Informasi Lengkap Tentang Transmisi AGS Suzuki

26/01/2019

Pengemudian
Share this post:
Informasi Lengkap Tentang Transmisi AGS Suzuki
Transmisi Auto Gear Shift (AGS) merupakan teknologi terbaru Suzuki yang berbeda dengan transmisi manual atau otomatis. PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengusung tema utama “Bisa Matic, Bisa Manual” dalam perkenalan transmisi AGS pada Suzuki Ignis serta Karimun Wagon R. Bagaimana cara menggunakan AGS? Apakah kelebihannya?

Mungkin sebagian dari Anda sudah banyak mengenal transmisi manual maupun otomatis. Transmisi otomatis menawarkan sensasi berkendara lebih mulus dan sudah menjadi kebutuhan di kota besar. Sedangkan transmisi manual menawarkan akselerasi yang lebih menggigit. Berbeda halnya dengan transmisi AGS yang menggabungkan keduanya baik manual maupun otomatis.

Transmisi AGS

Teknologi ini pertama kali dikembangkan oleh Suzuki Motor Corporation (SMC) India. Selain karena basis Suzuki yang besar di India, peluncuran transmisi AGS ini diklaim mampu meningkatkan keiritan bahan bakar pada mobil. Disampaikan bahwa transmisi AGS mampu mengurangi konsumsi bahan bakar hingga 5% daripada transmisi manual.

Suzuki Automated Gear Shift menawarkan sensasi matic bisa manual bisa

Transmisi AGS menjadi hal baru yang ditawarkan oleh Suzuki

Di Indonesia, generasi pertama transmisi AGS diterapkan pada Suzuki Wagon R. Sedangkan pada Suzuki Ignis sudah menerapkan generasi kedua dari AGS. Pihak SIS juga mengklaim bahwa estimasi konsumsi bahan bakar Suzuki Ignis transmisi AGS mencapai 23,64 Km/Liter, berbeda dengan Ignis transmisi manual yang hanya mencapai 23,44 Km/Liter. Bisa dilihat bukan, bahwa transmisi AGS mampu tampil lebih irit dibanding transmisi manual.

>>> Baca juga: Membedah Head Unit Wuling Almaz, Ada Apa Saja Dalam Layar 10,4 Inci Tersebut?

Transmisi AGS Suzuki Karimun Wagon R merupakan generasi pertamanya yang diisukan kurang responsif

Suzuki Karimun Wagon R menggunakan transmisi AGS generasi pertama

Cara Kerja Transmisi AGS

Dari cara penggunaan, transmisi AGS cukup mirip dengan transmisi manual namun tanpa pedal kopling. Perpindahan gigi nantinya akan diatur secara elektronik sehingga terasa seperti mengendarai mobil bertransmisi otomatis.

Absennya pedal kopling digantikan oleh aktuator hidrolik, sedangkan perpindahan gigi secara otomatis dioperasikan oleh Transmission Control Module (TCM). Bagi pengguna yang baru merasakannya mungkin akan terasa aneh karena sudah terbiasa dengan transmisi otomatis maupun manual.

>>> Apakah Anda tertarik dengan transmisi tersebut? Jika iya, Anda bisa melihat harga Suzuki Karimun Wagon R di sini

Tak lupa kami juga mengingatkan bahwa transmisi AGS tidak memiliki fitur P atau Parkir. Banyak orang bertanya, “bagaimana cara parkir transmisi AGS?” Cukup mudah, Anda hanya perlu menaruh tuas transmisi ke R atau M jika kendaraan tak perlu lagi dipindah. Namun jika posisi parkir secara paralel, Anda hanya perlu memindah tuas ke posisi netral seperti mobil bertransmisi manual.

Transmisi AGS Suzuki Ignis merupakan generasi kedua yang lebih responsif dibanding Wagon R

Transmisi AGS Suzuki Ignis

Kelemahan dan Keluhan Transmisi AGS

Cara kerjanya yang tanpa pedal kopling dan mengandalkan TCM serta aktuator hidrolik, mengakibatkan adanya jeda dan tersendat ketika melakukan perpindahan gigi. Hal ini terjadi karena TCM, aktuator hidrolik dan Electronic Control Unit (ECU) membutuhkan sedikit waktu untuk bekerja. Sejatinya hal ini masih terbilang wajar, namun tentunya tak heran apabila banyak pengendara mengeluhkan transmisi AGS tidak responsif seperti transmisi otomatis konvensional atau bahkan Continuous Variable Transmission (CVT).

>>> Lihat juga harga terjangkau dari Suzuki Ignis, murah meriah pas di kantong Anda

Di sisi lain, hal tersebut juga mengurangi tenaga yang diberikan oleh mesin. Dalam hal ini, disarankan untuk menggunakan mode manual di saat melaju di area tanjakan serta gunakan gigi 1 ketika berada di tanjakan curam.

Kelebihan Transmisi AGS

Pertama, transmisi AGS memiliki kelebihan dalam hal tingkat efisiensi bahan bakar yang sudah disebutkan sebelumnya. Suzuki mencatat bahwa Ignis AGS mampu lebih irit hingga 5% dibanding Ignis M/T. Kelebihan berikutnya adalah perawatan transmisi AGS relatif lebih murah dibanding transmisi manual. Hal inilah yang menjadi penawaran menarik dari Suzuki lewat transmisi AGS. Bisa dibilang, cara ini adalah “Strategy Marketing” Suzuki dalam meraih konsumen yang bingung pilih transmisi otomatis atau manual, karena AGS menggabungkan dua hal tersebut.

>>> Simak juga tips dan trik mobil terbaru lainnya hanya di situs Cintamobil.com

Franky Pratama
Share this post:

Berita lain

Saat Otomatis Jadi Tren Dunia, Warga AS Lebih Suka BMW Transmisi Manual

30/07/2018

Pasar mobil

Saat pasar otomotif dunia terjadi pergeseran tren dari transmisi manual ke otomatis, BMW justru mengkampanyekan slogan "Terus beli manual".

Lihat juga

Mengenal Lebih Dekat Transmisi AMT, ini Matik Apa Manual, Sih?

Cukup banyak para calon pembeli maupun pengguna mobil bingung dengan transmisi AMT (Automated Manual Transmision). Sebenarnya ini transmisi matik apa manual, sih?

Lihat juga

Kebiasaan Buruk Yang Merusak Gearbox Mobil Pada Transmisi Manual

10/03/2018

Pengemudian

Semakin lama Anda punya mobil, maka akan semakin terbentuk kebiasaan berkendara Anda. Sayangnya tidak semua kebiasaaan itu bagus untuk mobil Anda. Apalagi, banyak pengemudi yang melakukan kebiasaan buruk yang bisa merusak gearbox mobil.

Lihat juga

7 Hal yang Harus Dihindari ketika Mengemudikan Transmisi Otomatis

10/01/2018

Pengemudian

Hadirnya transmisi otomatis tentu saja menjadi penemuan terbesar dalam industri otomotif saat ini. Transmisi otomatis tentunya membantu pengemudi pemula dalam mengemudikan mobilnya. Tapi, apakah anda mengetahui bagaimana cara mengemudikan transmisi otomatis agar selalu aman dan nyaman?

Lihat juga

5 Penyebab Masalah pada Transmisi Otomatis yang Mungkin Anda Alami

Jika anda mempunyai mobil dengan transmisi otomatis, tentu saja ada kemungkinan anda bisa mengalami masalah pada transmisi anda. Beberapa penyebab masalah pada transmisi otomatis sebenarnya bisa dihindari jika anda melakukan perawatan mobil dengan teratur. Namun, bagaimana jika anda mengalami masalah transmisi karena mobil yang sudah tua?

Lihat juga