dipungkiri, Indonesia sudah lebih dulu mendapatkan Roof Rail daripada India yang sebelumnya belum menghadirkannya. Di sisi lain, Anda akan disuguhkan berbagai pilihan warna Two-Tone yang mengaplikasikan dua warna berbeda pada sisi bodi dan atap.

Eksterior Samping Suzuki Ignis 2019 dilengkapi dengan desain Roof Rail baru

Perubahan juga bisa dilihat pada desain Roof Rail-nya yang cenderung lebih sporty

Review Suzuki Ignis 2019: Eksterior Belakang

Melihat sektor buritannya, Anda akan melihat bahwa bodi belakangnya terlihat mengotak. Dipadu dengan Rear Spoiler serta lampu berukuran besar, tampilannya terlihat cukup stylish. Namun, dari pantauan kami, tidak semua orang bisa menyukai desain semacam ini.

Eksterior belakang Suzuki Ignis 2019 menggunakan desain yang mirip dengan sebelumnya

Bodi belakangnya tidak mengalami perubahan apapun

>>> Informasi yang tak kalah menarik:

INTERIOR Suzuki Ignis 2019

Menyisir sisi interior Suzuki Ignis 2019, tampilannya masih sama dengan versi sebelumnya. Suasana kabin yang elegan serta ergonomis masih dapat dirasakan baik pada kursi depan serta belakang.

Review Suzuki Ignis 2019: Dashboard

Pada varian tertingginya, tampilan dashboard terlihat lebih menarik dengan perpaduan warna Two-Tone. Sukses memberikan kesan mewah namun tetap elegan khas anak muda. Di sisi tengah sendiri, pengendara akan disuguhkan fitur penyejuk AC otomatis serta panel Head Unit Touchscreen.

Dashboard Suzuki Ignis 2019 sudah dibekali berbagai hal menarik

Desain dashboard masih dikemas sama seperti sebelumnya

Review Suzuki Ignis 2019: Setir

Kemudi setirnya sendiri sudah didukung Tilt Steering namun belum menyediakan Telescopic. Meski begitu, hal ini sudah menjadi kelebihan menarik yang mampu menyesuaikan posisi setir dengan tubuh pengendara. Di balik kemudi setirnya juga disiapkan sebuah Tachometer dengan gaya sporty.

Setir Suzuki Ignis 2019 sudah dibekali konfigurasi Tilt Steering

Kemudi setirnya sendiri sudah dikemas dengan Tachometer berdesain sporty

Review Suzuki Ignis 2019: Kursi

Untuk ukuran Hatchback, kursinya mampu menampung lima orang sekaligus, terasa cocok untuk para kawula muda hingga kebutuhan keluarga. Adapun tersedia fitur Height Adjuster pada bangku pengendara yang mampu mengatur posisi ketinggian kursi. Hal menarik lain juga ditemui pada kursi belakangnya yang sudah didukung Adjustable Restraint serta pelipatan 60:40.

Kursi Suzuki Ignis 2019 mampu menampung lima orang sekaligus dengan tatanan lega

Merambah ke sektor kursinya, penataan kabin masih sangat akomodatif

>>> Baca juga:

FITUR Suzuki Ignis 2019

Pembaruan paling menarik terletak pada fitur Suzuki Ignis 2019. Banyak sekali fitur yang sebelumnya masih opsional dan hanya didapati pada varian tertinggi, kini sudah diaplikasikan pada semua variannya.

Review Suzuki Ignis 2019: Fitur Keselamatan

Fitur baru yang ditambahkan adalah Seatbelt Alert System dengan fungsi memberikan notifikasi pengingat apabila pengendara lupa memasang sabuk pengaman. Adapun terdapat fitur Speed Warning System yang mana pemberitahuan audio akan aktif apabila kecepatan mobil melebihi 80 Km/Jam. Menariknya lagi, Rear Parking Sensor juga hadir untuk mempermudah proses parkir kendaraan. Ketiga hal baru ini pun sudah menjadi fitur standar yang ada di semua varian.

Rear Parking Sensor Suzuki Ignis 2019 sudah didapati di semua variannya

Rear Parking Sensor kini sudah hadir sebagai fitur standar

Seperti yang kita ketahui, fitur seperti Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD) serta Airbags sudah dihadirkan untuk menjamin keselamatan penumpang dan pengendara. Hal ini masih sama dengan versi sebelumnya.

Review Suzuki Ignis 2019: Fitur Hiburan

Dari segi hiburan sendiri, Anda akan disuguhkan kenyamanan luar biasa dari panel Head Unit-nya. Panel tersebut bahkan sudah didukung teknologi Touchscreen serta terintegrasi dengan tombol pada kemudi setir. Jujur saja, hal ini saja yang menjadi hiburan dari dalam kabinnya.

