Review Suzuki Ignis Sport Edition 2018

05/11/2018
editor rate: 4,0 user rate: 4,0
Memberikan tampilan yang lebih sporty, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memperkenalkan varian terbaru dari Suzuki Ignis. Diluncurkan di salah satu Mall di Jakarta 26 Januari awal tahun ini, Suzuki Ignis Sport Edition 2018 datang menyapa konsumen Indonesia.

PENGANTAR Suzuki Ignis 2018

Review Suzuki Ignis Sport Edition 2018 - Menjadi varian facelift terbaru Suzuki, Suzuki Ignis Sport Edition 2018 menghadirkan tampilan yang lebih sporty di sokong beberapa fitur baru yang lebih komplit. Hadir menyapa masyarakat Indonesia pertama kali pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 dengan nama Suzuki Ignis G-Urban Concept, Sport Edition akan bertengger sebagai varian menengah dari tipe GL dan GX Suzuki Ignis.

Gambar yang menunjukan mobil konsep Suzuki Ignis Sport Edition

Mobil konsep Sport Edition dipamerkan pada GIIAS 2017

Ignis merupakan mobil subkompak yang diproduksi Suzuki antara tahun 2000 dan 2008 menggantikan Suzuki Cultus, atau di Indonesia dikenal dengan Suzuki Swift. Setelah mati, Suzuki memberikan nyawa baru dengan mengubah Ignis menjadi crossover kompak pada dari tahun 2016. Namanya sendiri memberikan kesan garang; “ignis” adalah bahasa Latin untuk “api”.

Gambar yang menunjukan debut Suzuki Ignis Sport Edition 2018

Debut pertama Suzuki Ignis Sport Edition di Indonesia

Saling berebut pasar dengan Honda Brio, Toyota Ayla, hingga pendatang baru Datsun Cross, Cintamobil.com akan memberikan review Suzuki Ignis Sport Edition 2018 yang baru diluncurkan tahun ini.

EKSTERIOR Suzuki Ignis 2018

Menghadirkan desain baru dengan cita rasa SUV nan sporty dan stylish, tampilan teranyar eksterior Suzuki Ignis Sport Edition 2018 membuatnya terkesan lebih kekinian dibandingkan pesaingnya. Mulai dari desain aksen dual tone pada eksterior luar hingga desain kompak yang menggemaskan, Ignis menunjukan perubahan desain yang minimalis namun ‘mengena’ pada faceliftnya saat ini.

Review Suzuki Ignis Sport Edition 2018: Eksterior Depan

Gambar yang menunjukan tampilan depan Suzuki Ignis Sport Edition 2018

Bagian depan Suzuki Ignis Sport Edition 2018

Tampilan eksterior depan Suzuki Ignis Sport Edition 2018 mendapatkan skid plate pada bumper depan dan belakang. Penambahan terletak pada sektor pencahayaan dengan menambahkan lampu DRL pada bagian tengah gril dan clam shell bonnet khusus Sport Edition, meskipun sebagian besar masih sama dengan tipe GL. Headlamp juga bisa diatur ketinggiannya untuk membantu kenyamanan selama mengemudi di malam hari.

Review Suzuki Ignis Sport Edition 2018: Eksterior Samping

Gambar yang menunjukan tampilan samping Suzuki Ignis Sport Edition 2018

Bagian samping Suzuki Ignis Sport Edition 2018

Tak hanya bagian depan dan belakang, eksterior samping Suzuki Ignis Sport Edition 2018 juga dilengkapi dengan Side Under Spoiler untuk memberikan kesan sporty. Disandingkan dengan Trapezoid Design 15 inci dengan ground clearance 180 mm, cukup rendah namun sesuai jika bersanding di segmen SUV kompak.

Review Suzuki Ignis Sport Edition 2018: Eksterior Belakang

Gambar yang menunjukan tampilan belakang Suzuki Ignis Sport Edition 2018

Bagian belakang Suzuki Ignis Sport Edition 2018

Terlihat penambahan rear upper dan rear under spoiler bersama high mount stop lamp pada eksterior belakang Suzuki Ignis Sport Edition 2018 untuk memberikan tampilan lebih gahar pada mobil ini. Selain itu, lampu dan bagian lain masih belum berubah dibandingkan Ignis GL dan GX.

>>> Baca juga review Suzuki lainnya di sini

INTERIOR Suzuki Ignis 2018

Tak hanya eksterior yang mendapatkan peningkatan. Interior Suzuki Ignis Sport Edition 2018 juga dilengkapi dengan berbagai pembaruan, salah satunya dengan Head Unit tujuh inci dengan fitur touch screen yang membuat bagian dalam lebih modern dan mewah dibandingkan Ignis sebelumnya.

Review Suzuki Ignis Sport Edition 2018: Dasbor dan Kemudi

Tak terlalu tampak perbedaan dari Ignis SE dibandingkan versi sebelumnya, terlebih pada bagian dasbor. Namun dibandingkan dengan Ignis GL yang memiliki head unit yang terintegrasi, dasbor Suzuki Ignis Sport Edition 2018 menggunakan head unit aftermarket JVC 2 DIN dengan layar sentuh 7 inci. Terkesan janggal untuk menggunakan barang aftermarket pada produkan official.

Gambar yang menunjukan dasbor dan kemudi Suzuki Ignis Sport Edition 2018

Bagian dasbor dan kemudi Suzuki Ignis Sport Edition 2018

Hal yang sama juga sekilas terlihat pada kemudi Suzuki Ignis Sport Edition 2018 yang masih menggunakan setir tiga palang milih GL dan GX. Namun menariknya, Suzuki malah menghilangkan tombol pengaturan pada setir. sehingga SE dibiarkan polos tanpa tombol. Sungguh pergerakan yang membingungkan, mengingat SE berada diantara varian terendah dan tertinggi Ignis, dimana varian terendah saja sudah mendapatkan tombol pengaturan pada kemudi.

Review Suzuki Ignis Sport Edition 2018: Kursi

Gambar yang menunjukan kursi Suzuki Ignis Sport Edition 2018

Bagian kursi Suzuki Ignis Sport Edition 2018

Selanjutnya, membahas kursi Suzuki Ignis Sport Edition 2018, pabrikan asal Jepang ini masih menggunakan kursi dua baris dengan baris kedua memiliki pengaturan 60:40 yang mampu mengangkut lima penumpang dewasa dengan cukup nyaman. Dalam laman resminya, Suzuki membanggakan seat cover untuk versi SE, meskipun sebenarnya varian tertinggi Ignis juga sudah mendapatkan seat cover yang cukup nyaman.

Review Suzuki Ignis Sport Edition 2018: Bagasi

Gambar yang menunjukan bagasi Suzuki Ignis Sport Edition 2018

Bagian bagasi Suzuki Ignis Sport Edition 2018

Tidak ada perbedaan pada bagasi Suzuki Ignis Sport Edition 2018 dibandingkan versi GL dan GX yang lebih dulu dipasarkan di Indonesia. Ruang penyimpanan terlihat masih kecil, dan tidak ada penjelasan lengkap pada laman resmi Suzuki mengenai kapasitas bagasi SE.

>>> Baca juga

FITUR Suzuki Ignis 2018

Gambar yang menunjukan fitur infotainment Suzuki Ignis Sport Edition 2018

Fitur terbaru Suzuki Ignis Sport Edition 2018

Suzuki seperti ingin meningkatkan berbagai fitur pada edisi sporty ini dibandingkan Ignis terdahulu. Fitur Suzuki Ignis Sport Edition 2018 meliputi Head Unit Touch Screen 6.8 inci ditambah koneksi Bluetooth, A/C heater, MID with Illumination Lamp serta glove box.

Review Suzuki Ignis Sport Edition 2018: Fitur Keselamatan Aktif

Gambar yang menunjukan airbag Suzuki Ignis Sport Edition 2018

Ada airbag untuk menjaga pengemudi ketika terjadi kecelakaan

Untuk memberikan kenyamanan selama berkendara, Suzuki memberikan berbagai fitur keselamatan aktif Suzuki Ignis Sport Edition 2018 beberapa peningkatan, diantaranya sistem rem ABS + EBD BA, serta dual SRS Airbags yang melindungi pengemudi dan penumpang depan. Dibantu Immobilizer Key serta sensor parkir 2 titik dan fitur ISOFIX untuk membantu Anda memasang kursi pengaman anak. Ingat! menggunakan kursi pengaman anak merupakan salah satu cara menjaga anak tetap aman selama di jalan.

>>> Ketahui juga keunggulan dari All New Honda Jazz sehingga Anda dapat membandingkan dengan lebih bijak

OPERASI Suzuki Ignis 2018

Suzuki mungkin hanya memberikan peningkatan tampilan dan teknologi Ignis tanpa memberikan peningkatan sistem operasi Suzuki Ignis Sport Edition 2018. Masih menggunakan mesin K12M 4 silinder 16 katup, Suzuki menghadirkan distribusi bahan bakar multipoint injection untuk menghemat dan memberikan efisiensi bahan bakar. Mobil ini mampu mengeluarkan hingga 82 daya kuda pada perputaran 6.000 rpm dan torsi maksimal 113 Nm pada 4.200 rpm dipadukan transmisi manual 5 percepatan.

Gambar yang menunjukan mesin Suzuki Ignis Sport Edition 2018

Mesin Suzuki Ignis Sport Edition 2018

Konsumsi bahan bakar mencapai 23,44 kpl untuk transmisi auto gear shift (AGS) meskipun tenaga masih sama seperti yang kita temukan pada Suzuki Ignis pre-facelift. Meskipun begitu jumlah tenaga yang diberikan masih kurang jika dibandingkan mesin L12 milik Honda Brio terbaru maupun 3NR-VE kepunyaan Toyota Agya atau Ayla terbaru.

spesifikasi Suzuki Ignis 2018

Untuk dipasarkan di Indonesia, inilah spesifikasi Suzuki Ignis Sport Edition 2018 yang diluncurkan Suzuki beberapa waktu lalu.

Dimensi Suzuki Ignis Sport Edition 2018

Panjang x Lebar x Tinggi

3.700 mm x 1.660 mm x 1.595 mm

Jarak Poros Roda

2.435 mm

Jarak Pijak Depan

1.460 mm

Jarak Pijak Belakang

1.470 mm

Ground Clearance

180 mm

Berat

1.280 kg

Radius Putar Medium

4.7 meter

Bagasi

260 liter

Tangki Bahan Bakar

35 liter

Mesin Suzuki Ignis Sport Edition 2018

Tipe Mesin

K12M 4 silinder

Isi Silinder

1.197 cc

Tenaga Maksimal

82/6.000 rom

Torsi Maksimal

113 Nm/4.200 rpm

Transmisi

Manual/Automatic

Kaki-kaki Suzuki Ignis Sport Edition 2018

Suspensi Depan

McPherson Strut with Coil Spring

Suspensi Belakang

Torsion Beam with Coil Spring

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Drum/tromol Leading & Trailing

Ban

175/65R15

kelebihan & kekurangan Suzuki Ignis 2018

Menjadi pendamping baru tipe GL dan GX di pasar Indonesia, berikut kelebihan dan kekurangan Suzuki Ignis Sport Edition 2018 yang dirangkum oleh Cintamobil.com.

Kelebihan

Kekurangan

Tampilan lebih sporty dengan dual tone dibandingkan Ignis sebelumnya

Tenaga masih kalah dibandingkan kompetitor di segmen yang sama

Tambahan fitur teknologi dan fitur keamanan aktif

Bagasi terlihat kecil, kecuali harus mengorbankan bangku baris kedua

Ruang kabin cukup lapang meskipun berbadan mobil kompak

 

daftar harga Suzuki Ignis 2018

Suzuki memang sudah menjual Sport Edition sejak beberapa waktu lalu. Harga Suzuki Ignis Sport Edition 2018 juga masih terbilang cukup hemat di kantong dengan semua peningkatan. Berikut mahar yang bisa Anda keluarkan untuk membawa pulang Sport Edition ini ke rumah (harga wilayah Jabodetabek bulan November 2018).

Model

Harga

Suzuki Ignis Sport Edition GL SE MT

Rp 159.500.000

Suzuki Ignis Sport Edition GL SE AT

Rp 169.500.000

>>> Dapatkan harga mobil lainnya hanya di sini

Video Suzuki Ignis 2018

Intip keseruan hadirnya varian baru dalam video Suzuki Ignis Sport Edition yang menunjukan semua keunggulan varian teranyar Suzuki Ignis di Indonesia.

KESIMPULAN Suzuki Ignis 2018

Sebagai salah satu varian menengah Ignis, sepertinya kehadiran Suzuki Ignis Sport Edition 2018 memberikan tampilan macho dengan gaya sporty dibandingkan varian GL atau GX. Dengan berbagai tambahan desain baru untuk eksterior dan interior, dapat dipastikan Suzuki memang ingin menonjolkan desain sporty Sport Edition.

Gambar yang menunjukan Suzuki Ignis Sport Edition 2018 di pameran

Suzuki Ignis langsung merajadi pasar city car pada semester I 2018

Namun dibandingkan dengan mobil lain di segmen yang sama, Sport Edition masih belum mampu memberikan tenaga lebih dibandingkan kompetitornya. Meskipun begitu, dengan Sport Edition kali ini, Suzuki Ignis mampu merajai penjualan city car untuk semester pertama I 2018 dengan penjualan mencapai 8.245 unit, 50,4% dari total penjualan city car di Indonesia.

Padli Nurdin
 
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

REVIEW LAIN

  • Review Suzuki Ignis GL 2018

    Memiliki kesibukan yang padat di kota besar, membuat masyarakat perkotaan butuh kendaraan yang lincah namun tetap stylish ...

    SUV User rate: 4,0 Editor rate: 4,0
  • Harga Suzuki Ignis 2017, Spesifikasi dan Review Lengkap

    Pada tanggal 17 April 2017, segmen SUV menyambut sebuah anggota baru dari Suzuki yaitu Suzuki Ignis. Seperti apa spesifikasi ...

    SUV User rate: 4,7 Editor rate: 4,3
  • Review Suzuki Vitara 2019

    Tahun ini adalah tahun yang penting bagi Suzuki karena menandai 30 tahun papan nama Vitara. Sejalan dengan peringatan ...

    SUV User rate: 4,5 Editor rate: 4,1

Cari review mobil