Fitur Hiburan Suzuki Ignis 2019 hadir dengan teknologi Touchscreen

Audio juga sudah didukung Suzuki Connect yang memudahkan pengoperasian

>>> Ignis Positif, Kuasai Hampir Separoh Penjualan City Car Semester I 2018

OPERASI Suzuki Ignis 2019

Sayangnya, kami juga tak menemukan perubahan pada operasi mesin Suzuki Ignis 2019. Masih menggunakan kapasitas mesin 1.2 Liter berbahan bakar bensin. Adapun daya yang diberikan mesinnya mampu meraih 83 PS serta torsi puncak sebesar 113 Nm. Sebuah tenaga yang cukup mumpuni untuk sebuah mobil Hatchback.

Mesin Suzuki Ignis 2019 masih menerapkan kapasitas 1.2 Liter

Mesinnya sendiri tak mendapat perubahan apapun

Tersedia juga dua pilihan transmisi yang bisa dipilih meliputi 5 tingkat percepatan manual serta Automated-Manual Transmission (AMT). AMT sendiri merupakan jenis transmisi manual namun dikemas dengan pengoperasian mirip otomatis tanpa perlu memindahkan gigi. Hal ini tentu saja berbeda dengan versi Indonesia yang menawarkan transmisi Auto Gear Shift (AGS). Proses pergantian gigi diatur secara komputerisasi yang mana membantu menekan kopling padahal mobil satu ini tidak dilengkapi kopling. Jujur saja, kami lebih suka dengan versi AMT yang diklaim lebih halus daripada AGS. Pasalnya, proses komputerisasi pada AGS seakan memberi sensasi tersendat ketika awal injakan pedal gas menuju ke kecepatan menengah.

>>> Apakah Anda penyuka mobil besutan Suzuki? Jika iya, Anda bisa melihat mobil Suzuki yang tak kalah menariknya di sini

spesifikasi Suzuki Ignis 2019

Untuk informasi selengkapnya mengenai spesifikasi Suzuki Ignis 2019, Anda bisa melihat tabel di bawah ini.

SPESIFIKASI SUZUKI IGNIS 2019

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

3.700 x 1.690 mm x 1.595 mm

Wheelbase

2.435 mm

Ground Clearance

180 mm

MESIN

Tipe Mesin

1.2 Liter VVT

Daya Maksimum

83 PS / 6.000 Rpm

Torsi Maksimum

113 Nm / 4.200 Rpm

Sistem Transmisi

5 Tingkat Percepatan Manual / AMT

HANDLING

Suspensi Depan

McPherson Strut

Suspensi Belakang

Torsion Beam

Rem Depan

Disc

Rem Belakang

Drum

Ukuran Ban

175/65 R15

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

32 Liter

Estimasi Konsumsi Bahan Bakar Rata-Rata

20,89 Km/Liter

kelebihan & kekurangan Suzuki Ignis 2019

Tentu dalam setiap kendaraan yang sudah kami ulas terdapat beberapa kekurangan serta kelebihan. Hal serupa juga kami temui pada model satu ini. Berikut kelebihan dan kekurangan Suzuki Ignis 2019.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Fitur keselamatan semakin ditingkatkan

Pembaruan terasa sangat minor

Desain eksterior lebih cantik dengan warna Two-Tone

Tak ada perubahan apapun pada mesin

Kelebihan pada versi sebelumnya masih dihadirkan di model terbarunya ini

Bodi belakangnya yang dianggap kurang rupawan, tidak mengalami ubahan signifikan

Transmisi AMT diklaim lebih responsif daripada AGS yang ada di Indonesia

-

daftar harga Suzuki Ignis 2019

Di India model satu ini dirilis dengan harga yang cukup terjangkau mulai Rp. 150 jutaan hingga Rp. 180 jutaan. Namun mengingat model yang diulas kali ini adalah versi India, maka Cintamobil.com memberikan harga resminya dalam kurs Rupee. Berikut daftar harga Suzuki Ignis 2019.

TIPE MOBIL

HARGA SUZUKI IGNIS 2019

(Kurs India)

HASIL KONVERSI KE RUPIAH INDONESIA

Suzuki Ignis 2019

Rs. 478.000 – Rs. 714.000

IDR. 95.000.000 – 142.000.0000

>>> Klik di sini untuk mengetahui harga Suzuki Ignis 2019 yang beredar di Indonesia

Video Suzuki Ignis 2019

KESIMPULAN Suzuki Ignis 2019

Suzuki Ignis 2019 mendapati perubahan menarik khususnya pada aspek keselamatan. Hal ini bisa menjadi sebuah daya tarik sendiri bagi konsumen yang benar-benar memperhatikan keselamatan. Di sisi lain, harga yang terjangkau menjadi hal paling menggiurkan bagi kawula muda baik untuk aktivitas perkuliahan hingga perkantoran. Namun sayangnya, perubahan di sisi lain tidak kami temui secara signifikan sehingga kami merasa perubahan kali ini terlihat sekilas masih sama saja dengan versi sebelumnya.

>>> Mari klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil